ASUS ZenFone Live VS Lenovo K5 Plus, Adu Hp 5 Inch Bandrol Rp1,6 Jutaan

Oleh Ardiansyah Hana updated Jumat, 29 Sep 2017 | 11:46

ASUS luncurkan sederet model hp di tahun 2017 ini. Dari sekian banyaknya hp ASUS yang dilempar ke pasaran, ada salah satu hp yang sangat menarik untuk dilirik, yakni ASUS ZenFone Live. Hp satu ini dibandrol hanya Rp1,6 jutaan saja, diklaim sebagai hp pertama di dunia dengan teknologi real-time beautification.

Sejatinya, ada banyak hp yang dijual dengan rentang harga setara di pasaran. Salah satu yang paling menarik adalah Lenovo K5 Plus, tawarkan performa tak kalah canggih dengan desain berkelas. Lantas, bagaimana jika kedua hp ini disandingkan? Untuk membantu kamu yang bingung memilih salah satu dari hp tersebut, mari kita simak komparasi antara ASUS ZenFone Live dan Lenovo K5 Plus berikut ini.

Desain

Kedua hp ini tawarkan konsep desain yang sama. Baik ASUS ZenFone Live ataupun Lenovo K5 Plus, keduanya sama-sama mengusung konsep desain yang terinspirasi dari iPhone 6. Tentunya, penggunaan konsep desain ini sangat banyak kamu jumpai di hp Android lainnya, termasuk hp dari brand OPPO, Vivo dan Xiaomi.

Seperti kebanyakan hp di pasaran, ASUS ZenFone Live tawarkan konsep unibody dengan baterai tanam. Memiliki dimensi fisik berukuran 141.2 x 71.7 x 8 mm dengan berat 121 gram, ia tampil cantik dengan material berbahan plastik ringan dengan sentuhan brushed logam sehingga memberikan kesan premium. Sementara itu, kamu bisa menemukan slot hybrid SIM di bagian samping bodi, bisa menampung dua buah kartu SIM 4G LTE atau satu buah kartu SIM 4G dengan satu buah kartu microSD.

Untuk Lenovo K5 Plus, hp ini membawa dimensi fisik berukuran 142 x 71 x 8 mm dengan bobot seberat 142 gram. Menariknya, Lenovo K5 Plus memiliki cover belakang dan baterai yang bisa kamu lepas pasang, termasuk penempatan dua buah slot SIM card dan satu buah slot kartu microSD sekaligus di bagian dalamnya.

Berbeda dengan hp kebanyakan yang tawarkan slot hybrid, tentunya hal ini menjadi kelebihan yang ditawarkan Lenovo K5 Plus ketimbang ASUS ZenFone Live. Soal build quality yang ditawarkan, K5 Plus menggunakan material plastik solid yang juga tampil mewah dengan brushed logam.

Layar

Kedua hp ini sama-sama tawarkan panel IPS seluas 5 inch. Bedanya, ASUS ZenFone Live didukung resolusi HD 1280 x 720 piksel dengan kerapatan 294 ppi pada layar, sementara Lenovo K5 Plus sanggup menampilkan layar dengan kualitas dua kali lebih detail karena memasang resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel dengan kerapatan 441 ppi.

Soal tampilan antarmuka, masing-masing hp memiliki kelebihan tersendiri. Untuk Lenovo K5 Plus, ia menggunakan Lean Lenovo Pure UI berbasis Android 5.0 Lollipop yang menawarkan sensasi asli ala stock Android yang dipadukan dengan sedikit modifikasi pada launcher.

Beralih ke pesaingnya, ASUS ZenFone Live dijalankan pada ASUS ZenUI 3.5 berbasis Android 6.0 Marshmallow. Berbeda dengan Lenovo K5 Plus, kostumisasi OS yang dilakukan oleh ASUS membawa sederet fitur menarik seperti gesture layar bernama ZenMotion, fitur Mobile Manager, serta tema yang bisa kamu kostumisasi sesuai keinginan dengan sangat mudah.

Performa

Bertengger di kelas menengah ke bawah, ASUS ZenFone Live andalkan chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 dengan prosesor Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53 yang dipadukan dengan GPU Adreno 306. Sayangnya, chipset tersebut merupakan seri lama sehingga performa yang dihasilkannya kurang begitu prima untuk dipakai menjalankan aplikasi berat versi terbaru.

