Duel Phablet Android Terbaik, Google Pixel XL vs OnePlus 3T

Oleh Aris Wibowo updated Rabu, 01 Peb 2017 | 14:57

Akhir tahun 2016 lalu, pasar smartphone mendapat kedatangan beberapa ponsel layar lebar dengan spesifikasi premium. Dua diantaranya yang menarik perhatian ialah Google Pixel XL dan OnePlus 3T. Kedua ponsel ini dianggap mewakili ponsel Android modern saat ini yang dibekali desain mewah dan fitur yang lengkap. Google bahkan menggunakan sensor kamera yang cukup baik. Sedangkan OnePlus menghadirkan spesifikasi yang lebih update dari sisi chipset.  

Kedua ponsel juga menggunakan sistem Android yang cukup update. Hal ini semakin membuat pengguna bisa merasakan pengalaman sesungguhnya dari sebuah ponsel Android dengan user interface yang unik.

Lalu bagaimana perbandingan kedua ponsel layar lebar, Google Pixel XL dan OnePlus 3T? Manakah yang terbaik?

Desain dan Layar

Google Pixel hadir dengan desain yang cukup mewah. Ponsel ini mengusung bodi metal yang cukup nyaman ditangan. Bodi ponsel ini juga memiliki sudut yang membuat ponsel tidak mudah selip saat digenggam. Dibagian belakang, Google juga menghadirkan lapisan kaca meski tidak penuh. Dibagian bodi belakang ini, Google juga menghadirkan sensor sidik jari yang mudah dijangkau dan cukup responsive. Ponsel ini memiliki dimensi tebal 8,5 mm dan berat 168 gram.

Hal berbeda disuguhkan OnePlus dalam seri OnePlus 3T. Smartphone ini hadir dengan desain yang cukup ramping dan mewah. OnePlus juga menggunakan desain bodi metal yang tampak mewah. Sayangnya desain ini terasa kurang nyaman dan selip di tangan. Walaupun demikian desain ponsel Android terbaru ini sangat enak dipandang. Ponsel ini memiliki dimensi 7,3 mm dan berat 158 gram. OnePlus juga sudah membekali sensor sidik jari pada bagian tombol home.

Secara keseluruhan, OnePlus 3T unggul dengan desain yang ramping dan menarik. Namun, Google Pixel XL hadir dengan desain yang lebih solid dan nyaman ditangan.

Untuk layar, Baik Google dan OnePlus sama-sama menggunakan layar berukuran lebar 5,5 inci. Kedua layar ini menggunakan panel AMOLED sehingga mampu menampilkan gambar maupun video yang lebih jelas dan jernih. Kedua ponsel Android premium ini juga menggunakan mode sRGB yang mampu menghadirkan warna lebih realistis dan akurat. Kedua produsen juga menghadirkan filter blue light sehingga ponsel nyaman digunakan di makam hari.

Menariknya untuk penggunaan harian, layar pada OnePlus 3T lebih unggul dari Google Pixel XL. Layar ponsel Android premium ini tampak lebih sensitif dan responsif saat digunakan.

User Interface

Kedua ponsel hadir dengan desain user interface Android yang cukup bersih dan halus saat digunakan. Google menghadirkan sistem Android 7.1 dengan Pixel Launcher. Sedangkan OnePlus menggunakan sistem Android 6.0 dengan OxygenOS 3.5.3. Bedanya, Google menghadirkan Google Assistant untuk memberikan pengalaman yang lebih baik. Hal ini tidak ditemukan pada OnePlus 3T.

Mesin

Bicara mesin, kedua ponsel Google Pixel XL dan OnePlus 3T sama-sama mengusung spesifikasi yang cukup gahar. Pasalnya, Google dan OnePlus mengusung mesin yang mirip. Kedua produsen memasang chipset Qualcomm Snapdragon 821. Prosesor quad core ini akan disokong RAM 4GB pada Pixel XL dan RAM 6GB pada OnePlus 3T. Spesifikasi ini diklaim sangat cepat dan cocok untuk multitasking, khususnya OnePlus yang menghadirkan RAM cukup besar.

Memori Penyimpanan

Kedua phablet Android ini hadir dengan memori internal saja tanpa slot microSD. Google hanya menghadirkan memori 32 GB. ini memang sedikit mengecewakan untuk kamu yang gemar menyimpan data di perangkat smartphone. Sedangkan OnePlus hadir dengan memori internal 64 GB. Tentu kedua ponsel bisa menyimpan berbagai file seperti vdeo, musik dan foto dengan lebih banyak.

Kamera

Untuk kamera, Ponsel terbaru Google Pixel XL menggunakan kamera berkualitas. Phablet menggunakan kamera utama 12 MP dengan teknologi Phase detection autofocus, dual led dan sensor Pixel terbaru. Kamera ini bahkan sudah bisa merekam video 4K dengan lebih baik. Sementara untuk kamera depan, Apple menghadirkan kamera 8 MP. Kamera depan ini memang meningkat dibanding seri sebelumnya.

Untuk ponsel Android 4G LTE ini, produsen OnePlus menggunakan kamera utama 16 MP. Kamera ini juga sudah dibekali teknologi Phase Detection Autofocus dan OIS. Tentu teknologi ini membuat kamera ponsel layar lebar ini bisa digunakan memotret dan merekam video Full HD dan video 4K dengan lebih baik. Untuk kamera depan, Sony memasang kamera 16 MP yang tentu cukup baik untuk selfie.

Baterai

Google Pixel XL dan OnePlus 4T menggunakan baterai yang memiliki kapasitas berimbang. Keduanya menggunakan baterai 3450 mAh dan 3400 mAh. Kedua ponsel juga sudah menggunakan fitur quick charge.

Kesimpulan

OnePlus 3T memang menjadi penantang serius di kelas ponsel layar lebar dengan spesifikasi yang sudah diupdate. Namun Google Pixel XL hadir dengan spesifikasi yang lebih unggul. Google cukup sukses menghadirkan ponsel berdesain solid dengan berbagai fitur premium seperti layar dan kamera yang baik. Namun, untuk urusan harga dan mesin sepertinya OnePlus 3T masih lebih baik. Meski masih menggunakan sistem operasi lama.

Nama Harga di Pasaran Ukuran Layar Chipset OS Version RAM Memori Internal GPU Resolusi Kamera Kapasitas Baterai
Google Pixel XL 128GB Rp 13,500,000 5.5 inch Qualcomm MSM8996 Snapdragon 821 7.1 4 GB 128 GB Adreno 530 12 MP 3450 mAh
OnePlus 3T 128GB Rp 6,400,000 5.5 inch Qualcomm MSM8996 Snapdragon 821 7.0 6 GB 128 GB Adreno 530 16 MP 3400 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel:
Huawei Mate 9 vs LG V20, Duel Hape dengan Dua Kamera Belakang
Dual Ponsel Premium, Apple iPhone 7 vs LG G5, Mana yang Jadi Jawara?
Duel Ponsel Premium terbaru, Google Pixel vs Xiaomi Mi 5s, Mana yang Terbaik?

Artikel Lainnya

Komentar