15 Netbook Murah Ini Bisa Anda Dapatkan dengan Harga Rp2 Jutaan

Oleh Kusnadar updated Jumat, 17 Mar 2017 | 14:00

Saat ini, netbook bukan lagi menjadi barang mewah dan langka karena semua orang bisa memilikinya dengan mudah dan murah. Mengapa demikian? Pasalnya saat ini banyak sekali toko online maupun offline yang menjajakan produk netbook dengan kualitas yang lumayan dan harga yang bisa dijangkau oleh semua kalangan.

Bukan hanya itu, netbook yang ada di pasaran saat ini juga sudah memiliki lebar layar yang lebih besar dan sangat cocok untuk kebutuhan belajar anak Anda di rumah.

Bagi Anda yang hendak membelikan hadiah untuk anak ataupun saudara Anda, deretan 15 netbook murah dengan harga Rp2 jutaan ini bisa menjadi referensi bagi Anda untuk merealisasikan hal tersebut.

Soal spesifikasi, tentu Anda tidak bisa membandingkannya dengan laptop  gaming ataupun produk Apple, namun untuk digunakan sebagai media belajar anak, dirasa deretan netbook murah ini bisa menjadi pilihan yang pas. Tidak usah berlama-lama lagi, berikut daftarnya yang telah dirangkum oleh tim Pricebook.

1. Axioo Pico CJM D825

Bagian paling menarik dari netbook Axioo Pico CJM D825 ini adalah kapasitas penyimpanan HDD yang besar 500GB. Kamu bisa menyimpan berbagai file dokumen kantor maupun pribadi, musik, gambar dan film favorit pilihan Anda.

Kinerja diperkuat oleh prosesor Intel Atom N2800 dan ruang memori RAM-nya sebesar 2GB untuk memudahkan kamu melakukan multitasking ketika bekerja. Axioo Pico CJM D825 memiliki layar 10.1 inci dengan bobot 1.4kg, cukup untuk Anda bawa kemanapun Anda pergi. netbook ini juga memiliki beberapa keunggulan lain seperti

Keunggulan

  • Kecepatan CPU 1.8 GHz yang sudah cukup baik untuk kebutuhan belajar anak seperti mengetik dokumen dan lainnya.
  • Memori RAM 2GB juga sudah cukup besar untuk kebutuhan ini, dengan RAM sebesar itu, seharusnya laptop ini tidak akan lag karena kecepatan memori mencapai 1333 MHz serta dukungan dari Graphics Processor Intel Integrated Graphics yang cukup untuk menjalankan aktifitas multimedia.
  • Hard Drive 500GB (5400rpm) yang memungkinkan Anda untuk menyimpan banyak file seperti foto dan video.
  • Ketahanan Baterai hingga 4 jam juga berguna untuk Anda yang sering mobile dan suka mengerjakan pekerjaan di luar ruangan. Apalagi dengan berat yang hanya mencapai 1.4 Kg tentu akan sangat ringan digunakan.

Kekurangan

  • Masih menggunakan sambungan USB 2.0 yang tentunya akan sangat lelet dalam urusan transfer data. Bukan hanya itu, saat ini juga sudah semakin sedikit flashdisk 2.0 sehingga Anda akan sangat kerepotan jika harus memindahkan data, karena netbook ini belum mendukung USB 3.0 yang banyak beredar di pasaran.
  • Sistem Operasi masih DOS. Hal ini tentu akan membuat pekerjaan rumah Anda bertambah karena Anda masih harus menginstal sistem operasi Windows yang sangat mahal apabila menggunakan software yang original.

Axioo Pico CJM D825
Harga termurah

Rp 2,290,000

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 10.1 inch
Resolusi Layar 1024 x 600 Pixel
Tipe Prosesor Intel Atom
RAM 2 GB
Storage Size 500 GB
Kartu Grafis Intel
Graphic Card Memory Size 64 MB
USB 3.0 -
OS DOS
Tipe Kartu Grafis Integrated Graphics

2. Acer Chromebook C720

Chromebook C720 dirancang dengan desain yang lebih ramping dan tipis. Ketebalannya hanya 0.75 inchi dan beratnya menjadi 1.25 kg, sehingga lebih praktis dan ringan untuk selalu dibawa untuk berbagai macam aktivitas. Netbook dengan ukuran layarnya 11,6 inci ini dibekali dengan baterai tahan lama, bisa digunakan hingga 8,5 jam pemakaian. 

Acer Chromebook C720 ditujukan untuk kemudahan browsing di dunia maya dan dibekali dengan fitur Google Drive Storage Cloud Storage dengan kapasitas 100GB untuk menyimpan berbagai jenis file dengan keamanan terbaik dari Google.

