Harga Xiaomi Redmi 4X RAM 3GB dan Redmi 3X Beda Tipis, Performa?

Oleh Yudhi Tri Perwira updated Rabu, 19 Jul 2017 | 15:23


Harga Xiaomi Redmi 4X RAM 3GB dan Redmi 3X RAM 2GB tidak jauh berbeda, namun bagaimana dengan performanya?

Di lini hape Xiaomi, varian seri X lebih diperuntukkan untuk pasar low-end user dengan harga yang terjangkau. Dimana tahun 2016 varian Xiaomi Redmi 3X dirilis yang kemudian disusul dengan merilis Xiaomi Redmi 4X setahun setelahnya. Seperti seri lain, Xiaomi Redmi 4X ini memiliki opsi konfigurasi spesifikasi yang berbeda, terutama dalam memori RAM.

Yang cukup banyak dilirik adalah Xiaomi Redmi 4X dengan RAM 3GB plus penyimpanan internal 32GB. Beda hal dengan Redmi 3X yang memiliki opsi RAM 2GB dan memori internal 32GB.

Meskipun telah melekat image sebagai hape murah, namun kedua ponsel seri X ini tetap mempunyai spesifikasi serta performa yang mumpuni. Ini sepertinya merupakan komitmen Xiaomi dalam menghadirkan smartphone berkualitas dengan harga yang cukup terjangkau.

Saat ini harga keduanya berselisih cukup dekat, namun dengan spesifikasi yang cukup berbeda. Untuk lebih jelasnya, berikut komparasi kedua smartphone ini.

Desain


Jika dilihat secara sepintas, tak ada perubahan berarti dari sisi desain antara Xiaomi Redmi 4X dan Redmi 3X. Dibalut dengan lapisan metal di seluruh permukaan sama sekali tak memberikan kesan murahan malah semakin menguatkan kesan elegan.

Selain itu, ukuran layarnya yang hanya 5 inch beresolusi HD 720p membuat keduanya sangat nyaman untuk di pegang, tak seperti pada ukuran 5,5 inch yang sangat sulit dipegang dengan satu tangan khususnya bagi para kaum hawa. Baik Xiaomi Redmi 3X maupun Redmi 4X memiliki fitur fingerprint yang terletak di bagian tengah sisi belakang.

Di sisi depan terdapat sensor proximity, ambient light sensor, earpiece, kamera depan, layar sentuh kapasitif berukuran 5 inci HD, LED notifikasi, dan tiga buah tombol kapasitif khas Android yang terdiri dari Recent Apps, Home, dan Back.

Sebagai informasi, ketiga tombol kapasitif tersebut tidak dilengkapi dengan backlight. Selain itu, smartphone ini juga tak disebutkan memiliki proteksi antigores di layarnya. Namun sayangnya kedua smartphone seri X ini tidak dilengkapi anti gores Gorilla Glass sehingga layar akan sangat rentan jika tak diproteksi oleh tempered glass

Kamera

Jika melihat kemampuan kamera utama dari Xiaomi Redmi 3X yang telah dibekali dengan kekuatan sensor 13MP, lengkap dengan fasilitas autofokus berbasis PDAF didalamnya maka Anda tak perlu lagi meragukan keunggulan kameranya.

Setali tiga uang dengan pendahulunya, Xiaomi Redmi 4X juga masih tetap mengunakan kamera yang sama seperti di Redmi 3X. Hanya saja, sangat disayangkan tak ada peningkatan walaupun Redmi 4X dirilis menjadi suksesor Redmi 3X. Namun dengan kualitas kamera yang dibenamkan rasanya kualitas kamera  13MP beserta kamera depan 5MP masih dapat diandalkan.

Performa


Xiaomi Redmi 4X mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 435 64-Bit yang terdiri dari quad core 1.4 Ghz Cortex-A53 dan quad core 1.1 Ghz Cortex-A53. Sedangkan untuk RAM di Xiaomi Redmi 4x terdapat beberapa versi. Anda dapat memilih seri 4X dengan pilihan 3GB atau 4GB RAM. Sedangkan untuk Redmi 3X ditenagai prosesor Qualcomm Snapdragon 430 dengan opsi RAM 2GB dan ruang penyimpanan internal 32GB.

Sistem operasi yang digunakan memang ada sedikit perbedaan. Jika pada Xiaomi Redmi 3X menggunakan OS Android 5.1 Lollipop, di Redmi 4x sudah menggunakan OS Android Marshmallow. Perbedaan kedua OS Android tersebut akan menghasilkan dua interface layar yang berbeda pula.

Daya Tahan Baterai


Daya tahan baterai menjadi  keunggulan utama dari kedua seri Xiaomi Redmi X ini. Strategi yang cukup menarik dilakukan oleh Xiaomi dengan memberikan daya tahan baterai yang sangat besar. Bahkan bisa dibilang kedua smartphone ini memiliki daya tahan baterai yang paling kuat di kelasnya yaitu 4100 mAh.

Selain itu, fitur quick charging dari Xiaomi sangat membantu bagi para pemakai smartphone ini. Untuk pemakaian normal, keduanya dapat bertahan hingga 1,5 hari. Namun jika digunakan secara optimal serta multitasking dapat bertahan sekitar 10 jam.

Kesimpulan

Secara umum tak banyak perubahan berarti dari Redmi 3X ke Redmi 4X. Mungkin hanya dari sisi layar dan software yang terjadi sedikit penyempurnaan sedangkan di beberapa aspek masih tetap menggunakan komponen yang sama.

Selain itu faktor daya tahan baterai menjadi faktor kunci. Dimana ketika merk lain mengalami masalah dengan daya tahan baterai yang lemah. Redmi X hadir dengan kapasitas baterai yang sangat besar, bahkan bisa dibilang menjadi yang paling besar dikelasnya.

Mengingat harga yang tidak terpaut jauh, rasanya banyak yang memilih Xiaomi Redmi 4X RAM 32GB. Yang perlu dicatat adalah selisih tersebut merupakan harga distributor. Sedangkan bila dibandingkan dengan harga Xiaomi Redmi 4X yang dirilis resmi TAM (Rp1.999.000) perbedaannya cukup signifikan. Namun dengan membeli hape Xiaomi yang resmi, Anda akan mendapatkan purna jual yang maksimal dengan layanan service center resmi terjamin.

Nama Harga di Pasaran Ukuran Layar Chipset OS Version RAM Memori Internal GPU Resolusi Kamera Belakang 1 Kapasitas Baterai
Xiaomi Redmi 4X RAM 3GB ROM 32GB Rp 1,570,000 5 inch Snapdragon 435 6.0 3 GB 32 GB Adreno 505 13 MP 4100 mAh
Xiaomi Redmi 3X Rp 1,399,000 5 inch Qualcomm Snapdragon 430 5.1 2 GB 32 GB - 13 MP 4100 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan  

Baca juga artikel :
Samsung J3 Pro vs J2 Prime, Duel Dua Hape Terjangkau 
Duel Hape 6 Inci dengan Baterai 4000 mAh, OPPO F3 Plus VS Samsung Galaxy C9 Pro 
Perbandingan Spesifikasi dan Harga Hape Xiaomi Redmi 4A, 4X, Redmi 4 Prime 

Artikel Lainnya

Komentar