5 Lensa Kamera Mirrorless Terbaik 2017, Mana yang Paling Bagus?

Oleh Wiro updated Jumat, 11 Agu 2017 | 13:59

lensa kamera mirrorless
Image via Olympus

Produsen kamera Nikon dan Canon yang juga melansir lensa sepertinya belum tentu menjadi pilihan terbaik untuk mirrorless. Lalu, lensa mana yang menjadi terbaik di sepanjang tahun 2017 ini?

Dua merk produsen lensa yang juga telah lama menemani kiprah kamera SLR hingga DSLR ini tak lebih beruntung dibandingkan dengan produsen baru saat ini, sebut saja kamera mirrorless Panasonic yang beberapa waktu lalu hanya fokus pada produk home appliance, atau kamera mirrorless Fujifilm yang sebelumnya juga fokus pada produk negatif film serta post processing film kamera analog, akhirnya brand baru ini mampu menyalip keberadaan merk lama.

Dalam ulasan ini, sedikitnya ada 5 lensa kamera mirrorless terbaik 2017, dan semuanya berasal dari produsen baru, Nikon dan Canon tidak masuk dalam kandidat. Apa saja dan seperti apa keunggulan lensa kamera mirrorless tersebut, berikut adalah deretan produk tersebut;

1. Fujifilm Fujinon XF 35mm f/1.4 R

Sekedar mengingatkan bahwa lensa ini banyak digemari karena salah satu lensa penting, karena jika dikali crop factor 1.5x, maka lensa 35mm ini akan serupa dengan panjang fokal lensa 52.5mm dalam format full frame 35mm. Artinya, ukuran jarak fokus normal yang dimiliki lensa ini serupa dengan cara pengelihatan mata manusia.

Nah, beralasan jika lensa mirrorless terbaik 2017 ini jatuh pada Fujifilm Fujinon XF f/1.4 R, selain harga yang agak terjangkau dengan lensa di kelasnya, lensa ini juga lebih baik dalam hal bukaannya lebih besar, sehingga bisa menyerap banyak cahaya dalam waktu cepat serta bisa digunakan untuk makro foto dengan jarak kurang lebih 28cm antara lensa dan objek.

Harga termurah

Rp 4,499,000

Kriteria Spesifikasi
Focal Length 35 mm
Mount Type Fujifilm X
Weight 187 g

2. Olympus M.Zuiko 75mm f/1.8

Ini adalah lensa standar namun kerap digunakan untuk bidikan objek jauh, material metal yang dimiliki membuat lensa ini terlihat kokoh dan cocok ketika terpasang di kamera Micro Four Thirds lansiran Olympus. Tak hanya itu, lapisan lensa yang mengunakan Zuiko Extra-low Reflection Optical (ZERO) pabrikan Olympus ini terdiri dari 9 bilah lapisan untuk diafragma guna memberikan hasil bokeh lembut.

Sementara formula optik yang terdiri dari 10 elemen dalam 9 kelompok, termasuk 3 dispersi ekstra-rendah dan 2 elemen indeks bias ini membuat konstruksi lensa fokus semakin mumpuni, belum lagi dengan mekanisme fokus MSC (Movie & Stills Compatible) untuk layanan AF yang halus dan tenang. Alhasil, lensa Olympus M.Zuiko 75mm f/1.8 masuk menjadi kandidat lensa mirrorless terbaik selama 2017.

Harga termurah

Rp 12,409,548

Kriteria Spesifikasi
Focal Length 75 mm
Mount Type Micro Four Thirds
Weight 305 g

3. Sony E 50mm f/1.8 OSS

Dalam ulasan lensa fix untuk mirrorless, Sony E 50mm masuk dalam rekomendasi, dan ketika itu, banyak juru foto menggunakan rentang fokal lensa tetap ini untuk memotret model, dan kenyataannya memang demikian, jika ada pemotretan dalam atau luar ruang ruang serta studio dimana memerlukan fokus tajam semua titik objek, lensa ini mampu menunaikannya.

Dirilis beberapa tahun yang lalu, Sony E 50mm f / 1.8 OSS tetap berada di jalur yang paling terjangkau untuk menjadi lensa mirrorless terbaik di 2017 karena menawarkan kualitas gambar yang bagus. Well-built, tajam, dan menampilkan optical image stabilization. Ini tentu akan menawarkan kinerja yang jauh lebih baik jika Anda memilih lensa zoom meski dengan fleksibilitas gerakan yang harus Anda lakukan karena lensa ini tidak menyertai fasilitas zoom.

Harga termurah

Rp 2,749,000

Kriteria Spesifikasi
Focal Length 50 mm
Mount Type Sony E
Weight 202 g

4. Fujifilm Fujinon XF 56mm f/1.2 R

Boleh jadi lensa ini pada akhirnya akan menyamai popularitas dari kamera instax yang banyak dikenal di seluruh penjuru dunia, rentang fokal lensa tetap di 56mm dengan f/1.2 R agaknya memang tidak biasanya, namun sepertinya inilah yang ingin dimiliki fujinon, dengan rentang fokal lensa yang berbeda namun tetap mendapatkan kualitas gambar lebih baik dan menyamai 50mm lensa fix yang ada di pasaran saat ini seperti milik Sony, Canon dan lainnya.

Dengan hasil bokeh halus lembut dan focal length yang sempurna untuk angle potrait, lensa ini sangat ideal untuk fotografer profesional yang mengutamakan hasil baik dalam ataupun luar ruang, sebagai pesaing lensa 50mm, sepertinya Fujifilm Fujinon XF 56mm f/1.2 R pantas menjadi lensa mirrorles terbaik 2017.

Harga termurah

Rp 10,000,000

Kriteria Spesifikasi
Focal Length 56 mm
Mount Type Fujifilm X
Weight 405 g

5. Panasonic Lumix G Leica DG Nocticron 42.5mm f/1.2

Panasonic telah secara resmi mengumumkan Leica DG Nocticron 42.5mm F1.2 ASPH OIS pada 2014 lalu, khusus untuk mendukung kinerja cepat Micro Four Thirds. Lensa, yang pertama kali terungkap dalam bentuk prototipe di Photokina pada bulan September 2012, menawarkan sudut bidik setara 85mm dan bukaan besar dengan layanan autofocus pada sistem.

Sebagai lensa mirrorless terbaik tahun 2017, fitur Power OIS yang terpasang dirancang untuk mengkompensasi gerakan frekuensi rendah dan amplitudo tinggi yang dapat mengganggu pemotretan ketika cahaya rendah, tak hanya itu, selain kemampuan peredam getar, lensa ini juga sedikit meniru gaya Leica lewat lekuk desain sehingga menambah kesan retro.

Kriteria Spesifikasi
Focal Length 42.5 mm
Mount Type Micro Four Thirds
Weight 425 g

Itulah beberapa lensa terbaik untuk mirrorless selama 2017, beberapa diantaranya memang telah hadir sejak dua atau tiga tahun lalu, namun hingga tahun 2017 ini, lensa tersebutlah yang masih menjadi kandidat terbaik untuk mirrorless. Untuk Anda yang berminat untuk membeli bisa melihat harga dan ketersediaan di Pricebook.co.id untuk pembelian melalui online.

Baca juga artikel:

Lensa Kamera Samyang Untuk DSLR Sony

Kamera Mirrorless Terbaik 2017 dengan Lensa Fix, Ini 5 Jagoannya di Pasar!

5 Lensa Kamera Terbaik Dibawah 2 Juta di Pricebook

Artikel Lainnya

Komentar