19 Kamera Mirrorless Terbaik 2018: Punya Kualitas Gambar, Video, Viewfinder, dan Full FrameTerbaik

19 Kamera Mirrorless Terbaik 2018: Punya Kualitas Gambar, Video, Viewfinder, dan Full FrameTerbaik

Oleh Nur Abdillah updated Rabu, 18 Jul 2018 | 10:30

Sejak kemunculannya, kamera mirrorless sudah diprediksi akan mampu mengganggu penjualan kamera DSLR. Hal itu terbukti karena tidak sedikit fotografer profesional yang memutuskan untuk beralih dari kamera DSLR beralih ke mirrorless. Bahkan mereka langsung memilih untuk menggunakan kamera mirrorless terbaik karena tidak ragu akan kemampuan kamera ini dibanding DSLR.

Kenapa bisa begitu? Apa sih kamera mirrorless itu? Kenapa dia bisa sampai membuat para fotografer beralih menggunakannya? Kamera mirrorless sendiri saat ini bisa dibilang sudah menjadi salah satu pasar gadget dengan pangsa pasar yang cukup besar.

Bahkan, produsen kamera lawas termasuk Fujifilm yang populer di era kamera analog, kini juga ikut menekuni bisnis kamera mirrorless dan terbukti sukses.

Apa Sih Kamera Mirrorless Itu?

kamera mirrorless terbaik
via cnet.com

Secara bahasa kata mirrorless berarti tanpa cermin, dalam kaitannya dengan kamera mirrorless, berarti kamera tanpa cermin. Namun kalau mengacu pada pengertian ini, semua kamera non-SLR serta non-DSLR adalah kamera mirrorless, termasuk kamera saku dan kamera prosumer.

Secara teknikal, pengertian mirrorless lebih lebih ditujukan pada mirrorless interchangeable lens camera (MILC). Maksudnya adalah, beda kamera mirrorless dan DSLR, walau kedua kamera ini lensanya bisa dilepas-pasang atau diganti, tetapi mirrorless tidak dilengkapi cermin layaknya DSLR.

Dengan tidak adanya cermin, maka produsen bisa membuat ukuran kamera mirrorless jauh lebih ringkas dibandingkan DSLR. Kamera mirrorless juga dikenal sebagai compact system camera (CSC), yang menonjolkan sisi keunggulan kamera mirrorless yaitu punya bodi ringkas, tapi lensanya bisa digonta-ganti.

Karena tidak memiliki cermin, kamera mirrorless otomatis tidak mempunyai optical viewfinder seperti DSLR. Komponen ini sendiri sudah digantikan oleh electronic viewfinder (EVF) yang teknologinya semakin tahun semakin baik karena mampu menampilkan gambar tanpa lag dalam resolusi tinggi.

Dengan teknologi yang semakin baik dan output yang tidak kalah dari DSLR. Sekarang pasar kamera mirrorless sudah semakin ramai karena sudah banyak produsen besar yang ikut memproduksinya. Para produsen berlomba-lomba menciptakan kamera mirrorless terbaik untuk digunakan oleh konsumen.

Bahkan, kamera mirrorless Canon, kamera mirrorless Nikon, kamera mirrorless Sony, kamera mirrorless Fujifilm, sampai kamera mirrorless Olympus sudah terbukti kemampuannya.

Kamera Mirrorless Terbaik 2018

1. Kamera Mirrorless dengan Kualitas Gambar Terbaik

Image via Coly Brown Photography

a. Fujifilm X-E2 / X-E2S


Untuk kamera mirrorless dengan kualitas gambar terbaik, kamera Fujifilm X-E2 atau X-E2S pun dapat kamu pilih. Kamera mirrorless satu ini dilengkapi kemampuan sensor berbeda dari kamera merek lainnya, memberikan hasil lebih tajam dan mempunyai warna unik.

