Asus ZenFone 3 Max Akhirnya Hadir di Indonesia

Oleh Ardiansyah Hana updated Senin, 30 Jan 2017 | 10:12

 

Penggunaan aplikasi dan jaringan 4G LTE non-stop membuat baterai pada smartphone lebih boros. Karenannya, smartphone dengan dukungan baterai besar pun sangat dibutuhkan pengguna.

Kilas balik ke pertengahan tahun 2015 lalu, pabrikan ASUS mengeluarkan smartphone bertajuk Zenfone Max. Smartphone tersebut merupakan inovasi yang populer di masyarakat karena memiliki dukungan baterai berkapasitas 5.000 mAh, namun tetap mengusung desain tipis nan manis.

Ingin mengulang kesuksesan dari Zenfone Max, ASUS kembali menghadirkan varian smartphone dengan baterai besar terbarunya. Smartphone ini adalah ASUS Zenfone 3 Max yang merupakan rangkaian dari keluarga Zenfone 3.

Seperti apa penampilan dan performa yang ditawarkan ASUS Zenfone 3 Max? Ini dia previewnya.

Desain

Jika dibandingkan dengan Zenfone Max edisi tahun 2015, smartphone ini menawarkan penampilan yang benar-benar baru. Ia mewarisi desain dari Zenfone 3 series, mengusung konsep unibody menawan dalam tiga varian warna, yakni Sand Gold, Titanium Gray dan Glacier Silver.

Hadir dengan dimensi bodi berukuran 149,5 x 73,7 x 8,55mm dan bobot seberat 148 gram, sebagian besar bodi dari perangkat ini ditutupi material metal. Sisanya, bagian atas dan bawah menggunakan campuran bahan plastik dengan kesan metal.

Menyematkan slot dual hybrid, pengguna diberikan opsi untuk memasang dua buah kartu SIM 4G LTE, atau satu kartu SIM dan satu microSD. Sementara soal penampilan, ASUS mendesain smartphone ini lebih sederhana, menghilangkan tombol navigasi fisik seperti seri pendahulunya, menggantinya dengan tombol virtual.

Sementara jika kita menilik bagian belakang, kamu akan menemukan kamera dan sensor sidik jari, fitur kekinian yang memungkinkan perangkat menjadi lebih aman, serta mempermudah pengguna mengakses fitur yang ada di dalam Zenfone 3 Max.

Layar

Selain membawa desain tipis dan ringan, ASUS pun memperhatikan desain pada layar dengan menyesuaikannya dengan ukuran perangkat agar nyaman digunakan. Dengan screen to body ratio yang mencapai 75%, panel seluas 5,2 inch pada Zenfone 3 Max sangat nyaman dipandang, memberikan efek tanpa bingkai.

Hadir membawa resolusi layar HD 1280 x 720 piksel, ASUS pun menggunakan kaca 2.5D pada Zenfone 3 Max ini. Menyematkan teknologi In-Plane Switching (IPS), kamu pun akan nyaman memandang layar dari segala sudut, terlebih karena adanya LED berkekuatan 400nits yang memastikan layar nyaman dilihat sekalipun berada di bawah paparan sinar matahari.

Masih soal penampilan, Zenfone 3 Max juga sudah mengadopsi antarmuka paling baru, ZenUI 3.0. ZenUI 3.0 membawa banyak elemen perubahan ketimbang versi terdahulu, dimulai dari sistem notifikasi, ketersediaan tema dan fitur-fitur khas.

Baterai

Salah satu keunggulan utama yang ditawarkan ASUS Zenfone 3 Max adalah kekuatan baterai yang prima. Mengusung baterai berkapasitas 4.100 mAh, Zenfone 3 Max diklaim memiliki waktu siaga hingga 720 jam, waktu bicara sampai 20 jam, dapat memutar video berkualitas HD hingga 15 jam, dan waktu browsing melalui jaringan Wi-Fi hingga 18 jam lamanya.

Masih soal baterai, ASUS juga menyediakan lima opsi penggunaan energi pada smartphone ini. Modus pertama adalah Performance, dimana semua fungsi diatur maksimum, sehingga cocok untuk bermain game dan menonton video. Modus kedua adalah normal, dimana sistem akan mengatur CPU dan kecerahan secara otomatis untuk menghemat baterai.

Opsi lainnya adalah baterai saving, dimana mobile data dan WiFi akan dimatikan secara otomatis saat smartphone tidak dipakai, modus super saving yang akan mematikan semua fungsi kecuali telepon, SMS dan alarm, serta modus Customized yang memungkinkan pengguna mengatur fungsi smartphone sesuai kebutuhan.

Performa

Kinerja baterai kuat pada ASUS Zenfone 3 Max tidak hanya didukung kapasitas baterai yang besar, melainkan penggunaan prosesor hemat energi dari MediaTek MT6735 quad-core 1.44GHz  dengan prosesor 64-bit berbasis ARM Cortex A53 (Harvard), dipadukan GPU Mali T720 berkecepatan 600MHz yang mampu menampilkan gambar HD dan dukungan OpenCL 1.2 dan OpenGL ES 3.0.

Berbicara kecepatan, chipset  yang digunakan Zenfone 4 Max memiliki kinerja yang jauh lebih baik ketimbang chipset Qualcomm Snapdragon 410 yang berada di kelas yang sama. Hal tersebut bisa dilihat dari pengujian  GFX Bench dengan tes High Level yang mendapatkan skor 385.6 frames, Low Level ALU 2 dengan skor 237.5 frames dan Texturing yang mencatat angka 652 MTexel per detik

Sementara itu, pengujuan GeekBench 3 menghasilkan skor 690 untuk Single Core dan 2065 untuk MultiCore. Sedangkan pengujian Antutu Benchmark mencatat skor 39485, membuktikan bahwa smartphone ini bisa menjalankan beragam game dengan lancar, termasuk pekerjaan grafis seperti menonton video.

Kamera

Di sektor fotografi, ASUS Zenfone 3 Max menyematkan sensor 13 MP di bagian belakang. Menariknya, sensor tersebut sudah terintegrasi dengan software PixelMaster sehingga menyediakan 11 modus yang bisa kamu gunakan, seperti Otomatis (Auto), Mode High Dynamic Range (HDR), Mode Beautification, Mode Super Resolution, Mode QR Code, Mode Low Light, Mode Night, Mode Selfie, Mode Panorama, Mode Time Lapse dan Effect.

Hadir dengan fitur lensa Largan yang disusun dari 5 elemen, kamera belakang yang juga dilengkapi dengan Auto Focus dan LED flash ini pun sanggup dipakai untuk merekam video Full HD (1920 x 1080) di 30 frame per detik. Saat merekam video, kamu bisa mengaktifkan fitur image stabilizer yang tersedia sehingga kualitas tetap stabil.

Beralih ke bagian depan, kamu bisa menggunakan kamera berkekuatan 5 MP untuk melakukan video call atau foto selfie. Hadir dengan bukaan lensa yang lebar, kamera depan pada Zenfone 3 Max juga sudah terintegrasi dengan 7 mode berbeda sehingga foto selfie kamu hasilnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Fitur Tambahan

Selain fitur utama yang disebutkan di atas, Zenfone 3 max juga membawa serangkaian fitur khusus untuk memudahkan kamu. Fitur pertama adalah kemampuan untuk menyulap smartphone menjadi power bank menggunakan USB OTG yang disediakan dalam paket pembelian.

Kamu juga bisa menggunakan fitur Mobile Manager, sebuah layanan yang memungkinkan kamu bisa melakukan manajemen dan perawatan sistem dengan mudah. Sementara di sektor audio, ASUS mengusung fitur SonicMaster untuk menghadirkan pengalaman suara yang baik saat kamu mendengarkan musik, bermain game atau menonton video.

Tampil dengan desain menawan, baterai berkapasitas besar dan fitur-fitur modern termasuk sensor sidik jari, kamu yang melirik smartphone murah dengan performa prima bisa melirik ASUS Zenfone 3. Hadir dalam dua varian RAM dan memori internal, 2GB dan memori 16 GB yang dibanderol dengan harga Rp2,199,000 serta RAM 3GB dan memori internal 32GB yang bisa kamu boyong dengan banderol Rp2,399,000 saja.

Asus Zenfone 3 Max ZC520TL RAM 3GB ROM 32GB
Harga termurah

Rp 1,816,850

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE 700 / 800 / 850 / 1700 / 1900
Ukuran Layar 5.2 inch
Chipset Mediatek MT6737M
Jumlah Core Quad Core
Kecepatan CPU 1.2 GHz
GPU Mali-T720MP2
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Resolusi Kamera 13 MP
Resolusi Kamera Depan 1 5 MP
Kapasitas Baterai 4130 mAh

Baca juga artikel:
Asus Zenfone Pegasus 3 dan 6 HP Android Terbaru Ini Bisa Dibeli Lewat Tokopedia
Review ASUS Zenfone 3 ZE520KL: Lebih Mewah dan Fotografi Makin Lengkap
Asus ZenPad 8 Z380KL, Tablet 8 Inch dengan Konektivitas 4G LTE

Artikel Lainnya

Komentar