Ini 3 Chromebook Acer untuk Pasar Indonesia

Oleh Nur Abdillah updated Senin, 5 Des 2016 | 11:03

Acer kembali memperkenalkan sejumlah perangkat notebook terbarunya untuk pasar Indonesia. Ada tiga varian notebook Chromebook (notbeook yang berjalan dengan Chrome OS) dan satu notebook Windows. Tiga Chromebook mencakup Acer Chromebook 11, Chromebook 14, dan Chromebook R11, serta satu Acer TravelMate B117. 

Masing-masing dari produk ini telah dilengkapi dengan kelebihan tersendiri, dimana Chromebook 11 mengusung desain dengan tekstur nano-print yang diklaim tahan benturan dan mampu menahan beban hingga 60kg. Lalu Chromebook R11 mengusung konsep fleksibilitas yang memungkinkan perangkat dapat dilipat ke belakang hingga 360 derajat dengan layar sentuh. 

Acer Chromebook R14 hadir dengan layar lebih besar, bodi bermaterial metal yang terlihat premium. Sedangkan Acer TravelMate B117 menjadi notebook berbasis windows yang memiliki fitur spill resistant pada keyboard untuk melindungi papan ketik tersebut dari tumpahan air.

Hanya saja, notebook-notebook terbaru ini lebih ditujukan untuk mendukung sektor pendidikan dan dijual untuk pasar business-to-business (B2B). Menurut Riko Gunawan, Head of Commercial Product and Business Development Acer Indonesia, sasaran utama dari Chromebook ini memang lebih ditujukan untuk edukasi bukan pengguna umum. Karena sudah dilengkapi dengan fitur dan software yang sudah diatur sesuai untuk proses edukasi. Namun, Riko juga menyebutkan bahwa konsumen umum juga masih dimungkinkan untuk memiliki perangkat tersebut.

Acer Chromebook R11

Chromebook touchscreen convertible pertama yang sudah dilengkapi engsel unik bernama dual-torque hinge. Pengguna dapat melipat notebook ini hingga 360 derajat yang dapat menjadi modus tablet. Ketebalannya hanya 19,2mm dan berat kurang dari 1,25kg, sehingga dapat dimasukkan ke tas dan ransel dengan mudah.

Notebook ringan ini juga didukung dengan prosesor Intel Celeron, ultra fast koneksi nirkabel 2x2 MIMO 802.11ac, port USB 3.0 dan proses booting yang cepat. Dengan tersedianya Android Play Store di Chrome OS, menjadikan Chromebook R11 Touchscreen ini device yang sangat powerful menjalankan ribuan aplikasi edukasi yang tersedia. Harga Acer Chromebook R11 berada di kisaran Rp 4,799 juta.

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 11.6 inch
Resolusi Layar 1366 x 768 Pixel
Tipe Prosesor Celeron
RAM 4 GB
Kapasitas HDD 32 GB
Kartu Grafis Intel
Graphic Card Memory Size -
USB 3.0 1 Port(s)
OS Chrome OS
Tipe Kartu Grafis HD Graphics

Acer Chromebook 14

Mengusung desain stylish dengan frame aluminium dan hadir dengan layar berukuran 14 inci yang memilliki fitur view wide angle dan high dynamic range imaging. Yang menarik adalah daya tahan baterai yang sanggup bertahan hingga 14 jam. Jadi pengguna tidak perlu khawatir baterainya akan cepat habis, Acer Chromebook 14 model premium ini menawarkan layar 14 inci dengan tingkat resolusi full HD (1920x100p), RAM 4GB dan storage 32GB. Model ini telah ddukung webcam 720p dan audio HD serta video recording. Integrasi digital microphone dan dua stereo speaker untuk mendukung kemampuan konferensi melalui video. Acer Chromebook 11 akan dibandrol seharga Rp 3,999 juta.

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 14 inch
Resolusi Layar 1920 x 1080 Pixel
Tipe Prosesor Celeron
RAM 4 GB
Kapasitas HDD 32 GB
Kartu Grafis Intel
Graphic Card Memory Size -
USB 3.0 2 Port(s)
OS Chrome OS
Tipe Kartu Grafis HD Graphics

Acer Chromebook 11

Didesain dengan tekstur nano-imprint agar terlihat lebih stylish. Selain untuk mempercantik body, ekstur nano imorint ini didesain untuk dapat menahan beban hingga 60 kg dan lebih tahan terhadap benutram. Chromebook 11 juga didukung dengan sasis yang kuat dan kamera webcam yang mendukung High Dynamic Range sehingga foto lebih jelas dan terang.

Chromebook ini memiliki layar HD dengan ukuran 11,6 inci yang bisa menampilkan warna dan teks dengan tajam, sehingga dapat terbaca dengan kelas. Selain itu, video yang dimainkan tetap telrihat tajam dan stabil walaupun saat mengalami perpindahan atau pergerakan Semua kenyamanan di sisi visual ini dibalut dengan Acer Comfyview. Teknologi ini dapat mengurangu efek pantulan cahaya yang berlebihan seingga nyaman untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama. Varian ini akan dipasarkan seharga Rp 3,399 juta.

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 11.6 inch
Resolusi Layar 1366 x 768 Pixel
Tipe Prosesor Celeron
RAM 4 GB
Kapasitas HDD -
Kartu Grafis Intel
Graphic Card Memory Size -
USB 3.0 1 Port(s)
OS Chrome OS
Tipe Kartu Grafis HD Graphics

Acer Travelmate B117

Acer Travelmate B117 merupakan notebook yang berjalan dengan sistem operasi Windows 10 Pro dan didukung dengan aplikasi Classroom Manager yang memungkinkan cara-cara baru dalam berinteraksi di kelas dan memberdayakan kemampuan guru untuk berkolaborasi di dalam digital classroom seperti mendistribusikan materi kelas, mencatat kehadiran, memantau kegiatan siswa serta mendorong kemajuan siswa melalui proses ujian dan pengembangan secara digital.

Dirancang sesuai untuk suasana kelas dan menyediakan 13 jam ketahanan baterai. Travelmate B117 hadir dengan standar Military Grade Protecton yang dilengkapi rubber strip untuk melindungi notebook saat terbentur atau jatuh. Notebook ini dapat dibuka tutup 180 derajat hingga 25 ribu kali. Penutupnya pun dapat menahan beban hingga 60kg. Fungsi spill resistant pada keyboard dapat melindungi papan ketik tersebut dari tumpahan air. Notebook ini juga dilengkapi dengan sebuah lampu LED dibagian penutupnya. Fungsinya sebagai tanda apakah si murid tersebut sudah selesai mengerjakan tugas atau ada kesulitan dalam mengerjakannya. Lampu ini juga berfungsi sebagai pengganti ‘tunjuk tangan’ saat absensi. Ada beberapa jenis warna lampu LED dengan tanda-tanda yang berbeda. Harganya dipasarkan dikisaran Rp 3,499 juta.

2016
Kriteria Spesifikasi

Baca juga artikel:
Acer Chromebook 15, Laptop Murah dengan Performa Menjanjikan
Samsung Segera Luncurkan Chromebook Pro dengan Pena Stylus
Aplikasi dan Game Android Bisa Dimainkan di Chromebook Bulan Depan

Artikel Lainnya

Komentar