Hasil dari kamera mirrorless Fujifilm X-E2 / X-E2S disebut melampaui kamera lainnya, terlebih ia pun dilengkapi lensa XF yang mampu bekerja menangkap fokus dengan cepat. Khusus seri X-E2S, versi terbarunya dilengkapi viewfinder beresolusi 2.36m-dot untuk mempermudah proses pengambilan gambar.

Fujifilm Finepix X-E2 Body
Harga termurah

Rp 8,999,000

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Max. Light Sensitivity ISO 6400
Frame Rate 7, 3 fps
Lens Mount Fujifilm X Mount

b. Canon EOS M10 Kit 15-45mm


Canon EOS M10
merupakan jenis kamera hybird yang telah mendukung teknologi CMPS AF II dengan fungsi autofocus yang lebih akurat. Dengan teknologi ini memungkinkan pengguna mengambil gambar terus menerus hingga 4,6 fps. Menggunakan sensor CMOS APS C dengan resolusi sebesar 18 MP dan telah dilengkapi  ISO 100 – 12800 yang dapat diupgrade hingga 25600.

Kamera mirrorles terbaik EOS M10 mendukung lensa STM, menggunakan LCD Panel sentuh dapat memilih pilihan menu untuk mengatur fitur kamera hanya dengan satu sentuhan. Kamera mirrorless Canon EOS M10 sudah mendukung flash, wifi, NFC dan tombol Mobile Divice connect untuk menghubungkan dengan perangkat mobile terdekat.

Canon EOS M10 Kit 15-45mm
Harga termurah

Rp 4,450,000

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Max. Light Sensitivity ISO 12800
Frame Rate -
Lens Mount Canon EF-M

c. Fujifilm X-A10


Merupakan kamera mirrorless fujifilm terjangkau lengkap dengan lensa kit 16-50mm f/3.5-5.6 OIS II. Meski dibandrol terjangkau, namun jeroannya bisa diandalkan. Di mana kamera mirrorless Fujifilm X-A10 sudah menanam sensor APS-C dengan resolusi 16,3 megapiksel.

Rentang ISO juga terbilang cukup baik mulai dari 200 hingga 6400, bahkan bisa di diperluas hingga ISO 25.600. Fujifilm juga mengusung layar yang bisa ditekuk hingga 180 derajat. Ada juga fitur eye-detection AF dan Portrait Enhancer yang akan membuat kulit subjek foto terlihat lebih mulus dan putih.

Fujifilm X-A10 Kit 16-50mm
Harga termurah

Rp 4,750,000

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Max. Light Sensitivity ISO 6400
Frame Rate 6 fps
Lens Mount Fujifilm X Mount

2. Kamera Mirrorless dengan Viewfinder Terbaik

Image via worldoftravelphotography

a. Canon EOS M5


Kamera Canon EOS M5
memiliki fitur-fitur andal untuk fotografer profesional seperti electronic viewfinder dan dual-command dial. Untuk memudahkan pengambilan dari berbagai sudut, layar sentuhnya bisa diputar 180 derajat. Secara spesifikasi, kamera mirrorless Canon EOS M5 sudah ditenagai prosesor gambar Digic 7 yang berpadu dengan sensor APS-C serta memiliki resolusi hingga 24 megapiksel. 

Fitur canggih lainnya seperti burst rate berkecepatan 7 FPS dengan focus tracking dan teknologi autofokus dual-pixel AF. Tidak ketinggalan adalah pengolahan gambar RAW serta koneksi nirkabel melalui Wifi dan NFC.

Canon EOS M5 Body
Harga termurah

Rp 12,250,000

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Max. Light Sensitivity ISO 25600
Frame Rate 9, 7 fps
Lens Mount Canon EF-M

b. Sony A6500


Kamera mirrorless Sony A6500 dibekali dengan sistem APS-C dengan autofokus cepat. Dimana kamera mirrorless sony A6500 mengandalkan sistem 4D Focus dengan 425 titik autofokus phase detection, yang dapat melakukan fokus ke sebuah obyek tertentu dengan kecepatan tinggi.

Ukuran dari kamera mirrorless terbaik ini juga dibuat agar tak terlalu besar dan tetap nyaman ketika digunakan. Kamera ini merupakan generasi penerus dari A6300, namun hadir dengan beberapa penyempurnaan di dalamnya. Sedangkan untuk sensornya, kamera mirrorless Sony A6500 menggunakan sensor Exmor CMOS dengan kekuatan 24.2 megapiksel yang dibantu dengan prosesor gambar Bionz-X.

Sony A6500
Harga termurah

Rp 18,999,000

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Max. Light Sensitivity ISO 25600
Frame Rate 30, 25, 24, 120, 60, 50, 28 fps
Lens Mount Sony E-Mount

c. Fujifilm X-Pro2


Kamera mirrorless Fujifilm X-Pro2 hadir dengan kemampuan yang jauh lebih cepat ketimbang pendahulunya X-Pro1. Terlebih, kamera mirrorless ini dilengkapi fitur advanced hybrid multi viewfinder, membuatnya menjadi kamera mirrorless dengan viewfinder terbaik di pasaran saat ini.

Melalui fitur tersebut, Fujifilm X-Pro2 mampu menunjukkan 2.5x atau 6,0x perbesaran titik fokus aktif, membuat fokus manual menjadi lebih presisi, ideal untuk pengambilan gambar secara close up.

Fujifilm X-Pro2
Harga termurah

Rp 20,850,000

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 8000 s
Max. Light Sensitivity ISO 12800
Frame Rate 24, 25, 30, 50, 60 fps
Lens Mount Fujifilm X Mount

3. Kamera Mirrorless Micro 4/3 Terbaik

Image via BHPhotoVideo

a. Panasonic Lumix DMC-GF8


Kamera mirrorless Lumix GF8 telah mengalami peningkatan dari generasi sebelumnya dengan penambahan fitur baru dalam modus selfie. Dimana kamera mirrorless terbaik Panasonic Lumix GF8 dilengkapi efek pengaturan yang lebih banyak. Apalagi terdapat fitur yang dapat melakukan defocus area di sekitar wajah secara otomatis.

Di dalam mesin sudah tertanam sensor Digital Live MOS beresolusi 16 megapiksel yang akan berpadu dengan prosesor gambar Venus Engine. Prosesor gambar ini diklaim dapat menghasilkan foto low-ligh dengan detail. Apalagi pengaturan ISO bisa mencapai hingga 25.000. Layar kamera mirrorless terbaik 2017 ini berukuran 3 inci yang dapat diputar 180 derajat yang secara otomatis langsung mengaktifkan modus Self Shot.

Panasonic Lumix DMC-GF8 12-32mm
Harga termurah

Rp 5,100,000

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 500 s
Max. Light Sensitivity ISO 25600
Frame Rate -
Lens Mount Micro Four Thirds

b. Panasonic Lumix DMC-GX85


Kamera mirrorless terbaik dilengkapi sensor mikro berukuran 4/3 salah satunya milik Panasonic. Lewat seri Panasonic Lumix DMC-GX85, Panasonic tidak hanya menawarkan sensor micro 4/3 yang memang unggul dari segi performa, melainkan segudang fitur untuk menemani Anda memotret. 

Nah, fitur pertama yang hadir pada kamera mirrorless ini adalah sensor stabilizer 5-Axis pada bodi yang dipadukan dengan lensa optik OIS LUMIX 2-Axis, memungkinkan pengguna memotret gambar dan video lebih detail, penggunaan electronic viewfinder tetap membuat nyaman saat dipakai di bawah paparan sinar matahari, juga dukungan 27 jenis lensa yang bisa dipasang pada kamera mirrorless ini.

