Evercoss Winner Y, Octa Core Murah dengan Aplikasi Penghemat Kuota

Oleh Hilman Mulya Nugraha on Selasa, 27 Jan 2015 | 17:44

Smartphone octa core murah dapat ditemukan dengan mudah. Salah satunya adalah Evercoss Elevate Y2 yang dibanderol dengan harga Rp2 jutaan. Namun, Evercoss kemudian menghadirkan kembali smartphone octa core yang lebih murah dari Evercoss Elevate Y2. Evercoss Winner Y A76  adalah smartphone yang dimaksud.

Smartphone ini siap bertempur dengan smartphone prosesor delapan inti lainnya yang sudah banyak beredar. Hari ini (27/1) salah satu toko online, Lazada, menjualnya dengan harga promo Rp1.350.00 yang sebelumnya Rp2.350.000.

Ternyata smartphone ini cukup populer dan ditunggu oleh pembeli, pasalnya smartphone tersebut ludes dalam hitungan menit. Mau tahu seperti apa lebih jelasnya? Berikut uraian singkat Winner Y A76 dari Evercoss.

Desain dan Layar

Evercoss Winner Y A76 memiliki bentuk desain sederhana yang mirip dengan smartphone Android quad core Evercoss A66A Elevate Y. Bahkan boleh dibilang, smartphone ini adalah seri lanjutan Evercoss A66 Elevate Y yang hadir dengan prosesor octa core. Hal ini tampak terlihat dari bentuknya yang membulat sama persis.

Tampaknya Evercoss lebih menyukai bentuk membulat ini dibandingkan bentuk tampak kotak bersudut seperti pada desain Evercoss Elevate Y2. Bentuk membulat ini juga mungkin disesuaikan dengan dimensi layarnya yang mengusung layar 5 inci dengan resolusi 540 x 960 piksel. Agak disayangkan sebenarnya padahal Evercoss bisa membenamkan resolusi HD 1280 x 720 piksel agar visualiasi yang dihadirkan lebih maksimal mengingat smartphone didukung dengan prosesor octa core.

Performa

Terlepas dari resolsui layarnya yang masih menggunakan qHD, keberadaan prosesor octa core pada Evercoss Winner Y A76 tentu patut dipuji. Dengan chipset dari MediaTek yang di dalamnya terdapat prosesor delapan inti dengan kecepatan lari 1,7GHz membuat Evercoss Winner Y A76 bisa menjalankan berbagai games dan aplikasi berat dengan maksimal. Tetapi pengguna harus cukup sabar dengan kapasitas RAM 1 GB yang standar untuk mendukung prosesor octa core. Tidak terlalu buruk memang RAM 1GB karena sudah cukup baik untuk mendukung prosesor octa core tetapi tentu kemampuan multitasking-nya kalah dibandingkan ponsel cerdas dengan kapasitas RAM yang lebih besar.

Konektivitas

Untuk sebuah smartphone dengan harga Rp1 jutaan, kehadiran konektvitas seperti GPS dan Bluetooth 4.0 tentu patut diapreasiasi. Selain itu, ada juga konektivitas seperti port microUSB plus fitur USB OTG, Wi Fi, dan Wi Fi Tethering yang membuat konektivitas pada smartphone ini boleh dikatakan lumayan. Tentu saja smartphone ini juga slot microSD yang mendukung penyimpanan hingga 32 GB sebagai alternatif jika pengguna merasa memori internal 8 GB yang dimiliki smartphone dirasa kurang.

Hal yang menarik, Evercoss Winner Y A76 mendapat dukungan HotKnot, sebuah kemampuan yang membuat Evercoss Elevate Y3 dapat melakukan transfer data dengan hanya menyentuhkan bodinya ke perangkat lain.

Kamera

Sisi kamera tidak terlalu buruk untuk bagian belakang sementara bagian depan bisa dikatakan cukup baik. Kamera bagian belakang mengusung kamera 8 MP dengan fitur LED Flash. Cukuplah untuk memotret berbagai gambar dan objek. Kamera depan pada smartphone ini, yakni kamera 5 MP tentu akan sanga disukai bagi yang sering melakukan video chating maupun selfie.

Baterai dan Fitur

Mengingat Evercoss Winner Y A76 adalah smartphone dengan dapur pacu delapan inti, dukungan baterainya tentu harus sangat bagus. Minimal kapasitasnya memadai. Tetapi pihak Evercoss hanya menyematkan baterai berkapasitas 2350mAh.

Entah apakah kapasitas ini sudah cukup baik tapi rasa-rasanya sangat kurang untuk sebuah smartphone octa core. Terlepas dari kekurangannya, smartphone ini ternyata memiliki fitur yang baik, yakni kehadiran pre-install aplikasi Opera Max.

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dapat mengehemat penggunaan data. Kemampuan Opera Max dalam mengkompresi video, gambar, bahkan teks tentu menjadi kelebihan tersendiri. Bagi pengguna yang sering bermasalah dengan kuota dapat teratasi dengan adanya aplikasi yang satu ini. Karena itu, tidak salah jika menyebut Opera Max sebagai aplikasi penghemat kuota.

Evercoss Winner Y A76 memang unggul dari segi prosesor tetapi smartphone ini memiliki kekurang dari segi lain. Dalam hal ini layar dan baterai. Untuk kamera dan konektivitas sendiri cukup dikatakan lumayan. Dengan kelebihan dan kekurangan tersebut, cukup masuk akal jika Evercoss Winner Y A76 dijual dengan harga terjangkau. (Tedi)

Baca juga artikel:

Perjalanan Smartphone Berkamera Canggih Dari Masa ke Masa

RAM 3 GB dan Harga Miring Ala Meizu MX4 Pro

Kilas Balik Perkembangan Teknologi Ponsel Kamera

Artikel Lainnya

Komentar