15 Hape Terbaik Xiaomi: Spesifikasi Mendukung USB OTG

15 Hape Terbaik Xiaomi: Spesifikasi Mendukung USB OTG

Oleh Ardiansyah Hana updated Kamis, 06 Jul 2017 | 19:37

Tidak semua fitur USB on-the-go ada pada sebuah hape. Namun, hal ini berbeda dengan vendor Xiaomi yang berani mengeluarkan hape murah, namun sudah dilengkapi fitur fungsional tersebut. Sebelum mengetahui daftar produk hape Xiaomi yang disertai fitur USB on-the-go, ada baiknya jika kamu mengetahui kelebihan dari hape yang sudah memiliki fitur ini. Apa saja?

  • Menambah Kapasitas Memori Internal

Adanya fitur USB on-the-go memberikan solusi bagi kamu yang memiliki hape dengan memori internal kecil. Dengan adanya fitur ini, kamu bisa menancapkan flashdisk, harddisk dan media penyimpanan lain ke hape, kemudian memanfaatkan media tersebut untuk menyimpan berbagai file dari hape secara langsung.

  • Transfer Data Tanpa Komputer

Selain bisa menjadikan memori eksternal sebagai media penyimpanan, adanya fitur USB on-the-go juga memudahkan kamu untuk transfer data tanpa harus menggunakan laptop atau komputer. Hanya tinggal menancapkan kabel OTG, kamu bisa memindahkan data dan menyalin data dengan sangat mudah!

  • Share Data Antar Perangkat

Fitur Bluetooth dan Wi-Fi di hape kamu rusak? Dengan adanya fitur USB on-the-go, hal ini bukan masalah. Kamu tetap bisa berbagi data antar perangkat hape hanya dengan menghubungkan kabel OTG ke hape lain.

  • Berbagi Baterai

Sejauh ini, beberapa hape Xiaomi dilengkapi dengan dukungan baterai berkapasitas besar. Dengan adanya fitur USB on-the-go, kamu pun bisa memfungsikan hape Xiaomi sebagai powerbank untuk mengisi daya perangkat lain termasuk hape sekunder kamu.

  • Menjalankan Perangkat Lain

Fitur USB on-the-go juga memberikan fungsi lebih lengkap pada hape, misalnya untuk menghubungkan hape dengan mouse wireless, keyboard wireless, menjalankan CD player, webcam bahkan menyalakan lampu darurat dengan perangkat seperti Xiaomi USB Light.  

Sebelum kamu  menghubungkan hape dengan kabel OTG, ada baiknya kamu mengenal berbagai jenis-jenis kabel USB OTG sekaligus fungsinya lebih dulu. Jangan lupa, lakukan cara aman saat mencabut kabel OTG agar hape tidak cepat rusak dengan masuk ke Settings> Menu storage>klik Unmounts external storage>ok, kemudian cabut kabel OTG.

Nah, berbekal informasi d iatas, apakah sekarang kamu tertarik untuk membeli hape dengan fitur USB on-the-go? Untuk memudahkan kamu melakukan pencarian produk yang tepat, ini dia pilihan hape Xiaomi yang mendukung USB OTG, sekaligus review dari pengunjung Pricebook untuk membantu kamu sebelum melakukan pembelian!  

Berikut 15 hape Xiaomi support USB on-the-go

1. Xiaomi Redmi 4A 

Meskipun hape ini merupakan varian paling rendah dari seri Redmi 4, namun Xiaomi sudah membekalinya dengan fitur USB OTG. Tentunya, Anda yang menggunakan dua buah SIM pada slot hybrid dan tidak memakai microSD bisa menambah kapasitas penyimpanan pada hape dengan dukungan memori 16GB ini.

Soal spesifikasi, hape Xiaomi Redmi 4A tampil cukup menawan. Hape ini dilengkapi dengan layar HD seluas 5 inch, chipset Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425, RAM 2GB, kamera belakang 13 MP, kamera depan beresolusi 5 MP dan baterai berkapasitas 3120 mAh.

