5 Lensa Kamera Terbaik Dibawah 2 Juta di Pricebook

Oleh Kusnadar updated Rabu, 30 Nov 2016 | 11:04

Lensa merupakan bagian terpenting dari sebuah kamera. Lensa juga merupakan sebuah mata bagi setiap kamera, baik itu dslr, mirorless hingga action camera sekalipun.

Musim liburan seperti ini, banyak pecinta fotografi yang hendak memanfaatkan momen liburan akhir tahun mereka untuk berpergian bersama keluarga ataupun hunting foto di tempat-tempat yang belum pernah didatangi. Pergi hunting, tidak lengkap rasanya jika tidak membawa lensa yang beragam yang biasa disebut sebagai senjata utama para fotografer ini.

Namun, harga lensa kamera khususnya dslr dan mirorrless di pasaran cukup menguras kantong, hal inilah yang dijadikan salah satu alasan para fotografer enggan membelinya, selain karena memang mereka tidak terlalu membutuhkan lensa tersebut. Akan tetapi, bagi anda yang tengah berburu lensa untuk persiapan liburan, berikut kami hadirkan daftar 5 lensa dengan harga dibawah 2 juta rupiah yang bisa anda beli di blibli.com

1. Yongnuo 50mm f/1.8 Lensa Kamera for Canon

Ini merupakan lensa third party dari Yongnuo yang kompatibel dengan kamera Canon. Lensa ini merupakan lensa fix 50 mili meter dengan bukaan diafragma hingga 1.8, dengan menggunakan lensa ini, pasti hasil jepretan anda akan bokeh. Terlebih lagi, harga yang ditawarkan oleh lensa ini cukup terjangkau yakni hanya 700 ribuan saja. Bukan cuma itu, lensa Yongnuo ini dibuat dengan ciri fisik yang sangat mirip dengan lensa 50mm punya Canon/Nikon. Dari ukuran fisik, fungsi tombol bahkan spesifikasi optiknya.

YONGNUO EF 50MM f / 1.8 for Canon
Harga termurah

Rp 630,000

Alasan Beli

  • Harganya terjangkau dengan kualitas cukup mumpuni
  • Memiliki ciri fisik seperti lensa asli Canon

Kekurangan

  • Menggunakan motor yang masih tradisional sehingga untuk mencapai fokus agak lama dan sedikit berisik

2. Pentax smc DA 50mm f/1.8

Bagi anda pengguna kamera Pentax K Mount, tidak ada salahnya jika membeli lensa ini sebagai lensa prime anda. Sama hal nya seperti lensa Youngnuo diatas, Lensa pabrikan asli Pentax ini juga memiliki focal Length hingga 50 mili meter dengan bukaan maksimal diafragma sebesar 1.8 sehingga membuat hasil jepretan terlihat bokeh. Bagi anda yang gemar pada street photography, lensa ini sangat cocok untuk kebutuhan hunting anda sehari-hari.

Pentax SMC DA 50mm F/1.8 hadir dalam kemasan body yang terbuat dari plastik dan menyerupai bentuk lensa premium Pentax yang dijual dalam jumlah terbatas. Dalam kemasan body dengan panjang hanya 1.5 inci dan memiliki bobot sekitar 4.3 ons, Pentax SMC DA 50mm F/1.8 termasuk ringan dan sangat mudah untuk diajak berpergian. Bukaan diafragma yang cukup besar hingga F/1.8, mengidentifikasikan bahwa lensa ini memang sengaja dihadirkan bagi para fotografer yang gemar bermain dengan bokeh dan memotret pada ketersediaan cahaya yang minim tanpa bantuan flash.

Namun anda tidak perlu mebgkhawatirkan materialnya yang terbuat dari plastik, pasalnya untuk melidungi bagian lensanya, pada permukaan gelas Pentax SMC DA 50mm F/1.8 telah dilapisi dengan lapisan Super Protect Coating. Lapisan ini dapat menghindarinya dari debu yang menempel, perickan air, minyak atau substansi zat lain yang dapat mengotori bagian permukaan lensa.

Pentax DA 50mm f / 1.8
Harga termurah

Rp 850,000

Alasan Beli

  • Memiliki bobot cukup ringan sehingga mudah dibawa kemanapun
  • Memiliki Angle of View yang cukup lebar yakni mencapai 31.5 derajat.

Kekurangan

  • Tidak ada image stabilizer
  • Harganya yang cukup mahal ketimbang lensa sejenis

3. Tamron For Nikon AF 70-300mm

Satu lagi lensa third party yang masuk kedalam jajaran 5 lensa dengan harga dibawah 2 juta rupiah yang ada di blibli.com ini. Ialah lensa pabrikan Tamron yang sengaja dibuat khusus untuk pengguna Nikon. Tamron AF 70-300mm ini sengaja dihadirkan bagi anda yang gemar memotret tele atau memotret objek dari jarak yang cukup jauh. Lensa ini sendiri memiliki bentang focal lenght mulai dari 70 mili meter hingga 300 mili meter dan sangat cocok sekali bagi anda yang hobi hunting ke tempat-tempat seperti bukit.

