Pilihan Ponsel Android KitKat Harga Murah di Bawah Rp1juta

Oleh Tedi Yuni A on Selasa, 26 Agu 2014 | 13:00

 

Persaingan ponsel di kelas low-end juga tak kalah sengitnya dibandingkan smartphone premium. Saling berlomba memberikan sentuhan fitur kelas atas untuk jadi jawara. Kali ini kandidatnya ialah LG L20, Acer Liquid Z200 dual, Smartfren Andromax G2 Touch Qwerty, dan ZTE KIS 3. Ke empat unit ponsel tersebut belum lama masuk pasar dengan perbedaan harga tipis sekali. Lantas mana yang Anda pilih?.

LG L20 Rp799.000

L20 tampak begitu mungil dengan dimensi layar yang hanya 3.0 inch (240 x 320 pixels). Pada bagian mukanya tidak terdapat kamera depan, hanya dibagian belakang saja dan itu pun tanpa flash. Untuk pengambilan gambar Anda bertumpu pada kamera beresolusi 2 MP.

Kalau sistem operasinya sudah Android Kitkat dan kinerjanya ditunjang prosesor dual core 1 GHz. Karena RAM-nya hanya 512 MB saja, Anda mesti memilih aplikasi dan game yang tepat agar kinerja ponsel Anda tidak kedodoran. Hapus aplikasi yang jarang dipakai agar ruang memori internal yang 4 GB dapat dimanfaatkan secara optimal. Kekuatan baterainya bertumpu pada kapasitas 1.540 mAh.

Bagian menarik dari ponsel yang punya dua warna, hitam dan biru berpadu putih ini ialah fitur Quick Memo, Guest Mode, dan Knock Code. Semua fitur tersebut dulunya hanya ada di smartphone premium milik LG.

Fitur lainnya yang tak kalah menarik ialah FM Music Collector. Pasalnya fitur ini mampu memisahkan lagu yang direkam dengan suara penyiar yang kadang muncul di tengah-tengah lagu. Jadi rekaman Anda hanya berisi lagu saja.

Acer Liquid Z200 dual Rp899.000

Kalau pilih yang ini layarnya memang sudah 4.0 inch (480 x 800) agak besar dari L20. Namun hampir keseluruhan jeroannya mirip dengan apa yang L20 miliki. Sebut saja prosesor dual core 1.0 GHz yang mengusung chipset MediaTek MT 6572M. Chipset ini memang banyak digunakan untuk ponsel-ponsel low-end karena harganya yang murah.

Untuk memori internal 4 GB dan RAM 512 MB. Tidak ada perbedaan dengan L20, begitu pun dengan sistem operasinya yang menggunakan Android KitKat.

Bagi Anda yang menyukai foto selfie  tetap harus kecewa karena ponsel ini tidak dibekali kamera depan, dan bagian kamera belakang pun resolusinya hanya 2 MP dengan lensa fixed focus.

Dibagian baterai, Liquid Z200 harus takluk pada L20 karena kapasitas baterai miliknya hanya 1.300 mAh. Di pasar, ponsel ini tampil lebih kaya warna mulai dari Titanium Black, Essential White, Fragrant Pink, Sky Blue, dan Sunshine Yellow.

ZTE KIS 3 Rp999.000

ZTE membekali ponsel ini dengan perangkat keras yang berada di atas rival-nya. Namun, Anda harus puas dengan memori yang hanya 512 MB dan kapasitas RAM 256 MB saja. Penambahan memori dapat dilakukan dengan microSD yang dapat ditingkatkan kapasitasnya menjadi 32 GB.

ZTE KIS 3 memiliki ukuran layar 4.0 inch sama dengan milik Acer Liquid Z200. Akan tetapi sudah menggunakan LCD IPS dengan resolusi 480 x 800 pixels. Tentunya lebih jernih dan memiliki sudut pandang yang lebih luas.

Untuk chipset prosesornya menggunakan MSM7225A Snapdragon milik Qualcomm yang memiliki clock speed 1,2 GHz. Perangkat lunaknya menggunakan Android KitKat. Kameranya sudah 3.15 MP dan tidak ada kamera depan.

Smartfren Andromax G2 Touch Qwerty Rp999.000

Dalam keluarga Andromax, G2 Touch Qwerty jadi ponsel Android pertama yang menggunakan keyboard fisik. Jika ada yang masih bermasalah dengan layar sentuh, tentu saja solusinya bisa jadi ponsel ini.

Bagaimana dengan jeroannya?. Ponsel dengan pilihan tiga warna ini, hitam, putih, merah hanya dibekali Android Jelly Bean, tetapi pihak Smartfren berjanji akan memberikan update Android Kitkat secepatnya.

Untuk prosesornya mengandalkan chipset Snapdragon milik Qualcomm dengan dua inti prosesor yang memiliki clock speed 1,2 GHz. Memori interanl 4 GB dan untuk RAM-nya sebesar 512 MB.

Kamera utama satu tingkat lebih baik dari ketiga rivalnya, yakni 5 MP dengan kamera depan yang dapat digunakan untuk video call 1,3 MP.

Sayang layarnya tidak begitu memuaskan, ukurannya hanya 3,5 inch dengan resolusi 320 x 480 pixels. Namun baterainya cukup besar dengan kapasitas 1.700 mAh.  Untuk SIM 1, sudah mengusung jaringan 3G yang berjalan di jaringan CDMA EVDO Rev A up to 3.1 Mbps.

Baca juga artikel:

Evercoss A76, Octa Core Diharga Rp1,6 juta

Xiaomi Mi Note Pro, Naik Kelas dengan Layar 2K

Ini Cara Blokir SMS Penipuan Mama Minta Pulsa

Artikel Lainnya

Komentar