Panasonic Lumix DMC-GX85 Kit 12-32 mm
Harga termurah

Rp 7,949,000

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor MOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Max. Light Sensitivity ISO 25600
Frame Rate 30, 40, 10, 8, 6, 2 fps
Lens Mount Micro Four Thirds

c. Olympus OM-D E-M5


Merk Olympus saat ini juga mengeluarkan kamera mirrorless dengan sensor mikro berukuran 4/3, secara teknis lebih kecil ketimbang sensor APS-C, namun memiliki lensa yang bisa dibongkar pasang untuk memudahkan pengguna ketika melakukan pengambilan gambar.

Untuk kamera mirrorless micro 4/3 terbaik, kami merekomendasikan produk Olympus seri OM-D E-M5. Ia hadir dengan sensor berukuran 16 MP, dilengkapi fitur image stabilization dan bodi tahan banting terhadap segala kondisi.

Olympus OM-D E-M5 Kit 12-50mm
Harga termurah

Rp 10,678,800

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor MOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Max. Light Sensitivity ISO 25600
Frame Rate 30 fps
Lens Mount Micro Four Thirds Mount

4. Kamera Mirrorless dengan Video Terbaik

Image via SassyCamera

a. Sony RX100 Mark IV


Sejatinya hampir semua kamera mirrorless dibekali kemampuan merekam video. Namun untuk produk yang mampu menghasilkan video berkualitas, Anda bisa melirik Sony RX100 Mark IV yang memang menawarkan keunggulan utama di sektor video 4K berkat penggunaan sensor CMOS Exmor RS 20 MP.

Dengan mengusung bodi mungil, kamera mirrorless satu ini mampu merekam video 4K dengan fokus sesuai keinginan karena Anda bisa melakukan konfigurasi aperture dan tombol rana. Selain itu, kekuatan baterai yang baik dari kamera ini membuatnya sangat ideal untuk dipakai menemani Anda merekam video dalam waktu yang lama.

Sony Cybershot DSC-RX100 Mark IV
Harga termurah

Rp 10,199,999

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 32000 s
Maximum Light Sensitivity ISO 12800
Frame Rate 30 fps

b. Panasonic GH4


Selain produk kamera mirrorless dari Sony, produk lain yang mampu menghasilkan video berkualitas datang dari Panasonic GH4. Untuk Panasonic GH4, ia dilengkapi dengan kemampuan untuk merekam video 4K, mengusung lensa 16-140mm dan electronic viewfinder OLED 2,360k-dot. 

Panasonic Lumix DMC-GH4 Body
Harga termurah

Rp 11,499,000

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 8000 s
Max. Light Sensitivity ISO 6400
Frame Rate 50, 60 fps
Lens Mount Canon EF mount (Canon EF-S 15-85mm f / 3.5-5.6 IS USM)

c. Fujifilm X-T20 Kit 16-50mm*


Fujifilm kembali hadir dengan penawaran kamera mirrorless yang menarik untuk Anda. Produk mirrorless Fujifilm X-T20 dibekali dengan mode full Manual yang akan membantu Anda yang kreatif untuk lebih memegang kendali dalam setiap foto yang dikreasikan. Kehandalan komponen yang dipakai oleh mirrorless X-T20 membuatnya juga memiliki durabilitas yang baik.

Fujifilm X-T20 Kit 16-50mm
Harga termurah

Rp 12,080,000

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Max. Light Sensitivity ISO 12800
Frame Rate 8 fps
Lens Mount FUJIFILM X mount

5. Kamera Mirrorless 4K Video Termurah

Image via BHPhotoVideo

a. Fujifilm X-T2


Sesuai namanya, kamera mirrorless Fujifilm X-T2 merupakan generasi penerus dari seri Fujifilm X-T1. Tidak seperti kamera mirrorless lain, Fujifilm X-T2 hadir dengan jendela bidik yang ditempatkan di bagian tengah kamera. Didalamnya sudah tertanam sensor X-Trans III yang memiliki resolusi 24 megapiksel.

Sensor ini juga akan didukung fitur-fitur seperti titik phase detection (169), dual SD card slot, dan konektor USB 3.0. Yang menarik, kamera mirrorless terbaik ini sanggup merekam video 4K lengkap dengan layar LCD seluas 3 inci yang bisa ditekuk ke berbagai arah dengan tambahan engsel.