Meskipun Lenovo Vibe K5 Plus telah dirilis tahun lalu, namun didalamnya berisikan chipset kelas menengah yang perilisannya lebih baru ketimbang chipset yang dipakai oleh ZenFone Live. Chipset ini adalah Qualcomm MSM8939v2 Snapdragon 616 dengan prosesor Octa-core (4x1.5 GHz Cortex-A53 & 4x1.2 GHz Cortex-A53), dipadukan GPU dari Adreno 405.

Beda seri penggunaan chipset, tentunya membuat kedua hp ini menawarkan performa berbeda. Jika dilihat, Lenovo Vibe K5 Plus lebih andal untuk menopang pengoperasian aplikasi berat, termasuk fungsi multitasking berkat adanya penggunaan RAM 3GB dengan memori internal 32GB, lebih lega ketimbang ASUS ZenFone Live dengan RAM 2GB dan memori internal 16GB.

Kamera

 

Di sektor fotografi, kedua hp ini memasang konfigurasi yang sama. Baik ASUS ZenFone Live maupun Lenovo Vibe K5 Plus sama-sama mengusung kamera belakang dengan sensor 13 MP yang sudah disertai LED flash dan autofocus. Perbedaannya, kamera belakang pada Lenovo Vibe K5 Plus menggunakan bukaan lensa f/2.2 sedangkan ASUS ZenFone Live memiliki bukaan lensa lebar di angka f/2.0 sehingga lebih andal untuk menangkap cahaya.

Selain kamera belakang, kamera depan di kedua hp ini memiliki resolusi yang sama, yakni 5 MP. Jika Lenovo Vibe K5 Plus hanya membekali kamera depan tersebut dengan aperture f/2.8, ASUS ZenFone Live tampil istimewa karena kamera depannya sudah dilengkapi fitur LED flash, lensa sudut lebar berukuran 82°, aperture f/2.2, 1.4 µm pixel size, autofocus, termasuk fitur BeautyLive yang terintegrasi dengan platform live streaming seperti YouTube dan Facebook.

Baterai dan Fitur Pendukung

Mengenai ketahanan, kedua hp ini dilengkapi baterai dengan kapasitas tak jauh berbeda. Untuk ASUS ZenFone Live, ia andalkan baterai berkapasitas 2.650 mAh, sementara itu Lenovo Vibe K5 Plus memiliki baterai dengan ukuran sedikit lebih besar, 2.750 mAh.

Tidak hanya itu, kedua hp ini juga diklaim sanggup hadirkan kualitas suara mumpuni. Pada k5 Plus, kamu akan dimanjakan dengan audio menggelegar berkat adanya penggunaan teknologi Dolby Audio, sementara ZenFone Live disertai fitur Smart Amplifier dan DTS Headphone: X.

Dilihat dari komparasi diatas, masing-masing hp memiliki kelebihan tersendiri. Untuk ASUS ZenFone Live, hp ini menonjolkan fitur kamera berkualitas serta UI yang dilengkapi dengan banyak fitur keren. Sementara itu, Lenovo Vibe K5 Plus dilengkapi layar berdefinis tinggi serta memiliki performa andal untuk menjamin mobilitas kamu. Dijual dengan bandrol Rp1,6 jutaan, hp mana yang kamu pilih diantara keduanya?

Nama Harga di Pasaran Ukuran Layar Chipset OS Version RAM Memori Internal GPU Resolusi Kamera Kapasitas Baterai
Asus Zenfone Live ZB501KL 16GB Rp 1,375,000 5 inch Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 6.0 2 GB 16 GB Adreno 306 13 MP 2650 mAh
Lenovo Vibe K5 Plus A6020 RAM 3GB Rp 1,410,000 5 inch Qualcomm MSM8939v2 Snapdragon 616 5.1 3 GB 16 GB Adreno 405 13 MP 2750 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel:

Xiaomi Redmi 4a VS Vivo Y53, Duo Hp 4G Murah untuk Anak Muda

Xiaomi Redmi Note 4 VS Wiko UPulse, Duel Hp Rp2 Jutaan Terbaik

Xiaomi Redmi 4X RAM 3GB vs Lenovo K6 Power, Duel Hape Baterai Jumbo

Artikel Lainnya

Komentar