Toko Komputer Rekomendasi di Mangga Dua

Oleh Ardiansyah Hana on Kamis, 28 Jul 2016 | 18:39

Mangga Dua, kawasan di Jakarta yang populer menyediakan berbagai perangkat komputer. Kondisinya saat ini memang tidak sepopuler dulu. Mengapa demikian? Tentu saja akibat faktor ekonomi dan tren teknologi yang terus berubah.

Sudah eksis sejak belasan tahun, dulunya kawasan Mangga Dua sangat ramai dijejali konsumen dan termasuk salah satu pusat komputer terbesar di Indonesia. Terlebih saat akhir pekan, ada banyak konsumen yang sengaja mencari produk komputer beserta aksesorisnya, dimana mereka banyak yang datang dari luar Jakarta.

Kondisi terkini di Mangga Dua dari pengamatan Pricebook belum lama ini, banyak toko yang tutup karena sepinya konsumen, termasuk toko yang lokasinya strategis dan dulunya jadi rebutan pedagang. Food court yang dulunya sangat ramai pun kini hanya diisi segelintir penjual, sangat kontras dengan beberapa tahun belakangan.

Sedikit kilas balik, dulunya pusat penjualan komputer bertempat di Glodok. Namun, kawasan tersebut hancur total karena terjadinya kerusuhan di tahun 1998. Para pedagang pun mencari tempat baru, memilih kawasan Mangga Dua, yang sebelumnya merupakan bagian dari Hotel Dusit, untuk dipakai mencari nafkah.

Di tahun tersebut, kawasan Mangga Dua mulai ramai oleh pedagang, dilihat dari Dusit Mangga Dua dan Mangga Dua Mall yang selalu dikunjungi oleh perorangan ataupun resseler sebagai tujuan utama untuk membeli produk komputer. Tak lama, ada banyak pusat perbelanjaan komputer yang dibangun di kawasan ini, seperti Mangga Dua Square dan WTC Mangga Dua.

Perubahan Tren Perangkat

Perubahan lainnya terjadi pada tren perangkat. Berbagai data saat ini menunjukan angka penjualan perangkat komputer yang menurun, sebaliknya penjualan tablet PC dan smartphone yang semakin meningkat.

Data menunjukan, pada tahun 2014 lalu volume penjualan laptop turun 10%, sedangkan penjualan PC desktop turun 34%. Sementara di tahun 2015 lalu, tren tablet PC meningkat pesat. Tercatat Lembaga riset International Data Corporation (IDC) bahwa jumlah tablet yang masuk ke Indonesia mencapai angka 6,1 juta unit di tahun 2015, naik 19,1 persen ketimbang tahun sebelumnya.

Sementara itu, jumlah komputer pribadi yang masuk ke Indonesia sebanyak 4,34 juta unit, sedangkan pertumbuhan angka pengiriman hanya 2,3 persen di tahun 2015 lalu. Mengenai tren tablet yang menggantikan fungsi PC, alasannya tentu saja karena tuntutan perkembangan jaman dan kemajuan teknologi.Selain itu, faktor mobilitas juga mempengaruhi peralihan perangkat tersebut.

Selain tablet, pasar smartphone terus mengalami peningkatan. IDC sendiri menyebutkan soal pasar smartphone di Indonesa pada tahun 2015, terungkap bahwa sebanyak 8,3 juta perangkat smartphone dikapalkan di Indonesia selama kuartal empat tahun 2015, angka tersebut mengalami peningkatan sebesar 14.4% dibandingkan tahun sebelumnya.

Peningkatan penjualan di kuartal empat tahun 2015 ini lebih tinggi ketimbang periode yang sama tahun sebelumnya karena vendor mengirimkan smartphone dalam volume tinggi sebelum izin import berakhir di tahun 2015 atau awal 2016. Adapun, pertumbuhannya selama satu tahun berada di angka 17,1% dengan pengapalan 29,3 juta unit.

Mengenai peningkatan angka pengapalan tersebut, smartphone merek Asus menjadi juara di pasar Indonesia dengan pangsa pasar 22%, terus meningkat ketimbang tahun sebelumnya yang hanya 15% berkat mendatangkan banyak smartphone seri baru di pasar Indonesia.

Sejatinya, data di atas selaras dengan data global, menunjukan eksistensi penjualan PC yang terus menurun. Tren perangkat mobile terus mendorong konsumen untuk membeli perangkat yang lebih ringan, kecil dan bisa melakukan banyak hal, membuat ketertarikan mereka menurun pada produk komputer, tentu saja berpengaruh pada angka penjualan di sentra komputer Mangga Dua.

