Kamera Mirrorless Leica M-D Ini Punya Gaya Kamera Analog

Kamera Mirrorless Leica M-D Ini Punya Gaya Kamera Analog

Oleh Ardiansyah Hana on Senin, 16 Mei 2016 | 14:07

Umumnya, kamera mirrorless yang kualitasnya disejajarkan dengan kamera DSLR ini menyuguhkan berbagai fitur modern, tentu saja kehadirannya untuk memudahkan pengguna saat mengambil gambar.

Akan tetapi, hal berbeda bisa kamu lihat pada kamera mirrorless Leica M-D, yang baru saja diluncurkan beberapa waktu lalu. Lantas, apa saja yang membuat kamera satu ini begitu menarik?

Berbeda dengan produk lain yang ada di pasaran, kamera mirrorless Leica M-D ini tidak dibekali dengan panel LCD pada bagian belakang. Dengan begitu, kamera dari pabrikan satu ini hadir dengan konsep menyerupai kamera analog, tentu saja jarang dilakukan oleh produsen kamera lainnya sekarang.

Alih-alih menggantikan LCD, Leica menyematkan kenop untuk pengaturan ISO. Sementara itu, di bagian atasnya terdapat kenop putar dan satu buah viewfinder. Semakin memberikan kesan “jadul”, ia pun menggusung desain vintage pada sekujur bodi kamera.

Melalui penggunaan desain tersebut, sejatinya Leica ingin menghidupkan kembali teknik fotografi menggunakan kamera analog. Disini, fotografer tak akan terpengaruhi oleh hasil jepretan yang dilihat melalui LCD, sehingga fokus untuk mengatur komposisi gambar. Tentu saja terlihat pada banyaknya pengaturan manual yang terdapat pada kamera ini.

Sekalipun mengusung teknis gaya lama, Leica masih tetap mengutamakan kualitas gambar. Di dalam Leica M-D, kamu bisa memanfaatkan sensor CMOS full-frame berkekuatan 24 MP, tentu saja kualitasnya sudah dipercaya oleh semua fotografer kenamaan.

Lebih jauh, kamera satu ini hanya bisa memproduksi gambar dalam format RAW DNG, tidak terdapat opsi untuk format gambar JPEG seperti kebanyakan kamera mirrorless lainnya.

Baca juga Harga Kamera DSLR Leica Terbaru

Akan tetapi, disini Leica memberikan kemudahan dan kebebasan untuk pada fotografer yang ingin mengedit gambar digital secara mandiri, tanpa terpengaruh pengeditan yang dilakukan oleh perangkat.

Menjadi kamera yang dikhususkan untuk memotret, Leica M-D juga tidak dibekali dengan kemampuan untuk merekam video. Nah, tentu saja untuk kamu para fotografer dapat lebih bebas berkeksplorasi untuk mempelajari seni fotografi dengan maksimal.

Rilis beberapa waktu lalu, kamera mirrorless Leica M-D tentu saja hanya menyasar kalangan terbatas, sama halnya dengan produk Leica lainnya. Ia dibandrol dengan harga jual yang tinggi, yakni US$ 6.000 atau setara dengan Rp 70 jutaan.

Nah, untuk kamu yang ingin melihat sampel yang dihasilkan oleh kamera ini, kamu bisa mengunjungi blog Leica.

 

Baca juga artikel:
Leica Rilis Kamera Terbaru dengan Sensor 24 MP CMOS
Tips Memotret Gerhana Matahari dengan DSLR Maupun Smartphone
Kamera Mirrorless Terbaik 2016: Kualitas Gambar, Video, Viewfinder dan Full-frame Terbaik

Artikel Lainnya

Komentar