Duel Phablet Premium, Samsung Galaxy Note 7 VS Google Pixel XL, Mana yang Layak Dibeli?

Duel Phablet Premium, Samsung Galaxy Note 7 VS Google Pixel XL, Mana yang Layak Dibeli?

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 06 Okt 2016 | 17:08

Samsung Galaxy Note 7 versi pengganti memang telah resmi dipasarkan ke berbagai penjuru dunia. Walaupun berbagai kasus masih menerpa, smartphone Android premium ini masih layak diperhitungkan. Apalagi, ponsel ini masih mengusung teknologi dan inovasi yang cukup baik.

Tidak heran, banyak produsen ingin mematahkan dominasi ponsel ini dengan menghadirkan ponsel spek premium seperti Apple dengan iPhone 7 Plus atau LG dengan LG V20. Menariknya, kini giliran Google yang menghadirkan phablet premium bernama Google Pixel XL, yang digadang-gadang dibekali teknologi dan fitur yang berbeda dengan ponsel premium lainnya termasuk Note 7.

Lalu, seperti apa perbedaan kedua ponsel Android premium ini? Mana yang unggul dan layak dibeli?

Nama Harga di Pasaran OS Version Chipset GPU RAM Internal Resolusi Kamera Baterai
Google Pixel XL 128GB Tidak ada harga 7.1 Nougat Qualcomm MSM8996 Snapdragon 821 Adreno 530 4 GB 128 GB 12 MP Non-removable Li-Ion 3450 mAh
Samsung Galaxy Note 7 N930 Rp 10,687,500 6.0.1 Marshmallow Exynos 8890 Mali-T880 MP12 4 GB 64 GB 12 MP Non-removable Li-Po 4000 mAh

Dapur Pacu

Bicara performa, Samsung Galaxy Note 7 yang diluncurkan pada awal agustus lalu tentu memiliki dapur pacu yang bertenaga dan fitur innovative. Ponsel layar lebar ini hadir dengan bekal chipset Exynos 8890. Prosesor quad-core ini menggunakan chipset yang bertenaga dan cepat, disokong RAM 4 GB. Tidak lupa, terpasang GPU Mali-T880 MP12 yang membuat performa smartphone ini cukup impressive saat digunakan bermain game.

Disisi lain, Google Pixel XL hadir dengan mesin paling baru chipset Qualcomm Snapdragon 821. Mesin quad-core ini merupakan pengembangan seri Snapdragon 820 yang diklaim kian cepat dan kian efisien. Prosesor quad-core ini akan disokong RAM 4 GB. Meski sekilas sama, ternyata performa chipset yang diusung ponsel ini lebih baik 10% daripada ponsel buatan Samsung. Pada bagian GPU, Google juga sudah menggunakan GPU Adreno 530 yang membuat grafis kian detail saat bermain game serta lancar saat multitasking.

Display

Menengok bagian layar, Samsung layak bangga menghadirkan layar yang jauh meningkat dibanding varian Note 5. Samsung kali menggunakan layar berukuran 5,7 inci pada Note 7. Layar lebar ini disokong panel Super AMOLED dan QHD 1440 2560 pixels. Layar ini juga sudah dilindungi anti gores Corning Gorilla Glass 5. Layar ini diklaim lebih kuat bahkan saat jatuh pada ketinggian 1,6 meter dipermukaan yang kasar sekalipun. Yang menarik, Samsung menghadirkan fitur Always on yang membuat pengguna bisa mengecek waktu, tanggal dan notifikasi lainnya tanpa harus membuka layar dan menyalakan layar terlebih dahulu.

Google Pixel XL juga hadir dengan layar yang tidak kalah dibanding layar Note 7. Smartphone ini hadir dengan ukuran layar 5,5 inci. Layar ini disokong panel AMOLED dan resolusi QHD 1440 x 2560 pixels. Layarnya diklaim sama jelasnya dibanding Note 7 dalam hal menampilkan visual. Perbedaan yang mencolok tentu saja penggunaan pelindung anti gores Corning Goriila 4. Walaupun demikian, layar Pixel XL tetap kokoh. Perbedaan lainnya, tentu tidak hadirnya fitur always on display.

Memori penyimpanan

Via XaniaNews

Ponsel Android premium, Samsung Galaxy Note 7 sudah dibekali memori penyimpanan yang cukup besar yakni 64 GB, dengan tambahan slot microSD. Google Pixel XL hadir dengan memori penyimpanan internal 32 dan 128 GB, yang sayangnya tanpa slot microSD.

Sistem Operasi

Samsung sudah menggunakan sistem operasi Android Marshmallow. Hal berbeda dipasang pada Google Pixel XL. Phablet premium ini menggunakan sistem yang lebih update, Android Nougat 7.1.

Samsung Galaxy Note 7 N930
Harga termurah

Rp 10,687,500

Kamera

Via Stuff.tv

Samsung memang tidak menghadirkan kejutan pada sektor kamera dalam Galaxy Note 7. Walaupun demikian, Samsung sudah menghadirkan teknologi dan fitur baru. Pada bagian kamera belakang, samsung sudah menggunakan sensor 12 MP dengan aperture f/1.7. Kamera ini dibekali standar LED Flash, phase detection autofocus. Optical image stabilization dan software yang hadir dengan user interface yang lebih mudah digunakan. Untuk kemampuan rekam, smartphone ini bisa digunakan untuk merekam video 4K pada 30fps. Untuk kamera depan, Samsung menggunakan kamera 5 MP dengan aperture f/1.7, auto HDR dan dual video call.

Via PCAdvisor

Diatas kertas, Google Pixel XL juga menghadirkan sektor kamera yang mengesankan. Pada kamera belakang, terpasang kamera utama 12,3 MP dengan aperture f/2.0, phase detection dan laser autofocus,  hingga dual LED Flash. Kamera ini juga dibekali optical image stabilization dan digital zoom yang mumpuni. Kamera ini juga sudah bisa merekam video 4K pada 30fps. Kamera depannya juga sudah menggunakan sensor besar 8 MP. Kamera depannya sudah mampu merekam video full HD pada 30fps.

Google Pixel XL 128GB
Harga termurah

Tidak ada harga

Kesimpulan

Sekilas, Samsung Galaxy Note 7 memang cukup unggul dibanding Google Pixel LX. Apalagi, phablet premium ini sudah dibekali fitur anti air dan anti debu. Tidak hanya itu, terpasang fingerprint scanner dan iris scanner, hingga S Pen Stylus yang menawarkan fitur kian lengkap. Selain itu, ponsel ini juga sudah dibekali slot microSD dan baterai 3500 mAh yang lebih tahan lama.

Google Pixel XL mengusung spesifikasi yang tidak kalah mumpuni. Hanya saja, ponsel Android premium ini hanya dibekali fingerprint scanner. Walaupun demikian, ponsel ini cukup unggul dengan sistem operasi yang lebih update, fitur Google Assistant hingga support VR. Selain itu, ponsel ini mengusung harga yang lebih terjangkau.

Jadi semua kembali ke kebutuhan kamu.

Baca juga artikel:
Google Pixel dan Pixel XL Dirilis, Punya Google Assistant dan Kamera Premium
iPhone 7 Plus VS Samsung Galaxy Note 7, Apa Perbedaannya?
Drop Test Note 7 vs Note 5 vs iPhone 6S, Manakah yang Masih Berfungsi?

Artikel Lainnya

Komentar