Perbandingan Apple Watch 2, Samsung Gear S3 dan Moto 360 2nd Gen, Siapa Lebih Tangguh

Oleh Nur Abdillah on Kamis, 13 Okt 2016 | 16:23

Persaingan di pasar wearable (smartwatch khususnya) tidak sesengit yang terjadi di industri smartphone. Meski demikian, dengan kemajuan teknologi dan makin banyaknya fitur yang bisa dimanfaatkan, smartwatch kini mulai dilirik. Banyak fitur yang bisa dimanfaatkan dari perangkat ini, selain sebagai penunjuk waktu, smartwatch kini bisa berfungsi sebagai asisten olahraga, pengontrol musik dan sebagainya.

Saat ini ada beberapa smartwatch anyar yang diklaim memiliki kualitas terbaik. Tercatat ada tiga produk dari brand besar yang siap dipilih untuk menghiasi pergelangan tangan Anda. Meski memiliki beberapa kesamaan, namun masing-masing memiliki desain dan fitur yang saling membedakan. Untuk lebih jelasnya, kami coba membandingkan ketiga smartwatch tersebut, yaitu Apple Watch 2, Samsung Gear S3 dan Moto 360 2nd Generation.  

Layar

Apple Watch 2

Sebagai media tatap muka, layar menjadi salah satu faktor penting dalam menggunakan smartwatch. Dukungan layar yang berkualitas tentu akan memudahkan pengguna saat mengoperasikannya.

Nama Nama Produk Screen Size Screen resolution Display Technologies
Apple Series 2 38mm Series 2 38mm 1.65 inch 390 x 312 Pixel Second-generation OLED Retina display with Force Touch 2× brighter
Samsung Gear S3 Gear S3 1.3 inch 360x360 Pixel Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M
Motorola Moto 360 2nd Generation Moto 360 2nd Generation 1.37 inch 360 x 325 Pixel IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors

Pada dasarnya, ketiga perangkat ini dibekali dengan ukuran layar yang sama yaitu berkisar 1,3 inci. Perbedaannya hanya terlihat pada penggunaan panel dan fitur yang mendukungnya. Apple Watch Series 2 menggunakan layar tipis 38mm dengan ukuran 1.3 inci. Layarnya sudah menggunakan panel OLED dengan kerapatan 340ppi. Layar sentuh ini diklaim dua kali lebih terang dari pendahulunya serta menggunakan material kaca kristal Sapphire.

Lalu Samsung Gear S3 juga sama menggunakan layar berukuran 1.3 inci dengan panel Super AMOLED. Memiliki bentuk yang melingkar layar ini memiliki kedalaman hingga 278ppi. Sedangkan Motorola 360 2nd Generation juga memakai konsep layar melingkar dengan ukuran 1,37 inci. Ketebalan layarnya hanya berkisar 42 mm, menggunakan panel IPS LCD dengan kedalaman warna mencapai 233ppi.

Water Resistance

Samsung Gear S3

Sebagai perangkat wearable, ketangguhan saat penggunaan di luar ruangan menjadi satu hal penting lain. Salah satunya adalah kemampuannya bertahan di dalam air. Untuk fitur ini, Apple Watch Series 2  memiliki kemampuan bertahan di dalam air hingga kedalaman 50 meter. Apalagi tidak ada batas waktu atau durasi saat berada di dalam air. 

Nama Nama Produk Waterproof
Apple Series 2 38mm Series 2 38mm Yes
Samsung Gear S3 Gear S3 Yes, IP68
Motorola Moto 360 2nd Generation Moto 360 2nd Generation Yes

Sedangkan Samsung Gear S3 memiliki daya tahan air dengan lolos sertifikasi IP68. Artinya Gear S3 memberi perlindungan secara total dan menyeluruh terhadap debu dan kontak langsung dengan pengunaan hingga 2 meter di dalam air.

Sementara Moto 360 2nd Generation hanya mengantongi seritifikasi IP67 yang berarti memberi perlindungan secara total dan menyeluruh terhadap debu, kontak langsung dengan pengunaan hingga 1 meter di dalam air.

Baterai

Moto 360 2nd Gen

Baterai akan menjadi faktor kunci dari perangkat. Tidak hanya di smartwatch, semua perangkat juga membutuhkan baterai dengan daya tahan yang baik. Sejauhmana baterai yang digunakan bisa memberi sumber energi ada perangkat.

