Kumpulan Harga Laptop Multimedia dan Panduan Memilihnya

Kumpulan Harga Laptop Multimedia dan Panduan Memilihnya

Oleh Ardiansyah Hana on Selasa, 26 Jul 2016 | 15:58

Laptop kamu mungkin belum bisa bekerja dengan optimal saat mengerjakan multitasking. Sekarang, apakah kamu ingin mencari laptop yang bisa menjalankan banyak fungsi? Laptop multimedia adalah pilihan yang pas, dimana laptop ini bisa dipakai untuk keperluan berbagai fungsi, mulai dari menonton film, bermain game bahkan editing video.

Di pasaran, ada banyak vendor yang mengeluarkan laptop multimedia. Saat memilih, kamu harus bisa menentukan produk terbaik agar sesuai kebutuhan dan setara dengan budget yang sudah kamu keluarkan mengingat laptop multimedia dibandrol dengan harga tinggi.

Well, untuk membantu kamu yang ingin mengenal laptop multimedia lebih dekat, mari kita simak ulasannya di bawah ini.

Memilih Laptop Multimedia Terbaik

Seperti yang disebutkan di atas, laptop jenis ini menjadi pusat multimedia, misalnya untuk keperluan film, game dan editing video. Cocok digunakan oleh kalangan pelajar, mahasiswa dan pekerja kreatif yang berprofesi sebagai desainer grafis, editor film atau video serta pekerjaan rutin harian lainnya, laptop jenis ini tentu saja harus memiliki spesifikasi terbaik agar bisa menunjang semua keperluan yang disebutkan diatas.

Nah, apa sajakah kriteria yang harus dimiliki oleh sebuah laptop multimedia:

  • Kinerja Tangguh

Sebuah perangkat laptop multimedia harus memiliki kinerja paling tangguh agar bisa menampilkan gambar tanpa lag, baik itu game 3D maupun film beresolusi tinggi.

Dengan begitu, laptop multimedia seharusnya mendapatkan sokongan prosesor yang kuat, idealnya prosesor Intel Core i5 ke atas dan dilengkapi dukungan RAM yang besar, setidaknya 6 GB.

Dengan adanya dukungan prosesor dan RAM yang kuat, laptop ini bisa menjalankan berbagai program tanpa terhenti. So, tentu saja hal ini menjadi nilai utama yang perlu dimiliki oleh sebuah laptop multimedia.

  • Dukungan Kartu Grafis

Selain RAM dan prosesor, peran kartu grafis sangatlah besar dalam laptop multimedia. Salah satu yang terbaik adalah model kartu grafis terpisah yang diklaim bisa menghadirkan kinerja grafis lebih baik dibandingkan built -in grafis yang dipasangkan dengan prosesor. Nah, salah satu contoh adalah kartu grafis NVIDIA dan ATI yang di dalamnya dilengkapi memori khusus yang terpisah dari RAM bawaan laptop.

  • Kualitas Suara

Kriteria lain yang perlu kamu perhatikan saat memilih laptop multimedia adalah kualitas suara. Saat ini, banyak produk laptop yang dilengkapi dukungan audio berkualitas. Jika laptop yang kamu incar tidak memiliki fitur tersebut, maka kamu bisa membeli speaker terpisah atau menggunakan sebuah headphone.

  • Ukuran dan Kualitas Layar

Mengenai ukuran layar, kamu bisa menyesuaikannya menurut kebutuhan. Kamu bisa memilih laptop dengan  layar ukuran 14 inch ke atas karena tipe ini yang paling banyak tersedia di Indonesia.

Apapun ukuran layar yang kamu pilih, idealnya ia memiliki resolusi layar minimal 1.600 x 900 piksel agar mampu menampilkan gambar secara tajam dan detail. Jika kamu mempunyai budget lebih kamu, pertimbangkan juga laptop dengan resolusi layar lebih tinggi, misalnya Full HD 1.920 x 1.080 piksel, yang tentu saja kualitas yang ditampilannya jauh lebih tajam ketimbang resolusi HD.