Keunggulan

  • Desain Chromebook besutan Acer ini hadir dengan mengusung bodi yang tipis dan bobot yang ringan. Ketebalannya hanya 19,05 mm saat dilipat, sedangkan bobotnya hanya 1,25 kg. Inilah salah satu keunggulan Acer Chromebook C720 ini, sehingga membuat perangkat ini cukup mudah untuk dibawa kemanapun, dan nyaman dijinjing kala bepergian. Tapi, meskipun Chromebook ini memiliki bentuk yang tipis dan ringan, spesifikasi yang dibawanya tetap dapat diandalkan.
  • Keyboard dan display Acer Chromebook C720 ini dibekali dengan layar besar berukuran 11,6 inci. Sektor layarnya itu sudah memenuhi spesifikasi standar untuk sebuah Chromebook, yakni beresolusi 1366 x 768 piksel. Selain itu, layar gadget ini juga memiliki rasio aspek 16:9 dan anti-glare. Sayangnya, belum diketahui apakah layarnya tersebut mendukung teknologi touchscreen atau tidak. Meski begitu, untuk mengetik sudah tersedia keyboard spill-resistant bagi pengguna perangkat ini.
  • Ports dan Webcam untuk mendukung konektivitasnya, Acer telah menyediakan 2 port USB versi 3.0 dan 2.0, serta port HDMI pada Chromebook ini. Selain itu, ada pula koneksi Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, serta SD card reader dan slot SD card. Webcam yang dimilikinya berjenis Webcam HD, yang tentunya mampu menghasilkan kualitas HD. Webcam-nya tersebut bisa dimanfaatkan untuk video chat, serta juga untuk merekam video dan foto.
  • untuk menilai sebuah gadget pintar, tentu tidak sah jika kita belum melihat kekuatan sector dapur pacunya. Acer Chromebook C720 ini ditenagai oleh prosesor dual-core jenis Intel Celeron 2955U dengan kecepatan maksimal hingga 1,4 GHz, sama dengan yang kita temui pada Chromebook 14 dari HP.

Kemudian, sektor tenaganya itu juga didukung dengan pengolah grafis yang mumpuni dari Intel HD Graphics. Meskipun Chromebook terbaru dari Acer ini masih menggunakan tenaga Celeron, tetapi prosesornya itu sudah memiliki basis arsitektur Haswell. Prosesor ini merupakan generasi keempat alias generasi terbaru dari Intel.

Kekurangan

  • Membutuhkan koneksi internet yang sangat cepat untuk mentransfer data, karena laptop ini bersifat Chromebook.
  • Aplikasi Kantor : Jika Anda terbiasa dengan produk Microsoft Office maka Chromebook mungkin tidak untuk Anda. Google memiliki office suite sendiri bersifat online dan dan banyak di antaranya sebanding dengan Office, tetapi mereka tidak memiliki beberapa fitur seperti Microsoft Office.
  • Penyimpanan : Chromebook biasanya hanya memiliki kelemahan ruang penyimpanan. Hanya ada antara 16 dan 32GB untuk penyimpanan on-board. Hal ini membantu Chromebook berkesan murah tapi ingat 100GB penyimpanan online akan Anda dapatkan secara gratis.
  • Tidak ada Optical Drive : CD/DVD drive tidak ada pada laptop Chromebook. Tetapi apabila anda menggunakan CD/DVD Drive secara teratur maka anda tidak akan menemukannya pada Chromebook.
  • Video Editing : Ada beberapa editor video online tersedia di Chromebook. Misalnya : WeVideo. Namun, jika Anda menggunakan dan membutuhkan editor video dengan tingkat yang lebih profesional, atau berurusan dengan banyak rekaman kualitas HD maka Chromebook mungkin tidak memiliki fitur yang Anda butuhkan.
  • Tidak Ada Photoshop : Demikian pula, jika Anda adalah pengguna Photoshop atau Photoshop Elements, Anda akan perlu mencari sebuah aplikasi online yang setara dengan Photoshop untuk laptop Chromebook anda.

Acer Chromebook C720
Harga termurah

Tidak ada harga

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 11.6 inch
Resolusi Layar 1366 x 768 Pixel
Tipe Prosesor Intel Celeron
RAM 2 GB
Storage Size 16 GB
Kartu Grafis Intel
Graphic Card Memory Size -
USB 3.0 1 Port(s)
OS Chrome OS
Tipe Kartu Grafis Integrated Graphics

3. HP 10-F001AU

Meski memiliki ukuran layar yang lebih kecil karena mengedepankan sisi portabilitas, notebook HP Pavilion 10 ini tetap mampu menampilkan kualitas tampilan yang memukau. Kinerjanya ditunjang prosesor Dual Core AMD yang berkecepatan 1.0 GHz, RAM 2GB dengan tipe DDR3, kemampuan notebook ini dalam memproses dan mengolah data cukup cepat. Kamu dapat melakukan multitasking ketika menjalankan aplikasi seperti Microsoft Word, Browser, email, atau media player secara bersamaan dengan baik.

VGA AMD Radeon HD 8180G yang terdapat pada notebook ini memungkinkan Anda menjalankan aplikasi, serta game-game ringan yang membutuhkan grafis 3D, meski pada pengaturan detil yang rendah atau medium. Untuk penyimpanan datanya kamu dapat mengKamulkan kapasitas 320GB dengan teknologi SATA.

