Mengenal Lebih Dekat Kamera Gopro

Mengenal Lebih Dekat Kamera Gopro

Oleh Hanggara Eko Nugraha on Jumat, 05 Peb 2016 | 11:22

GoPro merupakan salah satu action camera atau kamera aksi yang sangat populer untuk dipakai dalam kegiatan outdoor, seperti bersepeda, terjun payung, surfing, motorcross, dan aksi menantang lainnya.

Selain ukurannya yang mungil, kelebihan kamera GoPro dari kamera lainnya ialah bisa dipasangkan dalam berbagai posisi dan lokasi serta tahan terhadap goncangan, air, dan cuaca ekstrim lainnya.

Sejarah kamera GoPro

kamera gopro
Via techcrunch

Kamera Gopro diciptakan oleh Nicholas Woodman. Pria kelahiran 1975 yang suka berpetualang dan berselancar. Ceritanya saat itu, dia sedang berlibur ke Bali di tahun 2002 untuk menenangkan dirinya karena perusahaan marketing yang dibangunnya tahun 2000 bernama Funbag itu bangkrut.

Ide lahirnya kamera aksi GoPro muncul ketika dia ingin mengabadikan aksinya di atas papan selancar. Kamera Kodak yang diikatkan ke tangannya sulit dioperasikan dan suka terlepas, malah kadang menghantam wajahnya. Dalam pikirannya, ia pun bertekad untuk membuat kamera mungil, tangguh, tahan air, dan bisa dipasangkan ke tubuh manusia saat sedang berselancar ataupun berenang.

Ide itu pun dibawanya ketika pulang ke Amerika Serikat. Bermodalkan hasil penjualan 600 souvenir asal Bali (souvenir USD 1,9 per buah, dijual kembali dengan harga USD 60) dan pinjaman USD 35 ribu dari ibunya, dia pun merasa cukup untuk mengembangkan ide pembuatan kamera impiannya. Selama dua tahun, ide itu terus dikembangkan dengan memadukan inovasi baru yang ditemukan dalam pengembangan tersebut. Hingga akhirnya terciptalah Gopro edisi pertama, GoPro Hero 35mm yang dikenalkan ke publik pada September 2004.

GoPro Hero 35mm
Via camera-wiki.org

Produk Action Camera GoPro

GoPro, produsen action camera asal California, Amerika Serikat, di tahun pertamanya berhasil mencatat pejualan USD 350 ribu. Perusahaan yang dipimpin oleh Nicholas Woodman itu pun terus mengalami peningkatan pejualan kamera. Di tahun 2013, kamera GoPro laku sebanyak 2,3 juta kamera dan diakhir tahun 2012, Foxcon membeli 8.8 persen saham GoPro senilai USD 200 juta.

hero seri pertama
Via digitalvideocameraaccessories

Berikut jajaran kamera GoPro dari awal hingga kini 

Spesifikasi GoPro HERO Digital HERO Digital HERO 2 Digital HERO 2 (2) HD HERO 960 HD HERO HD HERO 2 HERO 3 HERO 3+ HERO4 HERO+LCD
Tahun Rilis 2005 2006 2007 2008 2010 2010 2011 2012 2013 2014 2015
Sensor - - - CMOS CMOS CMOS CMOS CMOS CMOS
Video Mode MP4  MP4  MP4 MP4 MPEG4  MPEG4 MPEG4 MPEG4 H.264 H.264
Photo Mode JPEG JPEG JPEG JPEG JPEG  JPEG JPEG JPEG JPEG JPEG
Display   - - -  -    3"
Connectivity USB USB USB    USB  Wi-Fi,USB, HDMI Wi-Fi,USB, HDMI Wi-Fi,USB, HDMI  Wi-Fi,USB, HDMI  Wi-Fi,USB, HDMI 
Memori - 32MB 16MB  Micro SD Micro SD Micro SD  Micro SD  Micro SD  Micro SD
Baterai AAA AAA AAA AAA  1000 mAh  1000 mAh 1050 mAh 1180 mAh 1160 mAh 1160 mAh

Perbedaan Seri GoPro

kamera action gopro series
Via mashable

Sampai saat ini, GoPro sudah mengeluarkan 4 generasi produk. Produk tersebut diantaranya adalah GoPro HERO, GoPro HERO2, GoPro HERO3, dan GoPro HERO4. GoPro HERO4 merupakan varian teranyar, hadir dengan sejumlah update dari segi spesifikasi dan fitur dibandingkan seri terdahulunya.

