Pertarungan Ketat Ponsel Premium, Samsung Galaxy S7 vs Huawei Honor 8

Pertarungan Ketat Ponsel Premium, Samsung Galaxy S7 vs Huawei Honor 8

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 28 Sep 2016 | 14:21

Huawei Honor 8 akhirnya diperkenalkan pada akhir bulan Agustus lalu. Ponsel Android terbaru ini menjadi salah satu ponsel dengan desain yang cukup mewah. Huawei bahkan menghadirkan material metal yang solid agar bisa bersanding dengan ponsel premium lainnya. Ponsel ini pun digadang-gadang siap menjadi bintang di pasar ponsel premium setelah kasus meledaknya Samsung Galaxy series.

Walaupun demikian, Samsung Galaxy S7 tidak bisa diremehkan begitu saja. Ponsel terbaru Samsung ini hadir dengan spesifikasi yang cukup berkelas. Samsung juga menghadirkan sektor kamera yang juga mumpuni.

Lalu, bagaimana bila kedua ponsel premium Android ini dibandingkan?

Desain

Dalam kelas premium, kedua ponsel ini memang hadir sebagai kompetitor yang serius. Huawei Honor 8 dan Samsung Galaxy S7 hadir dengan desain yang sangat elegan. Keduanya sudah menggunakan material metal yang solid terdiri dari bodi aluminium berlapis kaca.

Untuk Honor 8, produsen meningkatkan kualitas desain seri honor yang selama ini sudah menggunakan bodi metal. Honor mencoba menghadirkan desain unibodi berlapis kaca baru. Tidak hanya itu, Huawei juga menghilangkan tombol home sehingga ponsel kian atraktive menggunakan tombol on screen.

Samsung  memang tidak menghadirkan ubahan berarti dalam seri Galaxy S7 ini dibanding seri S6. Pasalnya, Samsung masih percaya diri bahwa desain ini masih enak dilihat. Perbedaan ialah bodi belakang yang kini sedikit melengkung untuk memberikan kenyamanan pengguna dalam menggenggam ponsel. Perbedaan yang mencolok lainya ialah Samsung Galaxy S7 sudah dibekali fitur anti air bersertifikasi IP68.

Samsung Galaxy S7 G930FD 32GB
  • 0/5
  • 0 reviews
  • 27 threads
Harga termurah

Rp 7,100,000

 

Layar

Huawei Honor 8 hadir hadir dengan layar berukuran 5,2 inci. Layar ini sudah mendukung resolusi Full HD 1080p. Layar ini menggunakan panel LTPS TFT LCD. Alhasil, warna yang dihadirkan cukup akurat. Sayangnya untuk kecerahan layar, ponsel premium ini kalah dari Galaxy S7. Walaupun demikian, layar ini mampu menampilkan gambar dan video dari berbagai sudut pandang, bahkan saat dibawah cahaya matahari sekalipun.

Samsung Galaxy S7 hadir dengan layar berukuran 5,2 inci. Layar ini sudah disokong resolusi QHD dan panel Super AMOLED. Kualitas layar ini sangat tinggi untuk kategori ponsel Android premium. Layar ini bisa menampilkan gambar dan detail yang sangat detail. Apalagi, Samsung mengklaim layar ini lebih hemat daya dibanding layar jenis lainnya.

Mesin

Huawei akhirnya menggunakan mesin baru yang lebih berkinerja tinggi. Tidak tanggung-tanggung, ponsel ini menggunakan RAM 4 GB. RAM yang besar membuat pengguna bisa multitasking dengan sangat cepat. RAM besar ini akan menyuplai chipset HiKirin 950. Prosesor octa-core ini memiiki kinerja tinggi untuk sebuah ponsel premium.

Samsung Galaxy S7 hadir dengan performa yang sangat luar biasa. Sebagai ponsel premium, Samsung menggunakan chipset Exynos 8890 disokong oleh RAM 4 GB. Performanya memang luar biasa untuk multitasking dan bermain game. Dengan spesifikasi mesin yang kurang lebih sama, memang cukup sulit menemukan mana yang terbaik dalam kedua ponsel Android premium ini.

Huawei Honor 8 32GB
  • 0/5
  • 0 reviews
  • 2 threads
Harga termurah

Rp 5,930,000

 

Kamera

Huawei Honor 8 hadir dengan sektor kamera belakang yang baru. Huawei menggunakan dual camera 12 MP. Dual kamera ini cukup baik untuk memotret dalam kondisi gelap sekalipun. Huawei menghadirkan teknologi laser autofocus hingga sensor CMOS. Samsung Galaxy S7 juga hadir sebagai kamera 12 MP berkualitas tinggi untuk jajaran smartphone Android 2016. Kamera utama Samsung ini kian unggul dengan tambahan Optical image Stabilizer, double pixel sensor, rapid focus hingga LED Flash terang.

Untuk kamera depan, Huawei Honor 8 hadir dengan kamera depan 8 MP. Berbeda dengan Samsung Galaxy S7 yang menggunakan kamera 5 MP dengan fitur HDR.

Sistem Operasi

Huawei Honor 8 menggunakan sistem operasi Android 6.0.1 Marshmallow dengan antarmuka EMUI 4.0. Sistem ini sama seperti yang terdapat dalam varian Huawei P9. Samsung juga menggunakan sistem operasi yang sama yakni Android Marshmallow. Sistem ini menggunakan antarmuka Touchwiz. Antarmuka ini cukup ringan dan cepat.

Baterai

Kedua ponsel Android premium ini hadir dengan baterai yang sama yakni 3000 mAh. Samsung dan Huawei juga menggunakan fitur quick charging. Kedua ponsel bisa digunakan cukup lama hingga 18 jam lebih.

Nama Harga di Pasaran 4G Network RAM Internal Ukuran Layar Resolusi Kamera Baterai OS Version Chipset
Samsung Galaxy S7 G930FD 32GB Rp 7,100,000 LTE 4 GB 32 GB 5.1 inch 12 MP Non-removable Li-Ion 3000 mAh 6.0 Marshmallow Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820
Huawei Honor 8 32GB Rp 5,930,000 LTE band 1(2100), 3(1800), 7(2600), 8(900), 20(800) 4 GB 32 GB 5.2 inch 12 MP Non-removable Li-Po 3000 mAh battery 6.0 Marshmallow HiSilicon Kirin 950

Kesimpulan

Setelah dibandingkan, ternyata Huawei Honor 8 tidak sebanding dengan Galaxy S7. Ponsel terbaru Huawei ini memang memiliki spesifikasi yang cukup mendekati. Kedua ponsel memiliki layar yang berukuran sama, RAM 4 GB sama besar, hingga kamera 12 MP.

Namun, ternyata Samsung S7 hadir dengan spesifikasi yang lebih unggul. Layar yang lebih terang, sistem operasi yang lebih ringan, hingga kamera yang berkualitas tinggi. Samsung juga sudah menghadirkan fitur IP68 yang membuat ponsel tahan air dan debu.

Jadi pilih Huawei Honor 8 atau Samsung Galaxy S7, semua kembali ke kebutuhan kamu.

Baca juga artikel:
Perbandingan Kamera Zenfone 3 VS Zenfone 2
ASUS ZenFone 3 5.5 ZE552KL VS Samsung Galaxy A7 (2016), Mana Lebih Unggul?
Duel Ponsel Premium, Asus Zenfone 3 Deluxe VS Samsung Galaxy S7

Artikel Lainnya

Komentar