Keunggulan

  • Meski berukuran 10″, resolusi layarnya sudah 1366 x 768 sehingga gambar yang dihasilkan lebih tajam dibanding netbook gen sebelumnya. Layar tsb menggunakan jenis LED Backlit.
  • Memiliki bobot yang cukup ringan di kelasnya, prosesor irit daya, serta terdapat fitur yang cukup lengkap di kelasnya.
  • Kartu RAM sudah menggunakan DDR3 yang tentu akan membuat proses kerja dari netbook ini bisa lebih cepat dibandingkan yang hanya menggunakan DDR2.

Kekurangan

  • Masih menggunakan prosesor AMD Dual-core A4-1200 dengan kecepatan 1GHz dan Cache 1MB dibandingkan dengan produk lain dikelasnya yang sudah menggunakan prosesor pabrikan Intel dengan performa yang lebih baik.
  • Hard Disk yang disematkan hanya berkapasitas 320GB. Jumlah ini sejainya cukup, namun jika melihat dari beberapa daftar diatas, terdapat beberapa laptop yang sudah menyuguhkan hardisk hingga 500 GB.
  • Ukuran ayar yang hanya 10 inchi, padahal sudah tersedia banyak netbook dengan ukuran 14 inchi.

HP Pavilion 10-F001AU | AMD A4-1200
Harga termurah

Rp 2,490,000

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 10 inch
Resolusi Layar 1366 x 768 Pixel
Tipe Prosesor AMD A-Series
RAM 2 GB
Storage Size 500 GB
Kartu Grafis -
Graphic Card Memory Size -
USB 3.0 1 Port(s)
OS DOS
Tipe Kartu Grafis -

4. Lenovo IdeaPad E10-30-9125

Untuk kebutuhan sehari-hari mahasiswa dan pelajar Lenovo IdeaPad E10-9125 bisa diandalkan. Dibekali dengan prosesor Intel Celeron N2830 dengan teknologi Dual Core pada IdeaPad E-10-125 ini. Prosesor tersebut memiliki kecepatan hingga 2,16 GHz. Selain itu, kerja prosesor akan terbantu dengan RAM yang dibekali memori berkapasitas sebesar 2GB dengan teknologi DDR3 yang digunakanya untuk keperluan multitasking atau menjalankan beberapa macam aplikasi secara bersamaan.

Meski spesifikasi pada notebook ini tidak terlalu tinggi, namun notebook ini tetap dapat memproses komputasi secara cepat dan responsif untuk kebutuhan multitasking seperti membuka dokumen, mengakses file presentasi, membalas email atau membuka website.

Untuk harddisk pada notebook ini disediakan kapasitas sebesar 320GB tentu saja dengan kapasitas sebesar ini pada sebuah notebook tentu cukup sekali karena walaupun bentuk dari notebook ini hanya 10,1 inci, namun kemampuan dalam penyimpanannya sangat besar. Sehingga kamu bisa menyimpan data foto, musik, dan juga file lainnya pada netbook ini.

Keunggulan

  • Sudah menggunakan prosesor Intel Celeron N2815 (1860 – 2133 MHz, 1M Cache). Prosesor tersebut memiliki performa yang jelas lebih baik dari prosesor Intel Atom.
  • 3-cell battery dipercaya untuk menopang daya laptop ini. Meski kecil, namun daya tahan laptop ini cukup lama berkat komponen yang irit daya.
  • Desain menarik, fitur cukup lengkap serta harga di bawah 3 juta.

Kekurangan

  • Masih belum dibekali OS Windows sebagai standar penjualan. Hal ini cukup merepotkan lantaran Anda perlu menginstal OS Windows terlebih dahulu sebelum menggunakannya.
  • Hard Disk yang disematkan hanya berkapasitas 320GB. Jumlah ini sejainya cukup, namun jika melihat dari beberapa daftar diatas, terdapat beberapa laptop yang sudah menyuguhkan hardisk hingga 500GB.
  • Netbook ini sejatinya merupakan paket komplit yang ekonomis, namun sayang mengapa Lenovo selaku produsen masih enggan membenamkan port HDMI pada laptop ini.

Lenovo IdeaPad E10-30-9125
Harga termurah

Rp 2,620,000

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 10 inch
Resolusi Layar 1366 x 768 Pixel
Tipe Prosesor Intel Celeron
RAM 2 GB
Storage Size 320 GB
Kartu Grafis Intel
Graphic Card Memory Size -
USB 3.0 1 Port(s)
OS DOS
Tipe Kartu Grafis HD Graphics

5. ASUS X200MA

ASUS X200MA adalah pilihan terbaik bagi kamu yang sedang mencari produk netbook 11 inch dengan warna-warna pilihan yang menarik. Ada 4 pilihan warna untuk produk ini yaitu putih (KX11D), hitam (KX119D), biru (KX120D) dan juga merah (KX121D). Empat pilihan warna ini jelas membuat kamu tak akan bosan dengan tampilan produk yang Kamu pilih dan Kamu pun dapat bergaya dengan ASUS X200MA kemanapun kamu pergi.

