Daftar HP Android yang Dapat Update Android 6.0 Marshmallow 2016

Daftar HP Android yang Dapat Update Android 6.0 Marshmallow 2016

Oleh Ardiansyah Hana on Kamis, 10 Mar 2016 | 13:29

Pada bulan Oktober 2015 lalu, Google rilis versi final dari sistem operasi terbaru Android 6.0 Marshmallow. Android 6.0 Marshmallow sendiri menawarkan fitur ‘Google Now on Tap’ yang membawa perbaikan pada kemampuan Google Now dalam merekomendasikan hal-hal yang berguna bagi penggunanya.

Dilanjutkan dengan fitur ‘App Permission’ yang memungkinkan kamu dapat menyesuaikan ijin akses pada tiap aplikasi, kemampuan Cut, Copy dan Paste yang lebih baik serta fitur Doze yang merupakan fitur power saving.

Disamping Nexus 5X dan Nexus 6P yang sudah dijejali Android 6.0 Marshmallow sejak awal peluncurannya, saat ini sudah ada banyak device yang sedang mengantri untuk memperoleh update. Nah, dibawah ini merupakan daftar device apa saja yang akan memperoleh update Marshmallow di tahun 2016. Yuk simak!

Android 6.0 Marshmallow update-HTC

Di tahun 2016 ini, HTC berjanji akan meluncurkan update pada serangkaian produk yang dirilis pada tahun 2014 dan 2015. Update tersebut dilakukan secara berkala, mulai dari bulan Januari ini.

Untuk produk smartphone keluaran 2014, seri yang akan mendapatkan update Marshmallow diantaranya adalah HTC One (M8), HTC One (E8), HTC One (M8 Eye), HTC Desire 820 dan HTC Desire 816.

Sementara daftar smartphone keluaran 2015 adalah HTC One M9 Plus, HTC One E9 Plus, HTC One M9, HTC One E9, HTC One ME, HTC Desire 826 dan HTC Butterfly 3.

Android 6.0 Marshmallow update-Huawei

Huawei tergolong lebih lambat jika dibandingkan produsen lain dalam memperbarui perangkat miliknya. Namun di tahun 2016, produsen asal Tiongkok ini berjanji untuk menggulirkan update bagi smartphone seri Huawei Ascend P8, Huawei Ascend P8max, Huawei Honor 6 Plus, Huawei Honor 7i, Huawei Honor 7, Huawei Mate S, Huawei MediaPad X2, dan Huawei Ascend G8.

Baca juga Android 6.0 Marshmallow Berjalan Mulus di Smartphone Jadul

Tak ketinggalan, produk smartphone yang diproduksi pada tahun 2014 pun memperoleh update, diantaranya adalah seri Huawei Mate 7, Huawei Honor 6, Huawei Honor 4X, Huawei Honor 4C dan Huawei Ascend G7.

Android 6.0 Marshmallow update-LG

Tak ketinggalan dengan produsen lain, LG pun berencana memberikan update Android 6.0 Marshmallow bagi beberapa produk smartphone terbaiknya. Produk smartphone LG yang akan memperoleh update adalah LG V10, LG G4, LG G Flex2, LG G4 Stylo dan LG G3.

Android 6.0 Marshmallow update-Motorola

Saat ini Motorola disebut sebagai salah satu produsen yang paling cepat dalam memberikan update Android terbaru. Di tahun 2016 ini, produsen ini pun menginformasikan daftar smartphone yang akan mendapatkan update Android 6.0 Marshmallow, seperti Motorola Moto X Pure Edition (3rd gen), Motorola Moto X Style (3rd gen), Motorola Moto X Play, Motorola Moto X Force, Motorola Moto G (3rd gen), Motorola Moto G Turbo, Motorola Moto E (3rd gen), Motorola DROID Turbo 2, Motorola Moto MAXX 2, Motorola Moto X Pure edition (2nd gen), Motorola DROID Turbo, Motorola Moto MAXX, Motorola Moto G (2nd gen) dan Moto G 4G (2nd gen).

Android 6.0 Marshmallow update-SamsungSementara Samsung berencana menggulirkan update Android 6.0 Marshmallow pada cukup banyak perangkat, dimana perangkat tersebut rilis pada tahun 2015 dan 2014. Untuk produk rilisan tahun 2015 dan memperoleh update Marshmallow adalah Samsung Galaxy S6 edge+, Samsung Galaxy Note5, Samsung Galaxy S6 edge, Samsung Galaxy S6 dan Samsung Galaxy Tab S2

Sedangkan produk yang rilis tahun 2014 daftarnya adalah Samsung Galaxy Note 4, Samsung Galaxy S5, Samsung Galaxy Alpha, Samsung Galaxy A8 dan Samsung Galaxy A7.

Baca juga 5 Perbedaan Android Marshmallow vs Lollipop yang Perlu Kamu Tahu

Android 6.0 Marshmallow update-Sony Xperia

Sama halnya dengan Samsung, Sony memberikan update Marshmallow pada cukup banyak perangkat. Daftar perangkat yang mendapatkan update adalah Sony Xperia Z5 Premium, Sony Xperia Z5, Sony Xperia Z5 Compact, Sony Xperia Z3+ / Z4, Sony Xperia C5 Ultra, Sony Xperia C4, Sony Xperia M5 dan Sony Xperia M4 Aqua.

Selain itu, ada pula smartphone keluaran 2013 dan 2014 yang mendapatkan update, yakni seri Sony Xperia Z3 / Z3v, Sony Xperia Z3 Compact, Sony Xperia Z3 Tablet Compact, Sony Xperia Z2, Sony Xperia Z2 Tablet dan Sony Xperia Z Ultra GPE.

Android 6.0 Marshmallow update-Lenovo

Untuk smartphone Lenovo, terdapat 5 perangkat yang akan kebagian update, yakni Lenovo K3 Note, Lenovo A7000, Lenovo A7000 Plus, Lenovo Vibe S1 dan Lenovo Vibe P1.

Android 6.0 Marshmallow update-Asus

Sementara untuk produk Asus, ada 6 perangkat yang akan diberikan update Android 6.0 Marshmallow, yakni Asus Zenfone 2 series, Asus Zenfone 2 Laser, Asus Zenfone 2 Deluxe, Asus Zenfone Selfie, Asus Zenfone Go, dan Padfone S.

Selain daftar perangkat di atas, sejumlah brand pun bersiap memberikan update Marshmallow pada beberapa produk unggulannya selama tahun 2016 ini, seperti Xiaomi pada 3 perangkat premium-nya seperti Xiaomi Mi 4, Xiaomi Mi Note, Xiaomi Mi Note Pro, BlackBerry melalui seri Priv, Zuk pada smartphone Z1, Nvidia Shield Tablet K1, dan produk dari OnePlus. Bagaimana dengan perangkat kamu? Apakah ada dalam daftar di atas?

All images credit to Slachgear, Android central and Google

 

Baca juga artikel

6 Fitur di Android Marshmallow yang Buat Kinerja Ponsel Makin Canggih

6 Update Marshmallow yang Buat Android Kamu Makin Cerdas

Ada Mini Game Rahasia di Android 6.0 Marshmallow

Artikel Lainnya

Komentar