23 Hp dengan Layar AMOLED Terbaik di Pasar Saat ini

23 Hp dengan Layar AMOLED Terbaik di Pasar Saat ini

Oleh Nur Abdillah updated Kamis, 11 Jan 2018 | 14:03

Seiring dengan berkembangnya teknologi layar, tampilan gambar pada sebuah hp tentu semakin tajam dan jernih. Kita mengenal beberapa jenis panel layar semisal LCD, TFT, IPS LCD, AMOLED dan S-AMOLED. Perbedaan jenis-jenis layar tersebut sudah kami bahas sebelumnya dan sekarang kita akan membahas mengenai layar AMOLED lengkap dengan satuan ketajaman layar yang biasa disebut Pixel Per Inch (ppi).

Apa itu AMOLED? 

Active-matrix organic light-emitting diode atau disingkat AMOLED, merupakan salah satu teknologi layar yang merupakan pengembangan dari teknologi sebelumnya. Layar AMOLED memadukan teknologi OLED dan active matrix TFT LCD konvensional.

Secara teknis, teknologi AMOLED menambahkan lapisan film semikonduktor di belakang panel OLED. Sehingga memungkinkan setiap piksel untuk diaktifkan lebih cepat. Dengan peningkatan kecepatan ini membuat AMOLED ideal untuk tampilan dengan definisi lebih besar dan lebih tinggi dengan banyak piksel. 

samsung amoled
Tidak hanya itu, layar AMOLED juga memiliki tingkat kecerahan (brightness) tinggi, konsumsi daya rendah yang diklaim mampu menghemat daya hingga 40 persen serta menghasilkan warna hitam yang dalam. Layar AMOLED menggunakan material yang memungkinkannya memiliki sifat fleksibel. Oleh sebab itu layar AMOLED dapat dibuat dengan ukuran yang bervariasi, dari yang kecil hingga ukuran besar (misalnya layar TV).

Hanya saja, dibalik semua kelebihan yang dimiliki, ada satu kekurangan yang sering ditemui yang biasa dikenal dengan istilah burn-in. Burn-in sendiri adalah perubahan warna permanen pada area layar yang disebabkan penggunaan kumulatif piksel yang tidak seragam. Lebih singkatnya, gambar yang sering muncul terkadang masih tersisa di layar. Misalnya Anda sering membuka aplikasi Facebook, maka ikon aplikasi Facebook tersebut akan ‘tertinggal’ di layar, meski sangat halus.

Beda AMOLED dan Super AMOLED

amoled vs super amoled
Salah satu kelemahan lain dari AMOLED adalah layar yang sulit dilihat saat terkena paparan sinar matahari. Dan kehadiran teknologi Super AMOLED dimaksudkan untuk menutupi kelemahan tersebut dengan mengurangi ukuran jarak antar layer. Jadi Super AMOLED merupakan generasi berikut dari AMOLED.

Perbedaan utama antara keduanya ada pada teknologi panel sentuhnya. Dimana layar Super AMOLED sudah mengintegrasikan fungsi sentuh pada layarnya. Dengan demikian, teknologi Super AMOLED tidak memiliki lapisan sentuh diatas layarnya, karena sudah menyatu dengan layar. Beda dengan AMOLED yang masih menggunakan lapisan diatas layarnya untuk mengenali sentuhan. Selain itu, Super AMOLED memberikan pengalaman menonton yang lebih memikat dengan tingkat kejernihan warna tajam meski diaplikasikan ke dalam resolusi yang jauh lebih besar.

Dengan rasio kontras 100.000 : 1, layar Super AMOLED secara otomatis menyesuaikan diri dengan berbagai pencahayaan disekitar agar lebih nyaman untuk mata. Super AMOLED juga memiliki fitur PenTile yang mempertajam subpiksel di antara piksel untuk membuat tampilan resolusi lebih tinggi.

Apa itu Piksel?

pixel
Sebuah gambar yang nampak pada layar hp disusun oleh kumpulan titik-titik warna yang saling berdekatan yang disebut dengan piksel atau pixel. Semakin banyak jumlahnya maka gambar akan semakin tajam. Satuan pixels biasanya diukur dengan satuan Inch (1 inch =2.45 cm)

Pixel per Inch atau ppi adalah satuan banyaknya pixel dalam inci. Semakin tinggi kerapatan pixel atau ppi maka akan semakin tajam gambar yang dihasilkan. Jadi bukan ukuran layar yang sangat berpengaruh pada ketajaman layar, melainkan jumlah pixel yang dimiliki oleh perangkat yang bersangkutan.