ASUS X200MA menggunakan prosesor hemat daya Intel Celeron N2815. Penggunaan prosesor ini tentu bertujuan agar harga jual produk ini tak terlampau mahal, selain itu kinerja prosesor yang memiliki kecepatan sebesar 1.86 GHz ini pun tak bisa dipandang sebelah mata terutama untuk kebutuhan komputasi standar dengan aplikasi-aplikasi basic yang tidak terlalu membutuhkan tenaga besar. Untuk kelancaran sistemnya sendiri, RAM sebesar 2GB disertakan untuk menunjang kinerja prosesor. Pada ASUS X200MA ini, ruang penyimpanan yang diberikan sudah cukup lapang yaitu 500GB yang tentunya sanggup menyimpan cukup banyak data dengan ukuran besar.

Keunggulan

  • Memiliki banyak pilihan warna yang tentu akan sangat disukai oleh anak muda dan pelajar. Empat warna yang disediakan adalah warna putih, hitam, biru dan merah.
  • Memiliki hardisk internal yang sangat besar yakni 500GB, hal ini tentunya akan sangat mempermudah pengguna dalam menyimpan banyak file tugas dan semacamnya.
  • Sudah menggunakan prosesor Intel Celeron N2815 (1860 – 2133 MHz, 1M Cache). Prosesor tersebut memiliki performa yang jelas lebih baik dari prosesor Intel Atom.
  • ASUS X200MA-KX636D mempunyai layar sentuh berukuran 11,6 inci dengan resolusi HD 1366 x 768 pixels. Dengan adanya layar sentuh ini, kamu bisa menggunakan fitur dan menavigasikan Windows 10 lebih maksimal dan optimal.

Kekurangan

  • Kapasitas RAM pada X200MA tidak dapat ditambah lagi bagi Anda yang merasa masih kurang karena hanya tersedia satu slot saja.
  • Durasi garansi yag tergolong singkat. Jika Anda membeli produk ini, maka Anda hanya memiliki garansi hingga 1 tahun saja.

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 11.6 inch
Resolusi Layar 1366 x 768 Pixel
Tipe Prosesor Intel Celeron
RAM 2 GB
Storage Size 500 GB
Kartu Grafis Intel
Graphic Card Memory Size -
USB 3.0 1 Port(s)
OS DOS
Tipe Kartu Grafis HD Graphics

6. TOSHIBA Satellite U505-T6570

Salah satu notebook terbaik pada daftar ini. Selain murah karena harganya hanya sekitar Rp 2 jutaan produk dari Toshiba yang diberi nama TOSHIBA Satellite U505-T6570 merupakan laptop yang terbilang lawas. Meski begitu, performa yang dihasilkan oleh laptop satu ini tidak kalah menarik. Pasalnya, RAM yang tersemat sudah berkapasitas 4GB. Bukan hanya itu, laptop ini juga sudah memiliki layar sebesar 14 inchi.

Pengguna juga tidak perlu lagi menginstal OS, karena pada laptop ini sudah tersedia OS Windows 7, walaupun hanya Windows 7 namun itu lebih baik ketimbang DOS. Toshiba juga sudah membenamkan hardisk berukuran 500GB yang tentu akan sangat memanjakan Anda dalam menyimpan banyak file.

Keunggulan

  • Memiliki RAM sebesar 4GB yang tentu akan sangat menunjang aktifitas Anda, bukan hanya utuk kerja melainkan juga untuk kebutuhan hiburan seperti bermain games dan lain sebagainya.
  • Prossor bertenaga dengan Core 2 Duo. Meskipun seri lawas, namun prosesor ini jelas lebih bertenaga ketimng intel celeron dan Atom.
  • Sudah dibenamkan OS Windows 7 dalam paket pembelian sehingga Anda tidak perlu repot lagi dalam menginstal OS Windows.

Kekurangan

  • Meskipun memiliki dukungan RAM yang besar, namun dengan DDR2 tentu cukup lambat dalam bekerja. Masaah lainnya adalah jika Anda ingin mengupgrade RAM tersebut, karena saat ini DDR2 sudah sangat jarang sekali di pasaran.
  • Biasanya penyakit lama Toshiba terletak pada kipas di dalam laptop. Hal ini sepertinya masih menjadi permasalahan pada TOSHIBA Satellite U505-T6570. Disarankan Anda untuk membeli kipas eksternal.
  • Karena menggunakan banyak infrastruktur lawas sehingga menjadikan laptop ini cukup banyak mengkonsumsi daya baterai. Anda cukup kerepotan untuk menggunakan laptop ini di keseharian Anda yang mobile.

Toshiba Satellite U505-T6570
Harga termurah

Tidak ada harga

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 14.1 inch
Resolusi Layar 1280 x 800 Pixel
Tipe Prosesor Intel Core 2 Duo
RAM 4 GB
Storage Size 500 GB
Kartu Grafis Intel
Graphic Card Memory Size 729 MB
USB 3.0 -
OS Windows 7
Tipe Kartu Grafis HD Graphics

7. Acer Aspire V5-121 C72G32Mn

Acer Aspire V5-121 tidak memiliki spesifikasi yang terlalu spesial, namun dengan gabungan AMD Fusion C-70 dan AMD Radeon HD 6290M mampu meringankan beban kerja laptop ketika menjalankan aplikasi multimedia yang terbilang berat.

