Diperbaharui pada Rabu, 28 Juni 2023 | 17:59

12 Kamera Mirrorless Terbaik di 2023, Harga Mulai 3 Jutaan

kamera mirrorless terbaikFoto: Pixabay

Selain kamera DSLR, tidak sedikit fotografer juga memilih untuk menggunakan kamera mirrorless, karena bentuk bodinya yang lebih kecil dari DSLR. Namun dengan pilihan kamera mirrorless yang beragam di pasaran, memilih yang tebraik menjadi sedikit sulit.

Pilihan kamera mirrorless yang ada di pasaran cukup beragam dari berbagai brand, mulai dari kamera mirrorless Canon, Sony, Fujifilm, Panasonic, dan lain sebagainya. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah, pilih kamera yang sesuai dengan kebutuhan.

Kamera Mirrorless Terbaik

Banyaknya produk kamera mirrorless di pasaran bisa membuat calon pembeli kebingungan untuk memilih. Terutama bila tidak begitu paham tentang fotografi.

Biasanya calon pembeli akan memilih keluaran terbaru, padahal mungkin fitur-fiturnya tidak semuanya akan terpakai. Perlu diingat, baru bukan berarti yang terbaik, karena bila sudah menyangkut kamera, fungsinya lah yang harus disesuaikan dengan kebutuhan.

Kalau masih belum bisa memutuskan, berikut beberapa rekomendasi kamera mirrorless terbaik untuk Anda.

1. Canon EOS M6 Mark II

kamera mirrorless terbaru

EOS M6 Mark II adalah salah satu kamera mirrorless terbaik Canon. Kamera ini memiliki kemampuan fast-locking dan fast-tracking untuk menangkap momen cepat. EOS M6 Mark II dibekali dengan sensor APS-C CMOS 32,5MP serta perekaman video uncropped 4K.

Kamera ini ditenagai prosesor gambar DIGIC 8, dan Canon EOS M6 Mark II turut disokong teknologi Dual Pixel CMOS Auto Focus, didukung AF Tracking dan Eye-Detection AF.

Canon juga menghadirkan 5.481-titik AF yang dapat bekerja hingga pencahayaan EV-5 sehingga pencarian fokus pada subjek tetap cepat dan akurat. 

Canon EOS M6 Mark II memiliki kecepatan pemotretan continuity hingga 14 frames per second (fps) dan sudah mendukung mode RAW burst yang mencapai 30 fps. 

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 16000 s
Max. Light Sensitivity ISO 51200
Frame Rate 30 fps
Lens Mount Canon EF-M
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

2. Sony Alpha 7 III

kamera mirrorless terbaru

Kamera mirrorless Sony Alpha 7 III merupakan model penerus dari Sony Alpha 7 II dan Sony Alpha 7 yang dirancang secara khusus oleh Sony untuk memenuhi kebutuhan para fotografer profesional.

Sony Alpha 7 III atau biasa disebut juga Sony A7 III, dibekali dengan sensor full-frame serta software terbaru yang telah ditingkatkan untuk sensor CMOS Exmor R.

Untuk kebutuhan gambar, kamera mirrorless Sony ini dibekali dengan resolusi 24.2 MP berkecepatan 10 fps. ISO yang dimilikinya berada di angka 100-51200. Tergolong besar untuk sebuah kamera mirrorless.

Selain itu, kemampuannya mereduksi hingga tingkatan resolusi diatas 6400, menjadikan Sony A7 III ini sebagai suksesor terbaikdari seri kamera mirrorless Sony Alpha 7.

Sebagai otak dari mesinnya, hadir prosesor BIONZ X yang unggul dalam mengolah hasil gambar. Sony A7 III mampu memproduksi gambar LSI 16bit dan RAW 14bit, sementara untuk format JPEG, kamera ini mampu hasilkan gambar 8 bit.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed -
Max. Light Sensitivity -
Frame Rate 10 fps
Lens Mount -
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

3. Sony Alpha 7R III

kamera mirrorless terbaru

Sony A7R III merupakan salah satu produk kamera mirrorless terbaik dari Sony. Dibalik banderol harganya yang cukup fantastis, tersimpan berbagai keunggulan pada spesifikasinya, tidak heran kamera ini kerap menjadi andalan para fotografer profesional.

Memang, generasi kamera Sony Alpha 7R atau sering juga disebut dengan Sony A7R, seperti Sony A7R II hingga Sony A7R III, adalah salah satu lini kamera mirrorless terkuat yang dimiliki Sony.

Kamera mirrorless Sony A7R III dilengkapi dengan sensor CMOS Exmor R BSI 42.4MP full-frame dan BIONZ X Image Processor yang telah diperbarui.

Kemampuan pengambilan gambar 10 fps yang didukung oleh peningkatan pada kinerja autofocus, membuat pelacakan objek menjadi jauh lebih cepat dari generasi sebelumnya, sehingga bisa diandalkan untuk pengambilan foto dengan bukaan lebar.

Bagi penggemar video, kemampuan merekam Sony A7R III juga jauh lebih baik, terutama untuk kualiotas video beresolusi UHD 4K dengan sensor full-frame. Pengguna juga bisa menggunakan area Super35 dan 5K oversampling untuk meminimalkan moire dan aliasing.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 8000 s
Maximum Light Sensitivity ISO 32000
Frame Rate 5 fps
Lens Mount Sony E-mount
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

4. Sony Alpha 9

kamera mirrorless terbaru

Sony Alpha 9 merupakan kamera mirrorless high-end yang membawa kekuatan sensor Back Illuminated Full-Frame CMOS beresolusi 24 MP. Dari segi desain bodi, kamera ini menghadirkan tampilan khas dari seri mirrorless Alpha Sony yang terlihat kokoh.

Dibalik sensor 24 MP yang dimiliki oleh Sony Alpha 9, hadir pula memori khusus yang dapat mengoptimalkan kecepatan kerja pengambilan gambar hingga 20 fps.

Bila membutuhkan kamera mirrorless terbaik untuk berbagai kebutuhan profesional, kamera ini adalah salah satu rekomendasi yang pas. Namun, meski fitur-fiturnya dioptimalkan untuk kebutuhan yang tinggi, namun kamera ini juga masih bisa digunakan oleh fotografer amatir tanpa perlu khawatir over spec.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 32000 s
Max. Light Sensitivity ISO 51200
Frame Rate 20, 10, 5 fps
Lens Mount Sony E-Mount
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

5. Fujifilm X-E3

kamera mirrorless terbaru Fujifilm X-E3 mengadopsi jenis sensor APS-C dengan resolusi gambar 24 MP. Kamera mirrorless ini juga dibekali dengan fitur yang AF tracking yang sangat berguna untuk kebutuhan pemotretan objek yang bergerak.

Berbeda dengan beberapa kamera sebelumnya yang pengaturan kecepatan rana dan pemaparannya dilakukan dengan tombol terpisah, kamera mirrorless Fujifilm X-E3 ini punya metode penggunaan yang lebih simpel dan mudah dioperasikan.

Selain itu, Twin Clickable Command Dial juga yang menjadi keunggulan lain dari Fujifilm X-E3, di mana pengaturan beberapa fitur bisa dieksekusi hanya dengan melakukan klik pada layar bagian belakang, mirip ketika menggunakan smartphone.

Untuk kebutuhan perekaman video, kamera mirrorless Fujifilm ini mampu merekam video dalam format gambar 4K di kecepatan 30 fps, 25 fps, 24 fps, dan 23 fps.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 32000 s
Max. Light Sensitivity ISO 51200
Frame Rate 30 fps
Lens Mount Fujifilm X
Tabel dapat digeser kiri atau kanan  

6. Panasonic Lumix DMC-GH4

kamera mirrorless termurah Rekomendasi kamera mirrorless terbaik selanjutnya datang dari Panasonic dengan Panasonic Lumix DMC-GH4 yang salah satu keunggulannya adalah kemampuan merekam video.

Panasonic Lumix DMC-GH4 hadir dengan lensa bawaan 16 - 140mm. electronic viewfinder OLED 2.360 k-dot, serta mampu merekam video berkualitas 4K, menjadikannya ideal sebagai kamera mirrorless andalan untuk berbagai kebutuhan.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 8000 s
Max. Light Sensitivity ISO 6400
Frame Rate 50, 60 fps
Lens Mount Canon EF mount (Canon EF-S 15-85mm f / 3.5-5.6 IS USM)
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

7. Fujifilm X-T2

kamera mirrorless termurah Sesuai namanya, kamera mirrorless Fujifilm X-T2 merupakan generasi penerus dari seri Fujifilm X-T1. Tidak seperti kamera mirrorless lain, Fujifilm X-T2 hadir dengan jendela bidik yang ditempatkan di bagian tengah kamera. Didalamnya sudah tertanam sensor X-Trans III yang memiliki resolusi 24 MP.

Sensor ini didukung fitur-fitur seperti titik phase detection (169), dual SD card slot, dan konektor USB 3.0. Menariknya, kamera mirrorless juga mampu merekam video 4K.

Untuk melihat hasil jepretan dan melakukan pengaturan, kamera mirrorless Fujifilm ini dilengkap dengan layar LCD berukuran 3 inci yang bisa ditekuk ke berbagai arah dengan tambahan engsel.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 8000 s
Max. Light Sensitivity ISO 12800
Frame Rate 14, 8, 5 fps
Lens Mount Fujifilm X Mount
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

8. Nikon 1 J5

kamera mirrorless termurah

Kecepatan yang baik, multi fungsi, dan mampu membawa kualitas yang baik ketika digunakan, adalah 3 keunggulan utama dari kamera mirrorless Nikon 1 J5 yang memiliki desain klasik dengan sentuhan modern ini.   

