Diperbaharui pada Selasa, 27 Desember 2016 | 11:01

Duel Phablet Premium, Samsung Galaxy J7 Prime VS Infinix Zero 4 plus

Kelas phablet baru-baru ini kedatangan produk baru yakni Infinix Zero 4 Plus. Smartphone layar lebar ini hadir dengan sejumlah teknologi unggulan yang diklaim sesuai dengan kebutuhan pasar Indonesia. Sebut saja, layar lebar yang mewah, mesin tangguh dengan RAM besar hingga kamera resolusi tinggi.

Hal ini tentu mengusik smartphone Samsung Galaxy J7 Prime yang berada di kelas yang sama. Seperti yang diketahui, Samsung cukup unggul pada bagian desain yang mewah, mesin tangguh hingga kamera depan untuk selfie. Tentu kedua smartphone ini layak disandingkan.

Lalu, mana yang unggul antara Samsung Galaxy J7 Prime VS Infinix Zero 4 Plus, berikut perbandingannya?

Desain

Menyasar kelas yang sama, kedua ponsel mengusung bodi metal yang mewah. Samsung Galaxy J7 Prime bahkan menggunakan bodi yang cukup ramping sehingga ponsel nyaman digenggam meski dimensinya cukup besar. Tak lupa, Samsung menggunakan tombol home yang sudah dilengkapi sensor sidik jari. Dibagian samping, Samsung juga menghadirkan tombol volume yang bisa berfungsi sebagai tombol shutter untuk memotret.

Sementara itu, Infinix Zero 4 Plus hadir dengan desain yang cukup minimalis. Infinix mengusung bodi yang besar namun tetap ergonomis untuk digunakan. Infinix juga menghadirkan tombol on screen sehingga kian nyaman digunakan.

Layar

Pada bagian layar Samsung Galaxy J7 Prime dan Infinix Zero 4 Plus menggunakan layar yang cukup mewah termasuk layar berukuran besar 5,5 inci. Menariknya, kedua layar sudah mengadopsi layar resolusi Full HD. Bedanya, Samsung menggunakan panel PLS TFT, berbeda dengan Infinix yang menggunakan layar panel IPS.

Image via TechCabal

Selain itu, layar kedua ponsel ini mempunyai teknologi anti gores yang tangguh dengan balutan corning gorilla glass pada sisi luar. Alhasil kedua layar mampu bertahan dari berbagai goresan benda tajam maupun benturan yang mungkin terjadi selama penggunaannya. Untuk penggunaan harian kedua layar mampu menampilkan gambar dan video cukup detail. Namun, dengan teknologi 2.5D Glass, layar infinix kian kokoh dan tampak mewah.

Dapur Pacu

Untuk urusan dapur pacu, Samsung Galaxy J7 Prime vs Infinix Zero 4 memiliki perbedaan performa yang cukup terasa. Samsung cukup unggul dengan bekal chipset exynos 7870. Prosesor octa-core ini akan disokong RAM 3GB dan pengolah grafis Mali T830. Sedangkan Infinix hadir dengan chipset tangguh Mediatek yakni Helio X20.

Prosesor deca-core ini akan disokong GPU Mali T880 dan RAM 4GB. Walaupun demikian, kedua ponsel Android terbaru ini mengusung sistem operasi yang mirip yakni Android 6.0 Marshmallow dengan antarmuka berbeda. Dengan spek diatas, Infinix Zero 4 Plus memiliki kinerja yang lebih unggul dibanding Samsung Galaxy J7 Prime.

Memori Internal

Untuk penyimpanan data, Samsung dan Infinix mengusung memori internal yang sama besar yakni 32 GB. Dengan memori yang besar, pengguna bisa menyimpan berbagai video maupun foto lebih banyak. Menariknya, kedua smartphone 4G LTE ini masih mendapatkan dukungan slot microSD untuk memori tambahan.

Kamera

Pada bagian kamera, Infinix Zero 4 Plus tampil lebih unggul dengan membawa kamera resolusi 20,7 MP. Kamera ini merupakan senjatan unggulan Infinix dalam bersaing di pasar ponsel Android kelas menengah. Coba dibandingkan Samsung Galaxy J7 Prime yang masih menggunakan kamera utama 13 MP. Tentu hasil foto kamera belakang infinix masih sedikit lebih unggul dibanding Samsung.

Selain itu, Infinix mampu merekam video 4K setara 2160p@30fps. Sedangkan untuk kamera utama Samsung hanya mampu merekam video full HD 1080p@30fps. Untuk kamera depan, Infinix menggunakan kamera selfie 13 MP, berbeda dengan samsung yang hanya menggunakan kamera depan 8 MP.  Kedua kamera selfie ini juga disokong LED Flash untuk hasil selfie yang jelas di malam hari.

Baterai

Untuk penggunaan harian, baterai Samsung Galaxy J7 Prime bakal hadir dengan teknologi baterai Li-Ion berdaya 3300 mAh. Sedangkan Infinix Zero 4 Plus menggunakan baterai yang berdaya lebih besar yakni 4000 mAh. Kedua baterai ini sudah tertanam sehingga tidak bisa dilepas pasang.

Kesimpulan

Kehadiraan Infinix Zero 4 Plus memang menjadi penantang serius dari Samsung Galaxy J7 Pirme. Infinix cukup unggul dari bagian Layar, mesin dan kamera. Ketiga poin ini padahal menjadi daya tarik konsumen saat ini. Dilepas dengan harga yang relatif tidak berbeda jauh, infinix Zero 4 Plus tampaknya siap menyulitkan Samsung Galaxy J7 Prime dipasaran. Sementara itu, Samsung Galaxy J7 Prime hadir dengan keunggulan pada desain, mesin dan kamera yang tidak kalah apik dibanding Infinix. Samsung bahkan menghadirkan kamera depan yang lebih baik sebagai daya tarik konsumen di Indonesia. Kini tinggal kamu yang menentukan, mencari smartphone tangguh pada Infinix atau mencari ponsel selfie pada Samsung.

Nama Harga di Pasaran Ukuran Layar Detail Prosesor OS Version RAM Memori Internal GPU Resolusi Kamera Belakang Kapasitas Baterai
Samsung Galaxy J7 Prime SM-G610F 32GB Rp 2.750.000 5.5 inch 7870 6.0.1 3 GB 32 GB Mali-T830MP2 13 MP 3300 mAh
Infinix Zero 4 Plus RAM 4GB ROM 32GB belum ada harga 5.98 inch Helio X20 6 4 GB 32 GB Mali-T880 MP4 20.7 MP 4000 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel:
Dual Ponsel Premium, Apple iPhone 7 vs LG G5, Mana yang Jadi Jawara?
Mana yang Layak Dipilih, Samsung Galaxy S7 Edge VS Galaxy Note 7
Adu Smartphone Paling Hits: Samsung Galaxy On7 VS Infinix Zero 3
Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts