8 Sisi Menarik Kamera Mirroless Sony A7R II

Oleh Aris Wibowo on Senin, 10 Agu 2015 | 10:20

 

Sony telah memperkenalkan kamera terbarunya, Sony A7R II pada awal Juli lalu. Kamera tipe mirrorless ini langsung menuai banyak perhatian dengan spesifikasi yang dihadirkan. Sony bahkan sukses memasang sensor full-frame pada seri ini. Namun, bukan sembarang sensor. Sony memasang sensor full-frame dengan teknologi BSI (Backside-iluminated) sehingga kamera ini semakin sempurna dalam menangkap gambar dan video.

Lalu seperti apa fitur-fitur yang diusung kamera Mirrorless Sony ini? Berikut ulasannya.

Desain Ergonomic

Meski berstatus kamera digital high-end, Sony A7R II hadir dengan desain yang cukup mungil, kompak dan ergonomic. Desain bodinya bahkan pas digenggaman tangan sehingga memudahkan kamu untuk memotret diberbagai posisi tanpa kerepotan. Bagian hand-grip pun didesain lebih nyaman dan menonjol sehingga semakin kuat kala digenggam.

Baca juga: Daftar Kamera Pocket Murah Harga di Bawah Rp 2 Juta

Tak hanya itu, Sony juga menggunakan bahan magnesium alloy untuk memperkokoh bodi. Sony juga menyusun bagian tombol dengan lebih mudah dijangkau.

Viewfinder XGA OLED

Untuk memudahkan membidik objek, Sony A7R II mengusung viewfinder yang lebih lebar. Sony menggunakan teknologi Zeiss optics dan XGA OLED Finder. Viewfinder ini bahkan dibekelai 0,78 perbesaran dan menjadi yang tertinggi di kelas mirrorless.

Monitor LCD layar sentuh

Menemani Viewfinder, Sony menghadirkan monitor LCD 3 inci dengan layar sentuh dan tilt mode sehingga layar monitor ini mampu digerakkan untuk mempermudah pengambilan gambar.

Baca juga: Sony Cyber-Shot DSC-KW11, Kamera Selfie Khusus Cewek

Sensor 42 MP BSI CMOS
Dibagian mesin, kamera sony ini hadir dengan spesifikasi monster. Pasalnya terpasang sensor 42,4 MP BSI CMOS. Ini merupakan sensor resolusi tinggi terbaru yang pernah Sony buat. Dengan sensor ini diharapkan Sony A7R II mencapai kualitas, sensitivitas dan kecepatan respon dibanding seri sebelumnya. Dengan sensor ini, kamera mampu mengurangi noise pada gambar meskipun resolusi foto semakin besar.

ISO yang luas

Kamera ini juga dibekali rentang ISO yang cukup luas yakni ISO 50-102400. Dengan ISO ini, kamera Sony terbaru ini sanggup digunakan dalam kondisi minim cahaya dengan lebih baik.

5-Axis Image Stabilization Optimized

Sony juga membekali kamera premium ini dengan teknologi inovatif 5-Axis image stabilization system yang mendukung sensor resolusi tinggi. Dengan sistem ini, kamera akan lebih stabil dalam mengambil gambar meski pengguna bergerak sekalipun.

Shutter yang tidak berisik

Salah satu kelemahan Sony dalam produk kameranya ialah suara mekanik shutter yang cukup keras. Dalam seri ini, Sony mengubah itu semua dengan fitur silent shutter yang diklaim mampu meredam suara lebih baik.

Video 4K

Sony A7R II juga dibekali kemampuan untuk merekam video 4K dalam berbagai format seperti super 35 hingga full frame.

Masih banyak fitur yang dihadirkan Sony pada kamera mirrorless premium ini. Kita tunggu saja kehadiranya di pasar Indonesia.

 

Baca juga artikel

Sony Merilis Sony A7R II dengan Fitur Merekam Video 4K

Sony RX100 IV dan RX 10 II Gunakan Sensor Exmor RS CMOS Tipe 1.0

Libur Telah Tiba! Siapa yang Mau Anda Ajak, Sony HX90V Atau Panasonic TZ70?

Artikel Lainnya

Komentar