Diperbaharui pada Kamis, 27 Oktober 2016 | 11:54

Duel Ponsel Premium terbaru, Google Pixel vs Xiaomi Mi 5s, Mana yang Terbaik?

Menjelang akhir tahun 2016, semakin banyak smartphone premium baru yang bermunculan. Setelah iPhone 7 diperkenalkan, Google juga menghadirkan varian Google Pixel. Smartphone ini menjadi varian smartphone premium perdana buatan Google. Tak tanggung-tanggung Google mengusung sejumlah teknologi terkini yang membuat smartphone ini layak bersaing dengan smartphone premium lainnya.

Tidak ingin ketinggalan, Xiaomi pun melepas varian smartphone baru yakni Xiaomi Mi 5s. Varian ini juga mengusung sejumlah teknologi baru termasuk chipset terbaru dan sektor kamera baru. Tentu menarik melihat persaingan kedua smartphone premium terbaru ini mengingat spesifikasi yang ditawarkan tidak berbeda jauh. Lalu manakah yang terbaik diantara kedua ponsel Android terbaru ini?

Desain

Untuk bagian desain, kedua smartphone premium ini mengusung desain yang sama-sama mewah dan segar. Samrtphone premium Google ini juga sudah menggunakan bodi metal yang solid. Bedanya, Google tampil lebih minimalis dengan tombol on screen. Untuk sensor sidik jari, terpasang pada bagian bodi belakang.

Xiaomi justru menghadirkan bodi metal yang cukup elegan dengan layar melengkung. Xiaomi masih mengandalkan tombol home yang juga dilengkapi dengan sensor sidik jari. Untuk tebal, Google Pixel hanya memiliki tebal 8,5 mm dengan berat 143 gram. Sedangkan, Xiaomi Mi 5s setebal 8,3 mm dan berat 145 gram. Desain dan dimensi ini terasa ideal untuk sebuah smartphone saat ini.

Layar

Untuk bagian layar, Google Pixel menggunakan layar berukuran 5 inci. Sedangkan Xiaomi Mi 5s menggunakan layar berukuran 5,15 inci. Kedua layar tersebut akan disokong resolusi yang sama yakni Full HD 1080 x 1920 pixels. Perbedaan lain dalam kedua layar smartphone ini ialah pada penggunaan panel display. Google memilih panel AMOLED, sedangkan Xiaomi menggunakan panel IPS. Perbedaan panel ini membuat smartphone Google bisa menampilkan gambar dan video yang lebih jelas dan jernih. Walaupun demikian, kedua layar sudah cukup untuk penggunaan harian yang responsive. Tak lupa, layar ini sudah terlindungi dengan anti gores.

Mesin

Bicara bagian mesin, kedua smartphone premium terbaru Google dan Xiaomi ini mengusung spesifikasi yang tidak jauh berbeda. Google dan Xiaomi sama-sama memasang chipset terbaru Qualcomm Snapdragon 821. Ini merupakan prosesor quad-core dengan performa yang lebih tinggi dibanding Snapdragon 820. Prosesor ini akan disokong RAM 4GB dengan GPU Adreno 530. Performanya cukup cepat saat multitasking hingga bermain game. Chipset ini memang tengah menjadi tren dan dipasang di berbagai ponsel premium terbaru. RAM yang besar juga membuat ponsel tidak akan mudah lag atau hang.

Sistem Operasi

Untuk sistem operasi, Google Pixel akan unggul dengan sistem operasi paling baru yakni Android Nougat 7.1. Berbeda dengan Xiaomi Mi 5s yang masih menggunakan sistem operasi Android Marshmallow 6.0. Dalam sistem terbaru, Google menghadirkan sejumlah fitur baru yang tidak akan ditemukan pada sistem Android Nougat versi global. Tidak hanya itu, Google Pixel juga sudah dibekali fitur Google Assistant yang lebih baik hingga sistem multitasking yang lebih optimal.

Memori Penyimpanan

Untuk kamu yang gemar menyimpan data di smartphone, Google dan Xiaomi menyediakan memori yang cukup besar. Google memasang memori internal 32 atau 128GB. Sedangkan Xiaomi memasang memori 64GB dengan RAM 3GB atau memori internal 128GB dengan RAM 4GB. Sayangnya, kedua smartphone ini tidak dilengkapi slot microSD.

Kamera

Untuk urusan kamera, Kedua ponsel premium terbaru ini mengusung kamera yang cukup mumpuni. Smartphone Google akan mengusung kamera utama 12,3 MP dengan teknologi sensor SONY, PDAG, Dual LED. Hal yang mirip juga terdapat pada ponsel Xiaomi yakni kamera utama 12 MP dengan sensor SONY, teknologi PDAF dan dual LED. Kamera ini akan mampu merekam video 4K dengan baik dan jelas. Untuk kamera depan, Google lebih unggul dengan pemasangan kamera utama 8 MP, sedangkan kamera depan Xioami hanya 4 MP saja.

Baterai

Sayangnya, Google hanya menggunkan baterai berkapasitas 2770 mAh saja. Bandingkan dengan Xiaomi yang menggunakan baterai 3200 mAh yang diklaim cukup bisa bertahan lebih lama saat penggunaan harian.

Fitur Lainnya

Kedua smartphone premium ini sudah menggunakan USB Type C sehingga kinerjanya akan cukup baik dalam mengisi daya maupun memindahkan data.

Kesimpulan

Nama Harga di Pasaran RAM Memori Internal Ukuran Layar Resolusi Kamera Belakang Kapasitas Baterai OS Version Detail Prosesor GPU
Google Pixel 32GB belum ada harga 4 GB 32 GB 5 inch 12 MP 2770 mAh 7.1 MSM8996 Snapdragon 821 Adreno 530
Xiaomi Mi5s RAM 3GB ROM 64GB belum ada harga 3 GB 64 GB 5.15 inch 12 MP 3200 mAh 6 Snapdragon 821 Adreno 530
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Bila kamu membandingkan kedua smartphone Google dan Xiaomi secara keseluruhan, termasuk masalah harga, Tampaknya, smartphone Xiaomi Mi 5s lebih unggul. Pasalnya, smartphone ini memilki harga yang lebih terjangkau dengan spesifikasi yang tidak berbeda jauh dengan Google Pixel. Tidak hanya itu, Xiaomi juga unggul dengan baterai yang lebih baik. Seperti yang diketahui kapasitas baterai yang kian besar semakin dibutuhkan banyak pengguna gadget modern.

Baca juga artikel:
Duel Ponsel Google, Google Pixel vs LG Nexus 5X , Mana yang Terbaik?
Mana yang Lebih Cepat, iPhone 7 Plus VS OnePlus 3
ASUS ZenFone 3 5.5 ZE552KL VS Samsung Galaxy A7 (2016), Mana Lebih Unggul?
Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts