5 Kamera Mirrorless Terbaik Penganti DSLR di 2015

Oleh Alena Yulitta on Kamis, 06 Okt 2016 | 14:54

Bagi yang suka atau hobi dengan fotografi atau bahkan menekuni fotografi sebagai ladang uang, berikut ini ada lima mirrorless camera kelas menengah yang layak kamu pertimbangan untuk dibeli.

Kelima kamera tersebut dipilih berdasarkan kemampuan, ketangguhan dan harga. Memang telah banyak sekali kamera mirrorless yang bisa dibeli, namun pada daftar berikut ini yang ditekankan adalah harga yang terjangkau, kemudahan pemakaian, kelengkapan fitur dan tentunya keberadaan viewfinder elektronik.

Fuji X-T10

Siapa  yang tak mengenal merk Fuji, salah satu kamera mirrorless mereka yang cukup terkenal dan patut kamu pertimbangkan untuk dibeli adalah Fuji X-T10. Kamera ini merupakan adik kelas Fuji X-T1 yang merupakan kamera mirrorless legendaris dari Fuji. Tentunya Fuji X-T10 berukuran lebih kecil dan juga jauh lebih murah dari kakaknya tersebut. 

Namun kamu tak perlu khawatir soal kualitas sebab Fuji X-T10 mempunyai sensor dan prosesor gambar yang sama seperti X-T1 yaitu Sensor 16MP APS-C X-Trans dan prosesor gambar EXR Processor yang mampu memproduksi gambar dengan tingkat detail yang luar biasa dan tanpa noise.

Peforma fitur autofokus pada Fuji X-T10 juga ditingkatkan untuk selalu dalam keadaan fokus secara berkesinambungan saat dipergunakan. Walaupun harganya jauh lebih murah dari X-T1, Fuji X-T10 masih termasuk kamera papan atas dengan kontrol manual terbaik. Yang membedakan dengan kakak kelasnya hanyalah viewfinder yang sedikit lebih kecil dan resolusi layar yang juga sedikit lebih rendah. Selain itu fitur anti cuaca (weatherproof) juga ditiadakan.

Fujifilm X-T10 kit XF 16-50mm
Harga termurah

Rp 9,600,000

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Maximum Light Sensitivity ISO 6400
Frame Rate 30, 60 fps

Olympus OM-D E-M10 II

Mirrorless camera lain yang juga patut kamu pertimbangkan untuk dibeli adalah Olympus E-M10 II. Kamera ini adalah varian dari Olympus E-M10 yang terkenal karena flexibilitas dan fungsinya. Olympus E-M10 II membawa pengalaman fotografi selangkah lebih maju dengan berbagai fitur baru yang ditambahkan dan fitur lama E-M10 yang diupdate.

Salah satu fitur yang diupdate pada Olympus E-M10 II adalah 3-axis image stabilization  system yang diupdate menjadi 5-axis stabilization system. Selain itu Olympus E-M10 II mempunyai resolusi viewfinder yang juga sudah ditingkatkan menjadi dua kali lipat lebih tinggi, begitu pula dengan kecepatan continuous shooting yang meningkat dari 8fps menjadi 8,5fps.

Namun ada juga yang menjadi kurang dari Olympus E-M10 II ini yaitu ukuran format sensor Micro Four Thirds, yang jika dibandingkan hanya mencakup separuh dari cakupan sensor APS-C. berikut detail dari Olympus E-M10 II.

Olympus OM-D E-M10 Mark II
Harga termurah

Rp 7,671,300

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 16000 s
Maximum Light Sensitivity ISO 25600
Frame Rate 60 fps
Lens Mount -

Fuji X-E2

Jika tak suka dengan dua kamera mirrorless di atas maka ada Fuji X-E2 yang juga bisa menjadi alternatif bagi kamu. Kamera ini memang tidak tergolong baru, namun masih tetap menjadi pilihan yang mungkin cocok, apalagi harganya yang relatif murah.

Baca juga: Daftar Kamera DSLR Entry evel untuk Pemula Harga Mulai Rp 4 Jutaan

Kualitas Fuji X-E2 saja tak berbeda jauh dengan Fuji X-T10 atau X-T1, karena memiliki sensor X-Trans yang sama, hanya kemasannya saja yang mirip dengan kamera konvensional biasa. Namun kehadiran electronic viewfinder di pojokan atas kamera ini membuat Fuji X-E2 patut dipertimbangkan sebagai jagoan kamera mirrorless kelas entry dan midrange. 

Pada saat pertama kali diluncurkan tahun 2013 yang lalu, Fuji X-E2 dikenal sebagai kamera dengan AF yang paling cepat di dunia dan sekarang pun juga masih termasuk yang paling cepat dengan sistem Hybrid AF yang tersusun dari element phase detection sensor yang menyatu dengan AF sensor dan kombinasikan dengan kontras AF untuk kondisi remang-remang dan gelap. Secara keseluruhan, desain Fuji X-E2 adalah kamera klasik dengan shutter speed manual atau bisa kamu atur ke posisi “A” untuk shutter otomatis.

Fujifilm X-E2 Body
Harga termurah

Rp 7,999,000

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Maximum Light Sensitivity ISO 6400
Frame Rate 7 fps
Lens Mount DUJIFILMXmaunt

Sony A6000

Satu lagi kamera mirrorless yang juga cocok bagi penggemar fotografi kelas pemula, yaitu Sony A6000. Kamera ini terkenal dengan sensor APS-C CSC terbaik milik Sony dan super-fast AF. Sony A6000 hadir pertama kali Februari 2014 yang lalu dan menyandang fitur AF tercepat di dunia dengan sensor berukuran 24MP dan kecepatan continous shotting yang mencapai 11fps. Kini A6000 bisa dibeli dengan harga yang jauh lebih murah dari saat pertama kali dijual.

Sony Alpha A6000 Kit 16-50mm + 55-210mm
Harga termurah

Rp 12,138,200

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Maximum Light Sensitivity ISO 25600
Frame Rate 30, 24, 60 fps
Lens Mount Sony E-Mount
 

 

Panasonic Lumic DMC-G7

Mirrorless terakhir yang disarankan untuk kamu beli adalah Panasonic G7 yang mempunyai penampakan serius dan powerful. Panasonic G7 mempunyai tampang seperti kamera DSLR yang tentunya juga menawarkan fitur terbaiknya seperti sensor berkekuatan 16MP dan berjenis Micro Four Thirds, kemampuan merekam video 4K,  dan gambar diam @30fps.

Panasonic Lumix DMC-G7
Harga termurah

Rp 8,700,000

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Maximum Light Sensitivity ISO 25600
Frame Rate 8 fps
Lens Mount Micro Four Thirds
 

HARGA KAMERA MIRRORLESS TERBAIK PENGGANTI DSLR

Baca juga artikel:
(Pemula) Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Naksir Kamera DSLR
Lakukan Empat Hal Ini Maka Kamera DSLR Anda Akan Awet
DxO One, Ubah iPhone Jadi DSLR untuk Abadikan Momen Lebaran

Artikel Lainnya

Komentar