Hebatnya, lensa ini juga memungkinkan anda untuk mengambil foto makro dengan lebar 180 hingga 300 mm dan rasio pembesaran maksimum 1:2 sehingga anda bisa memotret close up berbagai objek seperti bunga, action figur dan serangga.

Lensa ini sendiri memiliki bukaan diafragma mulai dari 5.6 hingga 4 dengan body plastik membuat lensa ini cukup enteng untuk dibawa berpergian. Lensa ini dianggap oleh banyak fotografer sebagai lensa yang bandel, pasalnya para fotografer sulit untuk mengendalikan lensa ini dengan baik. Namun jika anda bisa mengendalikan lensa ini sekaligus melakukan setting yang tepat, maka kualitas yang dihasilkan tidak kalah dengan lensa lainnya.

TAMRON AF 70-300mm f / 4-5.6 Di LD Macro
Harga termurah

Rp 1,389,000

Alasan Beli

  • Harganya cukup terjangkau sebagai lensa third party
  • Mampu mengambil foto macro, walaupun tidak semaksimal ketika menggunakan lensa yang khusus untuk macro, namun cocok untuk anda yang tidak ingin membawa banyak lensa, cukup lensa ini dan lensa standar.

Kekurangan

  • Tidak memiliki stabilizer dan koreksi chromatic.
  • Kecepatan Zoom yang kurang baik dan Motor yang masih lawas sehingga agak lama untuk mencapai fokus dan berisik.

4. Sigma 70-300mm for Canon

Diurutan selanjutnya, ada juga lensa tele pabrikan Sigma yang sengaja dikhususkan untuk kamera Canon. Memiliki unique selling point yang tidak jauh berbeda dengan Tamron Tele diatas, lensa ini juga memiliki focal Length 70 hingga 300 mm dan cocok sekali bagi anda yang gemar memotret candid dari jarak yang cukup jauh.

Lensa ini juga memiliki bukaan diafragma mulai dari 5.6 hingga 4 dan memiliki Angle of View mulai dari 34.3 derajat hingga 8.2 derajat.

Sigma APO 70-300mm f / 4-5.6 DG Macro
Harga termurah

Rp 1,850,000

Alasan Beli

  • Mampu mengambil foto macro, walaupun tidak semaksimal ketika menggunakan lensa yang khusus untuk macro, namun cocok untuk anda yang tidak ingin membawa banyak lensa, cukup lensa ini dan lensa standar.

Kekurangan

  • Tidak memiliki Stabilizer sehingga rawan akan guncangan (disarankan menggunakan Tripod untuk foto nature dan sport)

5. Canon EF 50mm f-1.8 STM

Lensa ini merupakan penerus dari lensa Canon EF 50mm f/1.8 II yang sangat populer di kalangan fotografer di Indonesia, terutama untuk pengenalan lensa fix (prime) dengan aperture yang lebar. Lensa 50mm f/1.8 II sendiri telah terbukti dalam memberikan hasil jepretan dengan kualitas yang baik, apalagi harganya sangat terjangkau, sehingga wajar kalau lensa sekelas 50mm menjadi primadona di kalangan fotografer.

Adapun lensa 50mm f/1.8 STM ini sebagai penerus tampaknya membawa upgrade yang signifikan namun tetap mempertahankan ukuran fisiknya yang mungil dan bobotnya pun bisa dikatakan sama dengan generasi sebelumnya. Fitur yang paling menarik dari 50mm f/1.8 STM adalah lensa ini sudah menggunakan teknologi STM (Stepper Motor) pada mesin fokusnya. Teknologi ini memiliki keunggulan kerja mesin fokus yang lebih halus dan tidak berisik ketika mesin auto fokus sedang bekerja. Ini sangat berguna saat merekam video. Soal harga Anda tak perlu khawatir, lensa sekelas 50mm sudah dikenal memiliki harga terjangkau.

Canon EF 50mm f / 1.8 STM
Harga termurah

Rp 1,480,000

Alasan Beli

  • Cocok untuk kebutuha street fotografi karena cukup ringan untuk dibawa dan menghasilkan foto yang bokeh karena bukaan diafragma lebar
  • Sudah menggunakan teknologi STM sehingga lebih halus dan cepat dalam mencari fokus auto
  • Bahan mount lensa sudah menggunakan metal
  • Ring fokus bisa berputar tanpa batas ketika tengah menggunakan mode manual

Kekurangan

  • Tidak ada Image Stabilizer
Baca juga artikel:
10 Kamera DSLR Entry-Level Terbaik 2016
16 Kamera dengan Fitur NFC dan WiFi di Pasar Indonesia Harga Rp2-14 Jutaan
5 Kamera Mungil ini Cocok untuk Pendatang Baru di Dunia Fotografi

Artikel Lainnya

Komentar