Vivo V9 vs Xiaomi Redmi 5, Duel Hp Murah dengan Layar Kekinian

Oleh Rizki Abadi updated Senin, 16 Apr 2018 | 01:51

vivo v9 vs xiaomi redmi 5

Di bulan Februari, Xiaomi resmi meluncurkan smartphone terbaru dengan layar kekinian full display yaitu Xiaomi Redmi 5 di Indonesia. Smartphone ini memiliki spesifikasi bagus, namun seperti hp Xiaomi lain, Redmi 5 dijual dengan harga terjangkau.

Beberapa waktu setelahnya, muncul pesaing Xiaomi Redmi 5 yaitu Vivo V9. Peluncuran hp ini berlangsung sangat meriah, karena melibatkan banyak artis terkenal tanah Air. Untuk masalah kemampuannya, dipastikan hp ini akan memiliki sejumlah pengembangan dibanding pendahulunya yaitu Vivo V7 dan V7+.

Yang menarik adalah, kedua hp ini mengusung prosesor yang sama yaitu Qualcomm Snapdragon 450. Walau ditujukan untuk penggunaaan di hp entry level, tapi dengan mengusung nama besar si pembesut, Qualcomm, rasanya kualitas keduanya sudah tak perlu diragukan lagi.

Walau punya prosesor sama, kedua hp ini tetap memiliki sejumlah perbedaan yang cukup mencolok dari segi hardware maupun software. Apa saja perbedaan dari Xiaomi Redmi 5 dan Vivo V9? Berikut adalah pembahasannya:

Ukuran Layar

Baik Vivo V9 dan Xiaomi Redmi 5 sebenarnya sama-sama mengusung desain full display. Namun ada perbedaan mencolok dari keduanya di mana Vivo V9 hadir dengan layar lebih besar ukuran 6.3 inch. Sementara Xiaomi Redmi 5 hadir dengan layar lebih kecil ukuran 5.7 inch.

Selain berbeda ukuran, layar milik Vivo V9 kembali unggul dalam hal resolusi. Di mana layar hp ini berjenis IPS LCD capacitive touchscreen beresolusi 1080 x 2280 pixels dengan kerapatan 400 ppi. Rasio layar dan bodinya juga cukup besar yaitu mencapai sekitar 85.2% dan memiliki poni atau notch. 

Sementara itu Xiaomi Redmi 5 mengandalkan jenis layar IPS LCD capacitive touchscreen beresolusi 720 x 1440 pixels dengan kerapatan 282 ppi. Rasio layar dan bodi yang diusungnya lebih kecil yaitu 75.9% tanpa notch. Walau begitu, layar milik Xiaomi memiliki keunggulan lebih karena sudah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass.

RAM dan Memori Internal

Jika kita bicara mengenai dapur pacu utama, sudah jelas kalau Vivo V9 dan Xiaomi Redmi 5 menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 450. Namun, tak adil rasanya jika kita hanya terpaku membicarakan prosesor saja.

Untuk urusan RAM dan memori internal, Vivo bisa kembali berpuas diri karena lebih unggul dalam hal ini. Di mana Vivo hanya memberikan satu varian RAM 4GB yang masih bisa diperlebar hingga 256GB menggunakan microSD dan ROM 64GB pada produk V9. Sementara Xiaomi menggunakan pendekatan berbeda untuk urusan RAM dan memori internal ini.

Di mana mereka menggunakan 3 varian berbeda pada Redmi 5 yaitu RAM 2GB ROM 16GB, RAM 3GB ROM 32GB, dan RAM 4GB ROM 32GB. Memori semua varian ini masih bisa diperlebar sampai 128GB menggunakan kartu memori eksternal.

Namun, satu hal yang jelas, Vivo unggul dalam urusan memori internal karena mampu memberikan kapasitas lebih besar dari pesaingnya tersebut.

Kamera

Untuk urusan kamera, lagi-lagi Vivo bisa membusungkan dada. Karena kamera yang diusung Vivo V9 memiliki resolusi lebih besar dari Xiaomi. Di mana Vivo V9 memiliki dual kamera utama beresolusi 16 MP + 5 MP, f/2.0 dan sudah dilengkapi phase detection autofocus serta dual-LED flash.

Kamera ini mampu merekam video beresolusi 2160 piksel. Sementara kamera depan Vivo V9 memiliki resolusi besar yaitu 24 MP, f/2.0. Dengan kamera ini, Vivo V9 jelas ditujukan untuk menyasar konsumen yang menyukai selfie.

Sementara kamera Xiaomi Redmi 5 menggunakan resolusi 12 MP f/2.2, 1.25 μm di bagian belakang. Kamera ini dilengkapi fitur phase detection autofocus serta LED flash. Kamera depan Redmi 5 juga hanya menggunakan sensor beresolusi 5MP.

Baterai

Xiaomi rupanya memberikan perhatian lebih pada urusan baterai dari Redmi 5. Hal ini bisa dilihat dari kapasitas baterai Redmi 5 yang sudah berkapasitas 3300 mAh. Bahkan Xiaomi sudah memberikan kemampuan fast charging pada hp Android murah buatannya ini.

Sementara Vivo V9 menggunakan baterai berkapasitas 3260 mAh. Walau Vivo mengusung baterai lebih kecil, sebenarnya kapasitas baterai kedua hp tidak terlalu jauh, jadi tidak bisa dibandingkan secara kasar mengingat kebutuhan pemakaian setiap orang berbeda-beda. Mengenai daya tahan, itu juga kembali kepada pemakaian si pemakai.

Harga

Harga selalu menjadi daya tarik utama dari produk hp Xiaomi. Karena mereka selalu berhasil dalam menciptakan hp murah spek tinggi untuk diluncurkan ke pasaran. Di Pricebook, Redmi 5 varian RAM 2Gb ROM 16GB dijual seharga 1.7 jutaan. Sementara varian RAM 3GB ROM 32GB serta RAM 4GB ROM 32 GB dijual dengan harga sedikit lebih mahal.

Sementara Vivo V9 dijual dengan harga lebih mahal yaitu di kisaran Rp4 juta. Lebih mahal memang, tapi kamu akan mendapat spesifikasi yang lebih tinggi dalam hal kamera dan memori internal. Walaupun begitu, semua kembali kepada kamu untuk memutuskan mau membeli yang mana, apakah Vivo V9 atau Xiaomi Redmi 5.

Jika kamu lebih mencari hp dengan spek bagus tapi murah dan tanpa memikirkan urusan kamera, maka Xiaomi Redmi 5 adalah rekomendasi utama. Sementara bila kamu adalah penyuka selfie dan sedang mencari hp berspesifikasi lumayan tinggi, maka Vivo V9 adalah pilihannya.

Artikel Lainnya

Komentar