Bagaimana mengetahui jumlah ppi dalam sebuah hp? Saat ini Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti AnTuTu atau jika ada ingin menghitungnya secara manual bisa menggunakan rumus di bawah ini. Misalnya kita coba untuk mengetahui ppi ASUS Zenfone 5 Lite yang memiliki resolusi 540 x 960 pixels. Berapa kerapatan pixel yang dimilikinya?

pixel
Dengan rumus ini maka di dapat kerapatan pixel milik ASUS Zenfone 5 Lite yakni sebesar 220ppi. Smartphone di bawah ini memiliki pixel density tinggi dan sebagian produk kami berikan review dari pengunjung Pricebook yang berbagi pengalaman ketika menggunakan hp miliknya.

HP Layar AMOLED Samsung

Saat ini, layar AMOLED dan Super AMOLED banyak digunakan oleh Samsung pada perangkat hp mereka. Wajar bila hp Samsung dikenal memiliki kualitas gambar yang sangat baik. Berikut daftar hp Samsung yang sudah menggunakan teknologi layar Super AMOLED.

1. Samsung Galaxy Note 8

Samsung Galaxy Note 8Samsung Galaxy Note 8 memiliki layar berukuran 6.3 inci dengan aspek rasio 18.5:9 dengan resolusi sebesar 1440 x 2960 pixel yang dilindungi Corning Gorilla Glass 5. Layar di Samsung Galaxy Note 8 memiliki kerapatan piksel hingga 521 ppi. Menggunakan teknologi Super AMOLED, layar hp premium ini dilengkapi fitur menarik seperti 3D Touch (home button only) dan Always-on display. Layarnya juga sudah mendukung teknologi HDR10 compliant yang membuat kualitas gambarnya semakin menakjubkan.

Samsung Galaxy Note 8 64GB
Harga termurah

Rp 11,760,000

Kriteria Spesifikasi
OS Version 7.1.1
Ukuran Layar 6.3 inch
Screen Resolution 2960 x 1440 Pixel
Chipset Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2.35 GHz
GPU Adreno 540
RAM 6 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera 12 MP
Resolusi Kamera Depan 1 8 MP
USB microUSB, Type-C
Kapasitas Baterai -

2. Samsung Galaxy Note FE

Samsung Galaxy Note FELayar yang digunakan Samsung Note FE berukuran 5,7 inci, resolusi 2K (1440 x 2560 pixel), dan sudah berjenis Super AMOLED. Mengusung rasio 16:9, resolusi ini sangat terasa nyaman saat digunakan untuk menonton video ataupun bermain game. Apalagi kerapatan pikselnya juga cukup besar berkisar 515 ppi. Disediakan pula berbagai modus yang dapat menyesuaikan karakteristik warna pada layar.

Modus layar tersebut terdiri dari adaptive display, AMOLED cinema, AMOLED Photo dan Basic. Untuk mendapatkan pengalaman gambar yang lebih baik saat menonton Anda bisa memilih modus AMOLED Cinema untuk memutar video HDR10.

Kriteria Spesifikasi
OS Version Android 7.1.1
Ukuran Layar 5.7 inch
Screen Resolution 2560 x 1440 Pixel
Chipset Exynos 8890 Octa
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2.3 GHz
GPU Mali-T880 MP12
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera 12 MP
Resolusi Kamera Depan 1 5 MP
USB Type-C, USB OTG
Kapasitas Baterai 3200 mAh

3. Samsung Galaxy S8

Samsung Galaxy S8Memiliki ukuran layar sebesar 5,2 inci dengan resolusi yang sangat besar yakni 1440 x 2960 pixel. Layar Samsung Galaxy S8 berjenis Super AMOLED dengan kerapatan piksel mencapai 570 ppi. Pengalaman menonton dan bermain game di layar hp premium ini sangat menarik berkat dukungan aspek rasio 18,5:9. Layar ini juga sudah disertifikasi mobile hd premium, sehingga memungkinkan Anda untuk menikmati tayangan HDR.

Samsung Galaxy S8
Harga termurah

Rp 8,288,000

Kriteria Spesifikasi
OS Version 7.0
Ukuran Layar 5.8 inch
Screen Resolution 2560 x 1440 Pixel
Chipset Exynos 8895 Octa
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 1.7 GHz
GPU Mali-G71 MP20
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera 12 MP
Resolusi Kamera Depan 1 8 MP
USB microUSB 3.1, Type-C
Kapasitas Baterai 3000 mAh

4. Samsung Galaxy S8+

Samsung Galaxy S8+Samsung Galaxy S8+ memiliki ukuran layar yang lebih besar yaitu seluas 6,2 inci dengan resolusi 1440 x 2960 pixel. Layar ini juga berjenis Super AMOLED dengan kerapatan piksel mencapai 529 ppi. sudah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5 sehingga layar tidak mudah rusak karena goresan. Didukung aspek rasio 18,5:9, layar ini juga sudah disertifikasi mobile hd premium, sehingga memungkinkan Anda untuk menikmati tayangan HDR.

Samsung Galaxy S8+
Harga termurah

Rp 9,150,000

Kriteria Spesifikasi
OS Version 7.0
Ukuran Layar 6.2 inch
Screen Resolution 2960 x 1440 Pixel
Chipset Exynos 8895 Octa
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 1.7 GHz
GPU Mali-G71 MP20
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera 12 MP
Resolusi Kamera Depan 1 8 MP
USB microUSB 3.1, Type-C
Kapasitas Baterai 3500 mAh

5. Samsung Galaxy S7 Edge

Samsung Galaxy S7 Edge

Samsung Galaxy S7 Edge menawarkan panel Super AMOLED seluas 5,5 inch dengan resolusi Quad HD 1440 x 2560 pixel. Tidak hanya menawarkan kedalaman 16 juta warna dan kerapatan piksel yang mencapai angka 534 ppi, Galaxy S7 Edge juga dibekali layar lengkung pada kedua sisi, serta disematkan teknologi Always On Display yang memungkinkan layar terus menyala untuk menampilkan notifikasi. Sementara itu, hp ini pun sudah diproteksi dengan Corning Gorilla Glass generasi keempat.

Samsung Galaxy S7 Edge G935FD 32GB
Harga termurah

Rp 6,290,000

Kriteria Spesifikasi
OS Version 6.0
Ukuran Layar 5.5 inch
Screen Resolution 2560 x 1440 Pixel
Chipset -
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 1.6 GHz
GPU -
RAM 4 GB
Memori Internal 32 GB
Resolusi Kamera 12 MP
Resolusi Kamera Depan 1 5 MP
USB microUSB 2.0
Kapasitas Baterai 3600 mAh

Daftar Hp Samsung dengan Layar AMOLED :

Selain daftar diatas, Samsung juga masih memiliki banyak hp dengan layar AMOLED dan Super AMOLED yang bisa Anda miliki. Tentunya beberapa produk tersebut memiliki rentang harga yang bervariasi. Tidak hanya hp kelas atas saja, Anda juga masih bisa menemukan hp Samsung yang menggunakan layar AMOLED di kelas menengah dengan harga yang masih cukup terjangkau. Atau bisa juga memiliki perangkat dengan model yang sudah lama dipasarkan, seperti Samsung Galaxy Note series.  

 

Hp Layar AMOLED Selain Samsung

1. Google Pixel XL

google pixel xlGoogle Pixel XL hadir dengan layar sebesar 5,5 inci yang memiliki resolusi quad HD 2.650 x 1.440 piksel. Perangkat ini juga sudah menggunakan layar AMOLED yang menawarkan warna hitam lebih pekat. Dengan kerapatan piksel mencapai 534 ppi, layar ini mampu memberikan pengalaman yang memikat, baik untuk menonton maupun bermain game. Layar ini juga sudah diproteksi lapisan Gorilla Glass 4 untuk mengurangi resiko tergores.

Google Pixel XL 32GB
Harga termurah

Rp 10,450,000

Kriteria Spesifikasi
OS Version 7.1
Ukuran Layar 5.5 inch
Screen Resolution 2560 x 1440 Pixel
Chipset Qualcomm MSM8996 Snapdragon 821
Jumlah Core Quad Core
Kecepatan CPU 1.6 GHz
GPU Adreno 530
RAM 4 GB
Memori Internal 32 GB
Resolusi Kamera 12 MP
Resolusi Kamera Depan 1 8 MP
USB Type-C
Kapasitas Baterai 3450 mAh

2. Motorola Moto Z

Moto z

Lenovo membawa Moto Z ke Indonesia yang dijual untuk menyasar kalangan atas. Hp satu ini menawarkan dukungan panel AMOLED seluas 5,5 inch beresolusi Quad HD 1440 x 2560 piksel. Dengan kerapatan layar yang mencapai 535 ppi, hape premium ini siap memanjakan mata kamu saat melihat konten-konten digital.

