Nostalgia Handphone Terbaik Keluaran Lima Tahun Lalu

Nostalgia Handphone Terbaik Keluaran Lima Tahun Lalu

Oleh Ardiansyah Hana on Rabu, 27 Apr 2016 | 15:17

Produk smartphone terus berkembang secara dramatis tiap tahunnya. Di sini, kamu mungkin sedikit pusing untuk memilih produk smartphone terbaik yang ada di pasaran, hal ini dikarenakan semakin banyak vendor-vendor baru bermunculan.

Nostalgia ke lima tahun lalu, tepatnya tahun 2011, industri mobile diramaikan oleh dua perusahaan raksasa Apple dan Samsung. Kala itu, keduanya mengalahkan Nokia yang meninggalkan platform Symbian dan berganti ke Windows Mobile, namun penjualannya tergolong lesu sehingga ia menjual unit devices & services ke Microsoft.

Saat ini, inovasi di ranah smartphone memang sangat dinamis. Namun, di tahun 2011 terdapat banyak sekali inovasi yang disebut menjadi tolak ukur dalam perkembangan industri smartphone saat ini. Flashback ke lima tahun lalu, inilah lima smartphone terbaik yang dikeluarkan oleh berbagai merek.

Samsung Galaxy SII

Galaxy S menjadi seri smartphone premium buatan Samsung, dikeluarkan pertama kali pada tahun 2010. Setahun kemudian, perusahaan Korea Selatan ini hadirkan generasi kedua, bernama Samsung Galaxy SII, menjadi primadona karena hadirkan desain dan spesifikasi jauh lebih menarik ketimbang seri pertamanya.

Samsung Galaxy SII menjadi smartphone paling tipis di tahun 2011, memiliki sisi yang hanya berukuran 8.49 mm saja. Selain itu, perangkat ini pun didukung dengan prosesor Dual Core 1.2 GHz dari Exynos 4210, RAM 1 GB dan dijalankan pada sistem operasi Android 2.3 Gingerbread.

Tawarkan layar sentuh Super AMOLED seluas 4.3 inci beresolusi 480 x 800 pixels, serta layar 4.5 inci untuk varian yang dikeluarkan operator Sprint dan T-Mobile, Galaxy SII berhasil terjual sebanyak 20 juta unit dalam kurun waktu kurang dari satu tahun setelah peluncurannya.

HTC Sensation

Satu bulan setelah Samsung Galaxy SII rilis, perusahaan HTC ikut mengeluarkan flagship HTC Sensation, paling legendaris karena ia menjadi smarphone paling stylish yang meluncur di tahun 2011 silam.

HTC Sensation hadir dengan konsep desain curved, balutan material aluminum serta tampilan unik dengan kaca berbentuk miring menutupi bodi depan. Mengenai layar, Sensation tawarkan panel S-LCD seluas 4.3 inch beresolusi qHD 960 x 540 piksel.

Dijalankan pada sistem operasi Android 2.3 Gingerbread dan tampil dengan Sense UI yang sangat menarik, ia pun didukung dengan chipset Qualcomm Snapdragon S3 berprosesor Dual Core 1.2 GHz, juga dipadukan RAM berukuran 768 MB.

iPhone 4S

Apple iPhone juga masuk ke dalam jajaran smartphone terbaik yang rilis lima tahun lalu. Saat itu, perusahaan asal Amerika Serikat ini luncurkan iPhone 4S, merupakan lanjutan dari iPhone 4 yang rilis di tahun 2010.

iPhone 4S menjadi primadona di kalangan pecinta smartphone karena berhasil membawa spesifikasi dan fitur jauh lebih mampuni ketimbang pendahulunya. Salah satunya adalah kehadiran Siri, asisten personal dengan perintah suara yang mirip dengan Google Voice atau Cortana.

Di dalam iPhone 4S terdapat sejumla peningkatan spesifikasi, misalnya chipset Dual Core Apple A5, kamera belakang 8 MP dengan kemampuan merekam video 1080p dan RAM 512 MB. Sementara itu, penggunaan layar masih sama dengan iPhone 4, hadirkan layar Retina Display berukuran 3.5 inch dengan resolusi 640 x 960 piksel.

Baca juga: 5 Smartphone Keren Untuk Pengguna Wanita

Samsung Galaxy Nexus

Selain luncurkan Galaxy SII, Samsung pun mengeluarkan seri Nexus, buah kerjasama perusahaan Korea Selatan ini dengan Google. Galaxy Nexus meluncur pertama kali pada bulan November 2011, menjadi smartphone pertama di dunia yang dijalankan pada sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich.

Diluar dari itu, ada pula dukungan fitur navigasi on-screen, face recognition, NFC dan stock UI Android yang minim bloatware. Mengenai layar, Nexus menggunakan panel Super AMOLED seluas 4.65 inch beresolusi 1280 x 720 piksel, menjadi smartphone pertama di dunia yang menggunakan panel layar HD.

Lebih jauh, ia pun memperoleh dukungan dari chipset TI OMAP 4460 yang membawa prosesor Dual Core 1.2 GHz, serta RAM 1 GB yang menjadikannya sebagai smartphone dengan performa paling kencang di tahun 2011.

Motorola Droid Razr

Motorola pernah meramaikan pasar ponsel kulit kerang melalui seri Razr. Akan tetapi, tren ponsel jenis tersebut berakhir di tahun 2007 sampai 2008, dimana pasar lebih menyukai ponsel dengan keyboard QWERTY pada saat itu.

Bersama dengan operator Verizon, Motorola membuat seri lanjutan, dinamakan Droid Razr. Menggunakan nama sama, ia menggantikan konsep kulit kerang, membuat smartphone dengan ketipisan 7.2 mm saja, dipadukan desain kevlar pada bodi belakang yang sangat tangguh.

Smartphone yang mendukung jaringan LTE Verizon ini menawarkan layar Super AMOLED seluas 4.3 inch beresolusi qHD 960 x 540 piksel, juga mempunyai bodi yang tahan terhadap cipratan air.

Lebih jauh, kamu pun dapat menemukan dukungan prosesor Dual Core 1.2 GHz dari chipset TI OMAP 4430, RAM berukuran 1 GB serta kamera belakang berkekuatan 8 MP yang dapat merekam video Full HD.

Nah, kelima smartphone terbaik diatas menjadi titik awal dari perkembangan smartphone yang ada saat ini. Apakah kamu pernah menggunakan salah satunya? Jika melihat spesifikasi yang ditawarkannya, kelimanya memang masih pantas untuk digunakan di tahun 2016 ini. Tertarik mencobanya kembali?

Baca juga artikel:
4 Smartphone OPPO Terbaik dengan Fitur VOOC
Tips Membeli Smartphone untuk Fotografi dan Berbagai Pilihan Aksesoris
5 Smartphone Terbaik Untuk Merekam Video Slow-Motion

Artikel Lainnya

Komentar

ajengputrip 09 Mei 2016 - 18:42
wah kayaknya sampe skrg iPhone 4s pun masih banyak dicari
PomadeMan 11 Mei 2016 - 10:37
gw masih inget dulu galaxy nexus idaman banget :(