Adu Smartphone 4G LTE Dibawah 1 Juta, Samsung Z2 vs Lenovo A2010

Oleh Aris Wibowo updated Rabu, 08 Peb 2017 | 16:24

Beberapa waktu lalu, Samsung telah merilis varian Samsung Z2 ke pasar Indonesia. Varian ini dianggap memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia yang membutuhkan perangkat komunikasi yang tangguh dengan harga terjangkau. Samsung bahkan sudah melengkapi ponsel ini dengan fitur 4G LTE sehingga pengguna bisa browsing dengan lebih cepat dan nyaman.

Disegmen yang sama, Lenovo juga memiliki varian Lenovo A2010. Smartphone Android ini bahkan sudah mendukung TKDN dan diproduksi di Indonesia. Dalam ponsel Android terbaru ini, Lenovo juga membawa sejumlah spesifikasi yang dirancang khusus untuk pengguna gadget indonesia mulai dari desain ringkas, fitur 4G LTE hingga kamera berkualitas.  

Kali ini Pricebook akan mencoba membandingkan dua smartphone 4G dibawah 1 juta ini. Manakah yang cocok untuk kamu pilih?

Desain

Samsung Z2 memang diperuntukkan bagi anak muda atau siapa pun ang ingin berpindah ke smartphone. Tidak heran, desain smartphone ini cukup modis. Dimensinya juga cukup kompak sehingga cocok untuk gadget harian.

Lenovo A2010 sendiri datang dengan desain yang khas ponsel entry level. Ponsel ini memiliki desain bodi melengkung di setiap bagian sudutnya. Hadir dengan dimensi yang kecil membuat ponsel cukup nyaman digenggam. Dibagian bawah layar, Lenovo menghadirkan tombol kapasitif untuk membantu pengoperasian smartphone. Dengan desain yang sama-sama modis, smartphone Samsung dan Lenovo ini memang menyasar kaum muda berbudget terbatas.

Layar

Pada bagian layar, Samsung dan Lenovo pada dasarnya menggunakan layar yang tidak berbeda jauh. Samsung Z2 menggunakan layar berukuran 4 inci. Layar ini disokong panel TFT dengan resolusi 480 x 800 pixels. Sedangkan Lenovo A2010 menggunakan layar berukuran lebih besar 4,5 inci.

Layar ini menggunakan panel IPS dengan resolusi layar 480 x 854 pixels. Layar ini memang terbilang standar. Walaupun demikian, ukurannya masih dianggap ideal untuk penggunaan harian. Pengguna masih bisa browsing, bermain game hingga menonton video dengan nyaman.

Mesin

Meski menyasar pasar ponsel murah, Samsung Z2 dibekali mesin yang cukup berkualitas. Samsung memasang chipset Spreadtrum SC9830. Prosesor quad-core ini akan disokong RAM 1GB dan GPU Mali 400. Spesifikasi ini dirasa masih memadai untuk penggunaan harian baik untuk multitasking maupun bermain game. Pada bagian penyimpanan data, Samsung menghadirkan memori internal 8GB ditemani slot microSD.

Beralih ke Lenovo A2010. Smartphone 4G LTE murah ini mengusung mesin yang tampaknya sedikit lebih unggul. Lenovo memasang chipset mediatek MT6735. Prosesor quad-core 64-bit ini akan disokong RAM 1GB dan GPU Mali T720. Spesifikasinya membuat ponsel bisa bekerja lebih cepat dan lancar saat bermain game. Untuk memori penyimpanan, Lenovo memilih membekali memori internal 8GB ditemani slot microSD.

Sistem Operasi

Samsung Z2 menggunakan sistem opera Tizen, yang merupakan OS besutan Samsung. Pemakaian OS Tizen ini mengikuti pendahulunya Samsung Z1, yang meluncur pada 2015. Sama seperti Android, Tizen merupakan OS yang bersifat open source berbasis Linux. Saat ini, jika dibandingkan oleh OS Android, aplikasi-aplikasi yang bisa diunduh di OS Tizen masih terbatas. Namun kedepannya, Samsung akan lebih banyak menyediakan aplikasi atau game pada OS Tizen.

Untuk Lenovo A2010 sendiri menggunakan sistem operasi Android 5.1 Lollipop. Sistem ini hadir dengan berbagai keunggulan. Sistem ini menggunakan antarmuka Vibe UI yang membuat ponsel ini terlihat sama dengan ponsel Lenovo yang berharga mahal.

Kamera

Pada bagian kamera, Samsung Z2 menggunakan sektor kamera khas ponsel Android murah. Samsung memasang kamera utama 5 MP LED Flash dan kamera depan 0.3 MP. Dengan harga yang ditawarkan tentu hal terasa wajar. Walaupun terasa murahan, kameranya cukup baik untuk harian.

Sementara itu, Lenovo A2010 memasang kamera yang tidak jauh berbeda. Lenovo mengandalkan kamera utama 5 MP dengan LED Flash dan kamera depan 2 MP. Dengan kamera ini, kamu bisa memotret dengan lebih jelas. Untuk kamera depan pun, kamu bisa gunakan berselfie dengan lebih baik.

Baterai

Samsung Z2 menggunakan baterai berkapasitas 1500 mAh. Lenovo A2010 menggunakan baterai baterai 2000 mAh. Walaupun memiliki baterai kecil, Samsung unggul dengan fitur ultra power saving mode. Fitur ini mampu menghemat baterai smartphone dengan sangat baik.

Kesimpulan

Dilepas direntang harga yang tidak berbeda jauh, Samsung Z2 dan Lenovo A2010 memang cukup sebanding. Samsung unggul dengan desain yang lebih kompak dan fitur yang cukup lengkap. Sedangkan Lenovo hadir dengan layar yang lebih besar dan kamera yang lebih baik.

Kedua smartphone juga sudah menggunakan fitur 4G sehingga bisa browsing dan berkomunikasi lebih lancar. Namun, bicara keunggulan sepertinya Lenovo A2010 layak dipilih. Pasalnya Samsung Z2 menggunakan sistem Tizen yang masih baru untuk pasar indonesia. Namun, kalau kamu mencari ponsel 4G dengan fitur lengkap tetap Samsung Z2 pemenanganya.

Semua kembali kekebutuhan kamu.

Nama Harga di Pasaran Ukuran Layar Chipset OS Version RAM Memori Internal GPU Resolusi Kamera Kapasitas Baterai
Samsung Galaxy Z2 SM-Z200 Rp 790,000 4.5 inch - 3 1 GB 8 GB - 8 MP 2000 mAh
Lenovo A2010 Rp 945,000 4.5 inch Mediatek MT6735M 5.1 1 GB 8 GB Mali-T720 5 MP 2000 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel:
Adu Ponsel Android Murah RAM 3GB, Infinix Zero 3 vs Wiko Ridge 4G Fever
Duel Ponsel Layar HD, Coolpad Fancy 3 VS OPPO A39
Adu Ponsel 1 Jutaan Samsung, Samsung Galaxy V2 VS Samsung Galaxy Z2

Artikel Lainnya

Komentar

Rizki Pratomo 07 Pebruari 2017 - 21:22
Tizen bukan berbasis android, tapi nernasis linux, sama dengan android, android juga berbasis linux, linux adalah opensource, selama ini kita kenal linux dalam kemasan ubuntu, android, tizen, dll, jadi tizen bukan berbasis android, harap diralat
Bima Satria 08 Pebruari 2017 - 16:27
Sudah diperbaiki sama penulisan bro @Rizki :D