Diferensiasi Pengusaha Mangga Dua

Melalui tren yang terus berubah, para pengusaha melakukan diferesiansi. Sebelumnya, kawasan tersebut diramaikan oleh pasar kamera digital, namun penjualannya cenderung menurun sejak mengalami masa jaya di tahun 2013.

Kini, harapan para penjual tertumpu pada penjualan smartphone yang dinilai jauh lebih menjanjikan, terlebih karena banyak vendor smartphone dan tablet yang dulunya bermain di ranah IT, misalnya Acer, Asus, Sony dan Samsung.

Akan tetapi, tantangan berbisnis smartphone tidaklah mudah, dimana bisnis ini kurang prospektif karena marginnya kecil dan harga jual yang fluktiatif. Sementara itu, bargain power dari pengusaha komputer kalah jauh ketimbang pengusaha komputer, menurut data tahun 2012 menyebutkan bahwa pemain IT di Indonesia jumlahnya sekitar 8 ribu, sedangkan pemain smartphone mencapai angka 110 ribu.

Hasilnya, saat produsen smartphone ingin melakukan penetrasi, mereka lebih memilih jalur pengusaha ponsel ketimbang komputer, ditambah karakteristik pengusaha komputer yang berbeda dengan pengusaha ponsel, dinilai kalah lincah dari segi operasional toko.

Jualan Online

Selain perkembangan tren teknologi dan merosotnya ekonomis, tren belanja online mengubah cara konsumen dalam membeli produk, tentu saja karena kemudahan dan kepraktisan yang tidak mengharuskan mereka untuk merasakan macet saat mendatangi kawasan Mangga Dua.

Dilaporkan, saat ini hampir semua toko di kawasan Mangga Dua mulai beralih untuk berjualan secara online, menjual berbagai perangkat desktop, laptop, hard disk, memori dan periferal lainnya melalui online marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Melalui adanya online marketplace, para penjual mendapatkan solusi untuk menjajakan barangnya ke konsumen. Terlebih, mereka pun bisa meraih konsumen dengan lebih luas, tidak berpatok pada konsumen yang berdomisili di Jakarta saja.

Hal ini pula yang dilakukan oleh Hansen, dari toko PNP Komputer di Mangga Dua Mall. Perluasan konsumen melalui jalur online dilakukannya sejak tahun 2010. Persaingan harga yang lebih terjangkau oleh konsumen menjadi cara jitu mengakali penjualan yang terus merosot. “Pengiriman barang luar dalam kota bisa dilakukan, begitu pun jika ada yang ingin melakukan COD, jika lokasinya tidak terlalu jauh kita sanggupi,” ujarnya.

Hal serupa juga dilakukan oleh Paradise store, yang sudah sejak lama bermain dirana online dengan alamat www.paradisestore.id. Menurut Rudi Jaya, Marketing Online Paradise Store, dengan perubahan nama domain yang dulunya menggunakan “co.id” menjadi “.id” dinilai sesuai dengan rencana pemerintah, lebih dipercaya, aman untuk bertransaksi online dan jauh dari penipuan.

Perubahan pola konsumen tentu saja membawa andil besar terkait merosotnya penjualan di kawasan Mangga Dua. Diharapkan, para pengusaha komputer memperluas memperluas portofolio produknya ke perangkat yang sedang tren, mengingatkan tren teknologi yang diramal bakalan segera berubah ke industri pendukung.

Melalui gairah penjualan komputer yang terus merosot, diharapkan para penjual tidak menunggu. Selain diharapkan untuk mengikuti perkembangan tren teknologi, para penjual diharapkan semakin serius menggarap penjualan secara online, jangan terlalu banyak menumpuk stok yang perkembangannya cepat, selalu berikan dan perbaiki pelayanan, serta menjalin kerjasama dengan berbagai pihak agar kondisi kembali membaik.

Toko komputer rekomendasi di Mangga Dua Mall

PNP Komputer

Mangga Dua Mall Lt.5 Blok C No.129
Jakarta Pusat
Telp: (021) 62301288
Hp: 0818881778 / 08176964378

Produk paling laris

Tentang toko

PNP Komputer sudah ada di Mangga Dua Mall sejak tahun 1999 lalu menurut pengakuan Hansen. Walau sering berpindah lokasi, namun tetap berada di lantai yang sama. Saat ini, PNP Komputer gencar berjualan secara online yang dinilai lebih efektif untuk menjangkau konsumen. Kehadiran e-commerce di Indonesia seperti Tokopedia dirasakan sangat membantu meningkatkan penjualan disamping penjualan secara offline.