Didukung dengan komponen terbaik, terutama di sisi sensornya,  Nikon 1 J5 jelas menjadi solusi bagi fotografer atau videografer yang menginginkan kualitas gambar terbaik di kelasnya untuk foto dan video. Selain itu, kamera mirrorless ini juga dibanderol dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 16000 s
Max. Light Sensitivity ISO 12800
Frame Rate 60, 30, 20, 10, 5 fps
Lens Mount Nikon 1
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

9. Fujifilm X-T100

kamera mirrorless termurah

Kamera mirrorless Fujifilm X-T100, hadir dengan beberapa fitur utama seperti electronic view finder dengan pembesaran tinggi, layar LCD yang dapat digerakkan secara horizontal, dan daya tahan baterai yang tahan lama.

Fujifilm X-T100 dibekali dengan sensor 24.2MP APS-C yang memiliki ukuran 14 kali lebih besar dari kamera hp, dan teknologi Bluetooth yang dapat membuat proses transfer foto menjadi lebih mudah. 

Bila dikombinasikan dengan lensa FUJINON, resolusi gambar tinggi membuat hasil jepretannya menjadi semakin tajam. Selain itu, sistem Intelligent Hybrid AF pada kamera ini, mampu memberikan kebebasan kepada fotografer untuk menangkap momen-momen secara instan dan akurat.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 32000 s
Max. Light Sensitivity ISO 12800
Frame Rate 26 fps
Lens Mount FUJIFILM X mount
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

10. Panasonic Lumix DC-GF9

kamera mirrorless murah

Kamera mirrorless Panasonic Lumix DC-GF9 yang mengadopsi konsep retro ini diklaim mampu melakukan aktivitas perekaman video dengan kualitas yang setara dengan standar resolusi 4K.

Selain itu, Panasonic Lumix DC-GF9 juga didukung teknologi Light Speed AF dan EIS untuk memaksimalkan kinerjanya, sementara untuk memaksimalkan hasil foto, hadir fitur Creative Control dan Creative Panorama.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 16000 s
Max. Light Sensitivity ISO 25600
Frame Rate 30 fps
Lens Mount Micro Four Thirds
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

11. Canon EOS M50

kamera mirrorless murah

Canon EOS M50 sempat menjadi perbincangan karena hadir sebagai kamera mirrorless pertama yang mampu merekam video 4K dengan stabil. Spesifikasinya memang tidak bisa diremehkan, karena Canon membekali CMOS APS-C sensor 24.1 MP dengan Dual Pixel AF pada kemera ini.

Selain itu, kinerja kamera ini juga semakin tangguh dalam mendukung aktivitas memotret dan merekam video, karena sudah ditenagai oleh prosesor gambar DIGIC 8.

Kamera mirrroless murah ini memiliki ISO 100 – 25600 sehingga bisa diandalkan untuk memotret di kondisi gelap atau kurang cahaya. Pada bagian belakang, hadir layar LCD touchscreen berukuran 3 inci, dan layar OLED viewfinder 0.39 inci.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Max. Light Sensitivity ISO 51200
Frame Rate 30 fps
Lens Mount Canon EF-M
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

12. Fujifilm X-A5

kamera mirrorless murah

Fujifilm X-A5 adalah kamera mirrorless penerus Fujifilm X-A3 yang dilengkapi dengan teknologi Zoom Electronic untuk proses zooming mulus hingga lebar 23 mm.  

Kekuatan sensornya diklaim mampu merekam objek dalam resolusi 4K-UHD, berkat sensor APS-C CMOS 24 MP. Kamera mirrorless Fujifilm X-A5 juga memberikan beberapa creativity feature seperti Potrait Enhancer, Eye Detection AF, serta beragam filter yang cantik.

Hanya saja, ketika kebanyakan kamera mirrorless lainnya menawarkan teknologi wireless untuk kemudahan berbagi data, Fujifilm X-A5 masih bertahan dengan metode Bluetooth. Hal ini dimaklumi karena harga kamera mirrorless ini terbilang murah.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 32000 s
Max. Light Sensitivity ISO 51200
Frame Rate 30 fps
Lens Mount FUJIFILM X mount
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Bagaimana dengan rekomendasi kamera mirrorless terbaik versi Pricebook ini? Daftar ini tentunya tidak akan berhenti di sini, karena pastinya akan selalu ada produk kamera mirrorless baru yang dirilis ke pasaran. Nah, jangan sampai ketinggalan rekomendasi kami lainnya, ya!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1483 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.