Daftar Harga dan Tips Memilih Mesin Cuci Sesuai Kebutuhan

Oleh Ardiansyah Hana on Selasa, 16 Agu 2016 | 16:16

Mesin cuci hadir untuk memudahkan masyarakat. Di sini, pengguna bisa menghemat waktu karena mesin cuci memungkinkan mencuci pakaian dan mengeringkannya dalam satu wadah saja.

Jika ingin membeli mesin cuci, sebaiknya menyesuaikannya menurut kebutuhan. Nah, ini dia tips memilih mesin cuci yang perlu diperhatikan.

Jenis-jenis Mesin Cuci

Di pasaran, ada dua jenis mesin cuci yang bisa dibeli, yakni mesin cuci top load (bukaan atas) dan front load (bukaan depan). Mengenai detailnya, silahkan lihat ulasan berikut:

1. Mesin Cuci Top Load

Mesin cuci top load sudah digunakan sejak jaman dulu sampai sekarang. Bedanya, mesin cuci top load kini memiliki teknologi yang semakin berkembang, dibagi menjadi dua tabung dan satu tabung. Apa yang membedakannya?

a. Mesin Cuci Top Load Dua Tabung

Sesuai jenisnya, setiap tabung pada mesin cuci jenis ini memiliki fungsi berbeda. Satu tabung bisa digunakan untuk mencuci dan membilas pakaian, sedangkan tabung satunya dipakai untuk memeras pakaian setelah selesai dicuci dan dibilas.

Mesin cuci top load dua tabung memiliki sejumlah kelebihan, yakni harga jual yang relatif murah, serta penggunaan listrik yang tergolong rendah.

Kendati demikian, mesin cuci jenis ini dinilai kurang praktis karena pengguna harus memindahkan sendiri pakaian dari satu tabung ke tabung lain setelah proses pencucian. Selain itu, mesin cuci ini hanya memiliki tingkat kekeringan pakaian mencapai 70%, serta membutuhkan volume air yang banyak saat mencuci.

Rekomendasi Mesin Cuci Top Load Dua Tabung:

b. Mesin Cuci Top Load Satu Tabung

Saat ini, ada pula jenis mesin cuci top load satu tabung, merupakan perkembangan terbaru dari mesin cuci dua tabung yang sebelumnya populer di maasyarakat.

Mesin cuci ini memiliki tabung multifungsi, dimana proses pencucian dan pengeringan bisa diselesaikan pada tabung yang sama secara otomatis. Tentu saja, kerepotan saat memindakan hasil cucian tak akan dirasakan lagi.

Menn cuci top load satu tabung memiliki kelebihan, yakni penggunaan daya listrik rendah. Seperti yang disebutkan diatas, mesin cuci jenis ini pun bisa menghilangkan kerepotan karena tak perlu memindahkan pakaian.

Sementara itu, kekurangannya adalah harga jual yang masih mahal, membutuhkan volume air yang cukup banyak, serta tingkat kekeringan yang hanya mencapai 70% saja.

Rekomendasi Mesin Cuci Top Load Satu Tabung:

2. Mesin Cuci Front Load

Selain mesin cuci bukaan atas, ada pula pilihan mesin cuci bukaan depan atau front load yang pada awalnya hanya digunakan oleh jasa laundry, namun sekarang menjadi salah satu peralatan elektronik yang lazim digunakan rumah tangga.

Mesin cuci jenis ini dilengkapi satu tabung yang letaknya horizontal dengan arah putaran vertikan. Seperti halnya jenis mesin cuci top loading satu tabung, ia pun bisa mengerjakan proses cucian, pembulasan dan pemerasan dalam satu tempat.

Mesin cuci front loading memiliki sejumlah kelebihan, pertama membuat proses pencucian lebih efisien, resiko kerusakan pada pakaian yang minim, membutuhkan lebih sedikit volume air, serta tingkat kekeringan yang mencapai 90%.

Namun, mesin cuci jenis ini pun mempunyai kekurangan, yakni harga jual yang relatif tinggi, penggunaan daya listrik tinggi, serta memerlukan detergen khusus.

Rekomendasi Mesin Cuci Front Load:

Nah, informasi diatas diharapkan bisa membantu saat ingin membeli mesin cuci. Sebelum melakukan pembelian, pastikan untuk mengetahui perbandingan harganya melalui Pricebook.

Baca juga artikel:
Daftar Harga Mesin Cuci LG
Daftar Harga Mesin Cuci Samsung
Daftar Harga Mesin Cuci Sanken

Artikel Lainnya

Komentar