Dijual di Bukalapak, Harga Xiaomi Mi Note 2 Dikisaran Rp 7-8 Jutaan

Oleh Nur Abdillah updated Kamis, 10 Nov 2016 | 11:09

Beberapa waktu lalu Xiaomi telah merilis dua smartphone flagship teranyar yaitu Mi Note 2 dan Mi Mix. Kedua smartphone ini memiliki kualitas yang setara dengan perangkat flagship besutan vendor global. Yang membuatnya memikat adalah tawaran harga Xiaomi Mi Note 2 dan Mi Mix yang jauh lebih terjangkau. Wajar bila keduanya kini menjadi buruan konsumen.

Menurut informasi yang Pricebook kutip dari laman GSMArena, Xiaomi Mi Note 2 yang dijual secara online telah sold out dalam hitungan kurang dari semenit atau tepatnya 50 detik. Hanya saja, Xiaomi tidak menjelaskan berapa unit yang mereka sediakan pada penjualan pertama tersebut. Sedangkan untuk Mi Mix, Xiaomi baru akan melepasnya ke pasar pada bulan depan.

Terlepas dari kesuksesan penjualan perdana Mi Note 2, petinggi Xiaomi juga telah menyatakan bahwa kedua flagship mereka tersebut memang hanya akan dipasarkan di Cina dan beberapa negara terpilih.

Pasar Indonesia tidak termasuk salah negara yang bisa menikmati kecanggihan Mi Note 2. Itu artinya perangkat ini tidak akan dijual di Indonesia secara resmi. Hal ini terkait dengan kebijakan TKDN yang diterapkan pemerintah Indonesia untuk perangkat smartphone yang menggunakan jaringan 4G.   

Namun berdasarkan pengamatan Pricebook di sejumlah toko online tanah air sudah ada beberapa merchant yang menginformasikan ketersediaan dan kisaran harga Xiaomi Mi Note 2. Di Bukalapak ada yang menawarkan ketersediaan dalam beberapa hari, ada juga yang menggunakan sistem pre order terlebih dahulu dengan waktu pengiriman yang telah ditentukan. Namun dari keterangan yang ditulis si penjual, ketersediaan perangkat bervariasi.

Tidak ketinggalan mereka juga menginformasikan perkiraan harga Xiaomi Mi Note 2 yang berada di kisaran Rp 7 jutaan (versi RAM 4GB, memori internal 64GB) hingga Rp 8 jutaan (versi 6GB/128GB) dengan jumlah yang sangat terbatas. 

Saat diluncurkan di Cina, harga Xiaomi Mi Note 2 adalah 2.799 RMB (sekitar Rp 5,3 juta) untuk Mi Note 2 dengan RAM 4GB dan media penyimpanan berkapasitas 64GB. Lalu untuk harga Xiaomi Mi Note 2 dengan RAM 6GB dan memori 128GB dijual 3.299 RMB (sekitar Rp 6,3 juta).

Xiaomi Mi Note 2 RAM 4GB ROM 64GB
Harga termurah

Tidak ada harga

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE 1800 / 2100 / 2600
Ukuran Layar 5.7 inch
Chipset Qualcomm MSM8996 Snapdragon 821
Jumlah Core Quad Core
Kecepatan CPU 1.6 GHz
GPU Adreno 530
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera 22.5 MP
Resolusi Kamera Depan 1 8 MP
Kapasitas Baterai 4070 mAh

Layar Lengkung Ala Galaxy Note 7

Xiaomi Mi Note 2

Sebagai smartphone flagship, Xiaomi Mi Note 2 dibekali spesifikasi kelas atas. Tidak berbeda dengan smartphone Xiaomi lainnya, harga Mi Note 2 tetap jauh lebih murah dari perangkat kompetitor. Salah satu yang membuat Mi Note 2 layar diburu adalah penggunaan layar melengkung, persis seperti yang digunakan pada Samsung Galaxy Note 7.