Fujifilm X-T2 Body
Harga termurah

Rp 12,000,000

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 8000 s
Max. Light Sensitivity ISO 12800
Frame Rate 14, 8, 5 fps
Lens Mount Fujifilm X Mount

b. Xiaomi M1


Jika kamera mirrorless di atas memiliki kemampuan untuk menghasilkan video terbaik, kamu yang membutuhkan kamera untuk merekam video 4K namun mempunyai budget minim tetap dapat membeli kamera mirrorless berkualitas. Produk pertama yang kami rekomendasikan adalah Xiaomi Xiaoyi M1.

Hadir dengan desain mirip Leica, Xiaomi Xiaoyi M1 memiliki kemampuan untuk merekam video 4K di 30 fps berkat adanya penggunaan sensor CMOS berkekuatan 20 MP. Selain itu, kamera satu ini pun dilengkapi dengan layar sentuh 3 inch pada bagian belakang sehingga memudahkan Anda saat melakukan proses pengambilan video. 

XiaoYi M1 Kit 12-40mm
Harga termurah

Rp 4,650,000

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Max. Light Sensitivity ISO 25600
Frame Rate 30, 60, 24, 240 fps
Lens Mount Micro Four Thirds Mount

c. Nikon 1 J5


Kecepatan yang baik, multi fungsi, dan mampu membawa kualitas yang baik ketika digunakan adalah 3 hal penting yang akan bisa anda dapatkan dari kamera DSLR 1 J5. Didukung dengan komponen terbaik, terutama di sisi sensornya, kamera mirrorless  Nikon 1 J5 jelas menjadi solusi pintar untuk merekam video dengan kualitas yang memukau

Nikon 1 J5 Kit 10-30mm
Harga termurah

Rp 4,250,000

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 16000 s
Max. Light Sensitivity ISO 12800
Frame Rate 60, 30, 20, 10, 5 fps
Lens Mount Nikon 1

6. Kamera Mirrorless untuk Wildlife dan Sport Fotografi

Image via YouTube

a. Fujifilm X-T10


Menawarkan sensor X-Trans CMOS II berkekuatan 16.3 MP, didukung  EXR Processor II yang tangguh, kamera mirrorless Fujifilm X-T10 sangat ideal untuk memenuhi kebutuhan wildlife atau sport fotografi. Terlebih, kamera mirrorless terbaik ini menggunakan bodi berbahan magnesium alloy yang memiliki ketahanan terbaik di segala kondisi.

Dengan harga jual termurah Rp 8 juta untuk body only, kelebihan lain dari Fujifilm X-T10 adalah mudah dioperasikan, dilengkapi mode 49-point Single Point, sangat presisi dalam menangkap objek bergerak, juga memiliki live electronic viewfinder untuk membantu Anda saat mengambil gambar.

Fujifilm X-T10 Body
Harga termurah

Rp 7,850,000

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Max. Light Sensitivity ISO 51200
Frame Rate 24, 30, 60 fps
Lens Mount -
 

7. Kamera Mirrorless Full-frame Terbaik

Image via CasaReview

a. Sony Alpha 7R


Untuk kamera mirrorless full-frame terbaik, produk pertama yang kami rekomendasikan adalah Sony Alpha 7R. Kamera mirrorless satu ini pernah mendapatkan penghargaan sebagai kamera full-frame paling ringkas karena dengan dukungan full-frame sensor 36.4MP 35mm ukurannya hanya setengah dari kamera DSLR.

Mengenai teknologi, Sony Alpha 7R juga mengandalkan prosesor canggih BIONZ X yang mampu membantu pengguna membidik gambar dengan proses ekstra cepat dan presisi, penggunaan viewfinder berteknologi OLED (XGA) dengan nama Tru-Finder yang sangat akurat dan autofocus canggih yang ideal untuk berbagai mode pengambilan gambar. 