Untuk pengiriman barang dalam dan luar kota bukanlah masalah, bisa dilakukan melalui kurir, Tiki, JNE, dan Mex Barlian. Transaksi pembayaran dapat dilakukan secara tunai, debit dan transfer. Untuk penggunaan kartu kredit akan dikenakan bunga sebesar 3 persen. Jika kamu ingin merakit komputer untuk segala jenis keperluan seperti gaming, PNP Komputer menyanggupi hal tersebut. Untuk harga perakitan disesuaikan dengan spesifikasi yang diinginkan.

Harga desktop dan laptop di PNP Komputer

PRODUK HARGA
Lenovo IdeaCentre Stick 300-05HL  Rp 2.040.000
Dell Inspiron 11-3162 | N3050  Rp 2.820.000
Acer One Z1402 | 2957U   Rp 3.025.000
Lenovo IdeaPad G40-45-JID  Rp 3.160.000
Asus X454YA-WX101D  Rp 3.225.000
Lenovo Miix 3-4ID  Rp 3.300.000
Lenovo IdeaPad G40-45-1DiD  Rp 3.370.000
Asus X552WA-SX076D / SX077D  Rp 3.400.000
Acer Aspire ES1-431 | N3050   Rp 3.425.000

Paradise Store

Lenovo Flagship Store by Paradise Store

Mangga Dua Mall - lantai 2 No.37 Jakarta Pusat - HP: 081296334456
Bandung Electronic Center lt. 1 blok AC/02 telp. 022 422 4274
LOTTEMART Fatmawati
LOTTEMART Bintaro

Produk paling laris

Tentang toko

Paradise Store berdiri sejak tahun 2012 dan saat ini sudah tersebar di Jabodetabek (Jakarta, Bekasi, Tangerang, Bintaro) dan akan membuka gerai baru di Istana Bandung Electronic Center Extension, Bandung. Paradise Store menjual produk-produk IT dengan berbagai varian dan brand dengan jaminan garansi resmi, mulai dari laptop low end, medium, sampai kelas premium, PC branded Lenovo, Dell, HP, maupun PC All in One serta aksesoris pelengkap product IT seperti Mouse, Keyboard, Printer, DLL.

Untuk pembayaran dapat melalui transfer ke rekening Bank BCA, Mandiri, BII, Permata ataupun cash untuk transaksi di toko,sedangkan untuk online dapat melakukan fasilitas cicilan MasterCard, maupun Visa, dan Paradise Store juga telah bekerjasama dengan KreditPlus untuk cicilan tanpa kartu kredit.

Biasanya toko ini membuat promo untuk akhir bulan maupun saat weekend, dengan tujuan agar masyarakat luas lebih mengenal Paradise Store. Selain di Mangga Dua Mall, Paradise Store memiliki gerai lain diberbagai kota seperti di:

  • Mall Ambasador, lantai 3 No.57 Jakarta Selatan
  • Bekasi Cyber Park, lantai 1 A5 No.8 Bekasi
  • Bekasi Cyber park, lantai 1 A6 No.18 Bekasi
  • Summarecon Digital Center, GF A30, Serpong Tangerang
  • Harco Mangga Dua, Lt. 2 Blok B No. 83 Jakarta
  • Istana Bandung Electronic Center Extension, Bandung

Harga laptop, mouse dan monitor di Paradise Store

PRODUK HARGA
HP Pavilion 11-F006TU / F007TU  Rp 3.000.000
HP Pavilion 14-AC002TU  Rp 3.015.000
HP Pavilion 14-AF118AU  Rp 3.899.000
HP Pavilion TouchSmart 10-e001AU / e017AU / e011AU  Rp 3.599.000
Lenovo IdeaPad G40-45-BID  Rp 3.599.000
HP Pavilion 14-G105AU  Rp 3.699.000
HP X3000  Rp    124.000
Benq LED 24 in. GL2460HM  Rp 1.850.000
Baca juga artikel:
5 Toko Populer Jual Beli Smartphone di Mall Ambassador Jakarta Selatan
Rekomendasi Toko Handphone dan Laptop di ITC Cempaka Mas
Cerdas Belanja Gadget Bareng Pricebook: Belanja Murah di Toko Istimewa

Artikel Lainnya

Komentar