Dari segi desain, laptop ini tidak terlalu menarik dengan tampilan yang agak kuno dan kurang bergaya. Laptop ini kecil dengan ukuran layar 11,6 inci. Anda dapat menikmati tampilannya yang cerah dan terang dengan HD Acer CineCrystal yang digunakannya. Selain itu, layar laptop ini juga menggunakan LED Backlit TFT LCD untuk membuat tampilannya tetap jelas meskipun dalam keadaan gelap.

Kelebihan lain dari laptop Acer V5-121 ini adalah bobotnya yang ringan tetapi dengan bodi yang kuat dan kokoh. Ditambah lagi dengan daya tahan baterainya yang lama sekitar 4-5 jam.

Keunggulan

  • Harganya yang cukup terjangkau untuk kalangan pelajar. Anda bisa mendapatkan laptop ini dengan harga sekitar Rp 2,6 jutaan.
  • Memiliki bodi yang kuat dan kokoh namun tetap menjaga bobot yang ditimbulkan sehingga tetap enteng saat dibawa kemanapun.
  • Memiliki fitur CineCrystal yang tentu akan membuat tampilan menjadi lebih cerah.

Kekurangan

  • Tidak memiliki paket pembelian Windows sehingga Anda perlu untuk menginstal OS Windows terlebih dahulu.
  • Masih menggunakan prossor AMD Fusion C-70 yang tidak lebiih baik ketimbang prosesor pabrikan Intel yang lebih powerful.
  • Harddisk internal hanya 320GB, cukup namun tidak cukup banyak.

Acer Aspire V5-121-C72G32Mn
Harga termurah

Tidak ada harga

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 11.6 inch
Resolusi Layar 1366 x 768 Pixel
Tipe Prosesor AMD C-Series
RAM 2 GB
Storage Size 320 GB
Kartu Grafis AMD
Graphic Card Memory Size -
USB 3.0 -
OS Windows 8
Tipe Kartu Grafis ATI Radeon

8. Acer Aspire E3-111

Acer Aspire E3-111 telah menggunakan prosesor Intel Celeron N2830 yang merupakan generasi Bay Trail. Prosesor ini menggunakan daya yang sangat sedikit sehingga laptop dapat lebih tahan lama digunakan.

Notebook Acer Aspire E3-111 ini dalam sisi tampilan mengadopsi layar berukuran 11.6" dengan desain simple yang terlihat modern. juga Bentuknya yang ringkas dengan bobot 1.25 Kg menjadikan notebook ini semakin gampan dan nyaman untuk dibawa kemana anda suka.

Keunggulan

  • Harddisk yang sudah memiliki kapasitas sebesar 500GB yang tentu sangat berguna dalam menyimpan berbagai file berukuran besar.
  • Sudah menggunakan sistem Operasi Windows 8 sehingga Anda tidak perlu menginstal Windows lagi.
  • Memiliki daya tahan baterai yang cukup lama yakni hingga 5 jam pemakaian. Hal ini akan sangat membantu Anda dalam bekerja secara mobile.

Kekurangan

  • Tanpa Adanya Cooling fan, Acer membuat notebook ini tanpa kehadiran kipas pendingin atau cooling fan. Hal ini dimaksudkan agar perangkat tidak terdengar bising saat beraktivitas. Termasuk juga tidak membuat ventilasi di samping bodi. Hasilnya hawa panas terasa dibagian bawah perangkat, sementara di bagian keyboard terasa hangat.
  • Keyboard tidak terlalu empuk, namun tetap menunjang kebutuhan pengguna.

Acer Aspire E3-111-C7XZ
Harga termurah

Tidak ada harga

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 11.6 inch
Resolusi Layar 1366 x 768 Pixel
Tipe Prosesor Intel Celeron
RAM 2 GB
Storage Size 500 GB
Kartu Grafis Intel
Graphic Card Memory Size -
USB 3.0 1 Port(s)
OS Windows 8
Tipe Kartu Grafis Integrated Graphics

9. Axioo Neon RNW.C.123

Notebook ini hadir untuk memenuhi kebutuhan Anda yang mobile. Tubuh ramping Neon RNW 123 dirancang untuk mengurangi bobot. Alhasil, produk ini memiliki berat kurang dari 2 kg. Selain itu, Winkey keyboard Built in Touch pad yang dimiliki notebook ini sangat nyaman untuk dioperasikan.

Axioo mengandalkan Intel Dual Core 847 dengan Intel chipset yang dikombinasikan dengan RAM DDR3 2GB. Untuk pengolahan grafis. Intel HD Graphics Family Dynamic frequency - Microsoft DirectX® 10.1 compatible - Intel Dynamic Video Memory Technology up to 1.7GB dipilih untuk menyuguhkan tampilan yang manis penuh warna.

