Zenfone 2: Layakkah Untuk di Beli ?

Oleh Tedi Yuni A on Rabu, 18 Mar 2015 | 13:35

Seperti sudah Pricebook sebutkan sebelumnya bahwa Asus berencana akan membawa Zenfone 2 di akhir April mendatang. Semoga saja kehadirannya tidak terlambat seperti seri Zenfone sebelumnya. Dulu bahkan unitnya sampai sulit ditemukan di pasar, walaupun ada,harganya pun mengalami kenaikan cukup signifikan dari harga normalnya.

Bagi Anda yang ingin membeli smartphone, dan masih bingung dalam menentukan pilihan, produk besutan Asus ini memang layak untuk dinanti, namun sesuaikah dengan kebutuhan dan kocek Anda?. Berbagai fitur yang dibawa memang cukup menarik, bahkan satu dari tiga varian yang akan hadir sudah mengusung RAM 4 GB. Berikut beberapa alasan mengapa Zenfone 2 layak untuk dibeli.

Ragam varian dengan harga terjangkau

Menurut bocoran dari pihak Asus, rencananya akan ada dua varian yang masuk ke Indonesia dengan spesifikasi dan banderol berbeda. Varian pertama ialah ZE551ML dengan varian 2 GB dan 4 GB. Masing-masing dibanderol dengan harga $290 atau sekitar Rp3,8 juta untuk varian Zenfone 2 seri ZE551ML, 4 GB RAM, sedangkan seri yang sama dengan kapasitas 2 GB RAM dijual seharga $220 atau sekitar Rp2,9 juta.

Sementara itu, Zenfone 2 dengan spesifikasi yang lebih rendah, yakni ZE550ML dibanderol dengan harga $190 atau Rp2,5 juta, Walau nantinya akan ada kenaikan harga, paling tidak Anda bisa menentukan unit yang sesuai dengan uang yang dimiliki.

Peningkatan pada kualitas layarKita coba bandingkan layar Zenfone 5 dengan Zenfone 2 seri ZE551ML, dimana Asus memberikan penambahan ukuran dari 5 inci menjadi 5,5 inci dengan sekaligus menaikan tingkat resolusinya dari 1280 x 720 pixels menjadi 1080 x 1920 pixels. Kerapatan pixels pun ikut bertambah dari sebelumnya 294ppi menjadi 430ppi.

Sayangnya untuk versi ZE550ML jika dibandingkan Zenfone 5 tidaklah jauh berbeda, apalagi mengingat harganya lebih mahal (jika melihat harga peluncuran di Taiwan dan saat ini harga terendah Zenfone 5 adalah Rp 1,800,000). Resolusi sama, tetapi ada pengurangan kerapatan pixels yang kini menjadi 267ppi.

Berikut teknologi pada layar Zenfone sebelumnya yang semoga masih disematkan di seri yang akan datang.

  • Teknologi ASUS TruVivid: Memungkinkan Anda melihat layar dari sudut 178 derajat berbeda dengan kejelasan yang sama.
  • Teknologi layar sentuh Direct Bonding: Yang mengurangi jarak antara layar sentuh dengan panel LCD hingga nol, sehingga memberikan kejelasan warna, saturasi,dan kecerahan layar LCD terbaik.
  • Teknologi Asus Splendid: Memungkinkan Anda untuk menyesuaikan suhu warna dan saturasi warna layar sesuai dengan keinginan Anda.
  • Teknologi Corning Gorilla Glass: Melindungi layar dari goresan dan juga tahan bantingan.

Peningkatan kapasitas RAM

Perkembangan menarik dari dunia smartphone saat ini ialah peningkatan kapasitas RAM. Tahun ini ada 7 smartphone dengan RAM 4 GB , termasuk Zenfone 2 ini. Asus menyediakan kapasitas mulai RAM 2 hingga 4 GB dengan berbagai kapasitas memori internal.

Mengenai prosesornya, Zenfone 2 dengan RAM 2 GB akan menggunakan prosesor Z3560 dengan kecepatan 1,8 GHz, sedangkan yang kapasitas 4 GB akan disematkan prosesor Z3580 dengan clock speed 2,3 GHz. Kedua prosesor tersebut dilengkapi dengan empat inti prosesor dan menggunakan prosesor grafis yang sama dengan iPhone 5s, yakni PowerVR G6430.

Pengunaan ZenUI terbaru

Asus Zenfone 2 akan langsung menggunakan Android 5.0 Lollipop dan menggunakan antarmuka ZenUI terbaru milik Asus. Pada antarmuka terbaru, akan ada beberapa fitur seperti membuka aplikasi dengan ssstem gesture, penguna pun dapat memisahkan data pribadi dan data pekerjaan agar tidak bercampur aduk dan diketahui orang lain.

