Duel Hape 6 Inci dengan Baterai 4000 mAh, OPPO F3 Plus VS Samsung Galaxy C9 Pro

Oleh Ardiansyah Hana updated Selasa, 02 Mei 2017 | 17:38


Hape berlayar 6 inci dengan baterai besar merupakan solusi paling pas untuk dipakai oleh pengguna yang suka aktivitas gaming atau multimedia seperti streaming film.

Saat ini, tidak banyak smartphone berlayar besar yang ada di pasaran. Namun, kami merekomendasikan dua hape Android diantaranya OPPO F3 Plus dan Samsung Galaxy C9 Pro karena menawarkan spesifikasi tinggi dibalik adanya dukungan layar besar seluas 6 inch.

Sebelum memutuskan untuk membeli salah satunya, simak dulu komparasi berikut:

Desain

Di sektor desain, tampilan yang dimiliki OPPO F3 Plus dan Samsung Galaxy C9 Pro nyaris mirip. Kedua hape ini hadir dengan desain rounded unibody full metal berwarna pink, gold, sedangkan khusus Galaxy C9 Pro ia hadir juga dengan varian warna black.

Untuk OPPO F3 Plus, hape ini memiliki dimensi fisik berukuran 163.6 x 80.8 x 7.4 mm dengan bobot seberat 158 gram, sedangkan Samsung Galaxy C9 Pro punya dimensi berukuran 162.9 x 80.7 x 6.9 mm dan bobot 168 gram.

Disamping bentuk dan dimensi fisik yang tidak jauh berbeda, kedua hape ini juga sama-sama disertai dengan sensor sidik jari yang ditempatkan di bagian depan bawah layar.

Layar


Beralih ke sektor layar, kedua hape ini sama-sama menawarkan layar seluas 6 inci beresolusi Full HD 1920 x 1080 piksel yang menghasilkan kerapatan di angka 367 ppi.

Bedanya, pengunaan panel di kedua hape 6 inch ini tidak sama. Untuk hape Samsung Galaxy C9 Pro, ia membawa panel Super AMOLED yang memiliki kekuatan di tampilan kontras yang detail, sementara OPPO F3 Plus menggunakan panel jenis IPS yang diklaim bisa memberikan efek pandang luas.

Sementara itu, layar pada kedua hape 6 inci ini pun sudah dilapisi oleh Corning Gorilla Glass yang terkenal mumpuni untuk menahana layar dari goresan dengan sangat baik.

Hardware

Sama-sama dijalankan pada OS Android 6.0 Marsmallow, Samsung Galaxy C9 Pro mengusung chipset Qualcomm MSM8976 Snapdragon 653 dengan prosesor Octa-core (4x1.95 GHz Cortex-A72 & 4x1.4 GHz Cortex-A53) yang juga didukung dengan GPU Adreno 510.

Sementara itu, hape OPPO F3 Plus datang dengan chipset varian teranyar dari Snapdragon 653 yakni Qualcomm MSM8976 Pro Snapdragon 653 dengan prosesor Octa-core (4x1.95 GHz Cortex-A72 & 4x1.44 GHz Cortex-A53) dan didukung GPU Adreno 510.

Secara teknis, kinerja OPPO F3 Plus sedikit lebih unggul ketimbang Samsung Galaxy C9 Pro. Namun, kemampuan kerja multitasking menjadi kebalikannya karena Galaxy C9 Pro mengusung RAM berukuran 6GB, sedangkan F3 Plus memiliki RAM berukuran 4GB saja.

Diluar itu, kedua hape ini juga memiliki memori internal  yang sama-sama berukuran 64GB dan dukungan slot microSD yang bisa memuat hingga 256GB.

Kamera

Di sektor kamera, Samsung Galaxy C9 Pro menyematkan sensor berukuran 16 megapiksel di bagian belakang yang disertai dukungan aperture f/1.9, phase detection autofocus, dual-LED (dual tone) flash dan kemampuan merekam video beresolusi 1080p.

Sementara itu, OPPO F3 Plus dilengkapi kamera belakang dengan sensor yang sama, 16 megapiksel, namun memiliki fitur yang lebih lengkap seperti OIS, phase detection autofocus, dual-LED (dual tone) flash, bukaan lensa lebih lebar dengan aperture f/1.7 dan kemampuan merekam video beresolusi 2K.


Tidak hanya unggul pada kamera belakang, OPPO F3 Plus juga berhasil melebihi kemampuan dari Galaxy C9 Pro berkat penggunaan dual kamera di sisi depan berukuran 16 megapiksel + 8 megapiksel dengan aperture f/2.0, sedangkan Galaxy C9 Pro harus puas dengan memiliki satu buah kamera saja berukuran 16 MP dengan aperture f/1.9.

Fitur Lain

Sebagai hape keluaran terbaru, tentu saja dukungan konektivitas sangat penting. Untungnya, kedua hape ini sudah dilengkapi dengan fitur dual SIM yang mendukung konektivitas 4G LTE multi operator.

Untuk OPPO F3 Plus, hape ini hanya dilengkapi dengan dukungan USB 2.0 yang terkesan jadul, berbeda dengan Galaxy C9 Pro yang sudah menyertakan dukungan USB Type-C. Begitu pula fitur Radio FM yang tersedia pada hape Samsung, dimana OPPO F3 Plus tidak memilikinya.  

Baterai

Tawarkan dukungan layar besar, kapasitas baterai turut menjadi perhatian utama bagi kedua hape ini. Lagi-lagi, kedua hape ini menawarkan dukungan baterai dengan kapasitas yang sama, berkapasitas 4.000 mAh, dimana masing-masingnya sudah dilengkapi dukungan fitur pengisian cepat sehingga pengguna tak perlu menunggu waktu lama saat mengisi ulang baterai.

Kesimpulan

Hadir dengan desain yang cukup mirip serta layar seluas 6 inch beresolusi Full HD, kedua hape ini sangat cocok untuk dipakai menemani kamu bermain game ataupun menonton tayangan film favorit melalui berbagai layanan streaming.

Bedanya, masing-masing hape ditujukan untuk market berbeda, dimana OPPO F3 Plus memiliki keunggulan utama di sektor kamera, sedangkan Samsung Galaxy C9 Pro lebih mengutamakan performa berkat penggunaan RAM 6GB sehingga cocok untuk gaming.

Melihat perbandingan spesifikasi diatas, kamu bisa memilih produk yang tepat menurut kebutuhan kamu, apakah untuk gaming, multimedia bahkan fotografi. Mengenai harga, saat ini Samsung Galaxy C9 Pro dibandrol dengan harga termurah Rp5.510.000, sedangkan OPPO F3 Plus dijual dengan bandrol terendah Rp5.999.000.

Nama Harga di Pasaran Nama Produk Ukuran Layar Kecepatan CPU OS
OPPO F3 Plus Rp 4,499,000 F3 Plus 5.7 inch 1.4 GHz Android
Samsung Galaxy C9 Pro Rp 5,200,000 Galaxy C9 Pro 6 inch 1.4 GHz Android

Baca juga artikel :
Duel Hape Selfie Terbaru, vivo V5Lite VS Samsung Galaxy J5 Prime
Huawei Mate 9 vs LG V20, Duel Hape dengan Dua Kamera Belakang
Perbandingan Spesifikasi dan Harga Hape Xiaomi Redmi 4A, 4X, Redmi 4 Prime

Artikel Lainnya

Komentar