Lenovo VIBE K5 Plus, Android RAM 3GB dengan Dukungan Virtual Reality Lebih Nyata

Oleh Ardiansyah Hana on Kamis, 21 Jul 2016 | 10:08

Kemarin, Lenovo memperkenalkan produk smartphone barunya. Smartphone ini merupakan Lenovo Vibe K5 Plus yang mampu mendukung konten multimedia yang berbasis virtual reality (VR).

Sebelumnya, Lenovo VIBE K5 Plus memang sudah diluncurkan pabrikan satu ini dengan menggandeng operator seluler Smartfren. Akan tetapi, VIBE K5 Plus berbeda dengan versi sebelumnya karena memiliki peningkatan RAM dari 2GB menjadi 3GB.

Spesifikasi Lenovo VIBE K5 Plus

Jaringan  LTE
OS  Android 5.1 Lollipop
Layar  5 Inch Full HD 1920 x 1080 piksel 
Chipset  Qualcomm Snapdragon 616
Prosesor  Octa Core 64-bit 1,5 GHz
GPU  Adreno 405
Internal / RAM  16 GB / 3 GB
Kamera  13 MP dan 5 MP 
Baterai  2.750 mAh

Hadir dalam tiga pilihan warna, yaitu Graphite Grey, Champagne Gold, dan Platinum Silver, VIBE K5 Plus memiliki dukungan RAM lebih besar, tentu saja menjadikan performa yang dihasilkan menjadi lebih baik, memungkinkan pengguna menjalankan game, aplikasi dan konten hiburan multimedia berbasis VR dengan lebih lancar.

Mengusung layar vivid seluas 5 inch beresolusi Full HD 1080p, perangkat ini mampu menyajikan gambar dengan jernih. Terlebih, Lenovo pun menambahkan teknologi TheaterMax yang bekerja mengubah konten semua multimedia menjadi konten berkemampuan VR sehingga memberikan pengalaman sinematik jika dilihat dengan VR Glasses.

Didukung dengan chipset Qualcomm Snapdragon 616 dengn prosesor Octa Core 64-bit berkecepatan 1,5 GHz, VIBE K5 Plus juga disertai memori penyimpanan berkapasitas 16 GB yang bisa diekspansi menggunakan microSD.

Dijalankan pada OS Android 5.1 Lollipop, smartphone yang dilengkapi dual SIM ini pun mengusung fitur dual kamera, yakni 13 MP di bagian belakang dan 5 MP di sisi depan. Khusus kamera belakang, ia disertai fitur LED Flash dan PDAF Rapid Focus.

Dibalut material aluminium yang memberikan kesan premium, smartphone ini didukung baterai berkapasitas 2750 mAh. Terakhir, Lenovo pun menyematkan 2 stereo speaker Dolby ATMOS yang mampu menghasilkan suara jernih dan berkualitas tinggi.

Dalam rangka peluncuran smartphone ini, Lenovo bekerjasama dengan Digital Happiness, studio game asal Bandung yang menciptakan game bertajuk Dreadout, sebuah aplikasi suspense game 3D (tiga dimensi) versi mobile asli buatan Indonesia. Nantinya, game satu ini bisa dimainkan melalui VIBE K5 Plus, menggunakan VR glasses dan TheaterMax controller.

Menyusul kesuksesan Lenovo Virtual Reality Challenge 1 di bulan April lalu, perusahaan ini pun akan mengadakan Lenovo Virtual Reality Challenge 2 pada 20 Juni 2016 hingga 15 Juli 2016. Masih menggandeng Dicoding Indonesia, peserta yang merupakan pengembang game Android di Indonesia akan ditantang untuk menciptakan game berbasis teknologi Virtual Reality yang inovatif.

Pada ajang ini, setidaknya terdapat 20 aplikasi dan game yang diserahkan oleh pengembang lokal. Setelah memasuki tahap seleksi, Lenovo memilih lima aplikasi terbaik yaitu  aplikasi Voxel Blaster oleh Play All All Day dari Kota Surabaya, aplikasi Chibi Run oleh Damar dari Kota Semarang, aplikasi MazeShroom VR oleh Tinker Games dari kota Bandung, aplikasi Another World Challenge oleh Joy Leap Studio dari Kota Surabaya dan aplikasi Kawaii Pew PEw VR oleh Mojiken dari kota Surabaya. Nantinya, para pemenang akan mendapatkan hadiah dari Lenovo.

Kembali ke perilisan VIBE K5 Plus, Lenovo akan menggandeng 6 situs e-commerce sebagai mitra online channel. Nantinya, smartphone ini akan dijual di situs Blibli.com, Dinomarket.co.id, Bhinneka.com, Erafone.com, Lazada.co.id, Mataharimall.com mulai tanggal 20-26 Juli 2016 dengan bandrol Rp 2.499.000.

Selain situs online diatas, Lenovo VIBE K5 Plus akan dijual pula di 15 galeri Smartfren terpilih dengan harga yang sama. Selama masa penjualan tersebut, konsumen akan memperoleh bonus berupa  VR Glasses, TheaterMax Controller,  paket data Smartfren denga bonus aktivasi 300MB, kuota data 16GB dan penawaran cash back sebesar Rp. 200.000 dari beberapa bank yang ada di Indonesia.

Baca juga artikel:
Lenovo Rilis Dua Ponsel Berspesifikasi Jadul, Vibe A dan Moto E3
Lenovo Vibe C2 Dirilis di Rusia dengan Android 6.0 dan 4G LTE
5 Smartphone Lenovo dengan Teknologi Virtual Reality

Artikel Lainnya

Komentar