Beberapa aplikasi terintegrasi dengan Asus ZenUI

  • What’s Next: Pengguna dapat melihat seluruh jadwal kegiatan dalam satu layar dan menunjukan semua informasi sesuai dengan waktunya. Misalnya saja ulang tahun teman, jadwal meeting, adanya miscall, email terbaru. Sebuah ikon akan muncul apabila aktivitas sudah harus dilakukan, pengguna juga dapat mengecek aktivitas selajutnya. Fitur ini terintegrasi langsung dengan ZenUI sehingga semua informasi dapat terlihat di lock screen dan Homescreen.
  • Do It Later: Aplikasi ini akan membantu Anda kembali ke kegiatan yang tertunda. Misalnya saja ketika membaca artikel ada kerjaan yang harus dilakukan,pengguna tinggal memasukannya ke list “baca kemudian” dan klik “baca sekarang” untuk melanjutkan membaca..
  • Share link: Dalam hal ini Anda tidak memerlukan koneksi internet karena aplikasi untuk berbagi data ini memanfaatkan teknologi wireless peer to peer antara Wifi yang dimiliki oleh Asus Zenfone untuk saling terhubung dan berbagi data.
  • Record Phone Call: Anda bisa merekam segala percakapan yang masuk ke telepon Anda. Pengguna juga dapat mencatat, menambahkan contact, menggunakan pengeras suara, atau memblokir nomor tertentu.
  • Baterai Saving Mode: Aplikasi ini dirancang untuk menghemat daya tahan baterai agar tahan lebih lama
  • PC Link and Remote link: Smartphone Zenfone dapat dikendalikan melalui komputer (PC) dengan cara mendowload program PC link untuk windows di http://pclink.asus.com, setelah diinstal langsung hubungkan smartphone dengan kabel USB ke komputer. Sementara itu, untuk mengontrol PC dengan Zenfone cukup mengunduh link di http//remotelink.asus.com. Akan sangat berguna jika Anda sedang melakukan presentasi.

Kamera 13 MP dan tambahan flash eksternal

Asus Zenfone 2 akan hadir dengan kamera 13 MP dan 5 MP yang dilengkapi dengan real tone flash yang mampu menghasilkan warna lebih baik sesuai warna aslinya meski menggunakan flash. Asus juga memberikan flash eksternal yang dijual terpisah untuk melengkapi kekuatan kamera Asus Zenfone nantinya.

Berbagai fitur yang ada di kamera Zenfone

  • Low light mode: Pengguna dapat mengambil foto dan video meski dalam keadaan gelap karena pada kamera Zenfone sudah dilengkapi dengan teknologi PixelMaster yang diklam mampu meningkatkan sensivitas cahaya hingga 400 persen dan kontras 200 persen.
  • Time Rewind: Mode ini mampu mengambil foto 2 detik sebelum dan 1 detik sesudah menekan tombol kamera. Penguna juga dapat memiloh foto dari 31 foto yang terambil.
  • Smart Remove: Setelah pengambilan 5 foto, mode ini mampu mendeteksi dan menghilangkan obyek yang tidak diingikan.
  • GIF Animation: Mode ini lebih pas digunakan ketika ingin mengambil obyek bergerak. Mode ini mampu mengambil foto sampai dengan 300 foto sekaligus dan mengulang GIF tersebut sehingga tercipta animasi. Penguna dapat mengatur durasi dan kecepatan pengulangan animasi yang diinginkan.
  • Depth of Field: Pengguna dapat mengambil obyek foto terlihat dekat dan jelas dengan latar belakang menjadi buram. Mode ini mampu memfokuskan obyek yang diinginkan untuk di foto.
  • Beautification: Mode ini membuat wajah menjadi lebih baik dari aslinya. Memperhalus tampilan wajah, memperbesar mata,menambahkan warna di sekitar pipi, dan membuat wajah jadi lebih raping.
  • Selfie: Sefie dengan kamera Zenfone tidak selalu menggunakan kamera depan. Anda bisa mengambilnya dengan kamera utama karena kameranya mampu mendeteksi jumlah wajah yang diinginkan dan automatis mengambil foto.
  • HDR: Mode ini akan mengambil 3 foto dengan tingkat cahaya normal, normal -1 hingga -3 dan normal +1 hingga +3 untuk kemudian diolah menjadi foto dengan tingkat pencahayaan terbaik dan senatural mungkin.

Kapasitas baterai lebih besar

Asus sepertinya mendengat keluhan para fans Zenfone yang menginginkan kapasitas baterai lebih besar dari milik Zenfone 5 (2110 mAh). Untuk seri Zenfone 2 nantinya akan menggunakan baterai yang lebih besar lagi dengan kapasitas 3000 mAh. Hal ini wajar dilakukan karena adanya peningkatan ukuran layar yang akan mengkonsumsi daya lebih banyak.

Kesimpulan

Zenfone 2 nantinya akan mendukung jaringan LTE untuk bersaing dengan ponsel sekelas mereka. Pilihan akan makin sulit bagi Anda yang menginginkan sebuah smartphone yang bisa dijadikan “teman” dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi smartphone dengan pilihan RAM 4 GB akan lebih banyak hadir di tahun ini dan kemungkinan akan juga masuk ke Tanah Air.

 Sebelum tergiur membeli coba renungkan ini sejenak, “Secanggih apapun gadget jika tidak sesuai dengan kebutuhan maka akan sangat sia-sia segala kecanggihannya. Namun smartphone dengan harga murah jika sesuai dengan apa yang diinginkan pengunanya maka akan jadi barang berharga bagi pemiliknya”. Jadi pilihan tergantung pada Anda, apakah menunggu Zenfone 2 atau menjatuhkan pilihan ke smartphone lain.

Baca juga artikel

Ini Varian Zenfone 2 yang Masuk ke Indonesia

Microsoft Lumia 640 XL, WindowsPhone Dalam Kepungan Android

Rumor Peluncuran Flagship Lenovo Terbaru Vibe Z3 Pro di 23 Maret

Artikel Lainnya

Komentar

Risky Wijaya Praba Saputra 18 Maret 2015 - 15:28
keren nih... ada flash tambahan nya juga
evanyzd 19 Maret 2015 - 09:46
batrenya 3000 mAh..dan sudah lollipop. Penasaran liat Lolli di ZenUI
Yudie Ardiansyah 20 Maret 2015 - 13:09
Kalo batere 3000 mAh dah banyak beredar, yang belon ada RAM 4 GB nya
Bima Satria 23 Maret 2015 - 08:47
udah banyak beredar ? serius?