Pilih Laptop Multimedia Berdasarkan Kebutuhan

Banyaknya pilihan laptop multimedia di pasaran membuat kamu memiliki banyak opsi. Akan tetapi, kamu harus menyesuaikannya dengan kebutuhan agar perangkat tersebut mampu menunjang pekerjaan secara maksimal. Untuk membantu kamu dalam menentukan produk laptop multimedia paling pas, simak ulasan di bawah ini:

Pilih Laptop Multimedia Berdasarkan Bentuk dan Desain

Bentuk dan desain yang ada pada sebuah laptop multimedia akan mempengaruhi  kamu saat bekerja. Oleh sebab itu, kamu sebaiknya memilih laptop yang bisa memberikan kenyamanan saat menyelesaikan tugas atau menentukan laptop dengan desain tangguh yang cocok untuk dipakai di berbagai kondisi lingkungan.

Dell XPS 15Z Core i7-4702HQ merupakan salah satu pilihan yang tepat. Laptop ini mengusung desain tipis berukuran 24,68 mm dan berat 2,1 kilogram, mengusung desain mewah yang tentu saja bisa menunjang penampilan penggunanya serta memudahkan kamu untuk membawanya bepergian.

Terlebih lagi, Dell XPS 15Z Core i7-4702HQ juga dilengkapi kaca anti gores dan anti pecah Corning Gorilla Glass, serta memiliki kemampuan tahan banting sehingga bisa dibawa bepergian dengan leluasa.

Didukung dengan prosesor generasi kedua Intel Core i7-2620M 2.7 GHz, RAM 8 GB DDR3, kartu grafis NVIDIA GeForce GT 525M dan layar Full HD seluas 15,6 inch, Dell XPS 15Z Core i7-4702HQ saat ini dijual di pasaran dengan bandrol mulai Rp 25 jutaan.

Pilih Laptop Berdasarkan Ukuran dan Resolusi Layar

Di pasaran umumnya laptop multimedia dilengkapi dengan dukungan layar Full HD. Untuk kamu yang ingin dukungan resolusi lebih tingi, kamu bisa memilih Apple Macbook Pro MJLT2 15-inch Retina Display.

Sesuai dengan namanya, Apple Macbook Pro MJLT2 15-inch ini hadir dengan dukungan Retina Display yang terkenal karena kualitasnya yang jernih. Sementara itu, ukuran layarnya seluas 15 inch memiliki resolusi sebesar 2.880 x 1.800 piksel yang tentu saja mampu memberikan pengalaman visual lebih baik dibandingkan layar Full HD.

Memiliki dukungan prosesor Intel Haswell Quad Core i7-4870HQ 3.7GHz, memori RAM DDR3 16 GB, SSD 512 GB dan dikemas dengan prosesor grafis dari Intel Iris Pro Graphics 5200 dan AMD Radeon R9 M370X 2GB GDDR5, saat ini Apple Macbook Pro MJLT2 dibandrol mulai Rp 28 jutaan.

Pilih Laptop Multimedia Berdasarkan Prosesor dan Jumlah Core

Prosesor merupakan faktor penting yang mempengaruhi sebuah performa laptop. Idealnya, laptop multimedia memiliki prosesor Intel Core i7 yang saat ini paling powerful di pasaran, hadir dengan dukungan empat core, integrated grafis yang lebih baik, clock speed lebih cepat dan dukungan hyper threading. Dengan adanya dukungan hyper threading, performa saat proses rendering video bisa dibantu dengan lebih cepat.

Berbicara laptop multimedia dengan dukungan prosesor yang andal, Asus X450JN-WX022D bisa menjadi pilihan. Laptop satu ini hadir dengan dukungan layar seluas 14 inch dan didukung dengan prosesor Intel Core i7 4700HQ yang bekerja dengan clock 3.4 GHz yang memungkinkan pengguna bisa menjalankan multitasking dengan lancar. Saat ini, Asus X450JN-WX022D dijual dengan harga mulai Rp 9 jutaan.

Pilih Laptop Multimedia Berdasarkan Jumlah Memori dan RAM

Fungsi RAM di dalam laptop sangatlah besar, terlebih untuk perangkat laptop multimedia yang memerlukan multitasking yang prima. Agar lancar menjalankan program editing film atau menonton video beresolusi tinggi, idealnya perangkat laptop multimedia perlu memiliki RAM dengan ukuran minimal 4 GB.

Salah satu produk yang memenuhi syarat tersebut adalah Toshiba Satellite Radius P25W-C2302 yang di dalamnya mendapatkan sokongan RAM berukuran 8 GB. Hadir dengan desain ringkas membawa layar berukuran 12,5 inch, laptop satu ini dijual di pasaran dengan bandrol Rp 11.200.000.

Pilih Laptop Multimedia Berdasarkan Kapasitas Baterai

Melalui hardware berkecepatan tinggi dan sokongan fitur-fitur pendongkrak performa, kinerja baterai akan mendapatkan pengaruh yang besar. Untuk itu, agar laptop bisa dibawa bepergian dengan leluasa, kapasitas baterai menjadi pertimbangan dalam memilih produk yang tepat.

Salah satu pilihan laptop multimedia dengan baterai berkapasitas besar adalah Lenovo ThinkPad Edge X240-DID yang berisikan dukungan baterai 6 cells, diklaim mampu bertahan selama 20 jam lamanya dalam sekali charge sehingga mampu diandalkan saat penggunannya melakukan traveling. Saat ini, Lenovo ThinkPad Edge X240-DID dipasarkan dengan bandrol mulai Rp 17 jutaan.

Pilih Laptop Multimedia Berdasarkan Kartu Grafis

 

Kartu grafis memiliki kemampuan untuk menghasilkan output gambar dan terintegrasi ke dalam motherboard yang ada pada perangkat laptop. Untuk keperluan multimedia, kamu harus memilih kartu grafis dengan kemampuan terbaik karena berpengaruh pada rendering video.

Salah satu laptop dengan katu grafis terbaik adalah HP Envy 17-3270NR yang pada layar seluas 17,3 inch yang ditawaarkan mampu berjalan mulus berkat penggunaan kartu grafis AMD Radeon 7850M 1 GB GDDR5. Untuk kamu yang tertarik meminang produk ini, kamu perlu menyiapkab budget minimal sebesar Rp 12 jutaan.

Pilih Laptop Multimedia Berdasarkan Kualitas Suara

Selain kualitas gambar, sektor audio pun sangatlah penting untuk diperhatikan karena saat mempengaruhi pengalaman yang sedang dinikmati pengguna. Salah satu produk laptop dengan fitur audio terbaik adalah Asus N550JX-CN087H.

Asus N550JX-CN087H hadir dengan dukungan teknologi SonicMaster Premium yang terdiri dari empat buah speaker.  Dalam pembuatannya, teknologi tersebut dikembangkan bersama Bang & Olufsen ICEpower hingga menjadi laptop pertama dengan empat buah speaker yang mampu menghasilkan suara sekelas cinema.

Tak hanya itu, speaker pada perangkat ini pun memiliki kualitas bass yang sangat dalam berkat adanya Subwoofer SonicMaster, serta pengguna bisa mengontrolnya dengan mudah berkat adanya tambahan aplikasi bernama MaxxAudio dan AudioWizard. Mengenai harga, laptop satu ini dibandrol dengan harga termurah Rp 15.499.000

Pilih Laptop Multimedia Berdasarkan Tahun Pembuatan

Beberapa lini laptop, misalnya Asus seri N seringkali ditambahkan koleksi baru dengan penambahan fitur dan perbaikan kemampuan dari generasi sebelumnya. Dalam memilih laptop multimedia pun sebaiknya kamu memiliki produk dari lini terbaru agar sektor hardware yang ada di dalamnya merupakan yang terbaru.