“Redmi 4A-tahan lama dan kompak. Kinerja tinggi dicapai karena 64-bit prosesor Qualcomm Snapdragon 425 dan MIUI 8 OS. Menjalankan aplikasi kantor, menonton video, atau bermain permainan dengan Redmi 4A. Walaupun memiliki ukuran kecil ini beruang jumlah yang cukup energi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari”.

Bonna Gokilz
Xiaomi Redmi 4a 16GB
  • 4.22/5
  • 24 reviews
Harga termurah

Rp 1,185,000

2. Xiaomi Redmi 4X

Selanjutnya, terdapat hape Xiaomi Redmi 4X. Hape ini hadir dengan spesifikasi lebih tinggi ketimbang Redmi 4A, mendukung memori 16 GB atau 32 GB, slot hybrid yang bisa dipakai untuk menyimpan microSD hingga 128GB, namun Anda yang memakai kedua slot dengan kartu SIM bisa memakai fitur USB OTG untuk menambah kapasitas memori.

Hadir dengan layar berukuran 5 inch beresolusi HD, hape ini mengandalkan chipset Qualcomm MSM8940 Snapdragon 435 untuk performa. Memiliki fitur sensor sidik jari, terdapat juga dukungan kamera belakang 13 MP dan kamera depan 5 MP.

Xiaomi Redmi 4X RAM 3GB ROM 32GB
Harga termurah

Rp 1,495,000

3. Xiaomi Redmi Pro

Hape Xiaomi dengan fitur USB OTG lainnya adalah seri Redmi Pro. Hape yang dipasarkan untuk pengguna di kelas mid-range membawa slot hybrid dengan dual SIM 4G LTE atau memasangkan microSD hingga 128GB.

Menawarkan dukungan layar besar seluas 5 inch beresolusi Full HD, Xiaomi Redmi Pro didukung chipset Mediatek MT6797 Helio X20, memori internal 32GB dengan RAM 3GB serta fitur unggulan dual kamera belakang 13 MP + 5 MP dan kamera depan beresolusi 5 MP.

Xiaomi Redmi Pro 64GB
Harga termurah

Rp 2,415,000

4. Xiaomi Mi 5C

Ada juga Xiaomi Mi 5c, varian flagship murah yang dilengkapi fitur USB on-the-go. Hape Xiaomi satu ini hadir dengan dua buah slot SIM card 4G LTE tanpa disertai dengan slot microSD sehingga hadirnya fitur USB on-the-go akan sangat membantu Anda yang kekurangan ruang penyimpanan.

Dijalankan pada OS Android 7.0 Nougat, Xiaomi Mi 5c hadir dengan layar seluas 5,15 inch beresolusi Full HD, didukung prosesor Xiaomi Surge S1, RAM 3GB, memori internal 64GB, kamera belakang 12 MP dan kamera depan beresolusi 8 MP.

Xiaomi Mi 5c
Harga termurah

Rp 2,340,000

5. Xiaomi Mi Max 2

Selanjutnya adalah Xiaomi Mi Max 2. Hape satu ini juga mengusung fitur SIM hybrid yang memungkinkan Anda memasang dua SIM card 4G LTE secara bersamaan atau satu SIM card dan satu microSD hingga 128GB. Dengan adanya fitur USB on-the-go, Anda yang menjalankan dua kartu SIM bersamaan bisa menambah kapasitas memori.

Hape satu ini menawarkan keunggulan di ukuran layar yang jumbo yakni 6,44 inch. Dijalankan pada OS Android 7.1.1 (Nougat), hape ini pun didukung prosesor hemat daya dari
Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625, RAM 4GB, kamera belakang 12 MP, kamera depan 5 MP dan baterai berkapasitas 5300 mAh.

