Diperbaharui pada Rabu, 28 September 2016 | 21:23

Benarkah Xiaomi Mi 5s Lebih Baik dari iPhone 7? Berikut Perbandingannya

Xiaomi kembali menggebrak pasar smartphone dunia dengan menghadirkan varian baru seri Mi yakni Xiaomi Mi 5s. Ponsel ini hadir dengan desain yang elegan guna mengimbangai ponsel Android premium lainnya. Tidak hanya itu, Xiaomi juga menghadirkan mesin baru, sensor sidik jari ultrasonic hingga dual kamera.

Menariknya Xiaomi menghadirkan pula varian Xiaomi Mi 5s Plus yang memiliki ukuran lebih besar. Hal ini pun mengingatkan pada seri iPhone terbaru yakni iPhone 7 dan iPhone 7 plus. Dua ponsel Apple terbaru ini juga hadir dengan sejumlah spesifikasi baru yang cukup membuat banyak pecinta Apple percaya diri.

Hadirnya ponsel terbaru Xiaomi semakin mempertegas bahwa Xiaomi merupakan Apple-nya Asia. Lalu, benarkah Xiaomi mi 5s lebih baik dari iPhone 7? Berikut ulasannya.

Layar

Xiaomi menggunakan layar berukuran 5,15 inci. Layar ini sudah disokong panel ISP dengan resolusi full HD 1920 x 1080 pixels. Layar ini mampu menampilkan gambar dan video yang cukup jelas dan detail. Menariknya, dalam versi RAM 4 GB, Xiaomi menghadirkan teknologi 3D Touch Display. Hal ini membuat pengguna bisa menekan layar dengan tekanan tertentu untuk melakukan navigasi yang lebih mudah. Kamu juga bisa mendapatkan pilihan menu yang lebih bervariasi saat menekan layar. Layarnya juga sudah disokong anti gores sehingga kian aman digunakan.

iPhone 7 hadir dengan layar berukuran lebih compact yakni 4,7 inci. Layar ini sudah disokong panel LED IPS LCD dan resolusi 750 x 1334 pixels. Layar ini mampu menampilkan visual yang cukup jelas dengan teknologi wide color gamut display. Apple bahkan menghadirkan fitur 3D Touch Display dan display zoom. Menariknya, Apple menghadirkan fitur baru touch home button. Fitur ini membuat pengguna bisa menekan tombol home secara berbeda untuk navigasi yang berbeda. Apple juga telah menambahkan fitur anti air dan anti debu.

Performa

Xiaomi menggunakan mesin baru dalam kelas ponsel premium. Xiaomi Mi 5s dibekali chipset yang cukup kencang Qualcomm Snapdragon 821. Prosesor quad-core ini akan disokong pilihan RAM 3 dan 4 GB. Performa ponsel ini akan sangat kencang saat multitasking ataupun bermain game.

Untuk sistem operasi, Xiaomi menggunakan sistem operasi Android Marshmallow. Sistem ini hadir dengan sejumlah peningkatan dibanding sistem lama. Google bahkan menghadirkan fitur keamanan baru hingga sistem hemat daya baru dalam sistem operasi generasi enam ini.

Apple juga menghadirkan mesin baru yang cukup tangguh. Apple memasang chipset Apple A10. Prosesor quad-core ini akan disokong RAM 2 GB. Performa yang disuguhkan akan sangat cepat saat multitasking. Pengguna juga bisa bermain game dengan lancar berkat GPU baru yang digunakan.

iPhone 7 menggunakan sistem operasi iOS 10. Sistem ini hadir dengan sejumlah perbaikan bug dan fitur baru. Pengguna bisa menemukan keyboard yang lebih nyaman, SIRI yang lebih manusiawi, hingga perpesanan yang kian menyenangkan.

Memori penyimpanan

Xiaomi mi 5s menggunakan memori internal yang cukup besar yakni 64 GB (RAM 3 GB) dan 128 GB (RAM 4GB). Sayangnya, Xiaomi tidak menghadirkan slot microSD. Namun, memori internal yang besar sudah cukup untuk kebutuhan pengguna saat ini.

iPhone 7 menggunakan memori yang lebih beragam yakni 32, 128 hingga 256 GB. Apple juga belum menggunakan slot microSD.

Kamera

Ponsel Android premium dari Xiaomi ini menggunakan kamera yang berkualitas tinggi. Xiaomi menggunakan kamera belakang 12 MP. Xiaomi juga sudah menggunakan sensor Sony IMX378 dengan aperture f/2.0. Xiaomi menggunakan pula fitur PDAF untuk autofocus yang lebih cepat dan tepat hingga fitur dual LED Flash. Dengan sensor dan teknologi baru ini, kamera utama Xiaomi ini bisa menangkap gambar hingga 60 persen lebih terang dari iPhone 6s Plus. Untuk kamera depan, Xiaomi mengandalkan kamera 4 MP dengan aperture f/2.0.

Ponsel premium Apple ini hadir dengan kamera utama 12 MP. Kamera ini sudah disokong f/1.8 dengan teknologi PDAF, OIS hingga quad LED Flash. Apple menggunakan sensor baru yang membuat kamera bis menangkap gambar dan video lebih jelas saat malam hari. untuk kamera depan, Apple menggunakan kamera depan 7 MP.

 

Fitur unggulan lain

Untuk sistem keamanan, Apple iPhone 7 harus mengakui keunggulan dari Xiaomi Mi 5s. Pasalnya, ponsel Android terbaru ini menggunakan sensor sidik jari ultrasonic milik qualcomm. Teknologi ini membuat kamu bisa menggunakan sensor fingerprint meski jari sedang basah, kotor atau berminyak. Selain itu, Sensor ultrasonic ini mampu mendeteksi tesktur sidik jari dengan lebih akurat dan cepat.

Kesimpulan

Dengan harga yang ditawarkan Cuma setengah dari harga ponsel premium yang ada dipasaran, Xiaomi Mi 5s memang layak dimiliki dan lebih baik dibanding iPhone 7. Selain itu, Xiaomi cukup unggul pada layar yang lebih lebar hingga mesin yang lebih gahar. iPhone 7 sebetulnya tidak kalah unggul dengan memori internal yang lebih beragam hingga kamera depan yang cukup baik.

Bagaimana menurutmu? Apakah Xiaomi mi 5s lebih baik dari iPhone 7?

Nama Harga di Pasaran 4G Network RAM Memori Internal Ukuran Layar Resolusi Kamera Belakang Kapasitas Baterai OS Version Detail Prosesor
Xiaomi Mi5s RAM 3GB ROM 64GB belum ada harga LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), 41(2500) 3 GB 64 GB 5.15 inch 12 MP 3200 mAh 6 Snapdragon 821
Apple iPhone 7 32GB Rp 2.172.000 LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), 41(2500) 2 GB 32 GB 4.7 inch 12 MP 1960 mAh 10 A10 Fusion
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel:
Pertarungan Ketat Ponsel Premium, Samsung Galaxy S7 vs Huawei Honor 8
Huawei P9 Lite VS Oppo F1s: Perebutan Gelar Selfie Expert di Kelas Menengah
Duel Smartphone Kamera: ASUS ZenFone 3 Laser ZC551KL VS OPPO F1s
Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts