Lima Alasan untuk Membeli Laptop Chromebook

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 23 Jul 2015 | 10:45

Chromebook merupakan sebuah laptop yang unik. Perangkat ini tidak menggunakan OS Windows ataupun OS Mac, melainkan OS Chrome buatan Google. Perangkat ini biasanya didesain cukup sederhana untuk digunakan secara online terhubung ke internet.

Hal ini disebabkan hampir sebagian besar aplikasi dalam perangkat ini terhubung ke storage cloud atau penyimpanan awan. Tak heran, spesifikasi mesin yang diusung cukup minim dengan harga yang terjangkau.

Berikut beberapa hal yang menjadikan laptop Chromebooks beda dengan lainnya.

Chromebooks banyak dibekali aplikasi Google

Laptop ini menggunakan OS Chrome yang tentu saja identik dengan berbagai aplikasi buatan Google. Setidaknya, kamu bisa menemukan aplikasi seperti Gmail, Google Calender hingga Google Drive. Alhasil Laptop ini terintegrasi dengan semua aplikasi buatan google.

Baca juga: Ultrabook dengan DVD Drive Mulai dari Rp 3,6 Juta

Sayangnya, bila kamu terbiasa menggunakan aplikasi Microsoft, kamu harus beradaptasi terlebih dahulu. Pasalnya, laptop ini tidak dibekali aplikasi khas Windows seperti Microsoft office. Walaupun demikian, kamu masih bisa membuat dan mengedit dokumen melalui aplikasi Google Drive.

Chromebooks memiliki fitur koneksi internet

Seperti yang sudah dibahas dibagian atas, laptop chromebook didesain untuk digunakan selalu terhubung koneksi internet. Maka tak heran beberapa aplikasi yang ada di laptop ini tidak akan bekerja maksimal bila kamu jauh dari jangkauan WiFi dan jaringan mobile data. Namun, Google sudah mulai menyediakan beberapa aplikasi offline yang bisa digunakan seperti Google drive.

Baca juga: Butuh Laptop untuk Edit Foto? Lihat daftarnya di Sini!

Chromebooks memiliki desain yang mungil

Bila kamu mencari laptop dengan ukuran mungil, maka laptop buatan Google ini layak kamu pilih. Pasalnya dari semua tipe chromebook, rata-rata hadir dengan desain mungil dan portable. Untuk kelas low-end misalnya, perangkat ini hadir dengan layar 11,6 inci dan berat yang ringan sehingga cocok untuk dibawa bepergian kemanapun.

Namun, bila kamu mencari Chromebook yang lebih lebar, kamu bisa memilih ukuran laptop berlayar 13 dan 14 inci. Ukuran ini dirasa cukup ideal untuk penggunaan harian, seperti bermain game, mengetik dokumen atau sebagai sarana hiburan. Untuk ukuran paling besar saat ini masih berada di ukuran layar 15 inci.

Chromebooks memiliki baterai yang tahan lama

Mengingat spesifikasi laptop chromebook ini cukup sederhana, maka laptop ini hadir dengan daya tahan baterai yang cukup awet. Bahkan dibeberapa tipe, laptop chromebook bisa bertahan hingga 12 jam lebih.

Chromebook berharga murah

Laptop OS Chrome ini hadir dengan harga lebih murah dibanding laptop lainnya. Beberapa laptop tipe ini, bahkan hanya dilepas dikisaran harga 4 sampai 5 jutaan saja.

 

Baca juga artikel

Asus Siap Luncurkan Zenfone Go, Smartphone Ekonomis

Ultrabook dengan DVD Drive Mulai dari Rp 3,6 Juta

Tiga Tablet Premium Buat Kamu yang Berkantong Tebal

Artikel Lainnya

Komentar