Salah satu produk yang kami rekomendasikan adalah Dell XPS 13 yang  meluncur di awal tahun 2016. Hadir mengusung dukungan spesifikasi kelas atas seperti prosesor Intel Core i7-6560U, RAM 8 GB dan layar QHD+ (QuadHD) seluas 13,3 inch, produk ini dibandrol dengan harga mulai Rp 23.599.000 

Harga Laptop Multimedia

Saat ini, setiap merek cukuprutin mengeluarkan laptop multimedia agar bisa bersaing. Untuk kamu yang ingin mengetahui upate harga laptop multimedia, silahkan lihat ulasan di bawah ini:

  • Harga Laptop Multimedia Asus

Merek asal Taiwan, Asus, merupakan salah satu brand yang sering mengeluarkan produk laptop multimedia. Di bawah ini terdapat update harga terbaru mengenai produk-produk laptop yang ditawarkannya.

Produk Harga Rp 5-10 jutaan Produk Harga diatas 10 juta
Asus X550ZE-XX033D Rp 5.300.000 Asus X450JB-WX001H Rp 10.000.000
Asus X555DG-XX133D Rp 5.699.000 Asus Zenbook UX303UB-R4009T Rp 14.000.000
Asus X450JB-WX001D Rp 8.550.000 Asus N501JW-Fi476T Rp 16.900.000
Asus X450JF-WX012D / WX023D Rp 8.694.000 Asus N550JX-CN025H Rp 16.000.000
    Asus N501JW-FI273H Rp 18.320.000 

Harga bisa berubah sewaktu-waktu. Update terakhir pada 26 Juli 2016

  • Harga Laptop Multimedia Lenovo

Selain Asus, perusahaan asal Tiongkok, Lenovo, juga tak mau kalah untuk bersaing di pasar laptop multimedia. Seperti apa penawaran produk laptop multimedia terbaik yang dibawa produsen satu ini ke pasar Indonesia?

Produk Harga Rp 5-10 jutaan Produk Harga diatas 10 juta
Lenovo IdeaPad G40-80-WID Rp 6.900.000 Lenovo IdeaPad Z40-70-057 Rp 10.250.000
Lenovo Ideapad 300-CWiD / CXiD Rp 7.100.000 Lenovo ThinkPad Edge E431-3HA Rp 11.549.000
Lenovo IdeaPad G40-70-4429 / 4430 Rp 7.850.000 Lenovo ThinkPad Y40-70-59RF Rp 11.899.000
Lenovo IdeaPad G40-80-XID Rp 8.299.000 Lenovo ThinkPad Y50-70-0349 Rp 13.517.700
Lenovo IdeaPad U41-70-5PID Rp 9.020.000  Lenovo ThinkPad X1 Carbon Rp 13.990.000 

Harga bisa berubah sewaktu-waktu. Update terakhir pada 26 Juli 2016

  • Harga Laptop Multimedia Samsung

Saat ini, Samsung memang cenderung jarang mengeluarkan produk laptop. Akan tetapi, beberapa produk laptop buatan Samsung diantaranya memiliki spesifikasi yang sangat mumpuni dan cocok untuk menunjang keperluan multimedia. Apa saja produknya?

Produk Harga Rp 5-10 jutaan Produk Harga diatas 10 juta
Samsung NP535U4X-S03ID Rp 7.949.000 Samsung NP900X3F-K01ID Rp 12.549.000
Samsung ATIV Book 9 Lite Touch Rp 7.349.000 Samsung ATIV Book 9 Plus Rp 17.949.000
Samsung ATIV SmartPC XE500T1C-G01ID / G02ID Rp 9.099.000    

Harga bisa berubah sewaktu-waktu. Update terakhir pada 26 Juli 2016

  • Harga Laptop Multimedia Acer

Acer menjadi pesaing kuat Asus di pasar notebook multimedia. Beberapa produk di bawah ini kami rekomdasikan untuk kamu yang ingin mencari notebook multimedia dengan spesifikasi mumpuni. Nah, apa saja penawaran notebook terbaik dari merek ini?