Sony Alpha 7R
Harga termurah

Rp 34,990,000

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 8000 s
Max. Light Sensitivity ISO 25600
Frame Rate 30 fps
Lens Mount Sony E (NEX)

b. Sony Alpha A7 II


Mengenai kamera full-frame terbaik, kami pun merekomendasikan Sony Alpha A7 II yang memang salah satu produk legendaris, hadir dengan sensor dan teknologi yang juga unggul melalui penawaran sensor full-frame 24 MP.

Ketimbang kamera full-frame DSLR, Sony Alpha A7 II sudah bisa disandingkan karena ia turut didukung sistem Fast Hybrid Auto Focus yang akurat dan penggabungan 117 point phase-detector dengan 25 point contrast-detector sehingga mampu mencakup area fokus yang luas. Selain itu, kamu dapat menambahkan lensa dan baterai tambahan agat kinerja yang dihasilkan kamera ini semakin meningkat.

Sony Alpha A7II Body
Harga termurah

Rp 14,699,000

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 8000 s
Max. Light Sensitivity ISO 25600
Frame Rate 30 fps
Lens Mount Sony E (NEX)

c. Sony Alpha A9


Sony Alpha A9
 merupakan kamera mirrorless high end yang membawa kekuatan sensor Back Illuminated Full-Frame CMOS sebesar 24 MP. Dibalik sensor 24 MP milik harga Sony Alpha A9, sudah tersembunyi memori khusus yang akan mengoptimalkan kecepatan kerja pengambilan gambar dari Sony Alpha A9 hingga 20 fps.

Sony Alpha A9 Body
Harga termurah

Rp 59,999,000

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 32000 s
Max. Light Sensitivity ISO 51200
Frame Rate 20, 10, 5 fps
Lens Mount Sony E-Mount

Harga Kamera Mirrorless Terpopuler lainnya

Keunggulan Kamera Mirrorless

kamera mirrorless terbaik
via crutchfield.sa

Kelebihan utama dari kamera mirrorless adalah ukurannya yang lebih ringkas dan bobotnya yang jauh lebih ringan dari DSLR. Selain itu lensa kamera mirrorless bisa diganti sesuai kebutuhan layaknya kamera DSLR. Lalu, bagaimana kualitas gambar yang dihasilkan kamera mirrorless? Tentu saja tidak kalah dengan DSLR, bahkan ada mirrorless yang sudah dibekali sensor berukuran cukup besar.

Karena itu, jangan heran kalau kemampuan performa kamera mirrorless masa kini sudah makin mendekati kamera DSLR. Meskipun begitu, kamera mirrorless masih memiliki satu kelemahan, yaitu kurang memiliki kemampuan continuous autofocus. Fitur ini sangat dibutuhkan oleh para fotografer olahraga, karena itu mereka biasanya lebih memilih untuk menggunakan DSLR dibandingkan mirrorless.

Secara umum, kamera mirrorless tidak bisa lagi dipandang sebelah mata di industri fotografi dan videografi, begitu juga bagi para konsumen. Umumnya para konsumen, baik kalangan profesional maupun konsumen secara umum menjadikan kematangan teknologi beserta kelengkapan lensa sebagai acuan untuk membeli kamera mirrorless.

Tips Membeli Kamera Mirrorless

1. Perhatikan Harga Kamera

kamera mirrorless terbaik
via henrys.com

Pilih kamera mirrorless terbaik yang sesuai dengan kebutuhan, tidak harus terlalu mahal mahal atau murah. Meskipun kita semua tahu ada harga ada barang, kamera mirrorless dengan spek tinggi akan dihargai lebih mahal begitu juga sebaliknya. Jika ingin membeli kamera mirrorless untuk kebutuhan standar, maka Anda bisa memilih kamera mirrorless yang ditujukan untuk pemula beresolusi 16MP untuk foto dan resolusi 1080p untuk video.

Fitur HD (high definition) tidak terlalu diperlukan karena akan menambah berat kinerja post-processing ketika melakukan upload video atau foto. Tapi bila kebutuhannya adalah untuk hal terkait dengan pekerjaan, tentu memilih kamera mirrorless dengan spek tinggi bisa dijadikan pilihan.

2. Sensor Kamera Mirrorless

kamera mirrorless terbaik
via ephotozine.com

Pastikan kamera mirrorless terbaik yang dipilih memiliki sensor yang bagus, minimal adalah APS-C, di mana ada jenis sensor lain yaitu CMOS. Saat ini, APS-C dan CMOS adalah sensor yang banyak digunakan oleh produsen kamera, meskipun beberapa produsen kamera mirrorless sudah menggunakan sensor berukuran besar seperti Medium Format serta Fullframe.

Meski begitu, semuanya harus disesuaikan dengan kebutuhan. Jika kebutuhannya hanya untuk pengambilan gambar atau video sebatas dokumentasi pribadi saja, maka APS-C atau CMOS sudah sangat cukup. Berbeda ketika Anda membutuhkan kamera mirrorless yang mampu menghasilkan gambar dengan detail serta kualitas pembesaran yang maksimal.

Anda bisa pilih rekomendasi kamera mirrorless dengan sensor Fullframe atau Medium Format. Satu hal yang pasti, harga kamera dengan sensor besar juga lebih mahal dibanding dengan sensor APS-C atau sensor CMOS. Oleh sebab itu, kehati-hatian dalam memilih sangat diperlukan agar tidak terjadi salah pilih.

3. Ketersediaan Lensa

kamera mirrorless terbaik
via thephoblographer.com

Dengan pilihan lensa yang beragam, maka Anda tidak perlu repot untuk menggunakan adapter ketika akan mengambil gambar dengan lensa khusus seperti tele atau makro. Banyak vendor sekarang juga fokus untuk memberi banyak pilihan, seperti lensa dari canon dan Nikon. Anda juga bisa melengkapi ketersediaan lensa dari beberapa produsen pihak ketiga seperti Tamron, Tokina, atapun Samyang yang sekarang ikut memproduksi lensa untuk mirrorless.

Yang perlu diingat, walau kebutuhan lensa merupakan suatu hal yang cukup besar, bukan berarti Anda harus memiliki semua jenis lensa. Sesuaikan pembelian lensa dengan kebutuhan pemakaian, jangan sampai lensa yang sudah dibeli tidak terpakai dan menjadi rusak.

4. Fitur Tambahan yang Disediakan Kamera

kamera mirrorless terbaik
via newatlas.com

Mengapa fitur tambahan dalam mirrorless harus menjadi perhatian? Alasannya adalah untuk memperkaya ekplorasi pengguna ketika memiliki kamera tersebut. Misalnya, bila kamera Anda punya fitur NFC dan fitur WiFi, maka Anda akan dengan mudah mengirim gambar ke orang lain dengan bantuan internet atau perangkat pintar lain yang sudah dimiliki.

Singkatnya, jika Anda sudah memiliki kamera mirrorless terbaik dengan lensa dan sensor mumpuni. Maka selanjutnya adalah tinggal mencari kamera mirrorless dengan fitur tambahan yang akan membantu Anda sebagai pengguna. Jika fitur tambahan itu bagus dan diperlukan, maka tak ada salahnya untuk memiliki kamera mirrorless tersebut.

5. Layanan After Sales

kamera mirrorless terbaik
via utilitycameragears.com

Tak hanya kemampuan kamera mirrorless terbaik saja yang harus dipertimbangkan, layanan purna jual dari produsen kamera juga harus menjadi pertimbangan utama. Layanan after sales sangat diperlukan ketika suatu hal yang tidak diinginkan terjadi pada kamera Anda, seperti kamera rusak.

Canon misalnya, melalui PT Datascrip, produsen ini sudah punya layanan servis dan penjualan yang cukup banyak dan tersebar di kota-kota besar seluruh tanah air. Jadi, ketika kamera rusak, Anda tidak perlu pusing mencari service centernya karena sudah tersedia di kota domisili.