Xiaomi Mi Max 2 RAM 4GB ROM 64GB
Harga termurah

Rp 2,999,000

6. Xiaomi Mi4i

Hape Xiaomi Mi4i adalah salah satu produk yang sempat naik daun di Indonesia karena selain selain harga jualnya yang murah juga disertai dengan spesifikasi flagship. Mengusung layar 5 inch beresolusi Full HD, Mi4i juga didukung konektivitas 4G LTE di berbagai frekuensi.

Xiaomi Mi4i yang mendukung USB OTG ini, mengandalkan chipset Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615 dan RAM 2GB di sektor performa, adanya fitur USB on-the-go pada smartphone ini sangat membantu pengguna terkait kebutuhan penyimpanan data karena ia hanya mengusung memori sebesar 16GB tanpa dilengkapi dengan dukungan slot microSD.

“Kelebihan Xiaomi Mi4i cukup banyak, salah satunya yang paling penting yaitu processornya Qualcomm delapan inti snapdragon 615 yang pasti membuat lebih cepat dalam menjalankan aplikasi.”

Dwipa Nugroho

“Xiaomi Mi4i, desain, spesifikasi, harga yang masih masuk kantong masyarakat umum dan saya pribadi tentunya membuat saya tertarik untuk membeli produk ini.”

Fransiskus Willy Bong

Xiaomi Mi 4i 16GB
Harga termurah

Rp 1,109,000

7. Xiaomi Redmi Note 3 Pro

 

Hape Xiaomi dengan USB OTG selanjutnya adalah Xiaomi Redmi Note 3 Pro yang saat ini sudah masuk secara resmi ke pasar Indonesia. Redmi Note 3 Pro sendiri hadir dengan dukungan layar sebesar 5,5 inch dengan resolusi Full HD, juga mengusung desain logam yang dilengkapi fitur sensor sidik jari.

Mengusung chipset Qualcomm MSM8956 Snapdragon 650 beserta RAM 2GB, smartphone berlayar lebar ini sanggup mengerjakan multitasking dengan cukup prima. Sekalipun dukungan memori internal sebesar 16GB sudah dipadukan dengan slot microSD hingga 256GB, adanya fitur USB on-the-go akan memberikan keleluasaan lebih pada pengguna.

Biasanya, yang namanya alternatif adalah pilihan kedua ketika kita punya pilihan yang utama. Tapi enggak dengan Redmi Note 3 Pro, kamu wajib ambil smartphone yang satu ini. Menilik sebentar kembarannya si Redmi Note 3 MTK yang rilis lebih dahulu, overall gak ada kekurangan dari smartphone yang satu ini.”

Sigit Setyo Nugroho

“Buat kamu yang kena php Xiaomi Redmi Note 2, ini adalah obatnya. Punya spesifikasi yang menggiurkan ditambah hadirnya fingerprint sensor di range harga sekarang 1,7Jtan membuat smartphone ini layak menjadi perhatian.”

Amin Nur Subekti

Xiaomi Redmi Note 3 Pro 16GB
Harga termurah

Rp 1,349,999

8. Xiaomi Redmi 3

Dengan harga yang sangat terjangkau, pengguna yang memerlukan smartphone dengan desain menawan bisa melirik Redmi 3. Sekalipun tidak didukung dengan fitur fingerprint sensor, namun smartphone dengan layar 5 inch ini mengusung bodi unibody berbahan metal tampak premium.

Andalkan chipset Qualcomm MSM8939v2 Snapdragon 616 dengan RAM 2GB dan memori internal 16GB, ia sama seperti Redmi Note 3 yang juga disertai dengan slot microSD hingga 256GB. Tentunya, Anda akan dimudahkan terkait keperluan manajemen data berkat adanya fitur USB on-the-go pada smartphone yang juga didukung baterai berkapasitas 4.000 mAh ini.

