Duel Ponsel RAM 4GB Moto G5 Plus vs Xiaomi Redmi Note 4

Oleh Aris Wibowo updated Jumat, 19 Mei 2017 | 15:54

Setelah cukup lama terdiam, Motorola akhirnya meluncurkan varian baru seri G. Tidak tanggung-tanggung dalam ajang MWC 2017 yang berlangsung di Barcelona awal tahun ini, Motorola secara resmi memperkenalkan varian Moto G5 dan Moto G5 Plus. Ponsel buatan Motorola ini hadir dengan interface yang halus dan kamera berkualitas.

Sementara itu, di kelas ponsel layar lebar, Xiaomi sudah menghadirkan varian Redmi Note 4 yang mengusung spesifikasi populer dengan harga yang terjangkau. Ponsel Xiaomi ini hadir dengan layar lebar dan baterai besar yang sangat dibutuhkan pengguna gadget saat ini.Tentu menarik membandingkan kedua produk hape Motorola dan Xiaomi tersebut.

Di bawah ini Pricebook sajikan perbandingan kedua ponsel kelas menengah ini untuk patokan kamu sebelum membeli salah satu dari smartphone tersebut.

Desain

Bicara desain, kedua smartphone kelas menengah ini sudah menggunakan bodi metal sesuai dengan tren smartphone saat ini. Bedanya, Motorola mengusung desain bodi metal yang lebih kompak. Tidak hanya itu, Bodi metal ini dibuat dengan teknologi diamond cut yang nyaman digenggam. Smartphone ini bahkan cukup ramping dengan tebal bodi hanya 7,7 mm dan berat 155 gram. Dibagian bawah layar, Ponsel terbaru ini menggunakan tombol home yang juga sudah terintegrasi dengan tombol sensor sidik jari.  Sayangnya, Lenovo hanya menghadirkan teknologi Splash resistant saja. Artinya ponsel hanya tahan cipratan air bukan tahan air seutuhnya.

Dari sisi desain, Xiaomi Redmi Note 4 juga nampak lebih segar dengan pilihan warna baru. Xiaomi mengusung bodi metal yang solid dan nyaman digunakan. Dimensinya cukup ramping dengan tebal 8,5 mm dan berat 165 gram sehingga mudah disimpan dan dibawa beraktivitas. Dibagian bodi belakang Xiaomi juga sudah menghadirkan sensor sidik jari. Untuk pengoperasian, Xiaomi menghadirkan tiga tombol kapasitif yang cukup responsive.

Layar

Motorola Moto G5 Plus akan hadir dengan teknologi layar yang mumpuni. Moto G5 Plus menggunakan layar 5,2 inci. Layar sudah disokong panel IPS dan resolusi layar 1920 x 1080 pixels. Hal ini membuat layar mampu menampilkan visual yang lebih detail dan jelas. Lenovo juga sudah memasang anti gores, Corning Gorilla Glass 3 sehingga layar aman dari goresan akibat salah menyimpan.

Pada bagian layar, Xiaomi Redmi 4 mengandalkan layar berukuran 5,5 inci. Layar ini akan disokong panel IPS dengan resolusi layar full HD 1920 x 1080 pixels. Layar ini mampu menampilkan gambar dan video yang cukup jelas untuk browsing, bermain game dan menonton video. Layar ini juga sudah dibekali teknologi 2.5 Arc Glass.

Dapur Pacu

Beralih ke bagian mesin, pengguna smartphone ini dipastikan akan puas dengan dapur pacu yang diusung ponsel terbaru Motorola ini. Pasalnya, Motorola menghadirkan RAM 3 dan 4GB yang menghadirkan performa multitasking terbaik.

Pada bagian chipset, Moto G5 Plus menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 625. Spesifikasi ini sudah cukup bersaing untuk menyasar pasar ponsel kelas menengah. Apalagi, ponsel Android 4G ini akan menggunakan sistem operasi Android Nougat 7.0.

Untuk memori penyimpanan, ponsel Android 4G LTE ini menggunakan memori yang cukup besar yakni 32GB dan 64GB untuk Moto G5 Plus. Bila itu masih terasa kurang, masih ada memori tambahan slot microSD yang bisa dimanfaatkan.

Tidak berbeda jauh, menengok bagian mesin, Xiaomi Redmi Note 4 versi 2017 menggunakan mesin baru untuk pasar kelas menengah. Berbeda dengan varian 2016 yang menggunakan chipset Mediatek, kali ini Xiaomi memasang chipset Qualcomm Snapdragon 625. Prosesor octa-core ini akan dioskong pilihan RAM 4GB dengan dukungan pengolah grafis dari Adreno 506. Pada bagian penyimpanan data, Xiaomi menghadirkan memori 64GB, serta slot microSD. Untuk sistem operasi, ponsel Android 4G LTE ini menggunakan sistem Android 6.0 Marshmallow.

Kamera

Menyasar pengguna gadget fotografi, Motorola menggunakan kamera resolusi tinggi pada varian Moto G5 Plus. Smartphone Android ini menggunakan kamera utama 12 MP dengan teknologi Dual Autofocus pixel yang diklaim mampu menangkap objek foto lebih baik. Kamera utama ini juga dilengkapi LED Flash yang cukup terang. Untuk kamera selfie, Motorola menggunakan kamera depan 5 MP yang akan membuat hasil foto selfie kian lebih jernih dan jelas.

Sementara itu Ponsel Android 4G LTE Xiaomi menggunakan kamera utama 13 MP dengan sensor BSI, PDAF dan Dual LED. Untuk kamera depan, Xiaomi menggunakan kamera selfie 5 MP dengan sensor OmniVision OV5670. 

Baterai

Hape terbaru Motorola ini menggunakan baterai berkapasitas 3000 mAh. Motorola G5 Plus juga sudah menggunakan teknologi turbo power charging yang mampu mengisi baterai hingga 80% dalam wakti 30-40 menit saja.

Untuk baterai Ponsel Xiaomi Redmi Note 4, Ponsel layar lebar ini mengandalkan baterai berkapasitas 4100 mAh dengan fast charging.

Kesimpulan

Motorola Moto G5 Plus hadir dengan keunggulan desain yang lebih kompak dan kamera yang berkualitas. Berbeda dengan XIaomi Redmi Note 4 hadir dengan keunggulan layar dan beterai yang berkapasitas besar. Secara harga, Xiaomi lebih terjangkau dibandingkan Motorola.

Nama Harga di Pasaran Ukuran Layar Chipset OS Version RAM Memori Internal GPU Resolusi Kamera Kapasitas Baterai
Motorola Moto G5 Plus RAM 4GB ROM 64GB Rp 3,149,000 5.2 inch Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625 7.0 4 GB 64 GB Adreno 506 12 MP 3000 mAh
Xiaomi Redmi Note 4 Snapdragon RAM 4GB ROM 64GB Rp 2,439,000 5.5 inch Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625 6.0 4 GB 64 GB Adreno 506 13 MP 4100 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel:
Duel Hape 6 Inci dengan Baterai 4000 mAh, OPPO F3 Plus VS Samsung Galaxy C9 Pro
Hape Xiaomi Mi 6 VS Xiaomi Mi 5, Apa Saja yang Baru dan Menarik?
Duel Hape Selfie Terbaru, vivo V5Lite VS Samsung Galaxy J5 Prime

Artikel Lainnya

Komentar