Xiaomi Redmi 5A vs Nokia 2, Duel Hp 5 inch Murah

Oleh Ardiansyah Hana updated Selasa, 20 Feb 2018 | 11:00

Di akhir tahun 2017 lalu, pabrikan Xiaomi membuat gebrakan di Indonesia. Produsen ini merilis resmi hp terbaru bertajuk Xiaomi Redmi 5A yang dijual secara flash sale melalui Lazada dengan banderol Rp999.000 saja. Selama flash sale di Lazada perangkat ini selalu ludes dalam hitungan menit, tepatnya 3-5 menit saja. Hal tersebut cukup menjadi bukti bahwa perangkat berkamera belakang 13MP ini memang memiliki banyak peminat.

Xiaomi Redmi 5A memang bisa menjadi pilihan terbaik untuk pengguna entry level dengan dana terbatas. Namun seiring tingginya minat konsumen dan ketersediaan stok yang terbatas membuat harga Xiaomi Redmi 5A melambung naik. Di sejumlah e-commerce, Xiaomi Redmi 5A dijual bervariasi dengan banderol tertinggi mencapai harga Rp1,5 juta.

Xiaomi Redmi 5A memang memiliki beberapa kelebihan dibanding perangkat lain dengan rentang harga yang tidak berbeda. Berdasarkan pengamatan kami, memang agak susah-susah gampang mencari hp alternatif si Redmi 5A ini. Dalam artian, susah mencari hp dengan harga yang sama plus spesifikasi mirip Redmi 5A. Serta gampang karena dipasaran banyak model hp yang beragam dengan spesifikasi sama, hanya saja harganya lebih mahal.

Nah, salah satunya adalah Nokia 2 yang sudah dirilis resmi ke Indonesia dengan membawa beberapa kelebihan. Smartphone ini memang ditujukan untuk bersaing di kelas bawah dengan harga murah dan menawarkan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi. Untuk masalah spesifikasi, Nokia cukup pede dengan hanya menyematkan layar ukuran 5 inci dengan resolusi HD pada ponselnya ini.

Meskipun berukuran kecil, namun layar Nokia 2 bertipe LTPS TFT backplane yang mampu mengkonsumsi baterai 15% lebih hemat, tapi tetap bisa menampilkan kontras gambar yang tinggi.

Lalu bagaimana jika kedua hp ini disandingkan? Berikut perbandingan antara Xiaomi Redmi 5A dan Nokia 2.

Desain

Desain Xiaomi Redmi 5A

Di sektor desain, penampilan Nokia 2 dan Xiaomi Redmi 5A tidak jauh berbeda. Keduanya hadir dengan frame berbahan alumunium yang dipadukan dengan material plastik di bagian belakang bodi.

Untuk Nokia 2, hp ini membawa dimensi fisik berukuran 143.5 x 71.3 x 9.3 mm dan berat 161 gram, sedangkan Xiaomi Redmi 5A mengusung bodi berdimensi 140.4 x 70.1 x 8.4 mm dengan berat 137 gram.

Perbedaan lainnya, Xiaomi Redmi 5A hadir dengan tiga buah tombol kapasitif yang ditempatkan di bagian bawah layar. Sementara itu, Nokia 2 memiliki tiga buah tombol on-screen yang penempatannya bisa dikelola sesuai kebutuhan melalui setting.

Layar

Layar Nokia 2

Di sektor layar, Xiaomi Redmi 5A dan Nokia 2 sama-sama menawarkan panel IPS seluas 5 inch beresolusi HD 1280 x 720 piksel. Perbedaannya, Nokia 2 sudah dilapisi proteksi Corning Gorilla Glass 3 sehingga  tahan terhadap goresan, sementara Xiaomi tidak mengkonfirmasi terkait penggunaan kaca anti gores yang digunakan Redmi 5A.

Sistem Operasi

Xiaomi Redmi 5A hadir mengusung dukungan MIUI 9 berbasis Android 7.1.2 (Nougat). Perlu kamu ketahui, MIUI 9 tawarkan sederet fitur kekinian seperti split-screen, editing foto dengan tools yang lebih lengkap, Mi Drop, Mi Video termasuk tampilan notifikasi yang jauh lebih fresh.

Sementara itu, Nokia 2 menawarkan alternatif melalui pengunaan stock Android yang terkenal sangat ringan dan mudah dikostumisasi. Tentu saja, pemakaian antarmuka stock Android ini sangat menarik bagi sebagian orang yang tidak menyukai tampilan MIUI karena dirasa berat dan kurang smooth.

Hardware

Sayangnya, sektor performa tidak menjadi keunggulan pada Nokia 2. Hp ini hanya dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 212 yang dipadukan dengan GPU Adreno 304, RAM 1GB dan memori internal 8GB.

Di sisi lain, Xiaomi Redmi 5A tampil unggul melalui penggunaan chipset Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425 berarsitektur 64-bit berpadu dengan pengolah grafis Adreno 308, RAM 2GB dan memori internal 16GB.

Untungnya, baik Nokia 2 maupun Xiaomi Redmi 5A sudah disertai dengan slot microSD secara terpisah. Melalui adanya tambahan slot memori tersebut, kamu bisa memasang kartu microSD dengan kapasitas maksimal hingga 256GB.

Kamera

Tak hanya unggul di sektor performa, Xiaomi Redmi 5A juga membawa fitur kamera terbaik di kelasnya. Di bagian belakang, kamu bisa memanfaatkan sensor 13MP dengan aperture f/2.2, PDAF dan LED flash, sedangkan sisi depannya terdapat kamera 5MP dengan aperture f/2.0.

Sementara itu, Nokia 2 hanya memiliki kamera belakang 8MP saja dengan tambahan fitur autofocus dan LED flash, serta kamera depan berukuran 5MP yang bisa dipakai untuk merekam video beresolusi HD 720p.

Baterai

Meskipun kalah di sektor kamera dan performa, Nokia 2 menawarkan keunggulan di sektor baterai berkapasitas 4.100 mAh yang diklaim sanggup bertahan hingga 2 hari lamanya. Untuk Xiaomi Redmi 5A, hp ini hanya membawa baterai berkapasitas 3.100 mAh saja.

Kesimpulan

Dijual dengan bandrol yang hanya Rp999.000 melalui metode flash sale, keberadaan Xiaomi Redmi 5A sangatlah langka, membuat banyak penjual yang menawarkan hp ini diluar situs Lazada dengan harga tinggi. Akan tetapi, penggunaan hardware dan kamera mumpuni membuat Xiaomi Redmi 5A layak untuk diburu.

Sementara itu, Nokia 2 dengan harga Rp 1,499 juta patut dijadikan alternatif untuk kamu yang menginginkan hp dengan desain anti-mainstream, memiliki baterai awet dan tentunya dukungan layanan purna jual resmi yang tersebar di Indonesia.

Nama Harga di Pasaran Ukuran Layar Chipset OS Version RAM Memori Internal GPU Resolusi Kamera Kapasitas Baterai
Xiaomi Redmi 5A RAM 2GB ROM 16GB Rp 1,060,000 5 inch Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425 7.1 2 GB 16 GB Adreno 308 13 MP 3000 mAh
Nokia 2 Rp 1,165,000 5 inch Qualcomm MSM8909v2 Snapdragon 212 7.1.1 1 GB 8 GB Adreno 304 8 MP 4100 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Artikel Lainnya

Komentar