Produk Harga Rp 5-10 jutaan Produk Harga diatas 10 juta
Acer Aspire E5-471G-514C Rp 6.699.000 Acer Aspire R5-471T Rp 12.480.000
Acer Aspire M3-581TG-52464G52Mn Rp 7.900.000 Acer Aspire S5-391-73514G25akk Rp 14.299.000
Acer Aspire E14-472G Rp 8.800.000 Acer Aspire R7-372T Rp 17.280.000
Acer Aspire E5-472G-72QW Rp 9.499.000 Acer Aspire S7-391-73514G25aws Rp 17.299.000
Acer Aspire 5951G-2634G75Bn Rp 9.750.000 Acer Aspire S7-392-74504G25tws Rp 20.300.000  

Harga bisa berubah sewaktu-waktu. Update terakhir pada 26 Juli 2016

  • Harga Laptop Multimedia Dell

Tak mau kalah dengan merek lain, perusahaan asal Amerika Serikat, Dell, meluncurkan banyak produk laptop multimedia dengan spesifikasi mampuni untuk menunjang para pekerja kreatif. Di bawah ini, terdapat 10 pilihan laptop multimedia dari Dell yang bisa kamu pilih:

Produk Harga Rp 5-10 jutaan Produk Harga diatas 10 juta
Dell Inspiron 14-5448-P49G Rp 6.699.000 Dell Vostro 14-5459 Rp 10.900.000
Dell Inspiron 14R-7420 Rp 6.945.000 Dell Inspiron 14R-N4110 Rp 11.472.400
Dell Inspiron 14-N3443 Rp 8.759.000 Dell Inspiron 14-7447 Rp 12.834.000
Dell Inspiron 14-N5447 Rp 9.299.000 Dell Vostro 3460 Rp 14.268.000
Dell Inspiron 14-5459 Rp 9.848.000    

Harga bisa berubah sewaktu-waktu. Update terakhir pada 26 Juli 2016

  • Harga Laptop Multimedia Apple

Pilihan produk terakhir datang dari merek Apple. Seperti yang kita ketahui, lini Macbook umumnya dilengkapi dengan dukungan spesifikasi tertinggi, baik dari segi prosesor, layar dan kartu grafis, sehingga sangat cocok untuk dipakai keperluan multimedia. Untuk mengetahui update harga terbaru dari Apple Macbook, silahkan lihat tabel di bawah ini:

Produk Harga Rp 5-10 jutaan Produk Harga diatas 10 juta
    Apple MacBook Pro ME665ZA Rp 21.000.000
    Apple Macbook Pro MJLQ2 Rp 21.454.000
    Apple MacBook Air MGXA2ID Rp 24.990.000
    Apple MacBook Pro ME664ZA Rp 25.125.000
    Apple MacBook Pro ME294ZA Rp 29.050.000 

Harga bisa berubah sewaktu-waktu. Update terakhir pada 26 Juli 2016

Melalui adanya ulasan di atas, tentu saja kamu bisa mengenal segala macam mengenai perangkat notebook multimedia sehingga bisa memilih produk terbaik untuk menunjang aktivitas dan pekerjaan. So, sebelum kamu memutuskan untuk membeli laptop multimedia, jangan lupa untuk menyimak ulasan diatas secara detail. Jangan lupa membagikan artikel ini pada teman-temanmu, ya!

Baca juga artikel:
Daftar dan Cara Memilih Handphone 4G LTE Smartfren Sesuai Kebutuhan
Daftar dan Cara Memilih Handphone Dua Jutaan Sesuai Keinginan
Asus Perkenalkan Laptop Tipis Terbaru, Asus Zenbook UX330

Artikel Lainnya

Komentar