Motorola Moto Z
Harga termurah

Rp 5,425,000

Kriteria Spesifikasi
OS Version 6.0
Ukuran Layar 5.5 inch
Screen Resolution 2560 x 1440 Pixel
Chipset Qualcomm Snapdragon 820
Jumlah Core Quad Core
Kecepatan CPU 1.8 GHz
GPU Adreno 530
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera 13 MP
Resolusi Kamera Depan 1 5 MP
USB Type-C, USB OTG
Kapasitas Baterai 2600 mAh

3. Meizu Pro 6 Plus

Meizu Pro 6 PlusTerkait layar, Meizu Pro 6 Plus membawa panel seluas 5,7 inch beresolusi Quad HD 1440 x 2560 pixels dengan kerapatan 515 ppi. Lebih menarik lagi, Meizu pun menggunakan panel Super AMOLED dari Samsung sehingga kualitas tampilan pada hape ini memiliki kontras dan ketajaman yang lebih detail.

Meizu Pro 6 Plus RAM 4GB ROM 32GB
Harga termurah

Rp 7,200,000

Kriteria Spesifikasi
OS Version 6.0
Ukuran Layar 5.5 inch
Screen Resolution 2560 x 1440 Pixel
Chipset MediaTek, Helio X25 (3-Cluster Technology)
Jumlah Core Deca Core
Kecepatan CPU -
GPU Mali T880, MP4
RAM 4 GB
Memori Internal 32 GB
Resolusi Kamera 21.6 MP
Resolusi Kamera Depan 1 5 MP
USB microUSB 3.1, Type-C
Kapasitas Baterai -

4. OnePlus 5

oneplus 5

OnePlus meluncurkan salah satu produk smartphone yaitu Oneplus 5. Perusahaan asal Tiongkok ini mematok harga Smartphone Oneplus 5 dengan harga tergolong murah bila dibandingkan dengan kualitas dan keunggulan yang dimilikinya. Oneplus 5 memiliki layar sebesar 5,5 inci AMOLED dengan resolusi tinggi FHD 1920x1080 piksel.

Oneplus 5 dilengkapi dengan ketangguhan prosesor octa-core 1.9 GHz, Snapdragon 835 serta dukungan RAM 6GB atau 8GB. Dengan harga jualnya yang tergolong murah, Anda bisa mendapatkan smartphone yang sanggup menjalankan berbagai aplikasi yang Anda inginkan.

OnePlus 5 128GB
Harga termurah

Rp 7,780,000

Kriteria Spesifikasi
OS Version 7.1.1
Ukuran Layar 5.5 inch
Screen Resolution 1920 x 1080 Pixel
Chipset Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 1.9 GHz
GPU Adreno 540
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Resolusi Kamera 16 MP
Resolusi Kamera Depan 1 16 MP
USB Type-C, 2.0
Kapasitas Baterai 3300 mAh

5. Apple iPhone X

iphone x

Smartphone Apple iPhone X mendukung ukuran layar full 5,8 inci dengan kualitas gambar Retina HD yang sangat dinamis dan tajam. Harga Smartphone Apple iPhone X memang cukup mahal. Tetapi dengan segala kelebihannya, rasanya itu sangat sesuai untuk perangkat sekelas buatan Apple.

Apple X hadir dengan prosesor A11 Bionic hexa core yang mumpuni yang dikombinasikan dengan RAM 3GB dan memory internal yang sangat luas yakni sampai 256GB. Untuk fitur kamera, Apple menggunakan konsep dual primary kamera masing-masing 12 MP dan kamera depan 7 MP.

Apple iPhone X 256GB
Harga termurah

Rp 18,190,000

Kriteria Spesifikasi
OS Version 11
Ukuran Layar 5.8 inch
Screen Resolution 2436 x 1125 Pixel
Chipset Apple A11 Bionic
Jumlah Core Hexa Core
Kecepatan CPU 2.4 GHz
GPU -
RAM 3 GB
Memori Internal 256 GB
Resolusi Kamera 12 MP
Resolusi Kamera Depan 1 7 MP
USB Lightning
Kapasitas Baterai 2716 mAh

Kesimpulan

Layar AMOLED dan Super AMOLED memang memiliki kualitas yang lebih baik dari beberapa jenis layar lainnya. Layar jenis ini memiliki tingkat kecerahan (brightness) tinggi, konsumsi daya rendah, serta mengintegrasikan fungsi sentuh pada layarnya. Hanya saja, perangkat yang menggunakan teknologi layar ini memang rata-rata dijual dengan harga yang masih terbilang tinggi.

Baca juga artikel :

10 Hp Android Internal 64GB Dari Berbagai Merek Mulai Dua Jutaan

10 Hp Xiaomi Resmi di Indonesia, Lebih Banyak Untungnya 

16 Hp RAM 4GB Termurah Harga Rp 2 Jutaan 

Artikel Lainnya

Komentar