Mana yang Lebih Cepat, iPhone 7 Plus VS OnePlus 3

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 05 Okt 2016 | 15:57

Apple akhirnya memperkenalkan varian terbaru iPhone 7 Plus yang merupakan versi layar lebar dari iPhone 7. Ponsel ini hadir dengan sejumlah teknologi dan fitur baru termasuk penggunaan RAM yang lebih besar yakni RAM 3 GB. Ponsel iOS ini tentu akan menawarkan kecepatan luar biasa saat multitasking.

Menariknya, ponsel Android saat ini sudah menghadirkan RAM yang lebih besar hingga 6 GB. Salah satu produsen yang menghadirkan smartphone RAM 6 GB ialah OnePlus. Produsen ini menghadirkan varian OnePlus 3 yang dilengkapi mesin premium dari Qualcomm. Lalu manakah yang terbaik dan lebih cepat antara dua ponsel RAM besar ini? Coba kita bandingkan keduanya melalui spesifikasi masing-masing.

Desain

iPhone 7 Plus hadir dengan desain yang tidak banyak berubah. Apple masih mengusung desain yang mirip iPhone 6s plus. Bedanya, Apple menghadirkan pilihan warna yang lebih elegan. Tidak hanya itu, Apple juga sudah menghadirkan teknologi home button baru. Teknologi ini ini akan membuat kamu bisa menekan tombol dengan lebih beragam untuk menghasilkan pilihan yang beragam pula. Fitur ini mirip fitur touch display.

OnePlus 3 hadir dengan desain yang cukup elegan. OnePlus mengusung bodi metal yang cukup nyaman digenggam. Ponsel ini juga sudah menggunakan tombol home unik yang bisa digunakan sebagai fingerprint sensor.

Dari sisi dimensi, iPhone hadir dengan ukuran yang lebih besar dengan tebal hanya 7,3 mm dan berat 188 gram. Bandingkan dengan OnePlus yang hanya setebal 7,4 mm dan berat 158 gram.

Layar

Kedua ponsel RAM terbesar ini hadir dengan penggunaan layar yang sama-sama lebar 5,5 inci. Layar ini juga sama-sama menggunakan resolusi Full HD 1080p. Perbedaan kedua layar ini tampak pada bagian panel yang digunakan. Apple masih menggunakan panel IPS, sedangkan OnePlus sudah mengandalkan panel AMOLED.

Penggunaan layar AMOLED membuat smartphone Android bisa lebih hemat daya dan mampu menampilkan gambar dan video yang lebih jelas. Walaupun demikian, Apple juga memiliki kelebihan dengan penambahan teknologi pressure sensitive display Apple 3D Touch. Kedua layar smartphone ini juga sudah dilindungi anti gores untuk menambah ketahanan gores.

OnePlus 3 A3000
  • 0/5
  • 0 reviews
Harga termurah

Rp 5,600,000

Mesin

Pada bagian mesin, Apple 7 Plus menggunakan chipset terbaru Apple A10 dengan sokongan RAM 3 GB. Berbeda dengan OnePlus 3 yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 820 dengan sokongan RAM 6 GB. 

Menariknya, meski menggunakan RAM yang lebih kecil. IPhone 7 plus bisa membuka banyak aplikasi dengan lebih cepat. Ponsel iOS terbaru ini mampu digunakan bermain game tanpa menunjukkan gejala lag sama sekali. Tentu hal ini sangat menarik mengingat selama ini RAM besar selalu identic dengan performa yang lebih cepat.

Biar lebih jelas simak video adu kecepatan iPhone 7 plus vs OnePlus 3 dibawah ini.

Memori penyimpanan

Guna memuaskan penggunanya, Apple juga sudah menggunakan memori pilihan yang kian beragam yakni 32, 128 dan 256 GB. Hal berbeda dihadirkan OnePlus yang menggunakan memori internal 64 GB. Menariknya, kedua ponsel RAM besar ini tidak dibekali slot microSD.

Sistem operasi

Pada bagian sistem operasi, iPhone 7 Plus menggunakan sistem terbaru iOS 10. Untuk OnePlus 3 sudah menggunakan sistem operasi Android Marshmallow. iPhone hadir dengan sistem yang lebih cepat dan halus. Walaupun demikian, OnePlus hadir dengan sistem yang lebih hemat daya.

Kamera

iPhone 7 plus hadir dengan rombakan kamera utama yang cukup mengesankan. Apple memasang dual kamera 12 MP. Kamera ini sudah dibekali teknologi telephoto 2x optical xoom. Kamera keduanya juga sudah dibekali kemampuan bokeh dan blur yang lebih baik. Apeture yang digunakan f/1.8 dan f/2.2 untuk telephoto. Untuk kamera depan, Apple menggunakan kamera 7 MP untuk berselfie.

Kamera OnePlus 7 juga tidak kalah gahar. Produsen asal Cina ini menggunakan kamera utama 16 MP. Kamera ini dibekali autofocus dan LED Flash. Kamera ini mampu memotret gambar dan video dengan cukup jelas. Untuk kamera depan, OnePlus dibekali kamera depan 8 MP.

Kedua kamera kian jelas merekam video karena menggunakan fitur OIS dan sensor baru.

Apple iPhone 7 Plus 32GB
Harga termurah

Rp 12,635,000

Kesimpulan

iPhone 7 Plus hadir dengan berbagai keunggulan. Keunggulan yang cukup menarik ialah penggunaan chipset yang unggul, RAM yang besar dan dual kamera belakang. Saat diadu pun, performanya cukup cepat saat multitasking. Sektor kamera pun sangat baik digunakan foto hingga merekam video 4K.

OnePlus 3 hadir dengan layar panel AMOLED yang cukup unggul. Tidak hanya itu, OnePlus juga menggunakan RAM yang besar. Kamera depan yang digunakan juga cukup baik untuk berselfie. Selain itu, harga smartphone Android ini sangat terjangkau dibanding iPhone.

Untuk performa sudah jelas, iPhone 7 Plus lebih unggul. Namun, untuk harga, OnePlus 3 sepertinya lebih bersahabat.

Nama Harga di Pasaran 4G Network RAM Internal Ukuran Layar Resolusi Kamera Baterai OS Version Chipset
Apple iPhone 7 Plus 32GB Rp 12,635,000 LTE 1800 / 1900 / 2100 2 GB 32 GB 5.5 inch 12 MP Non-removable Li-Po 2900 mAh 10 Apple A10 Fusion
OnePlus 3 A3000 Rp 5,600,000 LTE band 1(2100), 2(1900) 6 GB 64 GB 5 inch 16 MP Li-Ion 3000 mAh 6.0 Marshmallow Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820
 

Baca juga artikel:
Benarkah Xiaomi Mi 5s Lebih Baik dari iPhone 7? Berikut Perbandingannya
Drop Test, iPhone 7 dan iPhone 6s, Seberapa Kuat iPhone Terbaru ini?
Pre Order iPhone 7 dan iPhone 7 Plus Di Indonesia Sudah Dimulai

Artikel Lainnya

Komentar