Sementara itu, setiap tipe tersebut pun dibagi menjadi tiga seri, seperti seri Black, Silver, dan HERO, sebelumnya HERO White. Setiap seri tersebut menawarkan sejumlah perbedaan signifikan, seperti HERO Black yang ditujukkan bagi kalangan professional, HERO Silver untuk pengguna amatir, dan HERO yang dikhusukan bagi kelas pemula yang baru menggunakan GoPro.

Untuk varian GoPro HERO3 White Edition, ia hadir dengan resolusi kamera 5 MP dan kemampuan merekam video beresolusi maksimal 1080p 30 fps. Kemudian seri Silver memiliki kemampuan merekam video 1080p 30 fps dan 960p 48 fps, serta mengusung resolusi 11 MP.

Baca juga Cara Cerdas Gunakan Gopro agar Tidak Mudah Rusak dan Mati Total

Sementara GoPro HERO3 Black Edition ia memiliki kemampuan lebih tinggi, yakni mempunyai kamera beresolusi 12 MP dan dapat merekam video beresolusi maksimal 1080p dengan kecepatan 60 fps.

Untuk varian GoPro HERO4 Black Edition ia sudah mempunyai kemampuan merekam video 4K 30 fps, sedangkan HERO4 Silver yang dapat merekam video berkualitas 1020p 120 fps. Generasi terbaru ini pun sudah dilengkapi sejumlah fitur menarik, salah satunya adalah konektivitas WiFi yang memungkinkan kamu untuk upload dan share gambar atau video dengan cara mudah.

Sementara untuk GoPro edisi pertama dan kedua saat ini produksinya sudah dihentikan, sehingga kamu tak dapat membelinya melalui situs resmi GoPro. Kendati demikian, kamu yang masih tertarik dengan dua versi lawas tersebut dapat membelinya di sejumlah ritel online maupun offline.

Di tahun 2016 ini, muncul rumor yang bahwa GoPro akan meluncurkan sebuah drone bernama KARMA dan juga GoPro HERO 5 di ajang Consumer Electronics Show (CES) 2016 di Las Vegas yang bulan Januari 2016. GoPro HERO 5 dirumorkan akan mampu menyelam sedalam 60 meter, didukung dengan resolusi 8K, dan dilengkapi dua lensa kamera untuk menangkap gambar tiga dimensi (3D)

 

Kelebihan kamera GoPro

Kamera aksi GoPro hadir menawarkan banyak kelebihan, utamanya adalah desain berukuran ringkas dan anti air, membuatnya fleksibel untuk dipakai dan diletakan pada posisi, baik di darat maupun di dalam air. Lalu untuk kualitasnya, hasil video yang dihasilkan GoPro tak pernah main-main, menjadikan GoPro dapat disejajarkan dengan hasil video dari kamera DSLR yang ada di pasaran.

Kelebihan lainnya yaitu ketersediaan aksesoris pendukung yang banyak, seperti mount yang bisa kamu pasang di bodi, papan seluncur, pergelangan tangan, bahkan mount yang bisa dipasangkan pada badan hewan.

Terakhir, GoPro memiliki kelebihan pada ketersediaan aplikasi pendukung untuk berbagai platform, mulai dari Android, iOS, bahkan Windows Phone. Dengan begitu, kamu dapat menjadikan smartphone sebagai shutter kamera, view finder untuk  mengecek posisi objek, serta melakukan transfer file. Hal ini pun membuat GoPro tidak hanya cocok dipakai oleh para profesional atau pecinta olahraga ekstrim, melainkan kamu penyuka selfie pun akan cocok menggunakannya.

Baca juga Mengenal GoPro Power Savings dan Kegunaannya

Kekurangan Kamera GoPro

Sekalipun GoPro memiliki banyak kelebihan, namun ia memiliki kekurangan yang kerap dikeluhkan penggunannya. Pertama, GoPro hanya dibekali baterai berkapasitas minim, membuatnya hanya mampu dipakai selama 1 sampai 2 jam saja.

