Berapa Biaya Jasa Service Xiaomi Redmi 1s?

Oleh Tedi Yuni A on Selasa, 07 Okt 2014 | 19:45

Produk yang kiri merupakan Xiaomi Redmi 1s yang dijual di Lazada

Bagi Anda yang beruntung mendapatkan smartphone Xiaomi Redmi 1s, tahukah ada berapa biaya perbaikan ponsel ini untuk jasanya saja?.

Renaldi, teknisi di service center resmi Xiaomi yang berada di Komplek ITC Roxy Mas menjelaskan, bahwa untuk biaya perbaikan Xiaomi Redmi 1s tergantung dari kerusakannya, tetapi untuk ongkos jasanya saja Rp190.000. Angka ini akan bertambah jika ada pergantian sparepart.

“Untuk itu sebelum melakukan perbaikan, Kami mengecek secara menyeluruh smartphone tersebut agar kerusakannnya dapat terdeteksi dengan benar,” ujar Renaldi.

Selain itu, pengecekan tersebut dilakukan untuk mengetahui apakah akibat human error atau benar dari pabrikan. Katanya, pengunjung suka ada yang berbohong mengatakan bawah ini kerusakan dari pabrik padahal akibat terjatuh atau terendam air.

Dia juga menjelaskan bahwa untuk pergantian jenis sparepart harganya berbeda-beda. Untuk waktu pengerjaan diungkap Renaldi semua tergantung dari kerusakan yang dialami serta ada tidaknya sparepart penganti.

”Jika tidak ada maka harus menunggu, dan waktunya tidak bisa ditentukan tergantung kapan barang tiba. Bisa seminggu, dua minggu atau sebulan, bahkan lebih,” terangnya.

Sayangnya pria separuh baya tersebut tidak ingin menjelaskan secara rinci berapa harga pengantian onderdil Xiaomi Redmi 1s. Misalnya saja layar atau lainnya. “Garansi yang ditawarkan selama satu tahun, jadi tidak perlu risau selama perawatannya baik,” terangnya.

Namun, ada hal lain di luar teknis yang membuat pengunjung dikenakan biaya manakala datang ke service center resmi ini.

Pertama ialah bahwa produk ini bukanlah produk resmi dari Xiaomi yang dijual di Lazada. Kemudian ada ciri lain yang dapat membedakan apakah itu produk resmi atau bukan.

Produk resmi yang dijual pada situs online tersebut memiliki ciri-ciri, seperti tulisan pada box dan tubuh Xiaomi Redmi 1s yang sudah menggunakan Bahasa Indonesia dan bukan Bahasa Cina.

Contoh jelasnya bisa dilihat pada gambar di atas. Produk yang disebelah kiri terlihat lebih rapi tulisanya dan menggunakan Bahasa Indonesia. Ciri lainnya ialah memiliki dua momor imei sedangkan lainya hanya ada satu nomor.

Meski demikian, kata Renaldy pihaknya tetap akan menerima perbaikan smartphone Xiaomi Redmi 1s dari mana asalnya dengan syarat ada kesepakatan harga dari kedua belah pihak.  

Baca juga artikel:

Mengenal Lebih Jauh Jaringan Seluler di Tanah Air

Mengenal Jenis-jenis SIM Card Handphone

Xiaomi Mi Note Pro, Naik Kelas dengan Layar 2K

Artikel Lainnya

Komentar

Muhamad Ramdhan 29 Januari 2015 - 04:44
kalo redmi 1s yg kanan itu dapet dri mna ?
Arif Nur Ridwan 29 Januari 2015 - 09:25
itu versi yang china kayanya gan
Risky Wijaya Praba Saputra 29 Januari 2015 - 09:26
yg kanan dari distributor gan :)