Diperbaharui pada Rabu, 25 Januari 2017 | 09:39

Gambaran Singkat Perbandingan Spesifikasi Samsung Galaxy S8 dan LG G6

Samsung Galaxy S8 dan LG G6 menjadi idola baru yang dinantikan oleh banyak orang di tahun 2017 ini. Semenarik apa spesifikasi Samsung Galaxy S8 jika dibandingkan spesifikasi LG G6? Siapa yang nantinya bakal jadi jawara?

Menjadi dua perangkat yang menyita perhatian konsumen, ini gambaran singkat perbandingan hape Samsung Galaxy S8 dan LG G6. Semua berdasar pada sejumlah rumor dan kebocoran gambar, jadi ada banyak kemungkinan perubahan yang akan terjadi di saat peluncuran resmi.

Seperti tahun-tahun sebelumya, di 2017 ini banyak yang menanti kemunculan perangkat hape flagship yang akan diluncurkan para vendor global. Tercatat ada beberapa perangkat hape yang belakangan ini banyak menyita perhatian konsumen, dan dua diantaranya adalah hape Samsung Galaxy S8 dan hape LG G6. Salah satu sisi yang menarik dari keduanya adalah berasal dari negara yang sama yaitu Korea Selatan.

Bagi Samsung, perangkat baru yang akan mereka luncurkan bisa menjadi kesempatan untuk merebut kembali momentum setelah kegagalan Samsung Galaxy Note 7. Sementara di sisi lain, LG justru sedang mencari perubahan setelah sambutan yang kurang menyenangkan dari peluncuran hape LG G5 yang dirilis tahun lalu.

Lantas handset apa yang yang lebih menarik? Saatnya untuk menyelam ke beberapa bocoran spesifikasi yang sudah wara-wiri di dunia maya.

Perbandingan Desain Hape Samsung Galaxy S8 dan LG G6

Di sisi tampilan, LG mungkin akan sedikit mengubah desain pada hape LG G6. Meski belum ada kepastian, namun LG G6 diperkirakan hadir mengusung layar dengan bezel tipis di bagian depan. Meski demikian, seperti hape flagship LG sebelumnya, penempatan beragam elemen tidak ada perbedaan, dimana modul kamera diposisikan pada tempat yang sama lengkap dengan LED flash.

Port pengisian berada di bagian bawah sementara slot kartu SIM berada di sebelah kanan dengan volume dan tombol power di sebelah kiri. Untuk sensor sidik jari diletakkan di bagian belakang bersama kamera. Bodi dari hape LG G6 menggunakan material logam dan tetap mengusung konsep baterai yang bisa dilepas pasang (removeable)

Sedangkan hape Samsung Galaxy S8 diperkirakan akan hadir dalam varian layar lengkung. Dengan tepi layar yang melengkung memungkinkan pengguna untuk mengakses kontak, aplikasi dan banyak lagi lainnya, bersama dengan ticker berita.

Serupa dengan hape Samsung Galaxy S7 Edge, Galaxy S8 Edge diharapkan akan hadir dengan layar 5,5 inci dan/atau layar Super AMOLED 5.1 inci. Kedua model ini memiliki nama kode Dream dan Dream2. 

Informasi lainnya menyebutkan bahwa perusahaan akan menerapkan konsep bezel-less dan menghapus tombol Home fisik, seperti yang digunakan oleh hape Xiaomi Mi MIX. Samsung mengganti dengan tombol Home virtual, yang akan ditempatkan di bagian bawah. Hape Samsung Galaxy S8 juga diperkirakan akan menghilangkan jack 3.5mm headphone sama seperti iPhone 7 Plus.

Perbandingan Layar Hape Samsung Galaxy S8 dan LG G6

Sebagai hape unggulan, tentu pengguna akan disuguhkan spesifikasi yang lebih tinggi dari perangkat lainnya, misalnya di sektor layar. Hape LG G6 terlihat mulai melakukan sedikit perbedaan dengan memakai layar berukuran 5,7 inci yang memiliki kapasitas resolusi QHD+ 2880 x 1440 piksel.

Layar di hape LG G6 ini hadir dengan aspek rasio 18:9 serta sudah menggunakan teknologi in-TOUCH, yang membawa kontrol sentuh ke dalam hardware display untuk mengurangi ukuran bezel dan peningkatan kecerahan.

Sedangkan hape Samsung Galaxy S8 datang dengan layar berukuran 5.1 inci atau 5.5 inci yang memiliki kapasitas resolusi QHD 2560 x 1440 piksel. Layar ini sudah berjenis Super AMOLED seperti hape Samsung lainnya namun dengan meningkatkan kepadatan piksel. Hape Samsung S8 kabarnya juga akan dibuat dengan bezel yang lebih kecil sehingga menghasilkan raso screen-to-body mencapai 90 persen lengkap bersama teknologi Force Touch.

Perbandingan Kamera Hape Samsung Galaxy S8 dan LG G6

Persaingan sengit nampaknya juga akan terjadi di sektor kamera. Disebutkan jika hape LG G6 akan dibekali dengan konfigurasi dua kamera utama dengan pilihan sudut lebar. Hal ini terlihat pada sebuah bocoran gambar yang memperlihatkan dua sensor kamera di bagian belakang. Satu kamera dilengkapi sensor beresolusi 16 megapiksel dengan fitur aperture f/1.8), dan satu lainnya juga memiliki resolusi yang sama yaitu 16 megapiksel dengan aperture f/1.8.

