Benarkah Google Pixel Lebih Baik Daripada iPhone 7? Berikut Perbandinganya!

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 11 Okt 2016 | 15:34

Image Via FossBytes

Bila kamu saat ini tengah mencari smartphone baru, sepertinya kamu pasti akan kebingungan. Pasalnya, beberapa produsen smartphone telah merilis ponsel premium. Sebut saja, Google yang menghadirkan Google Pixel minggu lalu. Ponsel ini disebut sebagai varian smartphone Android terbaik saat ini. Pasalnya, ponsel ini sudah mengusung mesin terbaru Qualcomm hingga dukungan Google Assistant.

Menariknya, dikelas yang sama, Apple juga menghadirkan varian iPhone 7 terbaru. Ponsel ini menggunakan sistem iOS baru, Chipset baru dan kamera baru. Bahkan, Apple sudah menggunakan RAM besar sehingga performanya cukup cepat saat multitasking.

Kehadiran Google Pixel sendiri disebut-sebut untuk menantang iPhone 7. Apalagi, kedua smartphone premium ini mengusung rentang harga yang tidak berbeda jauh. Lalu, benarkah Google Pixel lebih baik daripada iPhone 7? Berikut ulasan dan perbandingannya.

Desain

Kedua smartphone hadir dengan desain yang sama-sama segar dan mewah. keduanya bahkan menghadirkan bodi kualitas premium. Sekilas desain yang dihadirkan memang mirip. Google dan Apple sama-sama menggunakan bodi metal yang cukup nyaman digenggam.

Yang menarik, desain iPhone 7 memang mirip dengan varian iPhone sebelumnya. Desain iPhone masih tampak elegan dan mewah meski banyak produsen Android sudah mengusung desain yang kian beraneka ragam. Tidak hanya itu, Apple juga sudah menghadirkan fitur tahan air dan debu.

Google sendiri menghadirkan desain baru yang menggabungkan keindahan dan kenyamanan. Perbedaan kedua ponsel hanya tampak pada bagian tombol home hingga panel bodi belakang. Pasalnya, Google sudah menggunakan panel dengan lapisan Gorilla Glass 4. Pixel juga sudah menghadirkan tombol sensor dibagian tengah bodi belakang.

Layar

Untuk urusan layar, Googla Pixel menghadirkan layar berukuran 5 inci. Hal ini berbeda dengan Google iPhone 7 yang menggunakan layar berukuran 4,7 inci. Perbedaan lain pada layar ini tentu masalah resolusi. Google menghadirkan layar dengan resolusi full HD 1080 x 1920 pixels. Berbeda dengan iPhone 7 yang menggunakan resolusi lebih rendah 1334 x 750 pixels. Dengan resolusi yang besar, pengguna bisa menikmati sajian gambar ataupun video dengan lebih jernih dan detail.

Sebagai ponsel Android premium, Google menggunakan layar panel AMOLED, hal ini membuat warna tampak lebih jelas. Untuk iPhone 7 masih menggunakan panel IPS dengan teknologi Force Touhc Technology.

Dapur Pacu

Untuk bagian mesin, Google Pixel menggunakan dapur pacu yang menggoda. Google menghadirkan chipset Qualcomm Snapdragon 821. Prosesor quad-core ini akan disokong RAM 4 GB dan GPU Adreno 530. Tentu performa ponsel ini akan sangat cepat untuk harian maupun multitasking.  Untuk sistem operasi, Google menggunakan OS Android terbaru, Android 7.1 Nougat.

Apple iPhone 7 menggunakan mesin yang juga baru. Apple memasang chipset Apple A10. Prosesor quad-core ini akan disokong RAM 2 GB. Performanya cukup cepat saat digunakan multitasking. Apple sudah menggunakan RAM besar dan sistem baru, iOS 10.

Google Pixel 32GB
  • 0/5
  • 0 reviews
Harga termurah

Tidak ada harga

Memori Penyimpanan

Google Pixel menghadirkan pilihan memori internal 32GB dan 128GB. Sedangkan, Apple menggunakan memori internal 32GB, 128GB dan 256GB. Kedua ponsel ini membuat pengguna bisa menyimpan file musik maupun video dengan sangat banyak. Sayangnya, ponsel ini tidak menggunakan slot microSD.

Kamera

Sektor kamera masih menjadi sektor yang dikembangkan dalam smartphone setiap tahunnya. Apple bahkan sudah menggunakan kamera utama baru 12 MP yang dibekali aperture f/1.8. Sekilas sensor yang dihadirkan mirip dengan sektor kamera Galaxy S7. Kamera ini dibekali fitur phase detection autofocus, OIS Optical Stabilization, quad LED Flash, HDR dan kemampuan rekam video 4K. Untuk kamera depan, Apple menggunakan kamera depan 7 MP dengan aperture f/2.2.

Google juga tidak kalah menghadirkan kamera utama 12 MP dengan aperture f/2.0. Kamera ini menggunakan phase detection dan laser autofocus, dual LED Flash, HDR dan kemampuan rekam video 4K. Untuk kamera depan, Google menggunakan kamera 8 MP dengan aperture f/2.4.

Baterai

Untuk sekilas Google Pixel menghadirkan baterai yang lebih efisien dengan baterai berkapasitas 2770 mAh. Apple iPhone 7 juga hadir dengan baterai yang meningkat dengan kapasitas 1960 mAh. Google Pixel cukup unggul dengan hadirnya fast charging.

Apple iPhone 7 32GB
  • 0/5
  • 0 reviews
Harga termurah

Rp 9,899,999

Kesimpulan

Nama Harga di Pasaran RAM Internal Ukuran Layar Resolusi Kamera Baterai OS Version Chipset GPU
Google Pixel 32GB Tidak ada harga 4 GB 32 GB 5 inch 12 MP Non-removable Li-Ion 2770 mAh 7.1 Nougat Qualcomm MSM8996 Snapdragon 821 Adreno 530
Apple iPhone 7 32GB Rp 9,899,999 2 GB 32 GB 4.7 inch 12 MP Non-removable Li-Po 1960 mAh 10 Apple A10 (six-core graphics)

Bicara smartphone mana yang lebih baik, sepertinya Google Pixel memang cukup mengungguli iPhone 7 diberbagai sektor. Ponsel Android ini memiliki layar yang lebih lebar dan jelas dibanding iPhone. Tidak hanya itu, Ponsel terbaru ini juga menggunakan RAM yang besar sehingga performanya dipastikan lebih cepat dibanding iPhone. Untuk memori internal pun, Google sudah menghadirkan pilihan memori internal yang besar. Untuk sistem operasi tentu iOS dan Android memiliki keunggulan tersendiri. Namun, sepertinya, Sistem terbaru Android Nougat memiliki fitur yang lebih lengkap.

Untuk bisa merasakan kedua ponsel ini, kamu harus bersabar karena keduanya belum masuk pasar Indonesia.

Baca juga artikel:
Ini Kelebihan dan Kekurangan Google Pixel dan Pixel XL
Benchmark Geekbench: iPhone 7 Plus Kalahkan Google Pixel XL
7 Alasan Kenapa Kamu Harus Membeli Google Pixel dan Pixel XL

Artikel Lainnya

Komentar