Operator yang Pas Buat Mengakses Layanan Netflix

Operator yang Pas Buat Mengakses Layanan Netflix

Oleh Alena Yulitta on Selasa, 12 Jan 2016 | 19:10

Netflix secara resmi sudah ada dan mulai menyediakan layanannya di Indonesia. Setiap orang yang punya koneksi internet bisa menikmati streaming semua acara TV serta menikmati Film sepuasnya. Lantas operator apa yang pas buat membesut berbagai layanan hiburan dari Netflix?

Nah, disitulah letak tantangan Netflix di Indonesia karena akses Netflix membutuhkan kuota yang sangat besar. Bagaimana tidak, untuk menikmati satu film berkualitas HD dengan durasi 2 jam di Netflix dibutuhkan paling tidak kuota 6GB atau 3GB per jamnya.

Sementara untuk film dengan kualitas paling rendah (320p atau 480p) paling tidak dibutuhkan kuota 300MB per jam, sementara film dengan standar sedang (standar definition, dibutuhkan kuota 700MB hingga 1GB per jam), bayangkan jika kamu ingin menonton film dengan kualitas Ultra HD, perkiraan dibutuhkan kuota 7GB per jamnya.

Dengan kuota sebesar itu maka kiranya berada di jaringan 4G adalah pilihan yang terbaik karena menyediakan kecepatan yang sangat memadai, namun jika terpaksa, jaringan 3G juga masih bisa dipakai asalkan modem atau perangkat kamu sudah mendukung 3G HSPA+ atau HSDPA. Oleh sebab itu jika kamu masih berlangganan internet dengan fitur FUP atau paketan kuota, maka siap-siaplah jebol dompet kamu.

Seperti disebutkan tadi, kuota besar tentunya membutuhkan kecepatan internet yang kencang juga, apalagi Netflix memberikan isyarat bahwa layanan mereka bisa dinikmati dengan baik jika kecepatan internet minimal 5Mbps untuk mengakses film dengan kualitas biasa, sementara untuk mengakses film dengan kualitas Ultra HD maka kecepatan internet kamu harus 25Mbps.

Nah, operator mana yang siap dengan syarat ini? Mari cari tahu.

Secara garis besar hampir semua penyedia internet di Indonesia sanggup untuk menyediakan kecepatan yang dibutuhkan, sebut saja seperti IndiHome, MNC PlayMedia, FirstMedia, BizNet dan semua operator seluler di Indonesia (Indosat, Telkomsel, Tri, Smartfren, dan XL). Mereka sudah sanggup menyediakan koneksi super cepat karena telah menginvestasikan dana untuk teknologi serat optik yang mampu mengkoneksikan internet hingga ratusan Mbps, begitu pula teknologi 4G yang sudah diadopsi para operator seluler di Indonesia.

Namun, yang menjadi masalah adalah kuota internet di Indonesia yang sebagian besar masih dibatasi paket. Hampir tak ada operator yang memberikan internet unlimited yang benar-benar tanpa batas (yang ada adalah unlimited dengan FUP/batas pemakaian wajar).

Paket Unlimited XL
Paket unlimited dari XL ini disebut pakert “Worry Free” yang dibagi menjadi paket harian, tiga harian, mingguan dan bulanan. Paket terbesar adalah paket bulanan 120 ribu dengan kuota FUP 3GB dan speed maksimal 3,6GB. Namun setelah kamu melebihi kuota 3GB maka kecepatan internet kamu menurun drastis, jadi ini tak cocok untuk Netflix.

XL juga punya HotRod 4G dengan kuota 50GB seharga 50 ribuan dengan masa aktif  dua minggu. Walaupun tidak Unlimited, namun paket ini bisa dikatakan “cukupan”, asal sering-sering saja kamu beli kuotanya setiap kali habis.

Baca juga Paket Nelpon, SMS dan Internet Termurah 2016

Indosat Ooredoo
Indosat sebenarnya punya paket yang diberi nama “Super Internet Unlimited”. Paket ini bisa diakses baik di jaringan 3G dan 4G. namun sayangnya paket yang katanya “Unlimited” ini punya FUP (batas penggunaan wajar) 2GB dengan biaya 100 ribu setiap bulan. Jika FUP sudah terlampaui maka kecepatan internet kamu tinggal menjadi 16Kbps, jelas tidak cocok untuk Netflix.

Smartfren

Operator Smartfren punya paket unlimited yang benar-benar unlimited (True Unlimited) tanpa adanya FUP. Operator ini menyediakan layanan tersebut di jaringan 4G dengan kecepatan akses rata-rata 49Mbps. Untuk paket ini kamu harus membayar sebanyak Rp.300.000 perbulan. Jika kamu membeli dengan bundling Andromax 4G LTE (seri Q, Qi, R, Es, Ec), maka harganya tinggal 75 ribu saja dan berlaku hingga April mendatang.

Sementara itu operator Telkomsel dan Tri tidak mempunyai program internet unlimited ataupun paket kuota besar yang bisa dipergunakan mengakses Netflix dengan nyaman.

Jadi saat ini bisa disimpulkan jika baru Smartfren  yang bisa menjadi teman baik kamu saat menikmati Netflix. Tak hanya siap dengan jaringan 4G yang super cepat, Smartfren juga punya paket unlimited yang benar-benar bebas akses  tanpa takut kecepatan turun.

Walaupun begitu, ada baiknya jika kamu juga menghemat kuota dengan cara memilih dan mengatur kualitas film yang kamu tonton. Kamu bisa mengatur resolusi film yang kamu pilih pada setting “Your Account” dan “Playback Setting” ada menu Low, Medium, High dan Auto. Jika ingin hemat tanpa terlalu mengorbankan kualitas gambar, pilih sama medium, jika ponsel kamu sudah mempunyai resolusi Quad HD atau minimal full HD, maka pilih saja kualitas paling rendah. Jika kamu pilih “Auto” maka resolusi akan disesuaikan dengan kecepatan internet kamu saat itu.

Selain internet yang kencang serta kuota yang “Unlimited” tentu saja ada hal lain yang mesti kamu persiapkan, yaitu perangkat untuk mengakses Netflix agar lancar menikmati tontonan kesukaan kamu. Pricebook juga akan membantumu dengan memberikan tips memilih smartphone yang pas untuk mengakses Netflix di artikel selanjutnya, jadi update terus info kamu di Pricebook.

 

Baca juga artikel

Daftar Harga Paket Internet Telkomsel Simpati Januari 2016

Daftar Kota di Indonesia yang Support 4G LTE XL

Indosat Ooredoo Hadirkan Aplikasi Penyimpanan Terbaru, Incloud

Artikel Lainnya

Komentar