Duel Ponsel Google, Google Pixel vs LG Nexus 5X , Mana yang Terbaik?

Duel Ponsel Google, Google Pixel vs LG Nexus 5X , Mana yang Terbaik?

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 18 Okt 2016 | 11:53

Google beberapa tahun ini terus mengembangkan smartphone Android dengan kualitas terbaik. Google pun menjalin kerjasama dengan beberapa vendor kelas dunia untuk membuat ponsel yang bersaing. Seperti tahun ini, Google menghadirkan varian baru smartphone miliknya, Google Pixel. Varian ini muncul sekaligus mengakhiri varian Google Nexus yang sudah cukup lama dipasarkan.

Dalam Google Pixel, Google mengusung spesifikasi kelas premium yang selama ini jarang dihadirkan dalam varian Nexus. Google bahkan cukup serius menggarap smartphone Android terbaru ini dengan chipset terbaru, RAM besar hingga sektor kamera yang berkualitas tinggi.

Sebelumnya, Google dan LG telah menghadirkan varian Nexus 5X. Smartphone ini menjadi salah satu varian Nexus dengan spesifikasi cukup tinggi dikelasnya. Google juga sudah mengusung memori internal besar hingga kamera resolusi tinggi untuk memuaskan penggunanya.

Lalu, bagaimana bila kedua smartphone Google ini dibandingkan? Manakah yang terbaik antara Google Pixel dan LG Nexus 5x?

Desain

Google dan HTC menghadirkan desain yang cukup mewah dalam varian Pixel. Perubahan yang cukup kentara tentu penempatan logo yang berubah. Bila sebelumnya, Nexus 5x dan Nexus 6P menghadirkan logo Google dan Logo produsen (LG atau Huawei). Dan dalam Pixel, semua logo tersebut dihilangkan dan berganti logo G khas Google.

Google Pixel hadir dengan desain yang lebih tipis dan lebih mewah dengan bodi berkualitas tinggi dibanding model Nexus. Nexus 5x sendiri hadir dengan desain yang mirip ponsel kelas menengah pada umumnya. Berbeda dengan Google Pixel yang sudah mengusung bodi berbalut metal sehingga bisa bersaing dengan varian iPhone 5 atau Samsung Galaxy S series. Sayangnya, Google Pixel belum dibekali fitur anti air.

Google Pixel 32GB
  • 0/5
  • 0 reviews
Harga termurah

Tidak ada harga

Layar

Google menggunakan layar berukuran 5,2 inci pada Nexus 5x. Sedangkan terpasang layar 5 inci pada Google Pixel. Google Pixel sudah menggunakan panel layar AMOLED dan Nexus 5x masih menggunakan panel layar IPS. Menariknya, Google sudah menambahkan mode malam dalam seri Pixel. Hal ini membuat pengguna bisa menikmati layar lebih nyaman saat malam hari. Fitur ini sudah bisa dnikmati oleh pengguna smartphone Android yang mendapat update sistem Android 7.1.

Software

Pixel hadir dengan sistem operasi bawaan Android 7.1 Nougat. Sistem ini memang tidak bisa dinikmati oleh perangkat Nexus. Nexus 5x sendiri menggunakan sistem operasi Android Marshmallow dalam paket penjualannya. Memang Nexus sudah bisa mendapat update Android Nougat 7.0. Namun, Nexus tidak akan mendapatkan fitur-fitur khas yang ada dalam Pixel.

Pixel sudah dilengkapi dengan Google Assistant yang diharapkan membantu penggunanya dalam berkegiatan. Sedangkan Nexus 5X hadir dengan firmware yang mudah diubah dan diatur.

Dapur pacu

Google dan HTC membekali smartphone premium ini dengan spesifikasi kelas atas. Tidak tanggung-tanggung, ponsel Android terbaru ini menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 821. Prosesor quad-core ini akan disokong RAM 4GB dan memori internal 32 GB. Untuk mendukung grafis, HTC membekali GPU Adreno 530. Untuk performanya, smartphone ini layak bersaing dengan ponsel premium lainnya.

Untuk nexus 5x, LG menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 808. Prosesor hexa-cora ini memiliki performa kelas menengah dengan sokongan RAM 2GB hingga GPU Adreno 418. Untuk menyimpan data, LG dan Google menyediakan memori 16 GB. Performanya cukup cepat saat multitasking maupun bermain game.

LG Nexus 5X
  • 4.6/5
  • 1 reviews
Harga termurah

Rp 4,100,000

Kamera

Untuk kamera, Google Pixel mengusung sektor kamera yang cukup menjanjikan. Google memasang kamera utama 12 MP dengan teknologi PDAF dan Dual LED. Google juga sudah menggunakan sensor baru yang membuat gambar kian tajam dan jelas. Kameranya juga sudah support 4K Video. Untuk kamera depan, terpasang kamera selfie 8 MP yang bisa merekam video Full HD. Menariknya, terdapat teknologi AI yang membuat foto bisa tersimpan secara rapi dalam cloud storage sehingga memori internal ponsel lebih lega.

Pada Nexus 5x, terpasang kamera utama 12,3 MP. Kamera ini sudah disokong teknologi laser autofocus dengan dual LED. Nexus juga sudah support video 4K. Perbedaanya untuk kamera depan hanya terpasang kamera 5 MP yang mumpuni.

Kesimpulan

Nama Harga di Pasaran RAM Internal Ukuran Layar Resolusi Kamera Baterai OS Version Chipset GPU
Google Pixel 32GB Tidak ada harga 4 GB 32 GB 5 inch 12 MP Non-removable Li-Ion 2770 mAh 7.1 Nougat Qualcomm MSM8996 Snapdragon 821 Adreno 530
LG Nexus 5X Rp 4,100,000 2 GB 16 GB 5.2 inch 12 MP Non-removable Li-Po 2700 mAh 6.0 Marshmallow Qualcomm MSM8992 Snapdragon 808 Adreno 418

Google memang telah memberhentikan produksi varian Nexus dan menggantikan dengan varian baru, Pixel. Google Pixel dan Pixel XL hadir dengan software baru dan hardware yang meningkat dibanding seri Nexus. Sayangnya, desain yang diusung dalam smartphone Google ini sedikit mirip dengan milik Apple.

Nexus 5X memang tidak segahar varian Pixel. Walaupun demikian ponsel ini tetap layak untuk dimiliki saat ini. Pasalnya kamu masih bisa mendapatkan update sistem Google secara gratis. Tidak hanya itu, ponsel ini juga sudah tahan air dan mengusung layar yang cukup luas dan tajam.

Jadi semua kembali kekebutuhan kamu dalam beraktivitas.

*images via AndroidPit

Baca juga artikel:
Ini Kelebihan dan Kekurangan Google Pixel dan Pixel XL
Benarkah Google Pixel Lebih Baik Daripada iPhone 7? Berikut Perbandinganya!
Benchmark Geekbench: iPhone 7 Plus Kalahkan Google Pixel XL

Artikel Lainnya

Komentar

rifky ricandra 18 Oktober 2016 - 13:48
aku lebih memilih lg nexus 5x