“Smartphone Xiaomi memang terkenal dengan harganya yang murah namun spesifikasi yang tidak murahan. Xiaomi Redmi 3 ini sudah didukung prosesor sekelas qualqomm snapdragon 616 yang sudah mempunyai 8 inti core cpu dan support jaringan 4G LTE. Smartphone ini didisain untuk orang yang suka kecepatan dan ketahanan yang lama tapi murah dikantong.”

Muhammad Afiansyah

“Perubahan dan peningkatan yang dimiliki Xiaomi Redmi 3 dari pendahulunya terdiri dari berbagai sektor yaitu kamera lebih jernih, dapur pacu lebih tangguh, layar lebih lebar, user interface terbaru, Bluetooth lebih cepat, mendukung OTG (USB On the Go), casing lebih kokoh berbahan metal, baterai lebih besar dengan kapasitas 4100 mAh, terdapat fitur fast charging.”

Septian Hadi

Xiaomi Redmi 3
Harga termurah

Rp 1,200,000

9. Xiaomi Mi4 LTE

 

Xiaomi Mi4 LTE merupakan flagship yang dikeluarkan pertama kali pada tahun 2014. Selain mengusung desain elegan dengan lapisan Gorilla Glass 3, smartphone dengan layar 5 inch beresolusi Full HD ini pun dilengkapi sektor kamera mampuni melalui sensor 13 MP pada bagian belakang dan kamera 8 MP di sisi depan.

Menawarkan chipset high-end dari Qualcomm MSM8974AC Snapdragon 801, Sayangnya hape Xiaomi dengan fitur dual SIM ini tidak dilengkapi slot microSD sehingga pengguna harus memaksimalkan memori internal yang hanya berkapasitas 16GB saja. Kendati demikian, hape Xiaomi Mi4 LTE mendukung fitur USB On-the-Go akan sangat membantu pengguna untuk menyimpan data lebih banyak.

“Sangat cocok untuk bermain game dan yang suka eksis didepan kamera. Selain itu spesifikasi yang besar yang tentunya akan membuat nyaman para pemakainya, dengan sinyal yang sudah support 4G LTE, tidak cepat panas, daya baterai yang tahan lama dan bentuk hp yang elegan cocok digunakan pria dan wanita.”

Fauzi Hopkins

Spek Xiaomi Mi4 cukup menjanjikan dan harganya juga benar - benar terjangkau sehingga kita tidak perlu merogoh kocek telalu dalam.

Dewa de Charixz

Xiaomi Mi4 LTE RAM 2GB
Harga termurah

Rp 1,240,000

10. Xiaomi Mi Max

 

Merupakan alternatif hape Xiaomi dengan USB OTG, untuk pengguna yang  memerlukan smartphone berlayar lebar, seri Mi Maxyang mengusung desain berbahan logam ini bisa dipilih karena ia menawarkan dukungan layar seluas 6,44 inch beresolusi Full HD.

Hadir dengan dukungan chipset Qualcomm MSM8956 Snapdragon 650 yang dipadukan dengan RAM 3GB dan memori internal 32GB, adanya fitur USB on-the-go akan membuat pengguna lebih leluasa meskipun smartphone ini sudah disertai dengan slot microSD hingga 256GB.

“Untuk segi desain, Xiaomi Mi Max memiliki desain hampir mirip dengan Xiaomi Mi5. ponsel ini memiliki bodi belakang melengkung, Smartphone ini memiliki kamera setara dengan yang dimiliki Xiaomi Redmi Note 3 Pro. “

Dewa de Charixz

Xiaomi Mi Max RAM 4GB ROM 128GB
Harga termurah

Rp 3,499,000

11. Xiaomi Redmi Note 4

Keunggulan Xiaomi Redmi Note 4 bukan hanya mendukung USB OTG. Meskipun Xiaomi Redmi Note 4 memiliki desain dan luas layar serupa dengan seri pendahulunya yaitu Redmi Note 3, namun ia memiliki keunggulan di sektor performa berkat penggunaan chipset Mediatek Helio X20 2.1GHz dengan prosesor Deca-core 2.1 GHz.