Keunggulan

  • Laptop ini memiliki desain yangsangat baik dengan layr sebesar 14 inchi yang tentu akan memanjakan pengguna dalam mengakses laptop ini.
  • Memiliki prosesor Intel celeron yang lebih bertenaga dibandingkan dengan Intel Atom ataupun prosesor pabrikan AMD.
  • Sudah dilengkapi dengan DVD RW sehingga akan memudahkan pengguna dalam mengakses data lewat DVD.

Kekurangan

  • Banyak pengguna yang mengeluhkan tentang daya tahan baterai yang sering drop.
  • Tidak dilengkapi dengan sistem Operasi pada paket pembelian sehingga pengguna perlu menginstal OS terlebih dahulu.
  • Sangat disayangkan hanya memiliki RAm sebesar 2GB dan tidak bisa diupgrade lagi karena hanya memiliki satu slot saja.

Axioo Neon RNWC 123 
Harga termurah

Tidak ada harga

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 14 inch
Resolusi Layar 1366 x 768 Pixel
Tipe Prosesor Intel Celeron
RAM 2 GB
Storage Size 320 GB
Kartu Grafis Intel
Graphic Card Memory Size 128 MB
USB 3.0 -
OS DOS
Tipe Kartu Grafis Integrated Graphics

10. ASUS X201E-KX091D

ASUS X201E-KX091D mempunyai sesifikasi yang cukup mumpuni. Tidak banyak netbook di bawah harga Rp 3 jutaan yang menawarkan RAM 4GB. Selain itu, netbook inimenggunakan prosesor yang cukup bandel yakni Intel Celeron B847 dengan Intel HD Graphics 4000.

Netbook besutan ASUS ini menawarkan kepraktisan dan keringkasan layaknya sebuah netbook namun dengan performa yang bisa disejajarkan dengan sebuah notebook. Hal ini tidak bisa dilepaskan dari prosesor yang tertanam didalamnya, yaitu Processor Intel Celeron 847 dengan kecepatan 1.1 Ghz yang sudah teruji tangguh dikelasnya, Jauh lebih unggul jika dibandingkan prosesor Intel Atom untuk kelas level yang sama.

Tapi bukan berarti bahwa netbook ini memiliki kemampuan dewa, karena bagaimanapun ASUS x201e ini termasuk dalam kategori netbook yang memang di tujukan untuk menjelankan aplikasi ringan sampai sedang.

Keunggulan

  • Portable karena bentuiknya yang tipis dan ramping serta desain yang elegan dengan lapisan aluminium yang member kesan kokoh pada tampilan fisiknya.
  • Performa cukup bagus, mendukung untuk digunakan dalam Aktifitas komputasi harian maupun multimedia. Daya tahan baterai lumayan lama dan keyboard sangat nyaman digunakan
  • Port yang lengkap, termasuk Port Lawas seperti D-Sub, dan tentu saja tidak ketinggalan port generasi baru, HDMI juga sudah tersedia.

Kekurangan

  • Baterai tidak bisa diupdate, jadi anda tidak bisa mengganti baterai sendiri, harus dibawa ke service center. Ini tentu merepotkan terutama bagi yang lokasinya jauh dari service center
  • Demikian juga dengan memori, tidak bisa diupgrade karena terintegrasi dengan motherboardnya.
  • Tidak dibekali dengan OS alias masih DOS pada saat membeli, pengguna harus menginstal OS terlebih dahulu jika ingin menggunakan laptop ini.

Asus Eee PC X201E-KX054D / KX055D / KX056D
Harga termurah

Tidak ada harga

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar -
Resolusi Layar -
Tipe Prosesor Intel Celeron
RAM 4 GB
Storage Size 320 GB
Kartu Grafis Intel
Graphic Card Memory Size -
USB 3.0 1 Port(s)
OS DOS
Tipe Kartu Grafis IGP

11. HP Mini Note 210-4025TU

HP Mini Note 210-4025TU sangat cocok bagi pelajar yang membutuhkan laptop untuk melakukan kegiatan komputasi atau pun berselancar internet.

HP Mini adalah merupakan salah satu produk notebook yang paling cukup popular besutan HP. Ukurannya yang cukup kecil dan juga mudah untuk dibawa kemana-mana, dengan adanya sebuah prosesor berkecepatan tinggi sehingga bisa dapat bekerja dengan cukup cepat untuk membuat notebook ini digemari oleh banyak pengguna laptop. Berikut ini adalah ulasan akan keunggulan dan juga spesifikasi notebook tersebut yang merupakan keluarga dari HP Mini 210.

Notebook ini telah menggunakan sebuah Operating System Windows 7. Dengan memiliki dukungan prosesor Intel Atom 1.8 GHz dan memiliki kecepatan RAM hingga sampai 2 GB ini membuat HP Mini 210-4025TU tersebut dapat melakukan akan berbagai macam pekerjaan dengan adanya kecepatan yang lumayan tinggi.

Keunggulan

  • HP Mini 210-4025TU ini cukup sangat ramping dan juga ringan karena memang telah dirancang agar cocok bagi Anda yang telah mempunyai mobilitas yang cukup tinggi sekalipun. Ukuran untuk layarnya hanya 10.1” dengan memiliki berat 1.38 kg, sangat mudah untuk dibawa kemana saja..
  • Performa laptop ini telah didukung dengan adanya Prosesor Intel Atom N2800 Dual Core yang telah berkecepatan 1,8 GHz serta memiliki memori RAM DDR3 yang memiliki besar 2GB.
  • Sudah memiliki Operating System yakni Windows 7 Starter Edition.

Kekurangan

  • RAM tidak bisa ditambah lagi karena netbook ini hanya memiliki satu slot saja.
  • Penyimpanan internal hanya 320GB saja.
  • Spesifikasinya tidak setangguh beberapa notebook pada daftar ini.

HP Mini 210-4015TU / 4025TU
Harga termurah

Tidak ada harga

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 10.1 inch
Resolusi Layar 1024 x 600 Pixel
Tipe Prosesor Intel Atom
RAM 2 GB
Storage Size 320 GB
Kartu Grafis Intel
Graphic Card Memory Size -
USB 3.0 -
OS Windows 7
Tipe Kartu Grafis Integrated Graphics

12. HP Pavilion Sleekbook 14-B008AU

HP Pavilion Sleekbook 14-B008AU memiliki desain yang lebih elegan dibandingkan laptop GP di kelasnya dengan ukuran yang lebih minimalis. Spesifikasi yang diusungnya pun tidak kalah dengan produk lainnya.

Dengan Ukuran layar 14 Inch dengan resolusi layar maksimal 720 pixels, disertai baterai Lithium ion yang rata-rata dapat bertahan 5 jam membuat HP Pavilion Sleekbook 14-B008AU/B009AU sangat nyaman untuk digunakan baik untuk kebutuhan kantor atau kebutuhan personal, seperti saat anda sedang mengerjakan sesuatu di area yang tidak terdapat colokan listrik akan sangat membantu karena baterai nya yang bisa bertahan sampai 5 jam.

Bagian ruang penyimpanannya sebesar 500 GB HDD type SATA dengan kecepatan baca dan tulis nya 5400 RPM sangat cukup untuk media penyimpanan data data seperti gambar, audio dan video, untuk kecepatan memori nya sendiri 2GB DDR3 yang menunjang kinerja dan performa lebih stabil saat di gunakan.

Keunggulan

  • Daya tahan baterai yang cukup awet yakni hingga 5 jam pemakaian. Hal ini sangat membantu Anda yang memiliki mobilitas tinggi.
  • Memiliki bentang layar sebesar 14 inchi dengan resolusi hingga 720 piksel. Cukup mendukung aktivitas multimedia.
  • Mampu menambah kapasitas RAM hingga 8GB.

Kekurangan

  • Menggunakan prosesor AMD E1 1200 dengan kecepatan 1.4 GHz.
  • Hanya memiliki penyimpanan internal sebesar 320GB, cukup namun tidak cukup besar.
  • Sistem Operasi masih menggunakan DOS, Anda perlu menginstal sistem operasi windows agar banyak aplikasi yang bisa dijalankan pada laptop ini.

HP Pavilion Sleekbook 14-B008AU / B009AU
Harga termurah

Rp 3,725,000

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 14 inch
Resolusi Layar 1366 x 768 Pixel
Tipe Prosesor AMD E-Series
RAM 2 GB
Storage Size 320 GB
Kartu Grafis AMD
Graphic Card Memory Size 64 MB
USB 3.0 -
OS DOS
Tipe Kartu Grafis ATI Radeon

13. HP Pavilion Touchsmart TS 10-e017AU

HP Pavilion Touchsmart TS 10-e017AU telah memiliki layar sentuh yang dapat memaksimalkan penggunaan sistem operasi Windows 8 atau 10 lebih maksimal. Spesifikasi yang dimilikinya juga sangat menarik dengan harga di bawah Rp 3 jutaan.

Layarnya pun memiliki resolusi yang cukup besar hingga 1366 x 768 piksel yang tentunya bisa Anda gunakan untuk menampilkan gambar atau video dengan kualitas HD. Penambahan harddisk sebagai media penyimpanan dengan kapasitas 500GB ini membuat netbook ini dapat Anda gunakan untuk menyimpan banyak data.

Keunggulan

  • Memiliki resolusi layar yang lebih padat sehingga visual yang dihasilkan juga lebih tajam dan kaya warna. Anda bisa menyaksikan hiburan film dengan kualitas HD pada laptop ini.
  • Sudah dilengkapi dengan fitur layar sentuh yang tentuya menjadi laptop pertama dari HP yang menganut fitur tersebut.
  • Kapasitas internal yang sangat lega. Netbook HP ini memiliki kapasitas internal yang mencapai 500GB, hal ini tentunya akan sangat membantu dalam menyimpan berbagai file ukuran jumbo.

Kekurangan

  • Meski berukuran kecil, laptop ini ternyata memiliki bobot yang sangat berat yakni 2.2 Kg.
  • Sangat disayangkan mengapa HP menggunakan prosesor AMD pada laptop ini, pasalnya prosesor AMD A4 1200 hany memiliki kecepatan sebesar 1.0 GHz.
  • Karena memiliki banyak fitur canggih sehingga laptop ini mengkonsumsi daya dalam jumlah besar, tercatat daya tahan baterai dari laptop ini hanya 3 jam saja.

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 10.1 inch
Resolusi Layar 1366 x 768 Pixel
Tipe Prosesor AMD A-Series
RAM 2 GB
Storage Size 640 GB
Kartu Grafis AMD
Graphic Card Memory Size -
USB 3.0 1 Port(s)
OS Windows 8
Tipe Kartu Grafis ATI Radeon

14. HP 14-G101AU

HP 14-G101AU menawarkan bentang layar yang lebih besar dibanding lainnya dengan spesifikasi yang masih mampu bersaing dikelasnya.

Bukan hanya itu, netbook ini juga  memiliki desain yang simpel dan menarik untuk dilihat. Dimensi dan bobot dari notebook ini yang bersahabat juga membuat anda dapat melakukan mobilitas yang tinggi bersama HP Pavilion 14-G101AU ini.

Untuk urusan kinerja, Anda dapat mengandalkan prosesor AMD E1 1200 dengan clock speed hingga 1.4GHz. Kemampuan prosesor AMD dirasakan saat Anda menggunakan netbook ini dalam waktu yang cukup lama.

Keunggulan

  • Layar yang besar dengan fitur BrightView WLED-backlit sehingga tidak akan merusak daya pandang Anda ketika menggunkannya di tempat outdoor.
  • Sudah menggunakan kartu grafis AMD RAdeon R2 yang tentu lebih bandel dan hemat daya.
  • Sudah dilengkapi dengan DVD RW yang akan mempermudah pengguna dalam mengakses berbagai data dari DVD.

Kekurangan

  • RAM hanya 2GB saja, dengan banyak fitur menarik didalamnya sangat disayangkan kapasitas RAM maksimal hanya 2GB saja.
  • Masih menggunakan sistem operasi DOS. Hal ini menyebabkan Anda harus menginstal OS Windows terlebih dahulu karena banyak aplikasi yang berjalan di Windows.

HP Pavilion 14-G101AU
Harga termurah

Rp 3,200,000

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 14 inch
Resolusi Layar 1366 x 768 Pixel
Tipe Prosesor AMD E-Series
RAM 2 GB
Storage Size 500 GB
Kartu Grafis AMD
Graphic Card Memory Size -
USB 3.0 1 Port(s)
OS DOS
Tipe Kartu Grafis Radeon R2 Graphics

15. ASUS EeePC 1025

Netbook ASUS eeePC 1025 ini dibekali dengan processor Intel Atom N2600 yang berkecepatan 1.6GHz  tentunya netbook ini sangat cocok digunakan hanya untuk sekedar browsing, dengar music, nonton film, ataupun bermain game dengan spesifikasi sesuai.

Dari segi desain ASUS Eee Pc 1025c ini juga sangat berkharakter dengan casing yang tiada duanya, warna nya yang keren, dan ukuran layar 10.1inch dengan resolusi 1024x600 sangat pas untuk dipandang mata, juga peletakan keyboard yang kokoh, pastinya bobot netbook ini sangat ringan hanya 1.25 Kg saja, tentunya bagi anda para pelajar sangat cocok memakai netbook ini.

Keunggulan

  • Menggunakan fitur Instan On. Dengan fitur ini, netbook dapat menyala dalam 2 detik dari kondisi ‘sleep’ dan mampu bertahan sampai dengan 21 hari dalam kondisi ‘standby’.
  • Memiliki kemampuan touchpad multi gesture seperti untuk melakukan scroll, rotate higga Zoom dari ujung jari Anda. Hal ini akan sangat memudhkan Anda ketika melakukan presentasi.
  • Sudah disematkan port HDMI, hal ini akan sangat memudahkan Anda yang sering mengadakan meeting dengan klien.

Kekurangan

  • Sangat disayangkan ASUS hanya membenamkan prosesor Intel Atom dengan kecepatan maksimal 1.6 Ghz, padahal dengan spesifikasi yang mumpuni seperti ini, hadirnya prosesor tangguh sangatlah dibutuhkan.
  • Hanya menyediakan RAM sebesar 1GB, padahal Anda memerlukan dukungan RAM yang lebih besar lagi jika menggunakan laptop ini.
  • ASUS hanya memberikan garansi yang tergolong singkat yakni hanya 1 tahun saja.

Asus EeePC 1025C-008W
Harga termurah

Tidak ada harga

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 10.1 inch
Resolusi Layar 1024 x 600 Pixel
Tipe Prosesor Intel Atom
RAM 1 GB
Storage Size 320 GB
Kartu Grafis Intel
Graphic Card Memory Size -
USB 3.0 -
OS Windows 7
Tipe Kartu Grafis Integrated Graphics

Baca juga artikel:
10 Laptop ASUS RAM 4GB, Harga di Bawah Rp5 juta
37 Laptop Core i5 RAM 8GB Terbaik dan Termurah
Laptop RAM 8GB di Bawah Rp10 Juta Pilihan Terbaik

Artikel Lainnya

Komentar