Daftar HP Android yang Dapat Update Android 6.0 Marshmallow 2015

Daftar HP Android yang Dapat Update Android 6.0 Marshmallow 2015

Oleh Tedi Yuni A on Rabu, 30 Sep 2015 | 12:06

Pada acara Google Nexus 2015, Google juga menyinggung sistem operasi terbaru mereka Android 6.0 Marshmallow yang versi finalnya akan meluncur pada 5 Oktober mendatang. Perangkat Nexus terdahulu sudah dipastikan akan meneriman update paling awal dan baru kemudian perangkat lainnya mulai menyusul.

Kami sudah merangkum beberapa perangkat yang akan menerima Android 6.0 Marshmallow. Berikut kutipannya.

Tanggal Rilis Android 6.0 Marshmallow

Google telah mengumumkan debut Android Marshmallow akan dimulai minggu depan tepatnya pada 5 Oktober mendatang dan akan menyambangi perangkat Nexus generasi terdahulu. Fitur yang dibawa oleh sistem operasi terbaru Google Android 6.0 mulai dari fitur ‘Google Now on Tap’ yang membawa perbaikan pada kemampuan Google Now untuk merekomendasikan hal-hal yang berguna untuk penggunanya.

Kemudian ada ‘App Permission’ kamu bisa menyesuaikan ijin akses untuk tiap aplikasi, misal kita tidak ingin mengaktifkan izin kamera untuk aplikasi Whatsapp, maka aplikasi tersebut tidak akan mendapatkan izin untuk mengakses kamera.

Baca juga: Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Google Nexus 6P dan Nexus 5X

Fitur Doze, kata lainnya adalah power saving, meski fitur ini sudah biasa, namun pada Android M hadir lebih baik. Saat ponsel berada dalam mode siaga (idle) yang cukup lama, sistem akan membawa ponsel ke dalam mode tidur yang lebih dalam. Maka penggunaan baterai yang lebih irit. Fitur menarik lainnya ialah  Cut, Copy dan Paste yang lebih baik. Jadi pada saat kalian mau copy paste, dialog box nya langsung ada di atas text itu

Android 6.0 Marshmallow update-Perangkat Nexus

Pada 5 Oktober mendatang, Android Marshmallow akan menyambangi perangkat Nexus, yaitu yaitu LG Nexus 5, Motorola Nexus 6, Asus Nexus 7 (2013), HTC Nexus 9 dan Asus Nexus Player.Tidak termasuk di dalamnya Nexus 5X dan Nexus 6P karena kedua perangkat besutan LG dan Huawei tersebut dalam tubuhnya sudah terinstal Android 6.0 Marshmallow.

Android 6.0 Marshmallow update-HTC

HTC berjanji dalam 90 hari kedepan beberapa perangkatnya sudah bisa menikmati Android 6.0 Marshmallow terbaru. Pada kenyataannya melhat yang sudah-sudah sebagian mungkin akan menerima update tersebut, namun wilayah lain belum tentu mendapatkannya karena menunggu giliran.

HTC One M9 dan HTC One M8 sudah dipastikan akan mendapat update Android 6.0 Marshmallow pada akhir tahun ini dan menyusul perangkat lainnya yang terdiri dari HTC One M9 +, HTC One E9 +, HTC One E9, HTC One ME, HTC One E8, HTC One M8 EYE, HTC Kupu-kupu 3, HTC Desire 826, HTC Desire 820, dan HTC Desire 816.

Baca juga: Google Pixel C, Tablet Hybrid Meluncur di Acara Google Nexus 2015

HTC juga telah mengkonfirmasi bahwa dalam waktu dekat akan ada perangkat smartphone Marshmallow terbaru yang lebih bertenaga pada tanggal 20 Oktober mendatang.

Android 6.0 Marshmallow update-Huawei

Huawei sering lebih lambat dari produsen lain untuk memperbarui perangkat miliknya. Namun semoga saja dengan bergabungnya Nexus 6P dalam jajaran seri Nexus 2015 update tersebut bisa lebih cepat datang. Nampaknya perangkat yang akan lebih dulu menerima Android 6.0 Marshmallow adalah Huawei Mate S.

Android 6.0 Marshmallow update-LG

Pada saat Lollipop diluncurkan, LG cukup gesit dalam memperbaruhi perangkat miliknya. Lollipop rilis 3 November dan seminggu kemudian LG langsung mengupdate perangkatnya. Namun hingga saat ini LG belum mengkonfirmasi perangkat apa saja yang akan menerima pembaharuan Android 6.0 Marshmallow. Kita berharap update itu segera datang untuk LG G4 dan G3 terlebih dahulu.

Android 6.0 Marshmallow update-Motorola

Motorola juga menjadi salah satu produsen yang paling cepat mendapatkan update Android terbaru, bahkan terkadang malah lebih dulu dari beberapa perangkat Nexus. Sayangnya sama seperti LG, Motorola belum memberikan informasi perangkat miliknya yang akan mendapat update Android 6.0 Marshmallow. Berharap update Android 6.0 Marshmallow datang lebh dulu ke Moto G, Moto E dan Moto X.

Baca juga: Usai Nexus 2015, Google Umumkan Chromecast 2 Seharga Rp 500an Ribu

Android 6.0 Marshmallow update-Samsung

Situs Youmobile telah membocorkan beberapa perangkat Samsung yang akan menerima update Android 6.0 Marshmallow yang terdiri dari Samsung Galaxy Note 5, Samsung Galaxy S6 Edge+, Samsung Galaxy S6, Samsung Galaxy S6 Duos, Samsung Galaxy S6 Edge, Samsung Galaxy Note 4, Samsung Galaxy Catatan 4 Duos, Samsung Galaxy Note Edge, Samsung Galaxy Alpha, Samsung Galaxy Tab A.

Android 6.0 Marshmallow update-Sony Xperia

Sony terbilang yang paling lama untuk memberikan update Lollipop dan semoga kejadian ini tidak terjadi pada update Android 6.0 Marshmallow. Seluruh keluarga Xperia diprediksikan akan mendapat update Android Marshmallow jika melihat tahun lalu, hanya saja butuh waktu lama untuk mendapatkannya.

 

Baca juga artikel

Harga Nexus 6P Lebih Mahal dari Nexus 5X

Live Acara Google Nexus 2015 Liveblog – Nexus 5X

Live Acara Google Nexus 2015 Liveblog – Nexus 6P

Artikel Lainnya

Komentar

ajengputrip 30 September 2015 - 19:15
Wah untuk asus kapan ya gan dapet update an marsmallow?
othe 30 September 2015 - 19:16
Xiaomi dan lainnya gimana??? dapat kaga yak kira-kira
Ivan 09 Oktober 2015 - 20:05
Xiaomi :(
Bima Satria 12 Oktober 2015 - 09:48
Xiaomi menurut artikel ini dapet kok bro http://www.pricebook.co.id/article/news/2015/10/07/2501/hp-mito-nexian-dan-evercoss-dapat-update-marshmallow