Hp Kamera Terbaik Rp3 Jutaan, Oppo F3 vs Samsung Galaxy J7 Pro

Oleh Ardiansyah Hana updated Jumat, 18 Agu 2017 | 13:49

Oppo F3 vs Samsung J3 ProAdu dua hp kamera terbaik Rp3 jutaan antara Oppo F3 dan Samsung Galaxy J3 Pro ini cukup menarik, karena sama-sama memiliki kemampuan imaging yang sangat baik.

Samsung telah merilis Galaxy J7 Pro untuk pasar tanah air. Mengusung tagline “More Than Selfie”, tentu saja smartphone ini lebih menonjolkan pada sisi kamera. Ditujukkan untuk pengguna muda yang hobi fotografi dan aktif bermain di sosial media. Hanya saja, di segmen hp kamera terbaik pada rentang harga Rp3 jutaan, Samsung Galaxy J7 Pro akan bersaing dengan banyak kompetitor.

Salah satunya hp kamera terbaik milik Oppo dalam seri Oppo F3. Apalagi, Oppo F3 dijual dengan rentang harga yang tidak jauh berbeda, serta menggaet pasar di kelas yang sama. Nah, bagaimana masing-masing performa dan fitur yang ditawarkan keduanya?

Untuk membantu Anda memutuskan hp kamera terbaik Rp3 jutaan yang paling pas, mari kita simak komparasi Samsung Galaxy J7 Pro dan Oppo F3.

Desain Oppo F3 vs Samsung Galaxy J7 Pro

Oppo f3 vs Samsung J7 ProBerbicara desain, penampilan Oppo F3 tidak berbeda jauh dengan hp Oppo lain yang ada di pasaran. Hadir dengan varian warna Gold dan Rose Gold dalam dimensi bodi berukuran 153.3 x 75.2 x 7.3 mm dan berat 153 gram. Sementara Samsung Galaxy J7 Pro membawa bodi yang lebih tebal dan berat dengan dimensi 152.4 x 74.7 x 7.9 mm dan bobot 181 gram.

Meskipun Oppo F3 mengusung bodi lebih tipis dan ringan, namun desin yang dihadirkannya cenderung monoton, melalui pemilihan material metal dengan konsep unibody. Di sisi lain, Galaxy J7 Pro menampilkan desain lebih elegan dan orisinil, serta kesan yang lebih maskulin karena memiliki varian warna hitam.

Layar Oppo F3 vs Samsung Galaxy J7 Pro

Oppo F3 vs Samsung J7 ProKedua hp kamera terbaik untuk foto selfie sama-sama membawa panel seluas 5,5 inch dengan resolusi full HD 1920 x 1080 piksel yang menghasilkan kerapatan 401 ppi. Perbedaannya, Oppo F3 menggunakan panel IPS yang menyuguhkan viewing angle lebar, sedangkan Samsung Galaxy J7 Pro memakai panel Super AMOLED dengan kualitas kontras yang sangat vivid.

Opo F3 sudah melapisi display IPS tersebut dengan Corning Gorilla Glass 5 sehingga bisa terhindar dari goresan. Meskipun Galaxy J7 Pro tidak memiliki kaca anti gores, namun Samsung menghadirkan fitur Always On Display yang sangat inovatif, karena fitur yang sebelumnya hanya terdapat di produk flagship ini bisa memudahkan pengguna melihat informasi layar seperti jam dan notifikasi tanpa harus mengaktifkannya.

Kamera Oppo F3 vs Samsung Galaxy J7 Pro

Oppo F3 vs Samsung J7 Pro
Sektor kamera tentu saja menjadi senjata utama dari keduanya. Sama-sama menawarkan kamera belakang 13MP, perbedaan yang diberikan keduanya terletak pada kualitas. Dimana kamera Samsung Galaxy J7 Pro diklaim sanggup hasilkan foto ciamik saat ditangkap di kondisi minim cahaya berkat penggunaan aperture f/1.7, lebih baik ketimbang kamera belakang Oppo F3 dengan aperture f/2.2.

Sementara itu, terdapat perbedaan pada kamera depan. Oppo F3 tampil lebih unggul karena berhasil menyematkan dual kamera depan 16MP + 8MP yang dilengkapi lensa wide-angle 120 derajat, serta mampu hasilkan foto selfie berkualitas baik saat ditangkap di ruangan gelap berkat adanya fitur screen flash. Sedangkan Samsung Galaxy J7 Pro hanya menghadirkan satu kamera depan beresolusi 13MP dengan aperture f/1.9 dan LED flash. Sehingga keduanya memiliki keunggulan masing-masing.

Performa dan Baterai Oppo F3 vs Samsung Galaxy J7 Pro

Oppo F3 vs Samsung J7 Pro
Di awal kemunculannya, Oppo F3 hadir dengan OS Android Marshmallow yang dibalut dengan ColorOS 3.0. Sementara, Samsung Galaxy J7 Pro menawarkan fitur lebih kekinian berkat penggunaan OS Android 7.1 Nougat yang lebih baru dan dipadukan dengan UI khas Samsung. Terkait performa, Oppo mengandalkan chipset MediaTek MT6750T dengan RAM 4GB dan memori internal 64 GB. Samsung Galaxy J7 Pro memakai chipset Exynos 7870 dengan RAM berkapasitas 3GB dan memori internal 32GB/ 64GB.

Meskipun keduanya menggunakan jenis chipset berbeda, namun performa yang dihasilkan tak kalah jauh dan sama-sama mampu menjalankan berbagai tugas berat. Namun, Oppo F3 yang hadir dengan RAM lebih besar tentu saja lebih andal untuk urusan multitasking. Berbicara soal ketahanan daya, OPPO F3 menggunakan baterai dengan kapasitas 3.200 mAh, sementara Samsung Galaxy J7 Pro hadir dengan dukungan baterai yang lebih besar yakni 3.600 mAh.

Kesimpulan

Dijual dengan harga lebih murah, Anda bisa membeli Oppo F3 dan mendapatkan kepuasan di sektor performa dan kamera depan yang sudah disertai dengan fitur kekinian. Namun, Anda yang memiliki budget sedikit lebih besar lebih baik meminang Samsung Galaxy J7 Pro karena hp kamera terbaik dari Samsung ini memiliki kamera depan tak kalah menggoda dengan dukungan LED flash, serta mempunyai kapasitas baterai lebih besar dan desain bodi lebih orisinil.

Nama Harga di Pasaran Ukuran Layar Chipset OS Version RAM Memori Internal GPU Resolusi Kamera Belakang 1 Kapasitas Baterai
Samsung Galaxy J7 Pro Rp 3,650,000 5.5 inch Exynos 7870 Octa 7.1 3 GB 32 GB Mali-T830 MP2 13 MP 3600 mAh
OPPO F3 Rp 3,500,000 5.5 inch Snapdragon 653 7.0 4 GB 32 GB Adreno 515 16 MP 3000 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel :

Advan G1 VS Wiko Harry, Duel Android RAM 3GB Bandrol Murah 

Xiaomi Redmi 4X RAM 3GB vs Lenovo K6 Power, Duel Hape Baterai Jumbo 

Samsung J3 Pro vs J2 Prime, Duel Dua Hape Terjangkau 

Artikel Lainnya

Komentar