Kedua kamera ini akan didukung fitur seperti laser autofocus, OIS (3-axis), LED flash, panorama, dan HDR. Untuk kamera depannya juga cukup handal berkat keberadaan sensor beresolusi 12 megapiksel.

Sementara hape Samsung Galaxy 8 kabarnya akan menyematkan kamera baru yang akan memiliki sensor 16 megapiksel dengan aperture f/1.4. Sehingga memungkinkan lebih banyak cahaya dan lonjakan jumlah megapiksel untuk gambar yang lebih detil. Sedangkan untuk kamera depan, hape Samsung Galaxy S8 akan didukung fitur autofocus, sebuah fitur yang jarang ditemukan pada hape umumnya. Namun sayangnya belum ada informasi lebih jelas mengenai kekuatan resolusinya.

Perbandingan Fitur Hape Samsung Galaxy S8 dan LG G6

Meski belum banyak informasi mengenai fitur-fitur apa saja yang ada di hape LG G6, namun setidaknya LG akan menyematkan port USB Type-C. Fitur ini memang akan menjadi fitur wajib pada perangkat unggulan di tahun ini. Selain itu, LG G6 juga sudah mendukung teknologi waterproof, wireless charging, dan Quick Charge 4. Untuk keamanan perangkat, sudah disediakan teknologi iris scanner serta tambahan sensor pemindai sidik jari.

Berbeda halnya dengan hape Samsung S8 yang diperkirakan akan menghilangkan jack 3.5mm headphone, namun mendukung konektivitas USB-C audio. Hape Samsung ini juga mempertahankan iris scanner dan fitur waterproofing. 

Kemungkinan lainnya adalah akan membawa banyak fitur seperti yang ada pada hape Samsung Galaxy Note 7, seperti port USB Type-C, pengisian cepat, dan sensor sidik jari optik baru. Yang menarik, Samsung S8 akan mendukung penggunaan teknologi Ai (Artifical Intelligent) bernama "Bixby" yang memungkinkan integrasi mendalam dan berbagai interaksi dari kontrol suara.

Perbandingan Performa Hape Samsung Galaxy S8 dan LG G6

Banyak kalangan yang berharap kedua hape flagship ini akan menanam komponen perangkat keras yang paling tertinggi. Dan hal itu mengarah pada penggunaan prosesor anyar dari Qualcomm Snapdragon 835 yang memiliki clock speed mencapai hingga 2,45GHz dengan pengolah grafis Adreno 540. Hanya saja, mengacu pada generasi sebelumnya, Samsung juga memberikan alternati pada pemakaian chipset milik mereka sendiri yaity Exynos. Namun belum ada informasi yang lebih lengkap mengenai penggunaan prosesor tersebut.

Di chipset Snapdragon 835 ini, Qualcomm telah melakukan perubahan besar dalam hal meningkatkan efisiensi prosesor dan kinerja kartu grafis. Sedangkan kabar terbaru menyebutkan jika Samsung tengah mengembangkan chipset Exynos generasi terbaru. Generasi chipset Exynos berikutnya tersebut  sudah menggunakan proses arsitektur 10nm dengan pengolahan grafis dari Mali-G71, sehingga akan memiliki kemampuan yang bersaing dengan Snapdragon 835.

Tidak hanya itu, rumor perangkat keras lainnya adalah adanya konfigurasi pada memori RAM yang mencapai kapasitas hingga 6GB, baik di hape Samsung GAlaxy S8 maupun LG G6. Dengan demikian, keduanya akan bersaing dengan hape ASUS ZenFone 3 Deluxe (ZS570KL) dan OnePlus 3T yang telah dipersenjatai RAM 6GB. Kelebihan dari penggunaan memori RAM besar tida hanya meningkatkan performa, tapi juga sangat berguna ketika diajak untuk menjalankan aplikasi virtual reality (VR).

Informasi lain ada juga yang menyebut jika hape Samsung S8 dan LG G6 akan menyematkan teknologi UFS (Universal Flash Storage) pada memori utama mereka. UFS merupakan penyimpanan flash umum yang memiliki kecepatan transfer data lebih tinggi dan peningkatan performa. Bedanya, Samsung kemungkinkan akan memulai debut dukungan kartu memori UFS melalui slot kartu hybrid yang baru di hape Samsung S8.

Nama Harga di Pasaran Ukuran Layar Detail Prosesor OS Version RAM Memori Internal GPU Resolusi Kamera Belakang Kapasitas Baterai
Samsung Galaxy S8 RAM 4GB ROM 64GB Rp 7.350.000 5.8 inch 8895 7 4 GB 64 GB Mali-G71 MP20 12 MP 3000 mAh
LG G6 32GB belum ada harga 5.7 inch MSM8996 Snapdragon 821 7 4 GB 32 GB Adreno 530 13 MP 3300 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel:
Lebih Superior, Inilah Perbedaan Hape Samsung Galaxy S8 dan Samsung Galaxy S7
Inilah Fitur yang Diharapkan Pada Hape Samsung Galaxy S8
Samsung Galaxy S8: Layar RGB AMOLED dan Tanpa Jack Headphone 3.5mm
Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2442 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.