Dilengkapi dengan RAM 3GB dan memori internal 64GB, smartphone ini pun mendukung fitur dual SIM hybrid yang sanggup menangkap jaringan 4G LTE. Sementara di sektor kamera, Redmi Note 4 mengandalkan sensor 13 MP di bagian belakang dan menawarkan kamera 5 MP untuk keperluan selfie.

“Untuk harga 2 jutaan, saya rasa Redmi Note 4 cukup worthed untuk dimiliki. Ditambah beberapa peningkatan dari seri sebelumnya, seperti desain yang lebih mewah, peningkatan kualitas layar, kamera, dan adanya slot microSD membuat kamu tidak perlu khawatir kehabisan storage.”

Ridhokhoe

Xiaomi Redmi Note 4 RAM 3GB ROM 32GB
Harga termurah

Rp 1,820,000

12. Xiaomi Redmi 2 Prime

Xiaomi Redmi 2 Prime dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 410 64 bit yang terdiri dari empat inti prosesor (quad core), berlari pada kecepatan 1,2 GHz dan didukung oleh pengolah grafis Adreno 306.

Redmi 2 Prime merupakan penerus dari Redmi 2, hadir dengan upgrade RAM yang menjadi 2 GB serta internal storage 16 GB. Lalu, spesifikasi lainnya masih sama, yakni konektivitas 4G LTE, kamera belakang 8 MP, kamera depan 2 MP, layar 4.7 inch beresolusi HD dan baterai 2200 mAh.

“Hp ini sangat bagus. RAM 2GB terasa nyaman buat main game, layar jernih, body nya elegan, kamera lumayan jernih, sangat cocok bagi anda yang ingin tampil trendy dan tampil berkelas.”

Tri Setiawan

“Awalnya sama sekali saya tak pernah berpikir dan melirik smartphone dari xiaomi ini. Tetapi atas rekomendasi dari kakak yang mengatakan smartphone ini mempunyai fitur hebat tetapi harga tetap bersahabat, tanpa pikir panjang saya memutuskan menjadikan Redmi 2 Prime ini sebagai pilihan.”

Triana Rista Yuliyanti

Xiaomi Redmi 2 Prime
Harga termurah

Rp 960,000

13. Xiaomi Mi5

Ada pula Xiaomi Mi5, merupakan smartphone anyar yang baru diirilis pertengahan tahun 2016 ini. Xiaomi Mi5 merupakan salah satu ponsel high-end yang dikeluarkan oleh Xiaomi. Xiaomi Mi5 mempunyai bentang layar seluas 5,15 inch yang sudah terproteksi Gorilla Glass. Di sektor hardware, Xiaomi Mi5 dimotori Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820 Quad core dan RAM 3GB. Untuk media penyimpanan, Xiaomi menyediakan ROM sebesar 32GB. Sedangkan untuk kamera, Xiaomi Mi5 memiliki kamera 16MP dan 4MP.

“Wah... XIAOMI MI 5 32GB ini, keren banget deh pokoknyaaa... Desain nya elegan apalagi warna hitam, aku suka banget... Udah gitu, kameranya bagus dan kecepatan proses gak lemot!”

Adinda Nur Balqis

“Fitur yang disajikan mantap buat design, apalagi saya sebagai engineer, cocok banget nih. Hardware yang disajikan sangat mumpuni dalam hal graphic. Kecepatan performanya sangat cepat, sehingga dalam hal rendering gambar sangat mudah dan efisien waktu, serta hasil rendernya yang sangat aktual.”

