Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Google Nexus 6P dan Nexus 5X

Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Google Nexus 6P dan Nexus 5X

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 30 Sep 2015 | 11:45

Tahun lalu, Google sempat mencoba masuk ke kelas smartphone layar lebar 6 inci dengan merilis Nexus 6. Namun, ternyata smartphone ini kurang mendapat respon dari pasar. September ini mencoba Google mencoba peruntungannya dengan melepas dua smartphone Nexus 2015 terbaru yakni Nexus 5X dengan layar 5,2 inci dan Nexus 6P dengan Layar 5,7 inci.

Nexus 5X merupakan generasi penerus dari seri Nexus 5 yang sebelumnya juga dirilis LG. Meski terdapat beberapa kesamaan, ternyata generasi Nexus terbaru hadir dengan desain yang lebih baru. Nexus 5X hadir dengan bodi plastik dengan tiga warna yang menarik. Sementara itu, pada bagian mesin, Google menggunakan chipset Snapdragon 808 dengan sokongan RAM 2 GB. Untuk memori penyimpanan, Google menghadirkan memori 16 dan 32 GB.

Sementara itu, Nexus 6P merupakan produk baru. Smartphone ini merupakan kerjasama pertama Huawei dan Google. Hadir dengan body aluminium, smartphone ini menyasar kelas premium. Meski tidak terlalu besar seperti Nexus 6, Nexus terbaru ini menggunakan layar 5,7 inci. Pada bagian mesin, terpasang chipset Snapdragon 810 dengan RAM 3 GB. pada memori internal tersaji memori 32 , 64 dan 128 GB.

Baca juga: Google Pixel C, Tablet Hybrid Meluncur di Acara Google Nexus 2015

Perbandingan Ukuran Layar


 

Nexus 6P dan Nexus 5X

Seperti diketahui, smartphone saat ini hadir dengan layar berukuran 5 inci dan 5,5 inci. Pemilihan Google menggunakan layar 5,2 inci dan 5,7 inci tentu menjadi hal berbeda yang diharapkan bisa menarik pengguna yang membutuhkan layar yang lebih lebar.  

Dibanding smartphone yang ada di pasaran, Nexus 6P hadir dengan spesifikasi layar yang lebih lebar dan lebih unggul mengingat seri ini menggunakan teknologi AMOLED dan resolusi QuadHD 1440 x 2560 pixels.

Kamera Sensor Sony

Selain peningkatan ukuran layar dan mesin, Nexus terbaru juga hadir dengan peningkatan kamera yang lebih baik. Kedua model Nexus ini menggunakan kamera utama 12,3 MP dengan sensor Sony 1,5 micron pixels. Kamera ini juga hadir dengan laser auto focusing dan dual LED yang lebih baik. Untuk kamera depan, Nexus 6P hadir dengan kamera depan 8 MP dan Nexus 5X hadir dengan kamera depan 5 MP.

Baca juga: Usai Nexus 2015, Google Umumkan Chromecast 2 Seharga Rp 500an Ribu

Fitur Nexus Imprint

Dalam dua Nexus terbaru ini, Google juga menghadirkan sensor fingerprint sensor yang diberi nama Nexus imprint. Sensor ini terletak pada bagian bodi belakang. Fitur ini cukup cepat kala membuka dan mengunci smartphone.

USB Type C

Nexus 5X dan Nexus 6P juga hadir dengan USB Type C untuk mempercepat pemindahan data dan pengisian daya baterai.

Sistem Android 6.0

Satu hal yang selalu dinantikan pecinta Android, Nexus terbaru hadir dengan sistem operasi paling baru Android Marshmallow tanpa aplikasi dari pihak lain.

 

Baca juga artikel

Harga Nexus 6P Lebih Mahal dari Nexus 5X

Live Acara Google Nexus 2015 Liveblog – Nexus 5X

Live Acara Google Nexus 2015 Liveblog – Nexus 6P

Artikel Lainnya

Komentar

othe 30 September 2015 - 19:17
layak beli tapi masih mahal...wkweke