Motherboard Gaming Terbaik Berbasis Intel Skylake

Motherboard Gaming Terbaik Berbasis Intel Skylake

Oleh Alena Yulitta on Jumat, 18 Mar 2016 | 18:36

Ketika hendak memilih atau merakit sebuah PC untuk keperluan bermain game, masalah yang paling pelik adalah memilih motherboard gaming terbaik yang paling pas, baik pas untuk keperluan gaming yang bervariasi kebutuhan spesifikasinya dan juga pas untuk kantong. Jika dana bukan masalah, maka tinggal memilih spesifikasi motherboard gaming terbaik yang dibutuhkan.

Apa saja yang dibutuhkan untuk mendapatkan sebuah gaming PC yang memuaskan? Sebuah VGA atau kartu grafis paling tangguh, memori besar dengan teknologi termodern, HDD dengan RPM tinggi, prosesor tercepat, serta tentunya sebuah rumah untuk mereka semua, yaitu motherboard yang berkualitas terbaik.

Apa yang terjadi jika salah membeli motherboard untuk gaming? Tentu saja game yang akan dimainkan bisa crash dan hang, tak hanya itu, jika sedang memainkan game, maka game tersebut menjadi lag dan gerakannya patah-patah.

Jika kamu hobi overclock maka motherboard yang salah akan mengakibatkan overheat pada prosesor, VGA card dan juga komponen lain. Oleh sebab itu berikut ini ada beberapa rekomendasi best motherboard gaming terbaik dengan slot LGA 1151 yang bisa dipilih jika hendak membangun gaming PC yang andal dengan basis prosesor Intel Skylake terbaru.

MSI Z170A Gaming ProMotherboard Gaming Terbaik

Motherboard MSI yang dijual dipasaran harganya kisaran US$114,99 setara dengan Rp 1,5 jutaan ini pas bagi yang membutuhkan motherboard gaming terbaik kelas menengah yang tak terlalu membebani dompet. Motherboard MSI Z170A Gaming Pro ini setara dengan motherboard gaming terbaik buatan Asus yang dijual jauh lebih mahal. Dengan menambahkan sepasang port USB Type-C yang mampu mengalirkan data dengan kecepatan 10 Gb/s, fitur Enhanced ALC1150 Audio dan juga Mystic Light LED yang berjejer di sebelah kanan motherboard serta bisa diatur nyalanya.

Slot memorinya mampu mendukung penggunaan memori pada frekuensi 3600 MHz, telah ditambahkan pula konektivitas Intel v219 LAN yang dilindungi dengan circuit penahan voltase agar port tak terbakar karena kejutan voltase dari jaringan ethernet. Motherboard gaming terbaik MSI Z170A Gaming Pro juga cocok untuk overcloaking. Cek juga halaman harga MSI Z170A Gaming Pro.

Asus Z170 ProMotherboard Gaming Terbaik

Motherboard menengah kedua yang pas untuk chipset Skylake adalah Asus Z170 Pro. Motherboard Asus yang dijual di kisaran harga $129 atau sekitar Rp 1,7 jutaan ini bisa menjadi pilihan jika kamu ingin membangun sebuah komputer gaming dengan basis chipset Intel Skylake.

Walaupun sebenarnya motherboard gaming terbaik ini bukan spesifik diperuntukan bagi keperluan game, namun menawarkan VRM yang lebih baik daripada motherboard di kelasnya, ditambah dengan fitur audio ALC 1150 serta Intel v219 Ethernet yang memberikan pengalaman lebih dari slot LGA 1151 yang tertanam padanya.

Selain itu Asus Z170 Pro menawarkan BIOS yang lebih stabil, performa yang lebih tinggi dari kebanyakan motherboard gaming terbaik dikelasnya serta bisa dioverclock. Motherboard gaming terbaik buatan Asus ini dibekali pula dengan USB Type-C, M.2 Slot dan mendukung penggunaan memori hingga 3866 Mhz sehingga cocok dengan berbagai jenis DRAM. Cek juga halaman harga Asus Z170 Pro.

Baca juga Harga Motherboard Komputer Terbaru

MSI Gaming H170 Gaming M3Motherboard Gaming Terbaik

Motherboard MSI Gaming H170 Gaming M3 ini termasuk motherboard gaming terbaik yang paling murah, tetapi tak murahan. Namun motherboard yang dijual seharga $45.99 ini tentu saja tak akan bisa dipergunakan untuk melakukan overclocking, namun ia menawarkan Full Speed M.2, BIOS yang lebih baik serta harga yang sangat terjangkau.

motherboard gaming terbaik ini menawarkan 32-bit 4-Lane M.2 connector yang mendukung penggunaan SSD terkini yang membutuhkan kecepatan transfer 2,5GB/s. Ada pula 7 slot PCI yang tentu saja jumlah ini lebih banyak dari yang dipunyai motherboard ASRock Fatal1ty serta ada pula 6x USB 3.1. Cek juga halaman harga Motherboard MSI Gaming H170.

ASRock Z170 Gaming-ITX/ACMotherboard Gaming Terbaik

ASRock Z170 Gaming Motherboard adalah motherboard dengan form factor atau ukuran mini-ITX yang mampu mendukung chipset Intel Skylake. Walau motherboard gaming terbaik ini berukuran lebih kecil dari jenis ATX, namun ia menawarkan kemampuan yang tak kalah gahar antara lain fitur WiFi 802.11 ac dual antena, Bluetooth 4.0 dan Intel v219 Ethernet. Tak hanya itu, fitur audionya diperkuat dengan 7.1 channel ALC1150 codec, built-in HDMI 2.0, M.2 full 4-Lane 32 Gb/s, USB Type-C (A dan C), 2X USB 2.0 dan 8X USB 3.0. Slot memorinya juga telah mendukung penggunaan RAM hingga 32GB berjenis DDR4 3600MHz. Cek juga halaman harga Motherboard ASRock Z170 Gaming-ITX/AC.

Asus Z170 DeluxeMotherboard Gaming Terbaik

Motherboard yang ini adalah pilihan yang terbaik. Motherboard kelas high end ini menawarkan segalanya yang lebih baik dari motherboard lain. Tak heran jika motherboard Asus Z170 Deluxe ini dijual dikisaran harga $279.99 karena menawarkan dual Intel LAN Port, tiga buah konektor antena WiFi 1300 Mb/s, Bluetooth, 6x USB 3.1 dengan kecepatan transfer 10Gb/s, serta sebuah USB Type-C. Asus Z170 Deluxe menawarkan dukungan overclocking dengan 16-phase digital VRM serta Hyper M.2 X4 Mini Kit. Cek juga halaman harga Motherboard Asus Z170 Deluxe.

 

Baca juga artikel
Cara Mudah Memahami Perbedaan Motherboard Intel dan AMD
Komponen-komponen Motherboard Yang Perlu Kamu Tahu
Jenis Motherboard dan Harganya di Pasar Komputer

Artikel Lainnya

Komentar