6. Ketahui Kebutuhan Anda

kamera mirrorless terbaik
via bhphotovideo.com

Untuk kesekian kalinya kami mengingatkan Anda untuk menyesuaikan pembelian kamera mirrorless terbaik menurut Anda dengan kebutuhan pemakaian yang akan dilakukan. Jangan sampai uang Anda habis hanya karena membeli kamera yang salah dan fungsinya tidak bisa dimaksimalkan karena tidak sesuai dengan kebutuhan.

Karena itu, sebelum membeli, ketahui dulu rencana pemakaian ketika sudah membeli kamera. Setelah itu, coba kumpulkan beberapa rekomendasi kamera yang sudah disesuaikan dengan rencana pemakaian itu. Jadi, kemungkinan kejadian salah beli kamera bisa diminimalisir.

7. Pilih Kamera Mirrorless dengan Lensa Kit

kamera mirrorless terbaik
via shopify.com

Jika sudah memutuskan untuk membeli kamera mirrorless terbaik, kami menyarankan untuk membeli secara paketan. Maksudnya adalah kamera yang dibeli sudah dilengkapi dengan kamera bawaan dari produsen. Salah satu alasannya adalah kualitas kamera yang dibawa jelas sudah dijamin dan cocok dengan kamera yang dibeli.

Selain itu, jelas harganya bisa lebih murah dibandingkan membeli mesin dan lensa secara terpisah. Namun, pembelian dengan lensa kit ini sendiri harus mempertimbangkan kebutuhan pemakaian. Jika hanya untuk dokumentasi pribadi, pembelian paket dengan kamera standar bisa menjadi pilihan.

8. Perhatikan Kualitas Video

kamera mirrorless terbaikvia ytimg.com

Di samping kemampuan dalam memotret, Pricebook menyarankan Anda untuk memperhatikan juga fitur video ketika akan membeli kamera mirrorless. Kenapa fitur video penting? Karena sekarang kebutuhan akan fitur ini semakin meningkat, dan ada momen-momen tertentu di mana Anda ingin merekam video dibandingkan memfotonya saja.

Tentunya sangat sayang jika membeli kamera mirrorless terbaik dengan kemampuan merekam video yang biasa-biasa saja atau cenderung berkualitas buruk. Cari tahu resolusi yang bisa dihasilkan oleh kamera mirrorless sebelum membeli. Jika sudah mampu merekam dengan kualitas HD, berarti kualitasnya sudah cukup baik.

9. Tanya Teman atau Lihat Review Online

kamera mirrorless terbaikvia engadget.com

Apa cara paling mudah untuk menentukan apakah kamera mirrorless terbaik yang kita ingin beli itu bagus atau tidak? Ada dua cara, pertama bertanya kepada teman atau kerabat yang sudah memakai kamera tipe tersebut. Kedua adalah membaca review online mengenai kamera mirrorless yang akan dibeli.

Kedua cara ini bisa dilakukan oleh Anda untuk mengetahui pengalaman orang lain ketika menggunakan kamera yang dimaksud. Bahkan, sekarang sudah banyak review yang tersedia di Google. Cukup browsing review mengenai kamera yang ingin dibeli, pasti sudah ada banyak review yang tersedia.

Kesimpulan

Itulah daftar kamera mirrorless terbaik 2017 yang bisa Anda pilih. Ada berbagai macam kamera mirrorless terbaik dengan brbagai fitur yang bisa dipilih sesuai keinginan. Namun, semuanya kembali kepada kebutuhan ketika kamera sudah dibeli. Jangan sampai membeli kamera yang tidak sesuai dengan kebutuhan. Jadi, selamat memilih!

 

Artikel Lainnya

Komentar

Kamera Review Selasa, 9 Mei 2017 | 05:28
Keren ulasannya. Pengen banget punya Fujifilm X-T2.
Bima Satria Jumat, 12 Mei 2017 | 15:11
Keren dan harganya ga nahan..