Layarnya sudah berjenis OLED dengan bentang 5,7 inci beresolusi FullHD 1080p. Dilengkapi pula dengan kaca 3D di bagian depan dan belakang, dimana rangka bodinya menggunakan material Aerospace grade 7 untuk tampilan yang solid. Rasio layarnya berkisar 77,2% yang sanggup menampilkan 110% NTSC color gamut dan 100.000:1 rasio kontras.

Prosesor Terbaru Qualcomm

Berbekal prosesor tertinggi dari Qualcomm Snapdragon 821 yang memiliki kecepatan clock 2.35GHz, tentu tidak ada yang meragukan kemampuan kinerjanya. Berdasarkan hasil uji benchmark chipset yang dilakukan Antutu, Snapdragon 821 mencatat skor di kisaran hingga 160 ribu.

Skor ini hanya berdasarkan pengujian kemampuan chipset bukan perangkat secara keseluruhan. Dan skor ini akan bervariasi, tergantung dari beberapa komponen pendukung pada smartphone, sebut saja seperti RAM, memori interndal dan lainnya. Xiaomi Mi Note 2 sendiri menggunakan RAM LPDDR4 dengan pilihan kapasitas 4GB dan 6GB dengan memori internal 64GB dan 128GB.

Kamera Bersensor Sony

Dari sisi imaging, Xiaomi Mi Note 2 juga sudah dibekali dua buah kamera. Tidak tanggung-tanggung, kamera di perangkat ini sudah memakai sensor Exmor Sony IMX318 dengan ketajaman resolusi mencapi 22,5 megapiksel.

Lensanya memiliki aperture f/2.0 yang akan disokong fitur canggih seperti teknologi EIS, phase detection autofocus, dual-LED (dual tone) flash hingga kemampuan merekam video dalam format 4K. Dengan spesifikasi tersebut Mi Note 2 akan menawarkan pengalaman fotografi yang maksimal.

Tidak hanya itu saja, yang menarik Xiaomi juga menggunakan sensor Sony untuk kamera yang ada di depan. Di kamera depan ini Mi Note 2 sudah dibekali sensor Sony IMX268 yang memiliki ketajaman resolusi hingga 8 megapiksel, lengkap dengan dukugan fitur aperture f/2.0.

Konektivitas dan Baterai


Sarana konektivitas tidak luput dari perhatian Xiaomi yang membekali Mi Note 2 dengan dukungan LTE global di semua jaringan dengan total 37 band LTE. Kelebihannya pengguna tidak akan mengalami masalah saat bepergian ke luar negeri.

Sedangkan untuk terkoneksi keperangkat lain disediakan fitur wifi lengkap yang mencakup fitur dual-band, WiFi Direct dan layanan hotspot sharing. Jika ingin saling bertukar file atau data pengguna bisa mengunakan teknologi Bluetooth versi 4.2. Bagi yang gemar traveling, bisa memanfaatkan fitur navigasi yang disediakan melalui GPS. Sedang di sisi USB terasa optimal dengan penggunaan versi 3.0, Type-C 1.0.

Pengguna juga tidak perlu khawatir mengenai daya tahan baterainya. Karena Mi Note 2 menanam baterai dengan kapasitas cukup besar yaitu 4,070 mAh. Meski bukan yang terbesar, namun setidaknya bisa memberikan daya tahan yang cukup mengesankan untuk penggunaan sehari-hari.

Meski berkapasitas besar, tapi pengguna tidak perlu khawatir saat ingin mengisi ulang baterainya. Karena perangkat ini dilengkapi dengan dukungan fitur Qualcomm Quick Charge 3.0. Xiaomi mengklaim fitur pengisian cepat yang mereka tanamkan mampu mengisi daya hingga 83% hanya dalam waktu setengah jam saja.

Baca juga artikel:
Resmi Meluncur, Ini Dia Spesifikasi Lengkap Xiaomi Mi Note 2
Ini Dia Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi 4, Redmi 4A, dan Redmi 4 Prime
Pricebook Bagi-bagi Voucher Diskon Buat Beli Hp Xiaomi di ITC Roxy Mas

Artikel Lainnya

Komentar