Luna Smartphone Resmi Dijual di Indonesia, Harga Rp 5,4 Juta

Oleh Tedi Yuni A updated Selasa, 08 Nov 2016 | 09:27

Setelah lama diperbincangkan akhirnya Luna smartphone resmi hadir di Indonesia (7/11). Spesifikasi Luna smartphone ini cukup menggiurkan di segmen entry level. Namun sayangnya harga Luna smartphone sangat tinggi jika dibandingkan hp entry level yang sudah beredar di Indonesia.

Dibanderol Rp 5,449,000, Luna smartphone membawa spesifikasi diantaranya prosesor Snapdragon 801, memori internal 64GB, RAM 3GB, kamera 13MP+8MP, koneksi 4G LTE, sistem operasi Android Marshmallow dan NFC.

Menurut keterangan Nina Ratna Wardani, Chief Marketing Officer Luna Indonesia (PT ETI), Luna Smartphone sudah bisa dibeli di toko-toko online, modern channel, dan tradisional. Melalui jaringan online akan dijual di Lazada, Matahari Mall, Tokopedia, Dinomarket, JD.ID dan toko online lainnya. Luna Smartphone juga dijual melalui program bundling dari Telkomsel.

“Untuk toko-toko offline atau tradisional juga akan mulai dipasarkan di bulan ini dan unitnya pun sudah tersedia. Hingga akhir tahun ini diharapkan target 30 ribu unit dicapai dengan perolehan pangsa pasar sebesar 5 persen di kelas entry level,” ujar Nina.

Luna Indonesia bekerjasama dengan Foxconn

Luna, merupakan smartphone buah kerjasama Luna Indonesia (PT ETI) dengan Foxconn, pabrikan komponen asal Taiwan yang merakit iPhone. Luna smartphone sendiri merupakan hasil rakitan pabrik yang dimiliki oleh Luna Indonesia.

Menurut keterangan Nina hingga saat ini baru 20 persen tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) yang dicapai dan melalui pabrik yang berlokasi di Semarang diharapkan TKDN 30 persen bisa diraih pada 2017 nanti.

 “Hingga saat ini masih 20 persen komponen lokal yang digunakan, selebihnya 80 persen komponen dari Foxconn dan semuanya dirakit di Indonesia dengan standar dari Foxconn baik komponen dan kelengkapan pabriknya. Kandungan 20 persen tersebut berasal dari kardus boxes, buku manual berbahasa Indonesia dan lainnya,” terangnya.

Menteri Kementerian Kominfo, Rudiantara, yang hadir dalam acara peluncuran Luna smartphone di Jakarta, 7 November ini menjelaskan bahwa selain tingkat kandungan dalam negeri yang harus dipenuhi oleh produsen ponsel baik software dan hardware sebanyak 30 persen di awal 2017 nanti, harga juga perlu ditekan sehingga masyarakat bawah bisa menikmati teknologi melalui smatphone tersebut.

Perlu diketahui bahwa Foxconn memang mengeluarkan smartphone bertajuk Luna di Korea Selatan dan hanya dijual di sana. Namun menurut Nina, itu bukanlah buah kerjasama Luna Indonesia dengan Foxconn.

Perbedaan Luna smartphone versi Korea Selatan dengan yang ada di Indonesia, jelasnya lebih pada kapasitas memori internal. Untuk di Indonesia kapasitasnya memori internalnya 64GB sedangkan di Korea Selatan hanya 32GB.

Nina juga mengungkapkan bahwa Luna Indonesia masih akan membawa smartphone baru ke Indonesia dan tentu saja bekerjasama dengan Foxconn. Menurutnya, akan ada beberapa ponsel Luna dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Mulai dari peningkatan kapasitas RAM dan ROM, peningkatan prosesor, NFC dan penambahan fingerprint scanner. Nina menegaskan bahwa Luna Indonesia tidak akan menjual ponsel di bawah Rp 5 juta.  

 “Rencananya kita akan membangun modern strore khusus untuk Luna smartphone dan minimal unit yang sudah dimiliki harus sudah ada dua unit,” pungkas Nina.

Spesifikasi Luna Smartphone

Seperti sudah disebutkan di atas Luna smartphone hadir dengan spesifikasi yang menggiurkan. Untuk desainnya smartphone Android ini menggunakan material aluminium yang menyelimuti seluruh body-nya. Proses desain body-nya memakai logam dengan 8 CNC process sehingga hasilnya benar-benar presisi.

Proses ini digunakan di sektor manufaktur yang melibatkan penggunaan komputer untuk mengontrol peralatan mesin (computer numeric control) yang mencakup internal structure & processing, the antenna structure processing, screen structure processing, 3D side hoe machining, 360 drilling Qieja, structure end milling, dan overall polishing process. Semuanya dilakukan dengan ketelitian tingkat tingggi menggunakan teknologi mutakhir.

Layarnya berkualitas full HD dengan ukuran 5,5 inci dengan dilapisi Corning Gorilla Glass 3 agar tidak mudah gores dan disektor kamera, resolusinya sudah 13MP sebagai kamera utama dan 8MP dibagian depan. Fiturnya tidak jauh berbeda dengan smartphone kebanyakan, namun yang paling menarik adalah adanya fitur Watermark untuk menandai foto dan fitur Foto Eraser untuk menghapus obyek yang tak diinginkan.

Luna smartphone sudah dibekali koneksi 4G LTE dan memiliki dua slot SIM card. Untuk memori intenalnya 64GB serta eksternal seluas 128GB. Dalam tubuh Luna smarphone sudah tertanam chipset Qualcomm Snapdragon 801, quad core 2,5GHz. Dukungan RAM 3GB membuat Luna smartphone nyaman digunakan ketika multitasking.

Luna V55C
Harga termurah

Rp 2,299,000

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE
Ukuran Layar 5.5 inch
Chipset Snapdragon 801
Jumlah Core Quad Core
Kecepatan CPU 2.5 GHz
GPU Adreno 330
RAM 3 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera 13 MP
Resolusi Kamera Depan 1 8 MP
Kapasitas Baterai 3000 mAh

Baca juga artikel:
GM 5, Android One Pertama yang Mencicipi Nougat
Axioo M5C, Android Satu Jutaan dengan Kamera Belakang Sony IMX214
Huawei Mate 9 dan Huawei Mate 9 Porsche Design Diperkenalkan

Artikel Lainnya

Komentar

ariawan 08 November 2016 - 23:42
ah aku korban thumbnail
Bima Satria 10 November 2016 - 16:55
LUNA :3 Bonus video ariel kali ya hhaha