Lalu, GoPro pun mempunyai kapasitas memori yang kecil, tidak sebanding dengan hasil video berukuran besar yang dihasilkannya. Kendati demikian, hal tersebut dirasa wajar karena GoPro memang ditujukan untuk merekam momen yang durasinya singkat.

Untuk dua kekurangan di atas sejatinya dapat diatasi dengan mudah. Pertama, kamu dapat menyediakan baterai cadangan sehingga tidak kerepotan saat membawa GoPro bepergian. Kemudian, kamu pun dapat membawa memori cadangan atau laptop sehingga dapat transfer data untuk mengembalikan sisa memori seperti semula.

Kekurangan lain dari GoPro adalah kemampuan yang hanya fokus pada mode perekaman, membuat fitur pengambilan gambar belum dapat disejajarkan dengan hasil dari kamera DSLR. Sementara soal tidak adanya kemampuan Optical Image Stabilization, saat ini GoPro sudah memberikan solusi dengan menyediakan software Digital Stabilization.

Terakhir adalah harga aksesoris GoPro yang tergolong mahal. Disamping kamu harus mengeluarkan budget untuk membeli GoPro Black dengan kisaran harga US$ 499, GoPro Silver seharga US$ 399 dolar, atau seri HERO sekitar US$ 129, kamu pun harus mengeluarkan uang untuk membeli mounting yang dijual mulai US$ 20 dolar.

Untuk harga GoPro di Indonesia kamu bisa melihatnya perbandingan harganya di  bawah ini

Aksesoris GoPro

Selain mount, GoPro pun memiliki banyak aksesoris yang tentu saja dapat menunjang kegiatan kamu saat berpetualang. Pertama adalah Battery BacPac, memungkinkan kamu dapat melakukan aktivitas lebih lama, bekerja layaknya baterai biasa yang dapat diisi ulang.

GoPro juga menggunakan koneksi USB untuk mengisi daya. Namun, pengisian daya tersebut tidak hanya dapat dilakukan oleh USB Charger karena GoPro kini menyediakan opsi untuk melakukan pengisian baterai dengan Wall Charger. Hadirnya Wall Charger membuat baterai GoPro dapat diisi 2 kali lebih cepat.

Tak hanya itu, karena kamu pun dapat membeli dan menggunakan aksesoris lain, seperti Auto Charger, Mic Adapter yang dapat disambungkan pada slot micro USB untuk meningkatkan kualitas suara, Combo Cables, Anti Fog Inserts untuk menjaga bodi dan lensa dari lembab, serta Floaty untuk kamu pasangkan saat ingin menggunakan GoPro dalam keadaan basah.

Pesaing kamera Gopro

Pesaing GoPro mulai dari Xiaomi, Brica, Sony, Garmin, Kogan, Nikon, Panasonic, Polaroid, SJ Cam, dan lainnya. Tentu saja harga yang ditawarkan lebih murah dari produk-produk GoPro yang ada di pasaran saat ini.

Harga Kamera GoPro Januari 2016

GoPro Series Harga
GOPRO HD HERO3+ Silver Edition Rp 4.070.000
GOPRO HD HERO3 Rp 2.950.000
GOPRO HERO4 Silver Edition Rp 5.250.000
GOPRO HERO4 Black Edition Rp 5.949.000
GOPRO HERO4 Session Rp 3.469.000
GOPRO HD HERO3+ Black Edition Rp 5.235.000

Kesimpulan

Dengan hadirnya GoPro, kamu yang menyukai aktivitas ekstrim, berolahraga ataupun selfie kini dapat mengabadikan momen spesial dengan sangat baik. Selain itu, hasil rekaman yang dihasilkan GoPro pun sangatlah baik, dapat disejajarkan dengan hasil video dari kamera DSLR. Dibalik harga kamera dan aksesoris yang tergolong tinggi, namun rasanya hal tersebut sangat sebanding dengan kualitas istimewa yang mampu diberikan GoPro untuk kamu. Tertarik menggunakannya? 

 

Baca juga artikel

Kini Kamu Bisa Edit Video Langsung dari Kamera Gopro

SLICK Stabilizer, Aksesoris Terbaru untuk Kamera GoPro

GoPro Hero 4 Session, Kamera Mungil dengan Fitur Waterproof

Artikel Lainnya

Komentar