MWC 2017, Apa Saja Beda Sony Xperia XZ Premium dan Xperia XZs

Oleh Aris Wibowo updated Rabu, 01 Mar 2017 | 20:00


Dalam MWC 2017 tahun ini, Sony akhirnya menghadirkan produk terbaru guna memuaskan pengguna gadget dunia. Tidak tanggung-tanggung, Sony menghadirkan 4 buah smartphone baru.

Menariknya untuk segmen Premium, Sony memperkenalkan dua buah smartphone Android terbaru yakni Sony Xperia XZ Premium dan varian yang lebih compact bernama Sony Xperia XZs. Lalu, apakah smartphone Premium terbaru Sony ini bisa populer atau hanya sekadar numpang lewat saja? Bagaimana perbedaan kedua smartphone terbaru Sony ini? Berikut ulasannya

Desain

Dari sisi desain Sony melakukan penyegaran desain pada dua smartphone Xperia ini. Meski masih bernuansa desain Omnibalance, Sony memperbaharui bagian sisi samping dan bodi. Sony menggunakan bodi metal berlapis kaca yang solid pada bodi belakang dan depan. Sony juga mengubah letak tombol-tombol agar mudah dijangkau.

Perbedaan mencolok tentu tampak pada bagian dimensi, Sony Xperia XZ Premium hadir dengan dimensi phablet yang ramping yakni 156 x 77 x 7,9 mm dengan berat 195 gram. Sedangkan, Sony Xperia XZs menggunakan dimensi compact 146 x 72 x 8,1 mm dengan berat 161 gram. Tidak hanya itu, perbedaan kedua terletak pada bagian LED Flash. Sony menempatkan LED Flash secara horizontal pada Sony Xperia XZ Premium, sedangkan Sony Xperia XZs LED Flash terletak secara vertikal. Yang menarik, kedua smartphone Premium ini sudah menggunakan fitur anti air dan anti debu iP68.

Layar

Seperti yang diungkapkan diatas, Sony menghadirkan desain phablet pada seri Xperia XZ Premium. Alhasil, smartphone ini menggunakan layar berukuran 5,5 inci. Layar lebar ini akan disokong panel IPS dan resolusi 4K 3840 x 2160 pixels. Bila kamu mencari smartphone dengan layar yang lebih kompak, Sony menghadirkan layar berukuran 5,2 inci dalam seri Xperia XZs. Layar ini akan disokong panel IPS dengan resolusi Full HD 1920 x 1080 pixels.

Kedua layar ini juga sudah disokong teknologi Triluminos display dan X-reality engine sehingga tampilan visual akan tampak jernih dan detail. Untuk melindungi layar, sony memasang pula anti gores Corning Gorila Glass 5.

Mesin

Mencoba menguasai pasar smartphone Premium, Sony menghadirkan mesin paling baru dalam seri Sony Xperia XZ Premium. Smartphone ini akan disokong chipset Qualcomm Snapdragon 835 dan GPU Adreno 540. Prosesor octa-core ini akan disokong RAM 4GB sehingga menawarkan performa yang sangat cepat dikelasnya.

Sony juga tidak kalah gahar menghadirkan spesifikasi mesin Premium yang tangguh. Ponsel mini ini dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 820. Prosesor octa-core ini sudah disokong RAM 4GB dan GPU Adreno. Performanya juga cukup cepat disokong sistem Android Nougat. Sony sendiri mengklaim mesin ponsel ini tidak lagi overheat dan lemot meski masih menggunakan chipset Snapdragon 820. Belajar dari seri Xperia lainnya, Sony juga menghadirkan teknologi pendingin agar ponsel tetap maksimal meski digunakan berlama-lama.

Sony Xperia XZ Premium hadir dengan memori internal dan slot microSD. Sony hanya menghadirkan memori 64GB. ini kabar gembira untuk kamu yang gemar menyimpan data di perangkat smartphone.

Sedangkan Sony Xperia XZs hadir dengan memori internal 32GB dan slot microSD256 GB. Tentu ponsel Android 4G dari Sony ini bisa menyimpan berbagai file seperti video, musik dan foto dengan lebih banyak.

Kamera

Untuk kamera, ponsel Premium Sony ini menggunakan kamera yang kian berkualitas. Menariknya Sony menggunakan kamera yang sama pada kedua ponsel. Sony memasang kamera utama 19 MP dengan teknologi Phase detection autofocus, dual led dan sensor EXMOR RS terbaru. Kamera ini bahkan sudah bisa merekam video 4K dengan lebih baik. Sementara untuk kamera depan, Sony menghadirkan kamera 13 MP. Kamera depan ini juga sudah disokong sensor EXMOR RS dan lensa wide angle.

Dengan spek ini, smartphone bisa digunakan untuk merekam video pada 960 fps. Artinya, pengguna bisa menikmati video super slow motion dengan lebih jernih dan detail melalui smartphone terbaru ini.

Baterai

Hal sedikit mengecewakan justru terletak pada baterai, Ponsel Android Sony Xperia XZ Premium ini memang datang dengan layar yang lebar serta resolusi layar tinggi, tentu membutuhkan daya yang banyak. Namun, sayangnya Sony hanya memasang baterai berkapasitas 3230 mAh. Hal ini sedikit lebih baik dibanding Sony Xperia XZs yang hanya menggunakan baterai 2900 mAh. Memang benar, baterai berkapasitas besar belum tentu memiliki daya tahan baterai yang lebih baik, mungkin Sony memiliki alasan atau teknologi tersendiri sehingga tetap percaya baterai 3000-an mAH ini masih layak digunakan.

Kesimpulan

Secara garis besar, kedua smartphone premium terbaru Sony ini memang memiliki spesifikasi yang serupa. Perbedaan mencolok hanya terletak pada dimensi, layar, mesin dan baterai. Sony mencoba memberikan pilihan pada pengguna yang menyukai phablet dalam seri XZ Premium atau pengguna yang menyukai smartphone compact dalam seri XZs.

Nama Harga di Pasaran Ukuran Layar Chipset OS Version RAM Memori Internal GPU Resolusi Kamera Kapasitas Baterai
Sony Xperia XZ Premium Rp 6,880,000 5.5 inch Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835 7.1 4 GB 64 GB Adreno 540 19 MP 3230 mAh
Sony Xperia XZs 32GB Rp 5,200,000 5.2 inch Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820 7.0 4 GB 32 GB Adreno 530 19 MP 2900 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel:
Xperia XA1 dan XA1 Ultra, Hape Kelas Menengah Sony dengan Kamera 23 MP
Hape Sony Xperia XZ Premium Resmi Meluncur dengan Fitur Slow Motion 960 fps
5 Smartphone Sony Siap Rilis di Ajang MWC 2017

Artikel Lainnya

Komentar

Dwi 03 Juni 2017 - 15:29
Hay kak mau tanya sedikit... Untuk hp Sony XZ PREMIUM apakah mudah panas seperti hp Sony Z5 premium yg terkenal panasnya....??? Thanks
Dwi 03 Juni 2017 - 15:32
Untuk kamera depannya gimana kak... Apakah mendukung vidio call....??? Dan untuk batre apakah mudah habiss..???? Thanks
Bima Satria 05 Juni 2017 - 15:19
@Dwi: Sudah ane bantu jawab diforum ya :D Untuk kamera depan bisa kok video call :D baterai sih wajar ya, ga mudah habis kok