Nama Nama Produk Battery Type Battery Life
Apple Series 2 38mm Series 2 38mm Built-in rechargeable lithium-ion battery 18 Hr
Samsung Gear S3 Gear S3 Non-removable Li-Ion 380 mAh battery 72 Hr
Motorola Moto 360 2nd Generation Moto 360 2nd Generation Li-ion 300mAh Up to 36h Hr

Untuk daya tahan baterai saat pemakaian, Apple Watch Series 2 diklaim hanya dapat bertahan selama 18 jam untuk satu kali pengisian penuh. Itu artinya pengguna tidak dapat menggunakan perangkat ini selama satu hari penuh (24 jam). Sedangkan Moto 360 dikatakan mampu memberi daya selama 1,5 hari, namun daya tahan ini dilabeli dengan syarat menggunakan modus moderat yang ada pada perangkat.

Sementara Samsung Gear S3 diklaim sanggup menyuplai energi ke perangkat selama 4 hari. Meski belum ada pembuktian resmi, namun kabar ini jelas memberi nilai lebih perangkat asal Korea tersebut. Yang perlu digarisbawahi adalah baterai menjadi sesuatu yang perlu dipertimbangkan ketika melakukan pembelian produk, tidak terkecuali untuk smartwatch.

Software dan Kompabilitas

Nama Nama Produk OS Compability OS
Apple Series 2 38mm Series 2 38mm Watch OS 3
Samsung Gear S3 Gear S3 Tizen-based wearable platform 2.3.2 Android
Motorola Moto 360 2nd Generation Moto 360 2nd Generation Android -

Untuk perangkat lunak, Apple watch 2 tentu saja menggunakan sistem operasi besutan Apple yaitu watchOS yang hanya kompatibel dengan perangkat iOS saja (iPhone, iPad, iPod). Sedangkan Samsung Gear S3 memilih memakai OS Tizen yang juga besutan sendiri sebagai user interface mereka. OS Tizen ini sudah kompatibel dengan OS Android. Sementara Moto 360 2nd Gen berjalan dengan sistem operasi dari Android Wear dan sudah kompatibel dengan iOS dan Android.

Konektivitas

Nama Nama Produk USB Bluetooth NFC
Apple Series 2 38mm Series 2 38mm No Bluetooth 4.0 Ya
Samsung Gear S3 Gear S3 No v4.2 Ya
Motorola Moto 360 2nd Generation Moto 360 2nd Generation No Yes, v4.0,LE Tidak

Bicara koneksi, sebenarnya ketiga perangkat ini terbilang cukup lengkap dengan menyediakan fasilitas seperti Bluetooth atau Wifi. Hanya saja untuk Moto 360 2nd Gen tidak dilengkapi dengan fitur NFC, sedangkan Apple Watch 2 dan Gear S3 sudah memiliki fitur NFC.

Fitur

Apa yang dapat diharapkan dari perangkat wearable adalah fitur yang dapat digunakan oleh penggunanya. Tidak terkecuali utuk Apple Watch 2, Moto 360, dan Gear S3, bahkan jauh lebih kuat, dan fokus pada produktivitas antarmuka. Ketiga dapat menangani hal-hal tertentu dengan cara mereka sendiri, sebut saja seperti memberikan notifikasi, sebagai pengontrol musik, kalender, perintah suara dan fungsi lain.

Fitur yang juga penting adalah keberadaan GPS. Sayangnya, dari ketiga perangkat hanya Moto 360 2nd Gen yang tidak dilengkapi dengan fitur GPS. Apple Watch 2 dan Samsung Gear S3 sudah memiliki fitur ini. Meski demikian ketiganya sudah dibekali fitur penghitung denyut jantung.

Dengan data-data di atas, tentu ada beberapa faktor yang menjadi pembeda diantara ketiganya. Mengenai pilihan semua tergantung pada selera dan kebutuhan masing-masing pengguna.

Baca juga artikel:
Google Siapkan Dua Smartwatch Android Wear, Angelfish dan Swordfish
Smartwatch Xiaomi dan Xiaomi Mi Band 2 Siap Dirilis
Michael Kors Access, Smartwatch Android Wear Mirip Moto 360

Artikel Lainnya

Komentar

evanyzd 14 Oktober 2016 - 15:56
Perbandingan yang menarik. Saya vote untuk Gear S3! Karena sepertinya tidak akan meledak ;)