Dual Ponsel Premium, Apple iPhone 7 vs LG G5, Mana yang Jadi Jawara?

Dual Ponsel Premium, Apple iPhone 7 vs LG G5, Mana yang Jadi Jawara?

Oleh Aris Wibowo updated Selasa, 01 Nov 2016 | 16:55

Apple iPhone 7 menjadi salah satu smartphone premium dengan tingkat penjualan yang cukup sukses sejauh ini. Kesuksesan perangkat ini tidak lepas dari sejumlah perombakan yang dihadirkan Apple agar smartphone iOS miliknya bisa bersaing dengan ponsel premium Android saat ini. Walaupun demikian, bukan berarti tidak ada ponsel Android yang bisa mengimbangi ponsel Apple.

Awal tahun 2016 ini, LG menghadirkan smartphone Android premium dengan konsep desain modular, LG G5. Smartphone ini mengusung bodi metal yang unik. Bodi ini memungkinkan pengguna mengganti baterai, mengganti memori internal bahkan menambahkan modul kamera. Tentu ponsel LG G5 menjadi alterantive terbaik dari iPhone 7.

Bila kamu masih penasaran mana yang terbaik antara iPhone 7 dan LG G5, Berikut Pricebook sajikan perbandingan kedua smartphone premium ini.

Desain

Kalau menengok bagian desain, iPhone hadir dengan dimensi yang lebih kecil dan lebih compact. Smartphone iOS ini hadir dengan desain yang berkelas bahkan sudah mengusung fitur tahan cipratan air. Kedua smartphone ini hadir dengan bodi metal yang solid. Walaupun demikian, iPhone 7 sangat nyaman digenggam dengan berat 138 gram saja. LG G5 sendiri hadir dengan dimensi yang khas ponsel Android saat ini. Ponsel ini cukup ramping dengan berat 159 gram saja.

Perbedaan kentara lainnya dari kedua ponsel premium ini ialah dalam iPhone 7 tidak terdapat jack headset 3,5 mm. Apple menghilangkan bagian ini untuk memperbesar kapasitas baterai dan menggantinya dengan headset wireless. Kedua smartphone juga sudah menggunakan sensor fingerprints. Pada iPhone 7, sensor sidik jari terdapat di tombol home. Tombol Home ini bahkan sudah dibekali teknologi touch. Sedangkan pada LG G5 terdapat pada bagian bodi belakang.

Layar

Pada bagian layar, iPhone 7 menggunakan layar berukuran 4,7 inci. Sedangkan LG G5 menggunakan layar berukuran 5,3 inci. Apple menggunakan panel layar LED IPS dengan resolusi HD 1334 x 750 pixels. Hal ini berbeda dengan yang dihadirkan LG pada G5 yakni panel IPS resolusi QHD 2560 x 1440 pixels.

Dari spesifikasi tersebut, LG G5 lebih unggul dalam hal menampilkan kualitas visual. Selain itu, LG juga menghadirkan fitur always on display yang membuat layar lebih hemat daya. Sementara itu, iPhone 7 cukup unggul dengan fitur night shift yang mengurangi cahaya biru. Hal ini membuat pengguna iPhone bisa menikmati tampilan layar di malam hari lebih nyaman. Layar iPhone juga sudah dibekali teknologi 3D Touch Display.

Mesin

Apple menghadirkan mesin baru yang berkinerja tinggi. iPhone 7 dibekali chipset Apple A10 Fusion. Prosesor quad-core ini menggunakan RAM 2GB yang membuat performa cukup lancar tanpa lag saat multitasking maupun bermain game.

LG G5 mengusung mesin premium khas ponsel Android High end saat ini. LG memasang chipset Qualcomm Snapdragon 820. Prosesor quad-core ini akan disokong RAM 4GB dan GPU Adreno 530. Performanya sangat cepat untuk multitasking dan bermain game.

LG G5 H850
  • 0/5
  • 0 reviews
Harga termurah

Rp 5,750,000

Sistem Operasi

Untuk bagian sistem operasi, Apple iPhone 7 menggunakan sistem operasi terbaru iOS 10.1. Sistem ini memiliki beberapa fitur baru yang membuat kinerja smartphone kian cepat. Untuk LG G5 menggunakan sistem operasi Android Marshmallow. Sistem Android ini unggul dengan fitur hemat daya dan multitasking yang lebih baik.

Memori Penyimpanan

Apple menghadirkan memori penyimpanan baru dalam varian iPhone 7. Apple menghilangkan varian memori internal 16GB dan menggantinya dengan varian 32, 128 hingga 256GB. Sayangnya, Apple masih tidak menghadirkan slot microSD. LG G5 sendiri mengusung memori internal 32GB saja dilengkapi Slot micro SD.

Apple iPhone 7 32GB
  • 4.76/5
  • 5 reviews
Harga termurah

Rp 6,450,000

Kamera

Bagian kamera smartphone premium ini memang layak diperhitungkan. Apple menggunakan kamera utama baru 12 MP dengan teknologi PDAF dan OIS. Apple juga menghadirkan quad-LED sehingga kamera kian terang saat memotret malam hari. Kamera ini bisa merekam video 4K dengan baik. Kamera depan Apple menggunakan kamera 7 MP.

LG tidak kalah unggul dengan menggunakan dual kamera 16 MP + 8 MP. Kamera ini menggunakan laser autofocus, OIS, sehingga hasil kamera lebih baik. Untuk kamera depan, LG menggunakan kamera 8 MP yang cukup baik untuk selfie.

Baterai

Apple iPhone 7 menggunakan baterai berkapasitas 1960 mAh. LG G5 menggunakan baterai 2800 mAh.  

Kesimpulan

Nama Harga di Pasaran RAM Memori Internal Ukuran Layar Resolusi Kamera Kapasitas Baterai OS Version Chipset GPU
Apple iPhone 7 32GB Rp 6,450,000 2 GB 32 GB 4.7 inch 12 MP 1960 mAh 10 Apple A10 (six-core graphics)
LG G5 H850 Rp 5,750,000 4 GB 32 GB 5.3 inch 16 MP 2800 mAh 6.0 Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820 Adreno 530
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Mencari jawara dalam kedua ponsel premium beda sistem operasi ini memang tidaklah mudah. Namun, kalau membandingkan secara spesifikasi hingga harga, tampaknya LG G5 layak menjadi pemenangnya. Pasalnya, smartphone ini mengusung layar yang lebih luas dan RAM yang lebih besar. Tidak hanya itu, sistem operasi Android yang diusung juga membuat ponsel Android premium kian unggul. Dengan harga yang lebih murah, tentu LG G5 menjadi pilihan yang pas melawan iPhone 7.

Baca juga artikel:
Duel Ponsel Premium terbaru, Google Pixel vs Xiaomi Mi 5s, Mana yang Terbaik?
Duel Ponsel Google, Google Pixel vs LG Nexus 5X , Mana yang Terbaik?
Duel Phablet Premium, Samsung Galaxy Note 7 VS Google Pixel XL, Mana yang Layak Dibeli?

Artikel Lainnya

Komentar