Febrian Al Rasyid

Asus ROG G751
Harga termurah

Rp 15,299,000

14. Xiaomi Redmi Note 2 Prime 

Kemudian ada Xiaomi Redmi Note 2 Prime, versi upgrade dari Xiaomi Redmi Note 2. Smartphone ini menawarkan dukungan layar 5.5 inch beresolusi Full HD, dilengkapi kamera utama 13 MP dan kamera depan berukuran 5 MP.

Soal performa, ia mengandalkan chipset MediaTek MT6795, terdiri dari prosesor Octa Core 2.2 GHz Cortex-A53 dan didukung GPU PowerVR G6200. Lalu, ada pula dukungan RAM berukuran 2GB serta internal storage yang memiliki kapasitas sebesar 32GB.

“Desain sangat menarik, patutlah kalian menggunakan Xiaomi Redmi Note 2 Prime 32GB kalian gak bakan pernah merasa bosan dengan desain yang diberikan, nyaman deh pokoknya. Speed yang benar-benar gak buat kamu kesel karena buka beberapa aplikasi dengan berbarengan gak akan nge-lag, lancar jaya.”

Surya Tresno

“Desain yang elegant membuat para maniac gadget ingin memiliki smartphone ini. Bagaimana tidak? Desainnya yang sangat menarik Dan menawan kemudian kamera belakang yang sudah 13 MP dan kamera depan 5 MP cocok untuk para wanita maupun pria yang suka selfie.”

Budi Supadmi

Xiaomi Redmi Note 2 Prime
Harga termurah

Rp 1,350,000

15. Xiaomi Redmi Note 3

Terakhir adalah Xiaomi Redmi Note 3, phablet mid-range yang hadir dengan dukungan layar 5 inch beresolusi Full HD 1080 x 1920 piksel. Di dalam phablet ini, terdapat dukungan chipset MediaTek MT6795 Helio X10 yang didalamnya terdapat prosesor Octa Core, dipadukan RAM 3GB dan internal storage berkapasitas 32GB. Lalu, kamu pun dapat memotret menggunakan kamera belakang 13 MP atau berfoto selfie dengan kamera depan 5 MP.

“Speknya gahar,mantep buat browsing-browsing. Harga gak bikin kantong jebol. Buat pelajar atau karyawan yg kantongnya pas-pasan,cocok pake gadget ini.”

Loks

Xiaomi Redmi Note 3 RAM 2GB ROM 16GB
Harga termurah

Rp 1,349,999

Daftar HP Android Xiaomi Support USB OTG Lainnya

Nama Harga di Pasaran
Xiaomi Redmi 2 Prime Rp 960,000
Xiaomi Redmi 2 Rp 810,000
Xiaomi Redmi Note 2 Prime Rp 1,350,000
Xiaomi Redmi Note 3 RAM 3GB ROM 32GB Rp 1,549,999
Xiaomi Mi4 16GB Rp 1,065,000
Xiaomi Mi4 64GB Tidak ada harga
Xiaomi Mi4 LTE RAM 2GB Rp 1,240,000
Xiaomi Redmi 1S Rp 650,000
Xiaomi Mi 2a Rp 1,100,000
Xiaomi Redmi Note RAM 2GB Rp 929,000
Xiaomi Mi5 32GB Rp 2,750,000

Baca juga artikel:
Hape Smartfren Andromax yang Support OTG Mulai dari Rp500-an Ribu
Smartphone Sony dengan Dukungan Fitur OTG
Smartphone dengan Fitur OTG dari LG Mulai Rp 2 Jutaan
 

Artikel Lainnya

Komentar

Beno 10 Juli 2017 - 00:52
Redmi 3s kaga mendukung OTG ya?
Bima Satria 11 Juli 2017 - 15:06
@Beno: Mendukung bro, nanti diupdate ya info diatas
Bjox 21 Juli 2017 - 01:16
Kok punyaku resmi 4x gak supord otg y setelah di cek
Bima Satria 24 Juli 2017 - 16:45
@Bjox: Coba download aplikasi ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.app.usbotgchecker